You are on page 1of 4

PAGUYUBAN

KARYA SALEMBA EMPAT
UNIVERSITAS TADULAKO
Jln. BTN Roviga Blok B 8. No.19 Kec. Mantikulore
Kode Pos 94119

Essai Beasiswa KSE
A.

Alasan Memilih Jurusan
MENGAJAR DAN SAINS ADALAH DUNIAKU

Kuliah merupakan suatu kebutuhan dan dicita citakan bagi kebanyakan siswa yang telah
beranjak lulus dari bangku SMA, di karenakan biaya kuliah yang mahal banyak dari mereka
yang tidak bisa merasakan bagaimana duduk di bangku perkuliahan di karenakan ekonomi yang
terbatas. Lahir dari kalangan orang tua berekonomi rendah tidak membatasi saya untuk
melanjutkan kuliah hal itu membuat saya harus terus berprestasi dan tidak menyia-nyiakan
kesempatan yang sudah di berikan ini.
Berawal dari kecintaan saya dalam mengajar dan passion saya di dunia sains saya
menggambungkan keduanya dengan memilih Pendidikan Kimia sebagai program studi yang saya
akan jalani selama 4 tahun kedepan di dunia perkuliahan. Alasan lain Pendidikan kimia sebagai
program studi yang saya pilih antara lain :
1. This is my goals for life.
Guru adalah profesi yang paling mulia di hadapan tuhan. Berawal dari kata itu saya
bercita-cita untuk menjadi seorang guru sejak duduk di bangku sekolah dasar.Apalah
artinya cita-cita jika tidak ada keinginan untuk mewujudkanya. So, untuk mewujudkanya
saya memilih untuk melanjutkan kuliah dengan mengambil kensentrasi di bidang
mengajar yakni menjadi seorang Guru.
2. Chemistry is my passion
Bisa di bilang passion saya di dunia kimia itu sangat tinggi, terlihat dari banyaknya
prestasi saya di ilmu kimia. Saya menyukai kimia itu semenjak duduk di bangku SMA,
entah kenapa kecintaan itu muncul secara tiba tiba, walaupun banyak teman-teman lain
menganggap ilmu kimia merupakan ilmu yang sangat sulit untuk di pelajari. Atas dasar
kecintaan maka kesulitan dalam mempelajari ilmu kimia akan terasa ringan untuk di
jalani . Dan atas dasar kecintaan dan ingin mengembangkan passion di dunia kimia
tersebut saya memilih melanjutkan kuliah dengan mengambil konsentrasi guru di bidang
kimia.
3. teaching as a means of sharing knowledge
Apalah artinya ilmu jika tidak di bagikan kepada orang lain. Dengan memilih konsentrasi
sebagai seorang guru tersebut saya bisa berbagi ilmu kepada sesama. Karena ilmu yang
bermanfaat merupakan amal dengan pahala yang terus mengalir kepada diri kita.
4. Chemistry as a science center

Saya sadar Keadaan ekonomi keluarga yang sangat kurang untuk mecukupi biaya kuliah membuat saya harus terus mencari jalan keluar bagaimana caranya agar kuliah saya tetap terus berjalan tanpa ada kendala biaya. nanoteknologi.PAGUYUBAN KARYA SALEMBA EMPAT UNIVERSITAS TADULAKO Jln. B. Jangka Panjang (Visi) Setelah Lulus Kuliah untuk kedepanya saya akan merubah kata impossible menjadi i’m possible dimana saya akan merubah hal yang tak mungkin menjadi mungkin Itulah visi saya kedepanya. C. farmasi. No. dan kedokteran. Entah kenapa Oleh karena itu. Bukan fikri namanya kalau tak memiliki optimis yang kuat. D. ilmu bahan. Pilihan Pengembangan Diri . Dengan itu saya bisa menambah passion saya dalam dunia ilmu kimia. Berpikiran setelah lulus kuliah saya akan terus mengembangkan soft skill saya dalam mengajar dan mengembangkan lagi ilmu saya di bidang kimia dengan mengambil kuliah pasca sarja di bidang ilmu kimia industri. Namun Di Indonesia sendiri penghargaan terhadap kimiawan masih rendah sekali. BTN Roviga Blok B 8. dengan memilih konsentrasi ilmu di pendidikan kimia ini saya ingin merubah pandangan dunia luar baik itu masyarakat maupun pemerintah bahwa ilmu kimia itu menjadi sesuatu yang penting untuk mendapat perhatian demi meningkatkan peradaban bangsa. Mantikulore Kode Pos 94119 Kimia sering di sebut ilmu pusat karena menghubungkan berbagai ilmu lain seperti fisika. nantinya saya akan menjadi tim pengajar di universitas Tadulako sehingga ilmu yang saya bagikan lagi lebih dalam lagi dan di samping itu saya akan membuka perusahaan industri dengan itu saya bisa membuka peluang kerja bagi banyak orang. I’m possible because I have a strong optimistic !. biologi.19 Kec. Untuk menopang biaya kuliah maka saya perlu mendapatkan beasiswa agar bisa membantu orang tua setidaknya saya telah melepaskan satu beban yang mereka tanggung jika saya memperoleh beasiswa ini. Alasan mengapa perlu mendapatkan beasiswa Seorang mahasiswa itu dalam kehidupanya membutuhkan biaya baik itu untuk biaya perkuliahan seperti fasilitas belajar maupun biaya untuk hidup dalam kehidupan sehari hari. Itulah visi saya kedepan bisa mensejahterakan hidup orang lain dan bisa membagi ilmu bagi banyak orang.

