You are on page 1of 4

Latar Belakang

Setelah didirikan oleh Sam Walton, toko Wal Mart pertama dibuka di Rogers, Arkasas, pada
tahun 1962. Tujuh belas tahun kemudian, penjualan tahunan mencapai $1 miliyar. Pada akhir
Januari 2005, Wal Mart Stores, Inc merupakan perusahaan ritel terbesar dunia, dengan penjualan
$288 miliar

Return on Equity (percentage)
Sales growth (percentage)
Operating income growth (percentage)
Sales ($B)
As percentage of sales:
Cost of goods sold
Gross margin
Selling and administration
Operating income
Net income
Inventory turnover
Return on equity (percentage

Five-Year Average: 1999-2004
Wal-Mart Home Depot Kroger Costco
21.2
19.7
20.1
13.4
11.6
13.7
4.5
11.9
11.1
15.9
(13.8)
10.0
2004 Data
288.2
73.1
56.4
48.1

Target
17.3
6.8
13.3
46.8

76.3
22.7
17.8
5.9
3.6

66.6
33.4
22.6
10.8
6.8

74.7
25.3
20.0
1.5
(0.2)

87.5
12.5
9.6
2.9
1.8

68.7
31.3
20.9
7.7
6.8

7.5
23.2

4.8
22.1

9.8
(2.5)

11.3
12.8

5.9
15.6

. Pada 1995, Wal-Mart tidak menjual secara grosir; pada tahun 2005, perusahaan menjadi
pemimpin di antara supermarket di Amerika Serikat. Wal-Mart adalah perusahaan privat terbesar
di dunia.Teknologi informasi yang mendorong logistik dan rantai pasok perusahaan WalMart
adalah yang paling kuat dan handal setelah milik Pentagon. Perusahaan memiliki 20 pesawat
udara yang digunakan oleh manajer untuk perjalanan ke toko-toko yang berjarak jauh. Jauhnya
penerbangan yang sudah ditempuh oleh Wal-Mart dapat disejajarkan dengan perusahaan
penerbangan komersial tingkat menengah. Wal-Mart memiiki satelit jaringan komunikasi pribadi
di Amerika Serikat dan melakukan siaran lebih dari siaran televisi manapun.
Strategi kemenangan Wal-Mart di AS didasari pada penjualan produk bermerek dengan
biaya rendah. Setiap minggu, sekitar 138 juta pelanggan mengunjungi sebuah toko Wal Mart
dimana saja di dunia.perusahaan memperkerjakan lebih dari 1,6 juta associates (istilah yang
digunakan Wal-Mart untuk karyawan) di seluruh dunia melalui lebih dari 3,700 toko di AS dan

penghargaan presidensil yang menghargai perusahaan-perusahaan dengan pencapaian karyawan dan hubungan komunitas yang luar biasa. akan dipaparkan dalam analisis. perusahan Wal-Mart memiliki tujuan untuk menjadi pemimpin perusahaan ritel dan menerapkan strategi cost-leadership yang mengutamakan efisiensi biaya dalam operasional perusahaan agar bisa menyediakan harga yang murah pada tingkat kualitas yang baik. Argentina. Wal-Mart memiliki ikatan yang sangat baik dengan karyawan-karyawannya berupa beragam program yang mendukung dan juga dengan beragam pihak terkait hingga menimbulkan keunggulan bersaing dibandingkan dengan perusahaan pesaing lainnya.600 unit di Meksico.lebih dari 1. Permasalahan Keberhasilan Wal-Mart dalam menjalankan bisnisnya tidak lepas dari adanya formulasi strategi yang tepat dan implementasi strategi yang terkendali. majalah Fortune menyebutkan Wal Mart sebagai perusahaan yang paling dikagumi dua tahun berurutan.3 triliun. China. Kanada. (Toko internasional yang pertama dibuka di Mexico City ada tahun 1991) Wal-Mart juga memperoleh 38% saham yang mengendalikan perusahaan ritel Jepang Seiyu dalam rangka meraih sepotong dari perusahaan terbesar ke-dua di dunia yang diestimasikan sebesar $1. Analisis Menurut analisis kami. Hal ini dapat diamati dari adanya usaha efisiensi sistem Wal-Mart dalam segala aspek. Jerman dan Inggris. Pada tahun 2004. . serta sistem pengendalian dalam rangka menjalankan strategi yang ada. Korea. Strategi yang diterapkan Wal-Mart. Wal-Mart memperoleh Ron Brown Award untuk Corporate Leadership. Pada tahun 2002. Brazil. Puerto Rico. dasar keunggulan bersaing.

