Tugas Dinamika Masyarakat Asia Tenggara

Negara Thailand

Oleh:
Esa Hafiizha

132030028

Ria Agustina P.

132030036

Alifia Nisa H.

132030056

Sulpiani

132030058

Nita Lusiani A.

132030067

Universitas Pasundan Fakultas Ilmu Sosial & Politik
Jurusan Hubungan Internasional Tahun Ajaran 2015/2016

Pada abad pertama Masehi. Kerajaan Sukhothai yang didirikan pada tahun 1238. dan Angkor. dan diapit antara kerajaan Nan Zhao. Asal mula Kerajaan Thai secara tradisional dikaitkan dengan sebuah kerajaan yang berumur pendek.000 jiwa . dan Myanmar dan Laut Andaman di barat. Thailand. Vietnam. Malaysia dan Teluk Siam di selatan. Nama internasional : Kingdom of Thailand Kepala pemerintahan : Perdana Menteri Luas wilayah : ± 514.Profil Singkat Negara Thailand Kerajaan Thai atau dalam bahasa aslinya Mueang Thai adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Laos dan Kamboja di timur.000 km2 Lagu kebangsaan : Pleng Chard Ibu kota : Bangkok (Krung Thep) Bahasa : ThaiThai (Siam) Bentuk pemerintahan : Kerajaan Agama mayoritas penduduk : Buddha (95%) (Konstitusional) Kepala negara : Raja Mata uang : Bath Jumlah penduduk : 65.104. Laos. bangsa Thai telah tersebar di Yunan. Pyu. Thai menempati daerah sampai ke Asia Tenggara bagian utara. dan Myanmar terpecah ke dalam berbagai sekte sub linguistik.

Selama beberapa abad banyak aspek budaya Khmer yang digunakan/ diserap oleh penduduk asli. Pembentukan Lan Na. Dari abad ke 9 hingga abad ke 11 bangsa Khmer Angkor memperluas kerajaan mereka dengan mencakup sebagian besar dari zaman Thailand modern. Thailand utara sekitar abad ke-9 (daerah Mon yang tetap independen sampai abad ke-13) Di tempat lain di utara. dan Phayao. Thailand pertama kali dihuni oleh Mon dan kelompok Khmer dan kemudian oleh Tai. Sukhothai. dan Lopburi adalah periode sejarah Thailand. Phimai. Di Thailand utara. A. Bangsa Cina. provinsi kota-kota penting didirikan oleh Phimai. merupakan awal dari sejarah Thailand seperti yang kita kenal.Perkembangan Thailand Masa Tradisional Selama berabad-abad sejarah mencatat. Sepanjang pemerintahan Angkor. Sebelumnya . yang disebut utusan dari daerah sebagai perwakilan "Hsien" atau Siam (tampak seperti yang diucapkan) mendokumentasikan permintaan dari kemerdekaan Lopburi meminta dari Angkor sejak 1001. awalnya didirikan pada abad ke-12. Yang mana sudah berdiri sejak tahun 1238-1438. Tai menjadi semakin meningkat dengan populasi tersebut sehingga bermigrasi ke selatan. di mana salah satu kerajaan terkuat pertama di Thailand. terutama di Chiang Saen. tiga sekutu kerajaan didirikan oleh para pemimpin yang kontemporer. Candi-candi di Rung Phanom. sebuah kelompok etnis yang bermigrasi dari selatan Cina ke Vietnam dan secara bertahap ke Laos dan utara Thailand. Kerajaan Sukhothai Kerajaan Sukhothai adalah salah satu kerajaan tertua di Thailand yang berpusat di sekitar kota Sukhothai. Lopburi sering menyatakan kemerdekaan dan itu penting untuk perkembangan budaya Syam. Bangsa Tai yang mendorong dan mendirikan negara dengan kota mereka sendiri. Buddha dari Lopburi mendirikan sebuah Negara dengan kota yang dikenal sebagai Haripunjaya di Lamphun. Lopburi dan bahkan Nakhon Si Thammarat. Lan Na.

