You are on page 1of 8

MORFOLOGI PISCES

Kelompok
Jefri Hidayat (14042101)
Rika Kusnani (14042054)
Rubiah (14042060)
Ummu Sifa (14042097)

KLASIFIKASI PISCES    Kelas Agnatha Terdiri atas 2 ordo yaitu: Ordo Myxiniformes.  Kelas Ostheichthyes (Ikan bertulang rawan) Subkelas Actinoptreygii        Kelas Placodermi Kelas ikan yang memiliki rahang menggantung. Kelas ini diketahui sudah punah. Superkelas Pisces Kelas Chondrichthyes (Ikan bertulang rawan) Kelas Chondrichthyes mencakup 2 sub kelas yaitu: Subkelas Elasmorbranchi Subkelas Holocephali    Subkelas Sarcopterygii Subkelas Sarcopterygii terbagi menjadi dua superordo yaitu: Superordo Crossopterygii Superordo Dipnoi . Ordo Petromyzontiformes.

sisik dibedakan menjadi: Sisik placoid Sisik cosmoid Sisik ganoid Sisik sikloid Sisik ctenoid . karena sisik dibuat di dalam lapisan dermis. kebanyakan dari subordo Siluroidea. contohnya ikan Jambal (Pangasius pangasius). Selain itu ada juga ikan yang tidak bersisik. Sisik dibedakan berdasarkan jenis bahan dan bentuknya.SISIK PISCES       Sisik diistilahkan sebagai rangka dermis.

Guanophores atau Iridhophores tidak mengandung pigmen. Sel-sel tersebut masing-masing mempunyai nama yang sesuai dengan jenis pigmen yang dikandungnya: Melanophores : pigmen hitam atau coklat-hitam (melanin). Fungsi warna pada ikan yaitu sebagai tanda pengenal. . mengelabui mangsanya.WARNA TUBUH        Berbagai warna pada ikan dihasilkan oleh sel pigmen (cromatophore) yang terletak di dalam kulit ikan. dan daya tarik seksual bagi lawan jenisnya. Erythrophores : pigmen merah Xanthophores : pigmen kuning.

ALAT GERAK PISCES Alat gerak Pisces yaitu:  Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air. .  Gelembung renang untuk mengatur gerakan vertikal.  Sirip tambahan digunakan untuk mencegah gerakan yang tidak di inginkan.  Susunan otot dan tulang belakang yang flexsibel untuk mendorong ekor ikan di dalam air.

IKAN BERBISA DAN BERACUN Beberapa contoh ikan berbisa dan beracun antara lain:  Ikan Batu  Ikan Buntal  Ikan Pari  Pfeffer’s Flamboyant Cuttlefish .

serta untuk menyinari lingkungan sekitarnya. Fungsi dari antenna ikan angler yang bercahaya yaitu digunakan untuk menaksir kedalaman laut dimana ikan tersebut tinggal. ataupun binatang invertebrata lain.IKAN BIOLUMINESEN      Bioluminesen merupakan pancaran sinar oleh organisme sebagai hasil dari oksidasi dari berbagai substrat dalam memproduksi enzim Bioluminesen dapat diproduksi oleh bakteri. Ikan menghasilkan bioluminesen dengan dua cara. jamur. hanya kelas Pisces yang mampu memproduksi sinar. Fungsi lain yaitu untuk menarik dan mengecoh perhatian mangsanya. . yaitu dihasilkan oleh pori-pori yang bercahaya ataupun organ. Dari sekian banyak hewan bertulang belakang. Contohnya Ikan angler (Melanocoetus johnsoni) merupakan salah satu jenis ikan unik yang tinggal di laut dalam yang bersuhu antara 3-10 °C.

organ listrik dipergunakan juga untuk menyerang lawan atau mempertahankan diri.ORGAN LISTRIK      Pada beberapa Elasmobranchi dan Teleostei. atau pada sebagian besar permukaan tubuh (belut listrik).  Ikan yang dapat menghasilkan kejutan listrik voltase tinggi antara lain Electrophorus electricus. struktur.  Pada beberapa spesies. otot-otot tertentu bemodifikasi sehingga dapat menghasilkan. dan mengeluarkan muatan listrik. Torpedo nobilian. Malapterurus electricus.    Pada umumnya arus listrik yang dihasilkan oleh ikan berfungsi sebagai alat komunikasi.   .    Ikan yang hidup pada daerah beriklim sedang mempunyai voltage yang lebih tinggi dari pada ikan yang  hidup pada daerah dingin. pada ikan yang menghasilkan voltase yang tinggi dapat dilemahkan ikan-ikan yang berukuran yang lebih besar. orientasi. dan juga fa’alnya. di bawah kulit (Teleostei). Organ listrik ini berasal dari otot yang memiliki banyak bentuk. dan deteksi  terhadap mangsa. di belakang mata (star-gazer). kecuali  belut listrik  (Electrophoros) dan ikan lele listrik (Malapterurus electricus). lokasi. pada sirip. menyimpan. Organ listrik ini dapat ditemukan pada ekor (misalnya pada ikan pari listrik).   Pada umumnya ikan laut mempunyai voltase tinggi dibanding ikan  air tawar.