You are on page 1of 10

Teori Scalping ala Luwak fx.....

(jilid dasar)
Ijinkan saya untuk menuangkan sebuah postingan berupa teori
scalpingan, mudah-mudahan bermanfaat. Teori ini bukanlah hanya
sebuah bacaan, terlepas dari maksud dan tujuan mudah-mudahan bisa
diresapi oleh anggota pd umumnya dan saya pribadi pada khususnya.
Teori ini saya rangkum menjadi R3 atau "ertiga"
R pertama adalah RISK. R kedua adalah REWARD dan R ketiga adalah
RULE

RISK
Saya beranggapan bahwa risk adalah hal yang paling utama yg harus dicanangkan dalam sebuah
dalam tekhnik scalpingan. Risk trader satu dengan risk trader yg lain akan berbeda nominalnya baik
berbentuk prosen,maupun lainnya. Karena perbedaan inilah, Risk yang sering saya pribadi jalankan
adalah : "Saya akan depo sekian dollar pada tanggal 1 tiap bulan. Perkiraan saya adalah Jikapun saya
MC nanti, saya akan melakukan depo lagi tertanggal 1, dibulan depannya. dikarenakan saya ada
kelebihan dana setiap tanggal 1 tsb, maklumlah punya jasa tukang setor listrik punya tetangga.
Asumsi saya, seminggu terdiri dari 5 hari trade, maka dlm sebulan ada 20 har trade. Untuk itulah,
saya menggunakan metode perhitungan risk, yg menurut saya PAS dikehidupan saya.
rumus RISK saya : Depo dibagi jumlah hari mampu depo lagi. contoh, jika saya depo $20 dan sanggup
deponya lagi duapuluh hari lagi, maka $20 :20=$1. inilah Risk saya. Artinya, jika hari tsb saya loss $1,
maka saya akan berhenti trade dihari tsb, dan dilanjut besoknya sehingga tidak ada lagi ejekan, "MC
kok terusan......". lumayanlah, semenjak pake RISK ini, EmCe saya pertahun cuman 12 kali.

REWARD
Sekarang jika ada yang bertanya tentang penghasilan yang harus dipenuhi, jika memakai RISK diatas.
kata orang jika R:R = 1:1 itu "minimal". kalo R:R= 1:3,itu "lumayan" namun jika R:R = 1:1000, itu
namanya skala peta..vrohhh..
contoh dikehidupan, TELINGA setiap manusia, nggak akan sama antara satu dg yg lain jadi Reward
saya, adalah ketika mata saya sudah ngantuk dan baterai sudah mau habis, itulah penghasilan saya.
Rumus : jika saya telah menyepakati bahwa risk saya adalah $1 dari $20, maka saya telah berani
mengorbankan 5% dari modal begitu juga dg reward, jika kita telah menyepakati R:R nya 1:1, maka
artinya adalah jika kita punya penghasilan 5% dari modal perhari, apakah anda termasuk punya
penghasilan kecil????

RULE
Untuk hal ini, saya hanya akan membahas tekhnik scalping dengan indikator adx di timeframe
1Menit.
mari kita lanjut sebuah kondisi market, menurut saya terbagi menjadi dua, kalo anda membagi tiga,
empat ataupun lima itu terserah yang penting saya pribadi hanya membagi dua saja yaitu Market

terhadap salah satu kondisi tsb padahal semua kondisi. simple. kondisi kondisi inilah yang harus kita pelajari terlebih dulu. apply to previous data's indicator. . agar bisa memaksimalkan hasil karena kadang yang namanya scalper "ALERGI". dengan settingan 9. bagi saya pribadi tidak akan mempermasalahkan secara detail banget cara sederhana untuk mengetahui di mana kedua kondisi tsb berada. saya hanya menggunakan sebuah crossingan dari indikator tinggal kita saja apakah masih percaya sama indikator atau tidak Indikator tersebut adalah ATR dan Moving Average. Kemudian attack juga indicator MA disub windowsnya indi ATR.dengan kondisi RAMAI (trending) dan Market dengan kondisi SEPI (sideway). Attack indicator ATR dg settingan 9 di TF 30M sebagai contoh SS GBPUSD dibawah ini.