soft skill . soft skill dan sikap saya dalam mengajar. belum lagi dengan . Pandangan masyarakt sendiri mahasiswa adalah intelek muda yang bisa di andalkan dan memiliki pengetahuan yang sangat luas. Alasan lainya. untuk pengalaman saya sudah beberapa kali turun kesekolah untuk mengajar namun itu belum cukup mengasah soft skill saya dalam mengajar. Alasan Apply Beasiswa KSE Menjadi mahasiswa adalah cita-cita bagi kebanyakan orang. sebagai mahasiswa yang pandai berorganisasi haruslah terus menggali soft skillnya baik di dalam kampus maupun di luar kampus. E.Dengan mendaftarnya saya dalam beasiswa KSE saya ingin mengikuti program-program KSE yang bisa mengasah conceptual skill. Sebagai intelektual muda tak hanya aktif di dalam kampus saja tetapi juga harus aktiv di luar kampus. BTN Roviga Blok B 8. kebutuhan akan fasilitas pendidikan semakin tinggi. biaya spp tinggi.PAGUYUBAN KARYA SALEMBA EMPAT UNIVERSITAS TADULAKO Jln.Dengan mendaftarkan diri saya dalam program beasiswa KSE ini bisa mengembangkan soft skill saya sebagai calon profesi guru dan jika saya bisa bergabung dengan keluarga KSE Akan saya gunakan kesempatan sebaik mungkin untuk belajar dan mencari ilmu sebanyak mungkin. Memimpin sebuah perusahaan baik besar maupun kecil bukanlah hal yang mudah sehingga saya mendaftar KSE untuk mengasah kepemimpinan saya. Passion dan ingin menggali lagi ilmu saya dalam dunia mengajar. Mantikulore Kode Pos 94119 Saya memilih profesional karena saya akan mengembangkan conceptual skill dan soft skill saya dalam mengajar karena dalam mengajar tidak hanya di butuhkan kepintaran dari tenaga pengajar tetapi di butuhkan skill yang bagus sehingga saya bisa menginspirasi murid. Biaya kuliah melambung. Sebagai calon guru yang di harapkan disini bukan dari kepintaran guru tersebut tetapi dari soft skill guru tersebut seperti bagaimana cara agar mengembangkan kemampuan menginspirasi murid. Disisi lain saya juga memilih leadership agar bisa mengasah kemampuan kepemimpinan saya agar visi saya kedepanya membangun suatu perusahaan dan disitu saya akan menjadi pemimpin.19 Kec. Inilah alasan utama saya dalam mendaftar beasiswa KSE yakni untuk mengembangkan kualitas. saya beberapa kali menjadi ketua di kepanitian kampus maupun organisasi namun itu belum cukup untuk mengasah skill saya sebagai pemimpin. Conceptual skill itu tidak di ajarkan dalam pendidikan formal namun conceptual skill itu di ajarkan dalam pendidikan non formal. Dari pandangan inilah yang merupakan tanggung jawab sebagai seorang mahasiswa. Tujuannya adalah supaya saya bisa menjadi insan yang lebih baik dan berguna untuk orang lain disekitar saya. dunia pendidikan sekarang begitu mahal. Pengetahuan yang luas tidak hanya di dapatkan di bangku kuliah saja cara bersosialisasi dan berbicara di depan umum tidak di ajarkan dalam mata kuliah manapun tetapi hal itu tersirat dalam suatu organisasi. No. itu yang sangat penting di miliki oleh seorang guru.

Saya sadar bahawa saya adalah anak pertama di keluarga saya sehingga tanggung jawab saya yang besar untuk membantu meringkan beban kedua orang tua saya setidaknya dengan mendapatkan beasiswa ini saya bisa melepaskan 1 beban orang tua saya. . BTN Roviga Blok B 8. Keadaan ekonomi orang tua yang kurang untuk mecukupi biaya kuliah saya. Hal inilah yang mendorong saya untuk mengajukan beasiswa Karya Salemba Empat.19 Kec. No. Mantikulore Kode Pos 94119 biaya lain seperti biaya hidup dan biaya membeli buku.PAGUYUBAN KARYA SALEMBA EMPAT UNIVERSITAS TADULAKO Jln.