You are on page 1of 6

Program Studi Teknologi Informasi

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry – Banda Aceh

SILABUS
1
.

2.

Identitas Mata
Kuliah
Nama Mata
Kuliah
Kode
SKS
Semester
Prasyarat
Program Studi

: Basis Data
:
:
:
:
:

CIT 4203
3 SKS
2 (dua)
Logika Informatika
Teknologi Informasi

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah Basis data merupakan mata kuliah wajib tahun pertama bagi Mahasiswa jurusan Teknologi Informasi
pemahaman dan penguasaan mengenai konsep-konsep basis data, model data, relasional, teknik pembentukan basis da
bahasa query (SQL) untuk pencarian, pengurutan, penyaringan, penghapusan, dan update data. Dalam mata kuliah ini jug
aplikasi basis data dalam pengembangan sistem pengolahan data serta penggunaan basis data dalam teknologi informasi.

3
.

Pokok Bahasan :

4
.

Daftar Bacaan / Sumber Belajar :

1. Pendahuluan
2. Definisi Basis Data
3. Objek Basis Data
4. Model Data
5. Rancangan Basis Data
6. Model ER
7. Teknik Normalisasi
8. Bahasa Query
9. Kelompok-kelompok SQL
10. Teknik Manipulasi Data
11. Teknik Modifikasi Tabel
12. Pemrograman Aplikasi

1. Abdul Kadir, 1999, Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data, Andi Offset,
Yogyakarta
2. Date, CJ, 1983, An Introductions to Databases System, volume II, Addisson
Wesley Publishing Co.
3. Harianto Kristanto, 1993, Konsep dan Perancangan Database, Andi Offset,
Yogyakarta
4. Korth, HF, Silberschatz, A, 1986, Database Systems Concept, Mc.Graw-Hill
Int’l Co., USA.
5. Mannino, 2001, Database Application Development and Design. Mc.GrawHill Int’l co. USA

teknik pembentukan basis data dan normalisasi. Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan penguasaan mengenai konsep-konsep basis data. relasional. model data. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang Bahasa query. Mahasiswa dapat mengimplementasikan basis data dalam pengembangan system aplikasi dibidang teknologi informasi. 4 . penghapusan. dan modifikasi tabel. penggunaan bahasa query (SQL) untuk pencarian. INDENTITAS MATA KULIAH Nama Mata Kuliah Kode SKS Semester Prasyarat Program Studi Dosen : : : : : : : Basis Data CIT 4203 3 SKS 2(dua) Logika Informatika Teknologi Informasi 2 . RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) Mingg u Ke 1 Kemampuan Akhir yang Diharapkan Memahami pengertian Materi Kerja Pendahuluan Bentuk Pembelajaran Penyampaian materi. Kriteria/Indikator Penilaian Mahasiswa mampu menjelaskan Bobot Nilai . dan update data. Dalam mata kuliah ini juga disertai perancangan program aplikasi basis data dalam pengembangan sistem pengolahan data serta penggunaan basis data dalam teknologi informasi. penyaringan. pengurutan.Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry – Banda Aceh RANCANGAN PEMEBELAJARAN SEMESTER 1 . DESKRIPSI MATA KULIAH Mata kuliah Basis data merupakan mata kuliah wajib tahun pertama bagi Mahasiswa jurusan Teknologi Informasi. teknik manipulasi data. model data relasional dan perancangan basis data. CAPAIAN PEMBELAJARAN: Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai system basis data. 3 .

ceramah dan diskusi/Tanya jawab 8 Evaluasi tengah semester Ujian tengah Semester Soal Ujian 9 Memahami konsep bahasa query. setting kunci primer. Mahasiswa mampu membuat perancangan basis data model ER. dan mengimplementasikan model yang telah dipelajari. merancang basis data dengan ERD.system file dan objek basis data ceramah dan diskusi/Tanya jawab pengertian system file dan objek basis data. relasional integrity rules. Mahasiswa dapat menjelaskan . Mahasiswa mampu menjelaskan teknik manipulasi data dan modifikasi tabel dalam aplikasi basis data. ceramah dan diskusi/Tanya jawab. mentransformasikan model ER ke model relasional. 2-3 4 5-6 Penyampaian materi. Bahasa query Penyampaian materi. memahami pembuatan tabel dan relasinya diantaranya setting property field. merelasikan antar tabel Mahasiswa mampu mendeskripsikan teknik perancangan basis data. Objek basis data Model data relasional Penyampaian materi. Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengertian teknik normalisasi dan aplikasinya. tugas 7 Memahami deskripsi tentang teknik normalisasi Teknik normalisasi Penyampaian materi. Uji pemahanan mahasiswa terhadap pokok bahasan yang telah diperoleh selama 7 minggu Mahasiswa dapat menjelaskan konsep bahasa query dan kelompok-kelompok pernyataan SQL. ceramah dan diskusi/Tanya jawab Penyampaian materi. ceramah dan diskusi/Tanya jawab. ceramah dan diskusi/Tanya jawab Mendeskripsikan teknik basis data Rancangan basis data Memahami pembuatan model. 11 Memahami penggunaan Teknik manipulasi data dan modifikasi tabel Manipulasi Mahasiswa mampu menjelaskan model data relasional. mentransformasikan model ER ke model relasional Perancangan basis data pada model ER Penyampaian materi. ceramah dan diskusi/Tanya jawab 10 Memahami teknik manipulasi data dan modifikasi tabel Penyampaian materi. Pengertia n system file b. Memahami pembuatan tabel dan relasinya a.

