You are on page 1of 20

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA

BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEUANGAN
POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN
TANGERANG SELATAN

TUGAS AKHIR

*JUDUL JUDUL JUDUL*

Diajukan oleh :
*Nama*
NPM : ............
Mahasiswa Program Diploma III Keuangan
Spesialisasi Akuntansi
Untuk Memenuhi Sebagian dari Syarat-syarat
Dinyatakan Lulus Program Diploma III Keuangan
Tahun 2016

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEUANGAN
POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN
TANGERANG SELATAN
TANDA PERSETUJUAN
TUGAS AKHIR

NAMA

:..........................

NOMOR POKOK MAHASISWA

:..........................

DIPLOMA III KEUANGAN
SPESIALISASI

: AKUNTANSI

BIDANG TUGAS AKHIR

:..........................

JUDUL TUGAS AKHIR

:..........................

Mengetahui

Menyetujui

a.n. Direktur
Ketua Jurusan Akuntansi

Dosen Pembimbing,

NIP......................

NIP...............

ii

...... ............. NIP ................. (Penilai II) .................. NOMOR POKOK MAHASISWA :............. . Tangerang Selatan.................................2016 1................KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEUANGAN POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN TANGERANG SELATAN PERNYATAAN LULUS DARI TIM PENILAI TUGAS AKHIR NAMA :... ......... 2... JUDUL TUGAS AKHIR :.............. (Penilai I/Pembimbing) ...................... iii .......... DIPLOMA III KEUANGAN SPESIALISASI : AKUNTANSI BIDANG TUGAS AKHIR :.............................................................. NIP ......................

. 2016 *Nama mahasiswa* iv ...KATA PENGANTAR Tangerang Selatan... .

................................................ Tujuan Penulisan 1 C.. Latar Belakang 1 B.......... Gambaran Umum B............................ Sistematika Penulisan 1 1 1 BAB II DATA DAN FAKTA 2 A...................DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL..ii HALAMAN PERTANYAAN LULUS TUGAS AKHIR.............. Metode Penelitian E..............iii KATA PENGANTAR iv DAFTAR ISI v DAFTAR GAMBAR vi DAFTAR TABEL vii BAB I PENDAHULUAN 1 A..... Ruang Lingkup dan Pembatasan Masalah D........... Xxxx 2 2 BAB III LANDASAN TEORI DAN PEMBAHASAN BAB IV SIMPULAN DAN SARAN 4 DAFTAR PUSTAKA 5 LAMPIRAN-LAMPIRAN 6 v 3 .................i HALAMAN PERSETUJUAN TUGAS AKHIR..................................

....................................5 vi ............................................DAFTAR GAMBAR Bagan II................1.........................

.daftar tabel Tabel II..............5 vii ...............1............................................................................................

DAFTAR LAMPIRAN viii .

Menganalisis/Meninjau/Mengevaluasi permasalahan di bidang (tema yang diambil) 5. Menerapkan dan membandingkan teori yang telah dipelajari dan praktik di lapangan 3. Latar Belakang Diisi dengan paparan sejelas-jelasnya dan mendukung alasan kenapa penulis memilih judul TA tersebut. Tujuan Penulisan Tujuan penulisan yang biasa ditulis ialah: 1.BAB I PENDAHULUAN A. B. Menambah pengetahuan penulis di bidang (matkul) 4. Untuk memenuhi sebagian syarat kelulusan Program Diploma III Jurusan Akuntansi 2. Memberikan alternatif saran penyelesaian 1 .

D. BAB III LANDASAN TEORI DAN PEMBAHASAN Bab ini menguraikan tentang landasan teori mengenai <tema yang diambil> dengan <menyesuaikan evaluasi/tinjauan/analisis judul yang diambil dan peraturannya jika ada> 4. Penelitian lapangan berupa observasi langsung ke objeknya misalnya wawancara atau meminta data entitas tsb. menggunakan data dengan cara studi pustaka. Data dan fakta tersebut meliputi <isi sesuai dengan tema yang diambil>. BAB IV SIMPULAN DAN SARAN . Metode Penelitian Ada dua metode. 3. Penelitian kepustakaan. metode penelitian serta sistematika penulisan. pembatasan masalah. BAB I PENDAHULUAN Pada bab ini penulis menguraikan gambaran umum tentang penyusunan karya tulis yang meliputi latar belakang penulisan.2 C. Sistematika Penulisan Pada bagian ini penulis diharapkan untuk melakukan pemaparan mengenai struktur (sistematika) dalam penulisan tugas akhirnya. tujuan penulisan. penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. BAB II DATA DAN FAKTA Pada bab ini penulis menyajikan data dan fakta di lapangan yang akan dibahas dalam karya tulis ini. 2. E. Ruang Lingkup dan Pembatasan Masalah Ruang lingkup dan pembatasan masalah adalah suatu batasan yang memudahkan dilaksanakannya penelitian agar lebih efektif dan efisien. Misalnya: 1.

