You are on page 1of 18

Kewirausahaan dalam Konteks

Bisnis Part 2
Yosi Oktarina, S.Kep., Ners., M.Kep

HAMBATAN Hambatan dalam memasuki industri baru : Sikap dan kebiasaan pelanggan Biaya perubahan Respons dari pesaing .

MEMBELI PERUSAHAAN yang SUDAH ADA Masalah eksternal Banyaknya pesaing dan ukuran peluang pasar Masalah-masalah internal masalah citra dan reputasi perusahaan .

tetapi kritis? Di mana lokasi perusahaan tersebut? Berapa harga rasional untuk membeli perusahaan tersebut Apakah membeli perusahaan tersebut lebih menguntungkan daripada merintis usaha baru? .Apa yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan kontrak jual beli (Zimmerer. 1996): Pengalaman apa yang dimiliki untuk mengoperasikan perusahaan Mengapa perusahaan tersebut berhasil.

Menurut Lambing hal yang harus diperhatikan : Alasan pemilik menjual perusahaan Potensi produk dan jasa yang dihasilkan Aspek legal yang dimiliki perusaan Kondisi keuangan perusahaan yang akan dijual .

langkah-langkah yang harus diambil dalam pembelian mencakup hal-hal sebagai berikut :  Yakinkan bahwa anda tidak akan merintis usaha baru  Tentukan jenis perusahaan yang diinginkan  Pertimbangkan gaya hidup yang anda inginkan  Pertimbangkan lokasi yang diinginkan  Pertimbangkan kembali gaya hidup .Setelah menganalisis perusahaan yang akan dibeli.

Jajaki penyandang dana sebelumnya Persiapkan bahwa anda akan menjadi pedagang Tetapkan perusahaan yang ingin anda beli Pilihlah penjual terbaik Adakan penelitian sebelum anda menyetujuinya Buat surat perjanjian dalam bentuk spesifik Jangan lupa menilai karyawan Yakinkan bahwa harga yang ditawarkan mencerminkan nilai perusahaan .

WARALABA Kerja sama manajemen untuk menjalankan perusahaan cabang atau penyalur. Inti dari waralaba adalah memberi hak monopolis untuk menyelenggarakan usaha dari perusahaan induk .

KERJA SAMA Franchisor : Manajemen+teknik Pelatihan+ide Nama perusahaan+pengalam Know How + logo Franchise : Energi+uang Ide+pengalaman Lokasi+kemauan WARALABA Franchisor : perusahaan yang memberikan lisensi Franchise : perusahaan yang diberikan lisensi .

Dukungan awal dari franchisor : Pemilihan tempat Rencana bangunan pembelian peralatan Pola arus kerja Pemilihan karyawan Periklanan Grafik Bantuan pada acara pembukaan .

Bantuan lain : Pencatatan dan akutansi Konsultasi Pemeriksaan dan standardisasi Promosi Pengendalian kualitas Nasihat hukum Penelitian Material lainnya .

Memberikan nasihat kepada franchisee tentang lokasi perusahaan dan desain seperti yang telah disetujui oleh franchisor 5. Menyediakan sejumlah latihan dan bantuan manajemen 3. atau biila tidak menyediakan fasilitas perusahaan banguanan 5. Memberikan barang dagangan kepada franchise secara bersaing 4. Menyelenggarakan perusahaan sesuai yang berdiri sendiri kepada dengan franchisor 2.Persetujuan franchisor dan franchisee Franchisor setuju untuk : Franchisee setuju untuk : 1. Memberkan suatu wialayah penjualan dan persyaratan yang diajukan franchisee 2. Membayar kepada franchisor suatu jumlah tertentu 4. Membangun. Membeli persediaan dan material standar lainnya dari franchisor atau pemasok yang telah disetujui . Memberikan bantuan finansial tertentu atau nasihat finasial kepada franchisee 1. Menginvestasikan secara minimum jumlah tertentu pada perusahaan 3.

merek. dan produk yang tekah dikenal .Menurut Zimmerer (1996). dan pengawasan yang berlanjutdari franchisor Bantuan finasial Keuntungan dari penggunaan nama. ada beberapa keuntungan dari kerja sama waralaba mencakup : Pelatihan. pengarahan.

Kerugian yang mungkin terjadi : Program latihan tidak sesuai dengan yang diinginkan Pembatasan kreativitas Franchisee jarang memiliki hak untuk menjual perusahaannya kepada pihak lain tanpa menawarkan dahulu kepada pihak franchisor .

Kelebihan dan Kelemahan Merintis. Membeli. metode • • • Perusahaan yang dijual biasanya lemah Peralatan tidak efisien Mahal Sulit inovasi . dan Kerja Bentuk Kelebihan Kelemahan Sama Manajemen Merintis usaha • Gagasan Murni •Pengakuan nama • • Bebas Beroperasi Fleksibel dan mudah pengaturan kurang •Fasilitas inefisien •Penuhketidakpastia n •Pesaing kurang diketahui Membeli perusahaan • Kemungkinan (buying) sukses •Lokasi sudah cocok •Karyawan dan pemasok biasanya sudah mantap • Kerja sama manajemen (franchising) • Tidak mandiri • Kreativitas tidak berkembang • Mendapatkan pengalaman dalam logo. nama.

Paten adalah suatu Hukum pengakuanterhadap dari lembaga Perlindungan yang berwenang atas penemuan produk Perusahaan : Paten.untuk Merek yang diberi kewenangan membuat. dandan Hak Cipta selama paten tersebut masih dalam jaminan . menjual penemuannya Dagang. menggunakan.

Deskripsi penemuan disebut spesifikasi dan batas penemuan disebut klaim .Pernyataan yang memuat penemuan itu betulbetul asli .gambar penemuan .Langkah hak patah dalam mendapatkan hak paten : Tetapkan bahwa yang ditemukan betul-betul baru Dokumentasikan produk yang ditemukan tersebut Telusuri paten-paten yang telah ada Pelajari hasil telusuran Mengajukan lamaran paten yan berisi : .

atau tempat dagang yang oleh perusahaan digunakan untuk menunjukkan keorisinalitasan produk Hak cipta : Hak istimewa guna melindungi pencipta dari keorisinalitasan ciptaannya. logo. slogan. .Merek dagang : Umunya berbentuk simbol. nama.