You are on page 1of 6

LEMBARAN SOAL

Mata Pelajaran : BIOLOGI
Sat. Pendidikan : SMA
Kelas / Program : XI IPA ( SEBELAS IPA )
PETUNJUK UMUM
1. Tulis nomor dan nama Anda pada lembar jawaban yang disediakan
2. Periksa dan bacalah soal dengan teliti sebelum Anda bekerja
3. Kerjakanlah soal anda pada lembar jawaban
4. Gunakan waktu dengan efektif dan efisien
5. Periksalah pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada Pengawas

SOAL :
1. Penyerbukan tumbuhan berbiji dapat
terjadi dengan perantaraan angina.
Cara penyerbukan semacam ini
disebut…
A. Malakogami. D. Anemogami.
B. Autogami.
E. Entomogami.
C. Alogami.
2. Dalam daur hidup tumbuhan berbiji
tertutup, bagian yang merupakan
mikrospora adalah…
A. Benang sari.
B. Buluh serbuk sari.
C. Serbuk sari.
D. Kepala sari.
E. Tangkai sari.
3.

lembaga.
D. 2 dan Q menghasilkan zigot.
E 2 dan R menghasilkan zigot.

4.

Perhatikan gambar pembuahan ganda
pada Angiospermae di atas.
Terbentuknya endosperm adalah hasil
penyatuan dari…
A. 1 dan 2.
D. 2 dan 5.
B. 2 dan 3.
E. 4 dan 5.
C. 2 dan 4.
Perhatikan penampang melintang di
atas. Pada proses pembuahan terjadi
penyatuan antara….
A. 1 dan P menghasilkan zigot.
B. 1 dan R menghasilkan zigot.
C. 2 dan P menghasilkan kandung

5. Pemancaran alat perkembangbiakan
pada tumbuhan yang terjadi dengan
cara buah pecah, sehingga bijinya
terlempar keluar seperti pada pacar
air disebut pemencaran secara …
A. Higoskopis.
D. Mamokori.

1

3. 1. Berikut ini pernyataan yang tepat dari system reproduksi ikan adalah . 1. Pada saat kawin. B. E. 1. 3. 6. Progesteron. dan 5. Pertunasan. Entomokori. Pembelahan C. Estrogen. Testis. D. Mempunyai pelindung kuat. Memiliki alat reproduksi luar. dan 3. vagina. 3. D. Alat reproduksi wanita terdiri dari: 1. C. Ovum dikeluarkan ikan betina me lalui kloaka. 1. Ovarium. Ciri khusus biji tumbuhan yang pemencarannya dibantu angin adalah… A. kecuali … A. Hidrokori.. LH. Fertilisasi terjadi secara internal. Di bawah ini merupakan cirri-ciri biji dari suatu tumbuhan: 1. ovarium. oviduk. B. A. 4. C. 2. dan 5. A. Vas deferens. E. 1. D. E. B. 4. kecuali … A. Vagina.. E. Pertumbuhan pohon kelapa itu didukung oleh adanya kemampuan pemencaran secara… A. Memiliki cadangan makanan. Jalannya ovum sejak dibentuk sampai menjadi embrio secara berurutan dimulai dari … A. C. E. Kloaka. B. C. D. C. Anemokori. 4. Tubuh. Pada umumnya di tepi pantai banyak tumbuh pohon kelapa. 9. pertumbuhan awal kelenjar susu dipengaruhi oleh hormone … A. 3. 2. Berikut ini alat reproduksi yang terdapat pada mamalia. Ikan betina mengeluarkan telur ya ng bercangkang. B. C. uterus. Anemokori. Fragmentasi. 3. Kecil. jantan dan betina Melakukan ampleksus. Zookori. 5. Antropokori. Biji bersayap.B. 2. B. 4. 3. E. 1. E. 4. D. 4. 1. Antropokori. 2. Hidrokori. 2. C. 1. 7. 2. 2 . D. 3. 2. 5. Tempat terjadinya fertilisasi bernomor… . 2. 8. Anemokori. 11. B. 12 Perhatikan gambar alat kelamin wanita bagian dalam pada gambar di bawah ini. 2. 4. dan 4. E. dan 4. 4. Konjugasi. 2. Pada masa kehamilan. Mammotropin. Ornitokori. Ringan. Pemencaran alat reproduksi tumbuhan yang mempunyai biji bersayap dapat terjadi secara… A. 14. B. E. D. Hidrokori. C. B. 13. D. 1. E. 10. D. Partenogenesis. 3. Ornitokori. Zookori. C. Berikut ini adalah reproduksi aseksual yang dilakukan oleh invertebrate. FSH.

