You are on page 1of 4

TRANSKRIP MENGAJAR MIKRO

Nama

: irmawati

Tanggal

: 11 Mei 2014

Simulasi

: Pertama (I)

Topik

: Menemukan rumus suku ke- n barisan aritmetika
Calon guru melangkah masuk kedalam kelas dengan tenang dan wajah yang cerah dan

mengucapkan “Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh”. Calon meletakkan segala
perlengkapan yang dibawa ke atas meja. Setelah melihat keseluruh ruangan, kemudian calon
menanyakan kabar siswa, menertibkan kelas, dan menyuruh salah seorang siswa untuk
membersihkan papan tulis. Kemudian guru menyuruh ketua kelas untuk memimpin doa dan
akhirnya membuka pelajaran.
Calon guru

: Alhamdulillah anak-anak, hari ini kita dapat melanjutkan materi pelajaran yang
telah kita pelajari minggu lalu. Barisan adalah suatu susunan bilangan terurut
dari yang terendah ke yang tertinggi atau sebaliknya dengan aturan/pola
tertentu. Siapa yang masih ingat tentang pengertian barisan aritmetika? (calon
guru menggambarkan skema tentang barisan yang terbagi atas barisan
aritmetika dan barisan geometri).

Siswa

: saya bu,

Calon guru

: coba sebutkan nak, apa itu barisan aritmetika?

Siswa

: barisan yang punya beda bu,,

Calon guru

: bagus nak, terima kasih yha nak, yang lain ada yang ingin menambahkan?

Siswa

: barisan adalah kumpulan bilangan yang tersusun dengan aturan tertentu dan
punya beda bu,,

Calon guru

: yups,, bagus. Intinya Barisan aritmetika adalah susunan bilangan berurutan
dari yang terendah ke yang tertinggi atau sebaliknya dengan aturan/pola tertentu

Calon guru : pada hari ini kita akan menemukan rumus suku ke-n pada barisan aritmetika. 4. Wilda khairunnisaa’. atau barisan 2.. dan Muhammad Ismail Husni. ibu harap kalian memahami dulu petunjuk dalam LKS dan informasi yang diberikan dalam LKS. 6. ibu harapkan kalian bertanya.yang mempunyai beda tetap.dan kenaikan gaji tiap bulan Rp. Calon guru : mungkin yang lain tahu? Siswa :… Calon guru : oke.-. 8. 2. Kelompok C anggotanya Heni Safrianti. (calon guru menuliskan di papan tulis “Menemukan Rumus Suku Ke-n Pada Barisan Aritmetika”. Jika ada yang kurang dimengerti dalam langkah-langkah LKS. dan Arief Hermawan.. Nanda Rizki Fandanu dan Siti Khumaira. ibu akan mengundi kelompok mana yang akan presentasi ... Ada yang bisa memberikan contoh barisan aritmetika? Siswa : 1. 3. Rahma Rosita.. Silakan duduk dalam kelompok masing-masing.000. Sebelum mengerjakan LKS. Manfaat kita mempelajari materi barisan aritmetika dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk menghitung gaji seorang pegawai pada bulan ke 15 jika gaji bulan pertama Rp. 5 bu. 150. terima kasih nak. Kelompok A anggotanya: Eva Indriani. barisan tersebut punya beda 1. Calon guru : (calon guru memanggil salah satu siswa untuk membantu membagikan alat peraga kepada masing-masing kelompok). 000. Kalian ibu bagi kedalam 3 kelompok. 100. Yang lain ada yang tahu apa manfaat kita mempelajari materi barisan ini? Siswa : tidak bu. kita akan belajar dalam kelompok. 10 yang punya beda 2 (calon guru menuliskan contoh barisan aritmetika dipapan tulis). Nanti setelah diskusi kelompok.? Calon guru : bagus.. 4. Tuti Fadhillah. Kelompok B anggotanya: Sera Delta Tanjung. Diskusikan terlebih dahulu LKS dalam kelompok dan gunakan alat peraga sesuai dengan langkah dalam LKS.

2 gelas. sekarang sudah boleh kan kita mulai. Silahkan duduk kepada kelompok yang presentasi. 6 menit saja… Calon guru : baiklah.janganlah ada kuis. Ini soalnya … (calon guru membacakan soal). ibu harap memberikan tanggapan. Siswa : ibu.. Calon guru : ibu akan memberikan 5 menit untuk mendiskusikan LKS.hasil diskusi kelompoknya kedepan. Ibu ingin melihat apakah kalian ada memahami pelajaran tadi.. Bagi kelompok lain. Kepada kelompok yang terpilih.. Cukupkan? Siswa : tidak cukup bu. gelas ini bagaimana susunnya? Calon guru : (sambil berkeliling ke tiap-tiap kelompok). Bagi siapa yang sudah siap. Siswa : (kelompok terpilih mempresentasikan hasil diskusinya). Siswa : ibuuuuuuu.. silahkan angkat kertas tinggi-tinggi. waktu untuk diskusi telah habis. Oke anak-anak. Calon guru : bagus. diskusi dimulai dari sekarang. Ibu persilahkan kepada perwakilan masing-masing kelompok untuk mengambil undian. silahkan presentasi. yang lain ada pertanyaan? Siswa :… Calon guru : bagus sekali. 3 gelas dan 4 gelas. Gelas itu kalian susun sesuai dengan gambar di LKS. Siswa : tunggu dulu buuu.. soalnya cuma satu. ada yang 1 gelas. Berarti sudah mengerti semua. Ada yang kurang mengerti kelompok lain? Siswa : … (sibuk berdiskusi) Calon guru : (5 menit kemudian).. Calon guru : iya.. Siswa : …(siswa menyelesaikan kuis dan cepat-cepat mengangkat kertas) . Sekarang siapkan satu kertas untuk kuis.. Calon guru : tidak apa-apa.

cepat yhaa. Calon guru : baiklah. Siswa : terimakasih bu. minggu depan yhaaa. Kemudian kalian jangan lupa untuk mempelajari barisan geometri yhaa.. Calon guru : tugas untuk kalian dirumah sudah ibu persiapkan (sambil menuliskan soal dipapan tulis).....Baiklah anak-anak.. Calon guru : oa. kepada kelompok presentasi dan kepada yang betul tadi jawaban kuisnya untuk maju kedepan kelas.Calon guru : bagus..minggu depan kita akan mempelajari tentang barisan geometri. Siapa yang dapat menyimpulkan pelajaran kita pada hari ini? Siswa : rumus suku ke-n barisan aritmetika adalah U n=a+ ( n−1 ) b . Calon guru : iyha. Siswa : Wa’alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh. sampai disini kita belajar hari ini.. kalian mendapatkan oleh-oleh tugas tadi yhaa. . Yang lain silahkan dikumpulkan. Sampai jumpa Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh. bagi yang tidak dapat oleh-oleh.... ada sedikit oleh-oleh buat kalian agar kalian lebih rajin lagi belajar. Calon guru : iyha sama-sama. Soalnya gampang kan? Siswa : tunggu dulu buuuu. Silahkan duduk kembali...