Setelah melalui pertumpahan darah perebutan kekuasaan antar dinasti. Pada tahun 1790. Di tahun yang sama. . Dan pada akhirnya. beliau mendirikan Ibukota baru di Bangkok. status Sukhothai berubah hanya menjadi sekedar provinsi dari Ayutthaya. Jepang. Ayyuthaya sangat aktif melakukan perdagangan dengan berbagai negara asing seperti Tiongkok. Kerajaan Ayutthaya Kerajaan Ayutthaya didirikan pada tahun 1350 Raja Ramathibodi I (Uthong). Setelah kematian Ramkhamhaeng. Burma berhasil diusir dari Siam. Pada puncak kerjayaannya dibawah Raja ketiga Ramkhamhaeng. Ayutthaya memasuki abad keemasannya pada perempat kedua abad ke-18. B. Kerajaan Siam Setelah serbuan Burma yang membumihanguskan ibukota Ayutthaya. Jenderal Taksin mendirikan Kerajaan baru pada tahun 1769 yang Ibukota nya di Thonburi (sekarang termasuk dalam Bangkok) dan menyatukan kembali bekas-bekas kerajaan Ayutthaya. India. Sukhothai diperkirakan terbentang dari wilayah yang sekarang termasuk Myanmar sampai ke dalam wilayah Laos modern. Beliau yang mendirikan Ayyuthaya dan menjadikan sebagai ibu kota kerajaan yang mengalahkan dinasti Kerajaan Sukhothai pada tahun 1376. Beliau menjadi raja pertama dinasti Chakri dengan nama Rama II. kesastraan dan pembelajaran berkembang. Pada masa yang relatif damai tersebut. Taksin kemudian dianggap gila di eksekusi tahun 1782 kemudian digantikan oleh seorang Jenderal bernama Chakri.wilayah kerajaan ini adalah bagian Kerajaan Khmer. Sukhothai melemah dan berbagai kerajaan bawahannya mulai melepaskan diri. Pada tahun 1438. serta ke arah selatan di Semenanjung Malaya. Pada tahun 1765. Ayutthaya menyerah dan di bumihanguskan pada tahun 1767 setelah pengepuan yang berlarut-larut. tepatnya di seberang Sungai Chao Phraya. Dalam perkembangannya. Persia dan beberapa negara Eropa. wilayah Thai diserang oleh dua pasukan besar Burma. Yang kemudian bersatu di Ayutthaya. C. kesenian.

Thailand menganut trias politika dimana ada pembagian kewenangan jelas antara legislatif. hari konstitusi Thailand. Senat terdiri dari 200 kursi. Menduduki jabatan selama 4 tahun. Badan legislatif Thailand adalah bikameral. Perubahan nama dari Siam menjadi Thailand sendiri baru diumumkan Perdana Menteri pada tahun 1939. Menteri-menteri dalam kabinet Thailand diangkat oleh Monark tetapi bertanggung jawab kepada Rathasapha. 500 anggota legislatifnya (anggota parlemen) dipilih secara populer. Modernisasi di Thailand dimulai pada masa pemerintahan Raja Mongkut yang bergelar Rama III dengan menata ulang sistem pemerintahan di kerajaan. ia juga . Senator Thailand dipilih langsung untuk pertama kalinya pada 2 Maret 2000 (sebelumnya diangkat oleh Raja atas rekomendasi Dewan Menteri). beranggota 18 orang yang diangkat Kerajaan. Menduduki jabatan selama 6 tahun. masing-masing mewakili sekitar 150. dan Kantor Perdana Menteri. Kerajaan tidak mengintervensi pembuatan keputusan pemerintahan sehari-hari. Kendati Monarki Konstitusional. eksekutif lewat kabinet. Pemerintahan Perdana Menteri Phibun ini ditandai dengan bangkitnya nasionalisme Thai. 400 anggota berasal dari daerah (dipilih langsung oleh konstituennya. yang fungsinya memberi nasehat berdasarkan permintaan kerajaan. Namun. Kabinet bertanggungjawab atas administrasi 14 kementerian. Selain itu. Ada Dewan Negara Thailand.Thailand Masa Modern Thailand memiliki jenis kekuasaan: Monarki Konstitusional. Thailand sekurangnya punya 16 macam konstitusi dan dilanda 20 kali kudeta militer. Kerajaan Thailand menjalankan fungsi legislatif lewat parlemen. eksekutif. Monarki Absolut Thailand dihapus sejak tahun 10 Desember 1932. dan yudikatif.000 orang) 100 anggota berasal dari partai (dipilih secara tidak langsung oleh persentase suara yang diterima partai). dan yudikatif lewat peradilan. Kudeta tahun 1932 mengubah Siam menjadi Thailand modern yang berupa monarki konstitusional.2006. Lembaga eksekutif dipimpin oleh Perdana Menteri (sejak amandemen konstitusi 1992 harus anggota parlemen). Sepanjang 1932 .