Estrogen. Amnion. dan pahit C. Tempat jatuhnya bayangan. 2 dan 3 dapat merasakan …. A. Lensa mata terlalu pipih. D. 5 C. Kelainan mata miopi atau rabun jauh dapat dibantu dengan lensa negative. A. B. asam dan manis 20. C. Perasa dan peraba. ntois. 22. Oksitosin. E. manis. Fungsi pupil pada mata adalah … A. Memberi warna mata. Alantois.15. B. Apabila kita mencium masakan yang sedap. asin dan asam B. 16. E. D. C. Sakus vitelinus. asam. E. B. 2 E. Reseptor neuron sensorik interneuron neuron motorik efektor. Membran yang melindungi embrio dalam rahim terdapat goncangan adalah … A. Relaksin. Mengatur cahaya yang masuk. air liur terangsang mau keluar. asin. Pembau dan pengecap. maka impuls akan menempuh jalan sebagai berikut: A. Reseptor neuron sensorik neuron konektor otak efetor. Reseptor neuron motorik sumsum tulang belakang efektor. E. 19. Jika proses gerak yang diatur oleh system saraf disadari. 17. D. FSH. Bagian yang bernomor 1. Reseptor neuron motorik otak neuron sensorik efektor. 1 D. Hal ini menunjukkan adanya hubungan antara indera … A. Di bawah ini gambar lidah manusia berserta bagian-bagiannya. E. Ovulasi dirangsang oleh hormone … A. C. 18. Reseptor neuron sensorik otak neuron motorik efektor. manis. Memfokuskan bayangan benda. pahit. B. B. 3 . Bagian mata yang berperan untuk menerima rangsangan cahaya ditandai oleh nomor …. Melindungi retina. asam dan pahit D. Pembau dan perasa. Perhatikan gambar penampang mata manusia di bawah . C. B. manis dan pahit E. 3 21. manis. Lensa mata terlalu cembung. kelainan ini disebabkan… A. 4 B. Perasa dan pengecap. Korion. Penghilat dan pembau. D. LH. D. Amnion dan ala C.

Sumsum lanjutan 26. Koklea.serabut saraf motorik -konektor . A. Reseptor – serabut saraf sensorik Otak – serabut saraf motorik – efektor. E. C. Otak tengah D. Hiposekresi ataupun hipofungsi dari kelenjar tiroid menyebabkan penyimpangan pada anak-anak. E. Reseptor . D. Bagian otak yang merupakan tempat penyeberangan Impuls dari alat tubuh sebelah kanan ke kiri dan sebaliknya adalah …. Jembatan verol B. Virifisme E. dimana pertumbuhan baik fisik maupun mentalnya terhambat.serabut saraf sensorik -konektor . Hipotalamus C. A. Tingkap oval.serabut saraf motorik -efektor B. Tulang sanggurdi. 4. Urutan jalannya rangsangan pada busur refleks adalah ….C. A. A. C.Cousing sindrom C. 24.serabut sarafsensorik -efektor C. E. disebut …. D. E. Kanalis semisirkularis. Adrenal dan tiroksin Pankreas dan insulin Gonadotrop dan estrogen Pancreas dan endrogen Gonadotrop dan testoteron 29. Reseptor yang khusus untuk merespon rangsangan berupa tekanan adalah nomor … A. Kornea mata tidak rata. 5. Lensa mata terlalu cekung. Reseptor – konektor – serabut saraf sensorik – serabut saraf motorik – efektor. E. Kretinisme 4 . 25. D. 28. Akromegali B. 23. Cerebelum E. 1. Reseptor – serabut saraf sensorik serabut saraf motorik – konektor – efektor. D. Reseptor . Perhatikan gambar penampang kulit di atas. Mix oedem D. 3. Saraf otak yang sesuai dengan jenis fungsinya pada table di bawah ini adalah …. Dari gambar dibawah kelenjar nomor 4 dan hormonnya adalah …. D. B. C. B. B. 2. Nomor 1 pada gambar di bawah adalah… A. A B C D E Saraf otak Olfactori Abducena Vagus Hipoglosal Trigeminal Jenis fungsinya Motorik Sensorik dan motorik Sensorik dan motorik Sensorik Motorik 27. Tulang landasan. Usia sudah lanjut.