SnD. nggak tahu kenapa dan alasannya apa. berbeda dengan daerah yang tidak terarsir.. pivot. Mari kita berandai andai.. saya lebih suka memakai TF30M.. Untuk melihat kondisi kondisi market tsb. baek memakai SR. kayaknya kita harus extra entry. setelah kita mengetahui medan perang terlebih dulu. . lanjut.kita lihat crossingan yang terjadi dan amati. maka yang perlu kita persiapkan lagi seberapa besar kekuatan musuh kita lewat bermacam macam ukuran. jika saya mengharapkan 1000 pip didaerah yang diarsir..

50. dimana kita kasih horizontal line di setiap AM. kegunaan AM tsb. saya pribadi jarang menggunakan AM tsb buat triger entry. maupun bertahan didaerah daerah tersebut kebetulan saya pribadi menyimpulkan salah satu level daerah tersebut. dengan sebutan ANGKA-MAEN setiap AM (angka maen) tiap pair berbeda beda karena saya suka GBPUSD. maka AM tersebut jadikanlah sebagai penghias chart saja Ini adalah SS angka maen tersebut. .maupun batas batas level laennya tujuan sederhananya adalah kita bisa menyergap. 14. 80. selaen menjadi daerah ter"LARANG". maka saya berani menyimpulkan AM GU adalah 00. bisa juga kita anggap sebagai target terdekat jika kita maen swing berhubung teori ini adalah scalpingan. untuk pair laen silahkan dicari sendiri AMnya. 20. kekurangan dan kelebihan. lari. bisa kita dapetin kalo kita sudah full scroll history chart. tapi hanya saya gunakan sebagai batasan batasan saja. 64.

maka tambahilah dgn angka 0 lagi dibelakang AM diatas menjadi 000.. jika memakai digit 4. 200. 500.bla. 140. yang artinya jika harga menembus rata-rata candle.. ada beberapa khasiat adx yang saya percayai sebagai wujud reaksi pasar yang ada. Adx termasuk indicator yang lagging. 800 searching saja. terlepas dari bla. Sesuai SS di bawah ada 6 yang saya cukil. walaupun ada yang suka menggunakan dan ada pula yang enggan memakai. .. adx juga bukan indikator abal abal karena sudah diakui oleh seluruh para trader. sweetspot.angka maen yg dimaksud adalah angka belakang.bla-nya jenis indicator. adx juga termasuk indicator repaint. 640. semoga bermanfaat. maka akan berubah bentuk (ini menurut saya) tapi seblum membahas cara entry scalpingan yang dimaksud. tapi saya akan mncoba menerangkan satu satu arti dari nomer nomer tsb semoga tidak salah tangkap. saya pribadi tidak akan bersikeras thd ekspresi pengguna adx yg telah gagal maupun yg telah berhasil memakainya. jika memakai digit 5.. saya akan mencoba sedikit menguraikan beberapa khasiat ADX. dan hanya satu yang akan saya bahas diteori ini yaitu yang nomer 3. atau bisa juga disebut terlambat. Mari kita Attack indi adx dengan settingan 5 apply to Median. tinggal edit aja Average Directional Movement Index (adx) adalah salah satu indikator standart di metatrader maupun di droid ataupun dilaennya. maka AMnya seperti diatas.