Lama kelamaan bangsa ini berkembang dan kemudian membentuk sebuah kerajaan yang dinamakan Sukhothai. Cina Selatan merupakan daerah asal darimana masyarakat Thailand terbentuk. terutama di daerah Chiang Mai dan Chiang Saen. ide-ide. Pengaruh India disebut berasal dari Suku Mon dan Suku Khmers yang mendapat Indianisasi yang kuat di Myanmar. Hal ini dibuktikan oleh penemuan piring. Selanjutnya perkembangan masyarakat Thailand dipengaruhi oleh budaya India. Lalu pengaruh kerajaan ini pada abad ke-13 mulai menjalar ke selatan Thailand dimana Suku Mon dan Khmers (suku asal Myanmar) mulai tersingkirkan dari wilayah selatan. Menurutnya. dimana pada pedesaan Ban Chieng ditemukan artefak-artefak dengan peradaban yang sudah tinggi. Pada masa ini. dan pengaruh ajaran Buddha. yaitu dari suku Shan. dan komitmen-komitmen melipatgandakan alternatif dalam kebijaksanaan. Kedua suku ini menduduki Thailand . dan perunggu. Corak Masyarakat Terbentuknya corak masyarakat Thailand diikuti oleh pengaruh asal muasal negaranya. asal muasal masyarakat Thai disebutkan telah ada sejak dua abad yang lalu. ditinjau dari pendekatan Linguistik. budaya Cina. asosiasi-asosiasi. Sampai 1868 politik semakin berkembang yang ditandai dengan kepentingankepentingan baru. perhiasan. Penyebaran bangsa ini pertama kali menduduki wilayah Thailand Utara. dimana kerajaan inilah yang pertama kali dibentuk dan awal dari peradaban bangsa Thailand. Dari sisi lain. Hans Hofer lalu menekankan pada bangsa Yunan sebagai nenek moyang dari masyarakat Thailand. khususnya dari bangsa Yunan yang bermigrasi ke Asia Tenggara pada sekitar abad ke 7 – 13.menandatangani perjanjian Bowring untuk memberikan hak ekstrateritorial kepada Inggris. Hans Hofer (1991) dalam bukunya Insight Guides Thailand menyebutkan tentang sekilas asal muasal masyarakat Thai. perdagangan dan hubungan luar negeri membuat kehidupan di Bangkok berubah dengan cepat.

oleh bangsa Cina sekitar abad ke-12 pada periode kerajaan Sukhothai. atau pengakuan. Karena ini. benda keramik yang dibuat dari tanah liat. Dalam kehidupan sehari-hari di Thailand. dan Budhisattava yang merupakan titisan dewa. ada penekanan kuat pada konsep sanuk. raja dianggap sebagai perwakilan Wisnu. ia datang dalam beberapa bentuk yang mencerminkan status relatif mereka yang terlibat. Salah satu yang paling menonjol adalah kebiasaan Thailand wai. Sehingga tak heran bila masyarakat Thai lebih mencintai raja daripada politik. Hasil dari terbentuknya budaya masyarakat Thailand dapat dilihat dari kebiasaan sehariharinya. Menampilkan emosi positif dalam interaksi sosial juga penting dalam budaya Thai. Menampilkan salam. begitu banyak sehingga thailand sering disebut sebagai Land of Smiles. Salah satu contohnya adalah pernikahan Phra Ruang dengan anak perempuan dari raja Sukhothai dan akhirnya Phra Ruang menjadi raja atas Sukhothai. . Siwa. Kenyataan sejarah bangsa Thailand berasal dari bangsa Yunan membuktikan bahwa budaya Cina juga secara langsung maupun tidak langsung juga turut mewarnai pola kebudayaan di masyarakat Thai. akan tetapi tidak dapat disangkal lagi bahwa ajaran Buddha dari berbagai sumber literatur telah tertanam pada masa kerajaan Sukhothai. Thailand bisa menjadi sangat menyenangkan di tempat kerja dan pada hari-hari kegiatan. dimana mereka menganggap raja sebagai “father” dalam mengarahkan masyarakat ke arah yang lebih baik. yang mirip dengan gerakan namaste India. selamat tinggal. Hal ini dikarenakan adanya pernikahan silang antara suku Mon dengan silsilah dari kerajaan Thailand.sekitar abad ke 6 – 11 dan mempengaruhi kebudayaan Thailand. gagasan bahwa hidup harus menyenangkan. tetapi biasanya melibatkan doa-seperti isyarat dengan tangan dan menundukkan kepala. khususnya ajaran Buddha Theravada yang dianut sekitar 90% dari jumlah penduduknya. Hal ini diantaranya adalah dikenalkannya teknik pembuatan pottery. Walaupun hal ini merupakan sebagai cerita folklore dalam sejarah Thailand yang belum tentu benar keabsahannya. Nilai paternalisme dan patriakal dalam budaya Thai masih melekat erat. Ajaran Buddha merupakan hal yang paling fundamental bagi masyarakat Thai sebagai way of life mereka. Ajaran Buddha pertama kali dibawa oleh Suku Mon yang membentuk kerajaan Buddha di bagian utara dan tengah Thailand pada abad 6 – 9. Selain itu.