35. Mielin. Papila sirkumalata B. 36. saraf glososfaring 32. Dendron. uretritis. Canalis semi sirkulasi Impuls getaran suara sampai menjadi persepsi suara melewati bagianbagian dari telinga yaitu …. Gonorrhoe. Neuron motorik. Epididimitis. C. Pons varoli. Talamun. 1 – 4 – 7 – 2 – 5 – 8 – 3 – 6 B. E. E. Nodus Ranvier. saraf perasa D. Serebrum. papilla bentuk V E. papilla bentuk martil C. Pusat koordinasi system saraf otonom adalah … A. E. saraf pengecap B. B. Autogami. daun telinga 2. D. D. C. 38. Neuron. A. Papila yang meyebar di seluruh permukaan lidah adalah …. Akson. Nervus octavus 7. Siphilis. Martil 8. saraf fasial E. Neuron sensorik. papilla filiformis D. Neurit. E. Di bawah ini adalah bagian-bagian dari telinga : 1. C. 5 . B. 1 – 3 – 4 – 5 – 6 – 9 – 8 – 7 E.30. D. D. Kleistogami. Landasan 3. C. D. 1 – 4 – 7 – 5 – 8 – 2 – 3 – 6 C. B. B. Neurotransmiter. Penyerbukan yang serbuk sarinya berasal dari satu bunga dalam satu pohon disebut … A. 37. Membran timpani 5. C. Koldea 4. Sinapsis. E. Sel Schwann. Dendrit. Salah satu gangguan pada system reproduksi pria adalah peradangan pada ureta … A. C. 6 – 9 – 8 – 7 – 2 – 5 – 8 – 9 34. Serabut sel saraf yang pendek dan bercabang disebut … A. Serebelum. papilla sirkudatama 31. Alogami. Neuron intermediet. B. Akson. 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 – 8 D. 33.. Geitonogami. Struktur yang menghubungkan dua neuron dan berfungsi sebagai alat komuikasi antar neuron adalah … A. Neuron yang berfungsi membawa impuls dari system saraf pusat ke efektor disebut … A. Prostatitis. Interneuron. Hipotalamus. Tingkap bulat 9. Sanggurdi 6. karena ada ujung saraf yang tertutup lendir. Bastar. D. A. E. yaitu …. Pada waktu seseorang sedang mengalami influenza maka makanan yang lewat tidak dapat kira rasakan. saraf pembau C. A. B.

39. C. B. inti sel. Menghambat terjadinya ovulasi. akson. Menghambat sel telur yang sudah buahi. C. Mematikan sel sperma. Akson. akson. E. akson. dendrit. akson. D. 40. berturut-turut adalah … A. Dendrit. Q. Menghambat pertemuan sel sperma. Cabang akson. R. dendrit. Pemberian pil KB kepada peserta keluarga berencana bertujuan untuk … A. sel Schwann. E. Badan sel. badan sel. dendrit.Perhatikan gambar sel neuron berikut! Bagian yang ditunjukkan oleh P. Membunuh sel telur. 6 . D. B. Inti sel.