You are on page 1of 15

LOGIKA MATEMATIKA

YULIANI
FAKULTAS SAINS UNCP
2015

Ukuran benar atau salahnya suatu pernyataan tidak didasarkan atas opini atau pendapat. yaitu benar atau salah.Kalimat Peryataan Suatu pernyataan matematika (disingkat pernyataan) adalah rangkaian kata yang dapat ditentukan nilai kebenarannya. Di antara benar dan salah hanya berlaku salah satu: benar saja atau salah saja dan tidak mungkin keduanya sekaligus. .

Mereka mahasiswa UNCP 6. Pada sistem bilangan riil. Manakah dari kalimat berikut yang merupakan pernyataan? 1. x + 3 = 8 . Setiap segitiga sama sisi adalah segitiga sama kaki 2. Jika x 2 = 9 maka x = 3 4.Contoh 1. Setiap persegi panjang adalah jajaran genjang 3. persamaan x 2 − 3x + 4 = 0 tidak mempunyai jawaban 5.

Sedangkan kalimat 5 dan 6 merupakan kalimat terbuka bukan pernyataan. Misalnya kalimat tanya. Kalimat berarti yang tidak mempunyai nilai kebenaran disebut kalimat nondeklaratif. . 2. kalimat perintah. Kalimat yang merupakan pernyataan adalah kalimat 1. 3.Solusi. dan 4. kalimat terbuka (kalimat yang mempunyai besaran yang tidak diketahui) semuanya bukan pernyataan karena tidak dapat ditentukan nilai benar atau salahnya. kalimat harapan.

Pernyataan yang selalu bernilai benar dalam setiap kasus (segala kondisi) dinamakan Tautologi.Suatu pernyataan dikatakan bernilai benar jika sesuai dengan fakta/kenyataan dan bernilai salah jika tidak sesuai dengan fakta. . dan pernyataan yang selalu salah dinamakan kontradiksi (kemustahilan).

• Dasar empiris pernyataan ini nilai kebenarannya belum dapat diketahui seketika dan akan diketahui setelah diadakan observasi lebih lanjut. Misalnya : “Budi pergi ke Bandung” “Besok turun hujan deras di Palopo” nonempiris artinya nilai kebenaran suatu • Dasar pernyataan dapat diketahui seketika sehingga tidak perlu diadakan observasi Misalnya : 2 + 3 = 9 (?) Matahari terbenam di sebelah barat (B) .Dalam menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan ada dua macam yaitu berdasar empiris dan nonempiris.

Kuantor dari suatu pernyataan adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan “berapa banyak” objek di dalam suatu sistem. ditulis dengan lambang ∃ . • Kuantor eksistensial. untuk setiap (for every/each) atau untuk semua (for all). . Kuantor ini terdiri dari: • Kuantor Universal. yang berarti “terdapat” (paling sedikit satu/ for some).Pernyataan Berkuantor Kuantor. ditulis dengan lambang ∀ yang berarti “untuk sembarang” (for any).

dibaca ? jika dan hanya jika ? . dinotasikan ? ⟹ ?. dinotasikan ?⋀?.Pernyataan Majemuk Pernyataan majemuk adalah suatu pernyataan yang dibentuk dengan cara merangkai beberapa pernyataan. atau dengan cara mengingkari suatu pernyataan. dibaca ? atau ? • implikasi. dinotasikan ? ∨ ?. kita dapat membentuk pernyataan majemuk berikut : • Ingkaran (negasi) dari ?. dibaca ? dan ? • disjungsi. dibaca tidak ? • Konjungsi. misalnya p dan q. dinotasikan ? ⟺ ?. dinotasikan ¬?. Dari dua pernyataan. dibaca jika ? maka ? • biimplikasi.

Beberapa orang tidak menyukai warna biru d. Ada orang yang menyukai warna biru e. Semua orang tidak menyukai warna biru c.Terdapat orang yang tidak menyukai warna biru .Negasi Pernyataan Berkuantor • Negasi dari pernyataan berkuantor universal adalah eksistensial • Negasi dari pernyataan berkuantor eksistensial adalah universal Contoh 2. Tidak semua orang menyukai warna biru b. Ingkaran dari pernyataan “beberapa orang menyukai warna biru” adalah… a.

“beberapa orang menyukai warna biru” • beberapa adalah kuantor ekstensial dan negasinya adalah universal yaitu semua • menyukai negasinya adalah tidak menyukai Dengan demikian jawaban yang tepat adalah semua orang tidak menyukai warna biru.Solusi. (B) .

Tabel Kebenaran ? ? ∽? ∼? ?∧? ?∨? ?⇒? ?⇒? ?⇔? B B S S B B B B B B S S B S B S B S S B B S S B B S S S S B B S S B B B .

Ingkaran dari pernyataan “semua makhluk hidup perlu makan dan minum” adalah… a.Latihan soal. semua makhluk hidup tidak perlu makan dan minum e. semua makhluk hidup perlu maka. semua makhluk hidup tidak perlu makan dan minum b. ada makhluk hidup yang tidak perlu makan atau minum c. tetapi tidak perlu minum . 1. ada makhluk hidup yang tidak perlu makan dan minum d.

2. Pernyataan (? ⟹ ?) ∨ ? bernilai salah jika… a. ? salah. ? benar. ? benar. dan ? benar e. dan ? salah c. dan ? salah d. ? benar. ? benar. ? salah. ? salah. ? benar. ? salah. dan ? benar b. dan ? salah . ? salah.

(? ⟹ ?) ∧ (? ⟹ ?) ⟹ (? ⟹ ?) f. (? ∧ ?) ⟹ (? ∨ ?) e. ¬(? ⟹ ?) b.4. Buatlah tabel kebenaran dari pernyataan di bawah ini. (? ∧ ?) ∨ ? d. tautologi dan kontingensi. a. kemudian tentukanlah manakah yang kontradiksi. ¬(? ∨ ?) ∧ ? . (? ⟹ ?) ∧ p ⟹ ? c.

– ? ⟹ (? ∨ ?) h. (? ∨ ¬?) ⟺ ? .g.