namun jika puncak semakin meninggi. jadi saya tidak menganjurkan entry dg cara ini. saya tidak beranggapan bahwa wujud nomer satu adalah valid. kebetulan SS adalah GBPUSD terlihat crossingan tsb saya tandai dengan garis biru biru. adalah line adx. lanjut ke teori. namun saya hanya beranggapan. Nomer 3 adalah crosingan plus D dan minus D. maka saya akan menyatakan siap siap untuk entry. Attack indi adx di TF15 sesuai settingan diatas. dibandingkan kita entry nunggu nomer 3. cuman kelemahannya sering false signa. maka secara sadar. untuk itulah saya akan membahas yang nomer 3. . saya juga tidak beranggapan kalo kemiringan tsb adalah sinyal yang pas buat entry. ketika line adx sudah membentuk huruf "W". walaupun cuman sebentar.Nomer 1. disini rata rata trader beranggapan trend sudah berubah. Nomer 2 adalah puncak minus D ataupun puncak plus D. Nomer 5 adalah pencapaian target maximal yang harus kita capai apabila menghendaki menjadi orang yang SERAKAH. Nomer 4 adalah cara mencuri start entry agar lebih memiliki nilai plus. saya beranggapan bahwa trend saat itu sudah akan berubah.

apabila diapplykan ke bentuk histogram. oiya ini bentuk crossingan jika memakai histogram. nama indinya adalah advanced adx. dan bisa dirubah rubah settingan timeframenya. mari kita liat TF 1M dengan settingan advanced 15 dan akan telihat sbb. maka akan berbentuk seperti SS dibawah ini. . silahkan disearching. setelah sudah. kebetulan indinya sudah ada di bberapa forum...

.Langkah selanjutnya adalah mengattack kembali advanced tsb dengan settingan untuk TF1. Eksekusilah ketika warnanya sama...ini contoh ketika kondisi market trending. TF5 sehingga ada 3 advanced di chart TF1M. lihat SS. .

contoh diatas. ADX bisa dipakai dimanapun timeframenya dan Pair. untuk acuan trendnya . maka TF 5 dan TF 15 sebagai acuannya.. untuk menjadi tegas dalam membuat sebuah keputusan..dan ini ketika kondisi market sideway.sangat repaint. maka tambhkan juga TF60 dan TF240. alasannya masuk akal.. maka tambahkan TF lebih besar dari TF tempat eksekusi. agar kita bisa masuk dan keluar dengan cepat tanpa harus menunggu ini dan itu dan Risk nya pun akan sedikit dibanding dengan TF Monthly. maka saya tidak menganjurkan untuk memakai indi tsb..yupzzzz...adalah kondisi market lagi sepi Yang jadi pertanyaaan adalah apakah indikator tsb repaint.. tetapi dibalik semua ini ada hikmah yang tersembunyi jika kita sudah menjalani sendiri. berhubung ini adalah teori scalping. maka TF yg paling kecil adalah TF 1Menit. jika memakai TF 1. begitu juga jika kita memakai TF15 sebagai sarana eksekusi.karena daerah yang diarsir /warna gray .

untuk itulah.Ada yang menanyakan. bisa juga akan tembus atau break line tsb. bisa kita jadikan sebagai indicator leading. Untuk memaksimalkan nilai kualitas ENTRY kita pergunakan juga Indikator DONCHIAN ataupun level higlow laennya tujuannya adalah agar kita mendapat nilai lebih dibandingkan kita entry tanpa memandang probabilitas yang ada.JIKA ADX TF 60 BERWARNA KUNING. BUY-lah ketika Price berada di bawah line tengah dan SELL-lah ketika Price berada di atas Line Tengah.MAKA SAYA AKAN ENTRY DI ADX TF1M BERWARNA BIRU. bagaimanakah jika kita punya type averaging sbagai tekhnik tradenya.. tapi seindah indahnya indicator lagging. Tapi yang harus di ingat adalah tidak semua price jika menyentuh lower atau upper akan memantul. . karena probabilitas BUY diharga yang rendah akan bernilai 80 dibandingkan probabilitas BUY diharga yang tinggi. bahwa SAR juga termasuk indicator lagging. mari kita eksplor semua indicator yg jarang ditemukan. dimana banyak diantara kita mengetahui. saya akan menjawab.. Contoh SS. kali Intl saya akan menjelaskan teori scalpingan memakai Parabolic SAR. sehingga untuk patokan entry tidak hanya sebatas WARNA SAMA melaenkan harus diuji coba sendiri.