Mereka menentang pemerintah pusat dan menuntut kemerdekaan. Yala dan Narathiwat yang berbatasan dengan Malaysia. milisi – milisi anti Thailand 3. GMIP. Mayoritas warga Thailand beragama Budha.800 jiwa Di tiga provinsi selatan. menyerang toko-toko dan kantor publik dengan senapan mesin. ada kelompok gerilyawan separatis yang sudah beroperasi selama bertahun-tahun. Waktu & lokasi pertempuran . Di Thailand yang berpenduduk sekitar 66 juta orang.Negara (Thailand) melawan. konflik masih berlangsung hingga sekarang 4. Hasil Akhir Belum diketahui. selama ratusan tahun kawasan selatan Thailand merupakan wilayah Kesultanan Pattani yang berdiri sendiri. Mayoritas penduduknya. mereka adalah kelompok minoritas. Sejak rangkaian aksi kekerasan mulai terjadi lagi tahun 2004. . Sekitar dua juta penduduk hidup di ketiga provinsi selatan itu. Mereka mengancam pemilik toko yang membuka tokonya pada hari Jumat. Pihak yang bertempur . pemerintah Thailand mengandalkan kekuatan militer untuk menghadapi pemberontakan di selatan. Dulunya. Sejak dulu.Konflik Berdarah Thailand Selatan ( Ringkasan Konflik Hingga Desember 2011) 1. konflik sejak desember 2004 mencapai 3. Sejak tahun 1902 wilayah Pattani berada dibawah pengelolaan pemerintah kerajaan Thailand.Group – BRN. sudah sekitar 5300 orang tewas. BIPP. PULO.Waktu : 1960 – sekarang . berasal dari bangsa Melayu dan beragama Islam. Mereka menculik dan membunuh orang-orang yang dianggap sudah berkerjasama dengan pemerintah pusat di Bangkok. Sekitar 65. yaitu Pattani. para militer dan polisi ditempatkan di kawasan .Lokasi : Thailand Selatan 2. Korban Jiwa Tidak jelas. sekitar 80 persen.000 tentara. Mereka menyerbu kantor polisi. meledakkan bom mobil. Hampir setiap hari terjadi insiden semacam ini. Daerah konflik ini terletak hanya beberapa ratus kilometer dari daerah wisata Thailand yang terkenal seperti Puket dan tujuantujuan wisata lain di pantai barat.

tourismthailand.re-tawon.itu.000 relawan.html [diakses pada 23 Februari 2016] http://www. banyak warga muslim yang diculik. Penampilan dan tindakan militer menghadapi para gerilyawan sangat brutal.blogspot. Daftar Pustaka https://id.org/history-of-Thai [diakses pada 23 Februari 2016] http://id. Militer bertindak di bawah undang-undang darurat dan undangundang khusus lain.wikipedia.org/About-Thailand/History-Culture [diakses pada 23 Februari 2016] http://www.dw.co.org/wiki/Sejarah_Kerajaan_Thai [diakses pada 23 Februari 2016] https://id.html [diakses pada 24 Februari 2016] http://www. disiksa dan dibunuh. militer juga mempersenjatai kelompok lokal Buddha dan memberi pelatihan senjata kepada sekitar 80.com/id/konflik-berdarah-di-thailand-selatan/a-16525816 [diakses pada 23 Februari 2016] http://hutagaoltrisna. sehingga mereka luput dari sanksi hukum.thailandtoday.tourismthailand. Selain itu.com/2012/02/sejarah-konflik-berdarah-di-thailand. Menurut organisasi Human Rights Watch.id/2014/12/sistem-pemerintahan-thailand.org/culture-and-society/overview [diakses pada 24 Februari 2016] .