A. Addisson Wesley Publishing Co. Memahami materi dari pertemuan ke 9 hingga akhir Ujian Akhir Semester Ujian tertulis fungsi perintah-perintah dasar SQL seperti create. Mc. Database Systems Concept. Objek: Model ER b. 2001. HF.Graw-Hill Int’l co. volume II. USA 6 . Harianto Kristanto. data ceramah dan diskusi/Tanya jawab. Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data. 1986. 1999. Uji pemahanan mahasiswa terhadap pokok bahasan yang telah diperoleh selama 7 minggu 5 . Mannino. Yang Harus Dikerjakan dan Batasan-Batasan: Mahasiswa merancang implementasi model ER c. delete. Yogyakarta 2. 1993. Korth. Date. update. CJ. REFERENSI : 1. DESKRIPSI TUGAS Mata Kuliah Semester Minggu Ke Tugas Ke Uraian Tugas Basis Data 2 (Dua) 5 1 a. Mengimplementasikan penggunaan bahasa query Aplikasi SQL Penyampaian materi. Andi Offset. Database Application Development and Design. Metode/Cara Kerja/Acuan yang Digunakan: Tugas dikerjakan individu dan dikumpulkan pertemuan berikutnya. USA. Andi Offset. select Mahasiswa dapat mengimplementasikan penggunaan metode-metode dengan Bahasa query dalam program aplikasi. An Introductions to Databases System. Yogyakarta 4. 3. pada . ceramah dan diskusi/Tanya jawab. Mc.Graw-Hill Int’l Co. Abdul Kadir.12-15 16 perintah-perintah dasar SQL. alter. Konsep dan Perancangan Database. Silberschatz.. 1983.

Dekripsi Luaran Tugas yang Dihasilkan: Mahasiswa mengenal perancangan model-model basis data  Sangat baik:  Baik (Grade B. lengkap dan rapih).d.99)  Cukup  Kurang Kriteria Penilaian: 7. . Metode/Cara Kerja/Acuan yang Digunakan: Tugas berkelompok dan dipresentasikan hasil kerja sebagai bahan diskusi. Objek: Pemrograman SQL f. Yang Harus Dikerjakan dan Batasan-Batasan: Masing-masing kelompok mahasiswa merancang aplikasi menggunakan Bahasa query dengan metode yang telah dipelajari.  Sangat baik:  Baik (Grade B. Nilai 65 – 79. baik materi yang diberikan dalam tatap muka perkuliahan. Dekripsi Luaran Tugas yang Dihasilkan: Mahasiswa dapat mengimplementasikan hasil pembelajaran basis data dalam suatu pemrograman aplikasi. h. Nilai 65 – 79.99)  Cukup  Kurang Kriteria Penilaian: Mata Kuliah Semester Minggu Ke Tugas Ke Uraian Tugas Basis Data 2 (Dua) 12 2 e. g. membaca materi. RUBRIK PENILAIAN Jenjang/Grade Angka/Skor Deskripsi/Indikator Kerja A 86-100 Mahasiswa menyelesaikan tugas dengan sangat baik (sistematis.

M. STATUS DOKUMEN PROSES 1. baik materi yang diberikan dalam tatap muka perkuliahan. pd Ketua Prodi Dr.B 72-85 C 60-71 D 50-59 E <50 maupun materi yang didapatkan dari sumber lainnya sebagai referensi. Ed Wakil Dekan I TANGGAL . membaca hanya dari materi yang diberikan dalam tatap muka perkuliahan sebagai referensi. Muhammad AR. Nuralam. tidak lengkap dan tidak rapih). M. Mahasiswa menyelesaikan tugas dengan cukup baik (kurang sistematis. membaca materi. Persetujuan PENANGGUNG JAWAB NAMA TANDA TANGAN Nama Dosen Dosen Penyusun/pengampu Dr. 8. tidak lengkap dan tidak rapih). maupun materi yang didapatkan dari sumber lainnya sebagai referensi. Mahasiswa menyelesaikan tugas baik (sistematis. Pemeriksa 3. Perumus 2. Mahasiswa menyelesaikan tugas dengan kurang baik (tidak sistematis. kurang lengkap dan kurang rapih). Mahasiswa tidak menyelesaikan tugas. tidak membaca materi sebagai referensi.