You are on page 1of 19

ASSALAMUALAIKUM WR. WB.

SELAMAT PAGI

KENAKALAN REMAJA .

PENGERTIAN KENAKALAN REMAJA MACAMMACAM KENAKALAN REMAJA PENYEBAB KENAKALAN REMAJA KENAKALAN REMAJA MENGATASI KENAKALAN REMAJA .

. namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa. Pada usia tersebut.REMAJA Remaja adalah mereka yang berusia 13-18 tahun. seseorang sudah melampaui masa kanak-kanak. Ia berada pada masa transisi.

Amerika oleh 1899 paradiremaja. tersebut akan merugikan dirinya sendiri atau orang- .KENAKALAN REMAJA Kenakalan Remaja adalah Masalah kenakalan remaja mulai semua perilaku mendapat perhatianyang masyarakat secara Sejak kapan masalah kenakalan remaja menyimpang dari normakhusus sejakmulai terbentuknya peradilan disoroti? untuk anak-anak court) norma hukum nakal yang(juvenile dilakukan pada Illinois. PerilakuSerikat.

Penyebab kenakalan remaja Penyebab kenakalan remaja dibedakan menjadi 2 (dua). yaitu : Faktor dari remaja itu sendiri (internal) Faktor dari luar (eksternal) .

• Integrasi kedua yaitu tercapainya .   Krisis identitas Akibat perubahan biologis dan sosiologis pada diri remaja memungkinkan terjadinya dua bentuk integrasi pada remaja.FAKTOR INTERNAL 1. yaitu : • Integrasi pertama adalah terbentuknya perasaan akan konsistensi dalam kehidupannya sehari hari.

.FAKTOR INTERNAL 2.   Kontrol diri yang lemah Tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku mana yang patut dilakukan dan tidak patut dilakukan akan menyeret Remaja pada perilaku 'nakal'.

Keluarga Perceraian orangtua. tidak memberikan pendidikan agama. bisa menjadi penyebab terjadinya kenakalan .FAKTOR EXSTERNAL 1. tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga atau perselisihan antara    anggota keluarga bisa memicu perilaku negatif pada remaja. Pendidikan yang salah di keluarga seperti terlalu memanjakan anak. atau penolakan terhadap eksistensi anak.

MACAM-MACAM KENAKALAN REMAJA • • • • • • Minum minuman keras Tawuran antar pelajar Pengabaian nasehat orangtua Pengabaian tata tertib sekolah Prilaku yang tidak simpati Dan lain-lain penyimpangan .

CARA MENGATASI KENAKALAN REMAJA 1 5 2 3 4 .

YANG PERTAMA Kegagalan mencapai identitas peran dan lemahnya kontrol diri bisa dicegah atau diatasi dengan prinsip keteladanan. Remaja harus bisa mendapatkan sebanyak mungkin figur orang-orang dewasa yang telah melampaui masa remajanya dengan baik juga mereka yang berhasil .

guru dan teman sebaya. Remaja Masjid. Karang Taruna)   .YANG KEDUA Adanya motivasi dari keluarga. (bisa dalam bentuk organisasi OSIS.

Yang ketiga Kemauan orangtua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis. komunikatif.  . dan nyaman bagi remaja.

YANG KEEMPAT Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orangtua yang harmonis dapat memberi arahan dengan siapa dan di komunitas mana remaja harus bergaul .

.Yang kelima Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapan.

Kita sebagai generasi penerus bangsa harus menjadi generasi emas dan kita harus mengharumkan bangsa indonesia di kancah internasional .

Kurnia Feonova S. Vinolia Putri M. Deva Nur ( ) (03) SELANJUTN YA . (14) 2. (31) 3. Dyah Ayu 4.DISUSUN OLEH : 1.

TERIMAKASIH JIKA ADA SALAH-SALAH KATA MOHON DIMAAFAKAN .