You are on page 1of 13

.

kekerabatan dan mempelajari penyakit yang diturunkan (Klug & Cummings 1994: A-6). Elektroforesis dapat dibagi menjadi tiga yaitu elektroforesis kertas. dalam hal tersebut DNA. elektroforesis juga digunakan untuk fraksionasi yang dapat digunakan untuk mengisolasi masing-masing komponen dari campurannya. sedangkan partikelpartikel bermuatan positif (kation) akan bergerak menuju kutub negatif (anode) (Klug & Cummings 1994: A-6). digunakan untuk mengetahui ukuran dan jumlah basa yang dikandung suatu sekuen DNA tertentu (Klug & Cummings 1994: A-7). untuk aplikasi dalam berbagai bidang sepertibioteknologi. Hasil elektroforesis yang terlihat adalah terbentuknyaband yang merupakan fragmen DNA hasil amplifikasi dan menunjukkan potongan-potongan jumlah pasangan basanya (Klug & Cummings 1994: 397). Prinsip kerja dari elektroforesis berdasarkan pergerakan partikel-partikel bermuatan negatif (anion). dan diameter pipa kapiler. yang bergerak menuju kutub positif (anode).2. Elektroforesis digunakan untuk mengamati hasil amplifikasi dari DNA.protein. koefisien difusi. Selain itu. lingkungan. serta konsentrasi sampel. dan analisis farmasi. dan elektroforesis kapiler. kimia. Elektroforesis kapiler adalah metodeelektroforesis yang digunakan untuk memisahkan asam amino. Elektroforesis dalam bidang genetika.1. mempelajari fitogenetika.lipid.karbohidrat. RNA dan protein. elektroforesis gel. Dalam makalah ini dibahas elektroforesis kapiler. dannukleotida dengan resolusi tinggi yang dilakukan pada pipakapiler berisibuffer. Pengertian Elektroforesis Elektroforesis adalah suatu teknik yang mengukur laju perpindahan atau pergerakan partikel-partikel bermuatan dalam suatu medan listrik. Deteksi dapat dilakukan dengan teknik pendeteksians pektrometri atauelektrokimi a. Teknik pemisahan ini dipengaruhi oleh tegangan listrik. Elektroforesis digunakan dengan tujuan untuk mengetahui ukuran dan bentuk suatu partikel baik DNA. Metode ini mulai digunakan secara luas pada akhir tahun1940. panjang. Metode ini memiliki efisiensi dans elektivi tas yang baik namun boros listrik karena menggunakan tegangan . Elektroforesis kapiler menggunakan listrik bertegangan tinggi yang menyebabkan semua komponen ion atau molekul netral bergerak ke katoda.

penyangga reservoir. jendela optis agar bisa diamati prosesnya dari luar)  Dua buah elektroda.  Power supply (bisa diatur untuk bertegangan tinggi) 5 . sebagaimana yang ada pada kromatogram.  Mudah diotomatiskan untuk menganalisis dalam segi kuantitatif. Karakteristik elektroforesis kapiler yaitu :  Menggunakan pipa kapiler pada pemisahan elektroforesis.  Membutuhkan waktu beberapa menit untuk mengamati sampel. CE terdiri dari satu daya tegangan tinggi. mengontrol suhu kapiler. lapisan kromatografi.  Metode ini lebih aplikatif untuk menyeleksi dalam ukuran luas. teknik elektroforesis kapiler dimana kapiler berisi elektroforesis gel. 2. Proses Elektroforesis Kapiler Alat-alat yang digunakan pada elektroforesis kapiler adalah  Kolom kapiler (dengan silika. peralatan injeksi ganda.  Menggunakan detektor berteknologi modern. dibandingkan dengan teknik separasi lainnya. dan kumpulan fraksi. 4  Memanfaatkan medan listrik berkekuatan tinggi.2.tinggi dan alatnya juga mahal. sebuah kapiler. dan mudah digunakan. Berbagai model elektroforesis kapiler dapat dilakukan menggunakan instrumen CE.  Terbatas dalam mengkomsumsi (melibatkan) sejumlah reagent. namun juga bisa lebih besar. Salah satu keuntungan utama dari CE adalah dibutuhkan peralatan yang sederhana. Istilah umumnya ini dapat dianggap sebagai pemisahan elektroforesis dari sejumlah senyawa di dalam tabung sempit. Pengaturandasar dapat diuraikan dengn peningkatan fitur seperti sampel. Dasar dari perbedaan model pemisahan dapat dikarenakan bahwa elektroforesis kapiler telah dikembangkan dari suatu kombinasi elektroforesis dan teknik kromatografi. Walaupun sebagian besar aplikasi telah dilakukan menggunakan cairan sebagai media pemisah. lebih dari 5 V/cm. dan sebuah detektor. pengaturan penyediaan daya.  Efisiensinya kadangkala sama dengan kromatografi gas kapiler. detektr ganda.

.

dan besarnya medan listrik (electric field strength) E (V/cm). Gambar 2.1 Alat elektroforesis kapiler. Pergeseran waktu (migration time) tm merupakan waktu yang dibutuhkan larutan untuk bergerak dari kolom kapiler menuju jendela detektor. Hal-hal yang mempengaruhi mekanisme proses ialah mobilitas elektroforesis (electrophoretic mobility) µep(cm2/Vs). Detector (sinar UV)  Larutan buffer beserta dua buah tempat penyimpanannya. Hubungannya dapat dilihat pada persamaan dibawah: . kecepatan elektroforesis (electrophoretic velocity) vep(cm/s).

Ketinggian cairansampel pada pipa kapiler . Mobilitas tergantung pada hasil pembagian antara kecepatan dengan besar medan listrik.6 Kecepatan merupakan hasil kalkulasi dari membagi perpindahan waktu dengan jarak pipa kapiler dari detektor.

