You are on page 1of 4

NAMA

NIM
TUGAS

: ARIF MARZUKI KAU
: 521 414 029
: SISTEM CONTROL

“SISTEM KERJA SPEEDOMETER MOTOR”

KOMPONEN-KOMPONEN
Keterangan :
Dalam speedometer mekanik
seperti
gambar
di
atas,terdapat kabel yang
melekat pada set gigi di
transmisi.Kabel ini secara
langsung
melekat
pada
magnet permanen di dalam
speedometer.Magnet tersebut
diselubungi oleh sebuah
alumunium
yang
biasa
disebut
cangkir
alumunium.Di luar cangkir
alumunium terdapat cincin alumunium.Kemudian ada pula pegas untuk
menggerakkan pointer.Sebuah speedometer mekanik pasti dilengkapi oleh jarum
penunjuk dan angka yang tercetak sebagai penunjuk besar kecepatan.

demikian juga yang lain-meskipun kabel panjang dan fleksibel.:mereka dipisahkan oleh udara.ternyata sebuah magnet di dalam speedometer ikut berputar dengan kecepatan yang sama. yang dikenal sebagai cangkir kecepatan. gerakan berputar ini kemudian diubah untuk menggerakkan jarum kecepatan.meskipun dibatasi oleh kumparan kawat halus yang dikenal sebagai sebuah pegas.Speedometer mekanis menggunakan prinsip elektromagnetik dalam kerjanya. antara lain : a. magnet dan cangkir kecepatan yang tidak terhubung bersama-sama.Ketika berputar. Jenis-Jenis Speedometer antara lain : Speedometer Analog Speedometer Digital  Prinsip Kerja dan Pengkalibrasian Speedometer Ada beberapa jenis prinsip kerja speedometer.Di ujung atas. Mekanis. Gelas kecepatan . Kabel ini agak seperti driveshaft mini : jika salah satu ujung kabel berputar.Magnet berputar di dalam cangkir alumunium. Namun.Poros yang memutar roda terhubung ke speedometer dengan kabel panjang dan fleksibel yang terbuat dari kawat pilin.kabeltersambung ke bagian belakang speedometer.yang juga bebas berputar. adalah perangkat pengukur kecepatan yang dihubungkan langsung dengan roda depan ataupun transmisi dengan menggunakan suatu kabel yang ikut berputar saat kendaraan bergerak.