3 Pada bab ini penulis menarik simpulan dari uraian (evaluasi/tinjauan/analisis) yang telah dipaparkan sebelumnya serta memberikan saran-saran untuk perbaikan ke depan. .

Kondisi geografisnya terdiri dari dataran rendah. Sub-sub-sub bab.BAB II DATA DAN FAKTA A. 4 . Contoh : (Judul Pembahasan : Tinjauan Optimalisasi PAD di Kabupaten Gresik) I. Sejarah singkat. Contoh:Kabupaten gresik merupakan salah satu kota yang terletak di jawa timur. struktur. kondisi. situasi. dan memiliki tekstur tanah kapur sehingga cocok bagi pendirian perindustrian yang berdampak pada sektor pendapatan kota ini. dan fakta dari ORGANISASI dan JUDUL yang dibahas. a. Gambaran Umum Dalam penulisan data dan fakta. penulis biasanya dan kebanyakan membahas keadaan. dekat dengan pantai.

1 . Struktur Organisasi. Bagan II. III. a) Sub-sub-sub-sub-sub bab (I) Sub-sub-sub-sub-sub-sub bab (a) II. suuuuuub Lingkup kegiatan usaha.5 Contoh: Banyaknya perindustrian yang berada di Kabupaten Gresik bisa menghasilkan pendapatan yang tinggi mengingat ada sekitar 500 an perusahaan dari seluruh sektor mulai dari BUMN dan BUMD sehingga potensi yang digali berpotensi menghasilkan PAD yang tinggi menyebabkan kekuatan desentralisasi fiskal dari kota ini. I) Sub-sub-sub-sub bab.

1 1 2 3 4 . Lain-lain Tabel II.6 B.

Dasar aturan yang digunakan berbeda sesuai dengan klaster yang kita pilih. Pembahasan dalam TA adalah sebatas tinjauan.Bab persediaan. Kita bandingkan apakah perusahaan sudah benar dalam menentukan nilai persediaan (FV. Artinya dasar teori yang telah kita tulis kita bandingkan dengan data yang kita peroleh. dll). LVNRV. penentuan arus persedian ( Fifo. penentuan harga inventory. Contoh : Klaster akuntansi . average. Misal akuntansi – persediaan.BAB III LANDASAN TEORI DAN PEMBAHASAN Dalam landasan teori hal yang ditekankan adalah penjelasan perihal aturan2 dr subyek (judul) yang kita pilih. TA disini hanya sebatas tinjauan. Pokok dasar teori adalah penjabaran secara detail aturan2 yang ada terlebih dahulu. Yang ditekankam dalam bab teori dan pembahasan adalah jangan membuat teori sendiri. jenis2 persediaan. Di dalam dasar teori kita jelaskan apa pengertian persediaan.dll. Akuntansi : PSAK/IAS. tidak seperti skripsi/tesis.dll). 7 . Psak yang digunakan adalah psak 14. AKPEM : PSAP/PMK Dll. baru setelah itu sisipkan teori2 tambahan berdasar pendapat ahli atau jurnal2 ilmiah.

8 .

B. Saran Memberikan saran untuk perbaikan ke depan sesuai simpulan-simpulan tersebut. Simpulan Mengemukakan simpulan yang dapat ditarik dari permasalahan yang telah dibahas pada bab-bab sebelumnya.BAB IV SIMPULAN DAN SARAN A. Dikemukan secara jelas dan mempunyai dasar atau keterkaitan dengan pembahasan yang dikemukakan. Tidak sedatail bab pembahasan dan jangan terlalu banyak. 9 .

10 .

11 DAFTAR PUSTAKA .

12 LAMPIRAN-LAMPIRAN .