Sebagai bagian dari usaha mencapai tujuannya. Wal-Mart juga menggunakan ban berjalan dan teknik cross-docking sehingga penerimaan barang dan pemenuhan order dapat dilakukan secara bersamaan. karyawan diarahkan untuk memberikan pelayanan pada konsumen berupa menatap. Keunggulan bersaing Wal-Mart didasari oleh tujuan ingin memberikan yang terbaik bagi konsumen. Wal-Mart juga menggunakan teknologi RFID (Radio Frequency Identification) untuk memantau dan memperbaharui data persediaan pada basis real time sehingga menciptakan efisiensi pemesanan persediaan. Wal-Mart juga melakukan akuisisi terhadap convenience store di negara Jepang untuk memperkuat posisinya sebagai pengusaha ritel terdepan di dunia. Wal-Mart mengutamakan efisiensi pada sistem logistik dan rantai pasok. Hal ini dapat dilihat dari strategi pemasaran yang menjamin harga murah setiap hari (everyday low prices) yang berbeda dengan pesaingnya yang berfokus pada peningkatan penjualan. . Wal-Mart menggunakan sistem komunikasi yang terintegrasi dengan para pemasoknya (hingga tiga ribu pemasok) sehingga memudahkan proses pemasanan dan menghemat biaya persediaan. Tindakan ini juga merupakan upaya Wal-Mart untuk mengurangi peluang adanya penguntilan oleh konsumen yang terjadi di toko. Menurut kami. Wal-Mart menciptakan keunggulan bersaing dan melesat jauh dibandingkan dengan para pesaingnya. WalMart juga menjalankan program-program yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi konsumen seperti ada karyawan yang menyapa konsumen di depan pintu (People Greeter) dan juga membudayakan “10 Foot Attitude“ bagi para karyawan. Hal ini diupayakan agar suatu pusat distribusi dapat memenuhi kebutuhan di beberapa toko sekaligus dan tetap mempertahankan kesegaran produk dengan pengantaran pada hari yang sama. Dalam “10 Foot Attitude“ ini. dengan mengejar kepuasan dan loyalitas pelanggan. Tindakan ini merupakan penyataan dari prinsip Wal-Mart untuk mengusahakan kepuasan dan loyalitas konsumen. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan beragam presentase Wal-Mart dengan perusahaan pesaing yang cenderung unggul dalam berbagai aspek. dasar dari keunggulan bersaing Wal-Mart adalah nilai perusahaan yang berorientasi pada konsumen. menyapa dan menawarkan bantuan pada konsumen yang berjarak 10 kaki dari mereka. Dalam perkembangannya. namun masih dalam jarak tempuh satu hari.Pada awal pendirian. Wal-Mart melokasikan gudang pusat distribusi pada posisi terjauh dari sebuah cabang.

Wal-Mart memiliki 20 pesawat udara untuk kemudahan akses manajer ke berbagai toko yang tersebar di seluruh dunia. lakukan penyesuaian budaya untuk memudahkan ekspansi ke negara-negara yang belum dirambah saat ini. Wal-Mart juga menjaga kepuasan kerja dan loyalitas karyawan dengan prgoram seperti penghargaan bagi karyawan yang bekerja melampui 1000 jam dalam setahun.Terkait dengan upaya mengurangi penguntilan. Wal-Mart secara aktif melakukan pengendalian manajemen dengan beragam cara dan program. Menurut kami. maka karyawan akan memperoleh insentif. Apabila penguntilan yang terjadi di Wal-Mart berkurang dibandingkan dengan rata-rata industri. Kesimpulan dan Saran Perusahaan Wal-Mart menerapkan strategi cost-leadership dan mampu menciptakan keunggulan bersaing dengan dasar costumer focus. Adanya beragam upaya ini diharapkan dapat menjaga goal congruence. Upaya yang dilakukan manajemen puncak untuk mengendalikan manajemen di bawahnya juga berupa pengawasan. serta loyalitas karyawan merupakan upaya untuk mengendalikan perilaku manajemen agar tetap sejalan dengan yang diharapkan oleh pemilik. Saran bagi Wal-Mart adalah. kepuasan. beragam program yang bersifat meningkatkan kinerja. Ini menjadi indikasi bahwa cukup sering dilakukannya pengendalian manajemen tingkat bawah oleh manajemen puncak. . Wal-Mart memanfaatkan hal ini untuk menjadi dorongan lebih bagi para pegawai. yaitu keseuaian pilhan terbaik yang akan dipilih oleh karyawan dengan tujuan perusahaan. Frekuensi lalu lintas penerbangan pribadi oleh WalMart bahkan setara dengan perusahaan penerbangan tingkat menengah.