You are on page 1of 4

Pengertian AutoCAD

Apa itu AutoCAD? Sebenarnya pengertian AutoCAD adalah software atau perangkat lunak komputer yang
digunakan untuk menggambar, baik itu 2 Dimensi ataupun 3 Dimensi. CAD sendiri memiliki arti Computer Aided
Design. Program ini di kembangkan oleh Autodesk,Inc, sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Mill
Valley, California.
AutoCAD paling sering digunakan untuk menggambar sipil, bangunan, mesin, design interior, pemetaan, piping
diagram dan masih banyak lagi. Secara garis besar, AutoCAD sering digunakan oleh arsitek, engineer, maupun para
designer lainnya. Interface yang ringan dengan pengoperasian yang mudah menjadikan AutoCAD sebagai software
CAD paling terkenal dan paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Sejarah Awal AutoCAD
Bulan Desember tahun 1982 AutoCAD 1.0 rilis untuk pertama kalinya. Tentu pada saat itu tidak banyak fitur-fitur yang
dapat digunakan seperti AutoCAD versi terbaru. Saya pribadi pertama kali menggunakan software autocad ini
sewaktu masih duduk dibangku sekolah, dan pada saat itu masih menggunakan AutoCAD versi 2002. Pada waktu itu
sudah cukup membantu dalam tugas akhir sekolah saya.
Di tahun 2015 ini Autodesk resmi meluncurkan AutoCAD 2016 dan merupakan AutoCAD versi terbaru. Dan hingga
sekarang Autodesk terus mengembangkan dan meng-upgrade software ini.
Hingga update terakhir ini, banyak sekali fungsi-fungsi yang sudah di update, yang akan meringankan pekerjaan kita.
Di kantor tempat saya bekerja, sekarang masih menggunakan AutoCAD 2010 dan bagi saya itu sudah lebih dari
cukup, untuk sekedar menggambar preliminary drawing, shop drawing maupun asbuild drawing. Detail perbedaan
dari setiap versi AutoCAD, silahkan cermati tabel di bawah ini :

Nama
AutoCAD Version 1.0
AutoCAD Version 1.2
AutoCAD Version 1.3
AutoCAD Version 1.4
AutoCAD Version 2.0
AutoCAD Version 2.1
AutoCAD Version 2.5
AutoCAD Version 2.6

AutoCAD Release 9
AutoCAD Release 10

AutoCAD Release 11 AutoCAD Release 12 AutoCAD Release 13 AutoCAD Release 14 AutoCAD 2000 AutoCAD 2000i AutoCAD 2002 AutoCAD 2004 AutoCAD 2005 AutoCAD 2006 AutoCAD 2007 AutoCAD 2008 AutoCAD 2009 AutoCAD 2010 AutoCAD 2011 AutoCAD 2012 AutoCAD 2013 AutoCAD 2014 AutoCAD 2015 .

Object Snap / Drafting Tool Fungsi dari toolbar object snap pada AutoCAD. macamnya sendiri ada Linear Dimension. toleransi. Disamping itu layer juga bisa kita tentukan warna. copy. lingkaran. seperti perintah membuat garis. Dari gambar tersebut terlihat banyak tools dan command standard AutoCAD 2D. Styles Toolbar / Dimension Style : Fungsinya adalah untuk menentukan style dari suatu dimensi. digunakan sebagai alat bantu saat kita menggambar nanti. Hal ini erat kaitannya dengan toolbar dimensi. Disarankan untuk tool yang satu ini anda hafalkan shortcutnya. contoh beberapa perintahnya antara lain erase.AutoCAD 2016 Pengenalan AutoCAD Sedikit ulasan tentang pengertian AutoCAD kiranya dapat memberikan sedikit gambar kepada anda. Gambar diatas adalah gambar interface atau gambar tampilan di AutoCAD 2010. array. Aligned Dimension. Angular Dimension. tabel dan lainnya. polygon. Memudahkan kita saat editing gambar atau selecting gambar nantinya. kotak. Radius Dimension. karena bisa efesien waktu dan tenaga anda. jenis garis. dan lain sebagainya. font yang dipakai. . move. offset. Berikut beberapa penjelasan singkat mengenai fungsi dan kegunaan dari masing . Sekarang masuk di pengenalan AutoCAD. mirror. serta tebal garisnya. digunakan untuk menentukan besaran huruf dimensi.masing tool pada AutoCAD 2010 : Toolbar Dimensi : Fungsi dari toolbar dimensi pada AutoCAD secara khusus digunakan untuk memberi dimensi atau ukuran pada gambar. text. skala dimensi dan lainnya. Wajib tahu juga karna ini dasar penggunaan saat menggambar. ellipse. tebal tipis garisnya. Tools ini wajib digunakan saat menggambar. Layers Toolbar: Digunakan untuk membuat layer atau lapisan saat menggambar. agar hasil gambar kita nantinya akurat dan sempurna. Anda juga bisa mengatur fungsi on off nya sesuai keperluan anda. Fungsinya adalah mengunci kursor di titik tertentu pada objek. Biasanya saat hasilnya nanti kita print / plot akan terlihat. Gambar dibawah adalah screenshot dari AutoCAD 2010 yang saya pakai. Modify Toolbar: Fungsinya adalah untuk memodifikasi gambar / garis yang sudah kita buat. extend. trim. Toolbar Draw : Fungsi Draw Toolbar pada AutoCAD ini digunakan sebagai command / perintah untuk membuat suatu gambar objek. dan fungsi-fungsi dimensi lainnya. warna dimensi. tools ini wajib digunakan karena akan sangat membantu kita saat menggambar. Untuk fungsi dari toolbar secara khusus akan saya bahas di postingan selanjutnya.

kami memberikan perintah LINE. dan saya lebih merekomendasikan untuk menggunakan layer daripada tools ini. Penutup dan Kesimpulan Itu tadi sedikit saja ulasan tentang toolbar yang sering dipakai dalam menggambar. Pada dasarnya tools ini jarang digunakan. asalkan ada niat dan ketekunan saya yakin tidak sampai 1 bulan anda sudah bisa dibilang 'bisa' kalau anda serius belajar. yaitu untuk memilih suatu objek atau untuk seleksi objek. Command Line : Fungsi dari command line adalah catatan. jenis garisnya serta warna garisnya. Kalau menurut saya sendiri AutoCAD tidaklah sulit untuk dipelajari. Terima kasih sudah berkunjung di blog kami ya. serta mengerti apa fungsi dan kegunaan tools autocad tersebut. Dan yang di sebelah kanan pointer berubah menjadi select tool saat ada perintah seleksi objek. Jadi jika anda memberikan perintah di AutoCAD. sampai jumpa di artikel selanjutnya. jika belum hafal langkah . kunci dari belajar AutoCAD adalah memahami dan mengerti alur dari setiap perintah. Jika ada pertanyaan tentang AutoCAD silahkan saja tulis di kolom komentar. maka akan ada panduan langkah selanjutnya yang harus saya lakukan. Pointer : Fungsi dari pointer di AutoCAD untuk selecting tool. atau bisa juga untuk pick tools.Properties : Digunakan untuk menentukan tebal garis.langkahnya anda harus mengamati command line ini. . Sedikit ulasan tentang pengertian dan pengenalan AutoCAD ini semoga bermanfaat bagi anda semua. ataupun panduan saat kita memberikan perintah / command. Dari gambar diatas. Tentunya fungsi dasar yang wajib diketahui untuk pada drafter atau designer pemula. Gambar disebelah kiri adalah pointer default saat kita tidak memberika perintah.