Selain itu.Magnet kecil dipasang pada poros berputar drive mobil menyentuhsensor magnetik kecil terakhir (baik Reed switch atau sensor Hall-effect) diposisikan di dekatnya. Magnet berputar menciptakan medan magnet fluktuatif di dalam cangkir kecepatan dan. dan mereka bergerak dalam sebuah konduktor listrik di dalam medan magnet. arus dalam cangkir kecepatan tidak dapat pergi kemana-mana. dapat menjadi sulit untuk membaca dial speedometer jika Anda berkendara di jalan bebas hambatan. Tapi pegas menghentikan rotasi cangkir sehingga hanya berubah sedikit sebagai gantinya. Karena mereka adalah arus listrik. b. adalah pengukur kecepatan yang bekerja atas dasar sensoryang ditempatkan di poros penggerak kendaraan yang medeteksi jumlah putaran poros untuk selanjutnya data dikirim ke speedometer dengan prinsip arus Eddy yang menggerakkan jarum kecepatan ataupun menunjukkan kecepatan secara digital. Speedometer mekanik seperti yang digunakan di dashboard mobil umumnya terlalu berat dan rumit untuk digunakan pada sepeda. Akibatnya. Namun. terutama di malam hari: apakah Anda benar-benar ingin mengambil mata Anda dari jalan untuk mencari tahu di mana jarum pada dial?Beberapa orang lebih memilih untuk melihat kecepatan mereka sebagai angka sederhana pada tampilan digital. semakin cepat magnet berputar. semakin besar gaya pada cangkir kecepatan. hukum lain elektromagnetisme mengatakan mereka akan membuat gerakan. Tapi ada kelemahan. Hampir semua speedometer diproduksi sampai tahun 1980-an yang sesuai dengan desain asli speedometer yang dipatenkan Schulze. menarik pointer untuk bergerak. Bagaimana?Arus benar-benar membuat cangkir kecepatan memutar sedemikian rupa sehingga mencoba untuk mengejar ketinggalan dengan magnet berputar. dan semakin mampupointer menunjuk dial speedometer. Semakin cepat mobil berjalan. Masalah lain adalah bahwa ada banyak bagian mekanik yang keliru. Elektronik. berdasarkan hukum elektromagnetisme. tidak ada yang dapat menghantarkan daya.melekat pada pointer yang bergerak ke atas dan ke bawah pada dial speedometer.Setiap kali magnet melewati . Jadi arus hanya berada dalam pusaran-kita menyebutnya arus eddy untuk alasan itu. kita lihat di animasi sedikit di bawah. misalnya. kabel semakin cepat berubah. itu berarti arus listrik mengalir di dalam cangkir. cangkir kecepatan berubah menjadi semacam generator listrik. Jika sebuah kabel speedometer rusak.Elektronik speedometer bekerja dengan cara yang sama sekali berbeda. semakin besar arus eddy yang dihasilkannya. tidak seperti di sebuah generator yang tepat (jenis yang membuat listrik untuk rumah Anda dalam pembangkit listrik). seluruh alatlangsung menjadi sia-sia-dan dibutuhkan seorang mekanik untuk melakukan perbaikan.Jika Anda tidak dapat mengikuti.

elektromagnet digunakan untuk menyesuaikan kekuatan magnet permanen terpasang di speedometer sampai jarum sesuai dengan masukan dari kabel berputar. Misal.lalu ditampilkan secara elektronik pada layar LCD. pada gambar di samping sebuah speedometer menunjukkan angka 100 maka kendaraan tersebut melaju dengan kecepatan sebesar 100 mil/jam atau 160 km/jam. kekuatan magnet menghasilkan torsi yang mengalihkan jarum indikator. c. adalah perangkat pengukur kecepatan yang menggunakan perubahan data posisi koordinat bumi yang diperoleh dari satelit GPSyang diolah oleh prosesor menjadi informasi kecepatan. Sekarang tersedia sistem baru otomatis untuk kalibrasi baik speedometer mekanik dan elektronik.mereka menghasilkan sebuah pulsa arus listrik singkat. Ketika kalibrasi jenis gauge. GPS. sirkuit elektronikmenggerakkan motor listrik yang sangat terkendali (disebut motor langkah) yang memutar pointer melalui sudut yang tepat. Sistem kemudian dapat refigure keseimbangan antara masukan dari transmisi dan output dari jarum.Sirkuit elektronik menghitung seberapa cepat pulsa datang dan mengkonversinya menjadi sebuah kecepatan. Kalibrasi merupakan proses terutama penting dalam pembuatan speedometer karena keselamatan pengemudi sangat bergantung pada pembacaan yang akurat. Ketika kalibrasi suatu alat ukur elektronik. Pada skala ke berapa yang ditunjukkan speedometer maka itulah besar kecepatan dari kendaraan yang dikendarai. .sensor.  Pengkalibrasian Kalibrasi adalah proses penentuan nilai sebenarnya untuk meluluskan suatu instrumen. Speedometer elektronik juga dapat menampilkan kecepatan dengan pointer dan dial. Dalam mengukur mekanik. penyesuaian dilakukan pada saat faktor kalibrasi yang ditulis ke dalam memori meter.  Cara Pembacaan Hasil Pengukuran Pembacaan hasil pengukuran pada speedometer dapat langsung dilihat pada alat. sama sepertispeedometer tradisional arus eddy: dalam kasus itu.