.

Elektrokromatografi Kapiler (CEC) Dalam CEC kolom pemisahan dikemas dengan wadah kromatografi yang dapat . micelle berkemampuan untuk menganalisis analit pada level molekular berdasarkan interaksi hidrofobik dan elektrostatik. 6.Micellar merupakan agregat molekul yang ampifilik yang dikenal sebagai surfaktan.

mendekati aliran masuk dan tersusun lebih seragam daripada sistem dorong tekanan. Di sini kolom yang sama dapat memberikan efisiensi yang lebih tinggi saat digunakan elektrografi daripada saat pemisahan dengan dorongan tekanan. . 2.menjerat atau menahan larutan dengan keseimbangan distribusi normal yang bergantung padanya dan di sini terdapat beberapa pengecualian elektroforesis. Walaupun.3. Di mana aliran dari saluran terbuka adalah aliran masuk dan tidak terdapat variasi kecepatan aliran melewati bagian kolom. begitu juga dengan permukaanpermukaan partikel. Konsekuensinya elektroforesis terjadi pada cara yang sama pada saluran terbuka karena kehadiran muatan netral pada beragam permukaan. aliran pada tempat beristirahat terkemas lebih tidak sempurna karena kealamian darisaluran. Pada CEC cairan mengalami kontak dengan dinding silika. Aplikasi Elektroforesis Kapiler 1. hasil yang 17 didapat akan dianalisa perbedaannya berdasarkan satu subtituent dari asam amino. Capillary Zone Electrophoresis (CZE) CZE sangat berguna untuk menseparasi protein dan peptide.

Sebagai alternatif. menggunakan daerah bebas CE atau MEKC. 18  Mengetahui ukuran fragmen DNA dari produk PCR  Memisahkan produk DNA dari hasil digesti yang berbeda ukuran. Penerapan aplikasi dari CE pada farmasetika analisis dan klinik meningkat dibandingkan tiga tahun lalu.  Pemurnian atau purifikasi DNA. Analisa CE sangat sesuai saat diperlukan untuk menentukan persentase dari obat atau metabolit pada cairan biologis tanpa ketepatan kuantifikasi. acetaminophen (paracetamol). separasi campuran protein dapat dilihat pada gambar dibawah: 3. variasi hemoglobin dan menentukan posisi translational modifikasi dari protein rekombinan. efek dari matriks biologis pada waktu perpindahan dari analit dapat diperjelas dengan CE. Pilihan tepat dari prosedur yang dapat digunakan untuk . telah dikembangkan untuk analisa dari beberapa senyawa seperti salisilat (aspirin). Misalnya. kemudian di-sequencing. jadi model internal prosedur standar yang cocok sangat penting saat formulasi atau cairan biologis secara langsung dianalisa dengan metode ini. pada kasus untuk metode analisa lain. membersihkan sampel sebelum analisa CE yang mungkin diinginkan.Hal ini berguna dalam memetakan tempat modifikasi mutasi dan post-translasi yang terdeteksi.Isoelectric focusing (IEF) IEF berguna untuk menentukan pI dari protein. 6) Farmasetika dan Klinik Analisa formulasi farmasetika dan cairan biologis dengan CE sangat dibutuhkan. terutama dalam memisahkan immunoglobulin . obat anti epilepsy. Capillary Gel Electrophoresis Pemisahan oligonucleotida dan sekuen produk DNA melibatkan agar polyacrylamide. Metodelogi. 2. Akuisisi dari keakuratan kuantitatif data membutuhkan sejumlah tindakan pencegahan. obat hipoglikemia. gambar dibawah menunjukkan hasil separasi. morfin. cimetidine. kokain pada urin. terutama potensial komplementaritas dari metode ini terhadap HPLC.

20 BAB III PENUTUP 3.memperoleh informasi analisa kuantitatif dari CE.protein. Saran . seperti Forensics Genetics. Kesimpulan Dari makalah ini dapat disimpulkan : • Elektroforesis adalah suatu teknik yang mengukur laju perpindahan atau pergerakan partikel-partikel bermuatan dalam suatu medan listrik. antara lain : .Capillary Zone Electrophoresis atau Zona elektroforesis kapiler Isoelectric Focusing atau Pemusatan isoelektrik kapiler Capillary Gel Electrophoresis atau Elektroforesis Kapiler Gel Isotachophoresis atau Isotakoforesis Kapiler Micellar Electrokinetic Capillary Chromatography atau Misel Kapiler Kromatografi Elektrokinetik . 3.lipid. Mycrobiology. dannukleotida dengan resolusi tinggi yang dilakukan pada pipakapiler berisibuffer.karbohidrat.1. • Proses elektroforesis dapat dibedakan dengan berbagai metode.2. • Elektroforesis kapiler adalah metodeelektroforesis yang digunakan untuk memisahkan asam amino.Elektrokromatografi Kapiler 21 • Aplikasi elektroforesis dapat diterapkan dalam berbagai bidang. Molecular Biology. Farmasetika dan Klinik. Biochemistry.

Englewood cliffs: xvi + 779 hlm. 4th ed. and Applications. Netherlands : Elsevier . and M. S. Capillary Elactrophoresis Theory and Practice. 1997.F. Capillary Electrophoresis Principles. mengingat aplikasi elektroforesis kapiler ini cukup luas di bidang forensic. mikrobiologi. biokimia. S. Klug.Teknologi elektroforesis kapiler ini sebaiknya dikembangkan terutama dari segi peralatannya agar dapat terjangkau untuk peneliti dari berbagai disiplin ilmu. biologi molekuler. Practice. R. Concepts of genetics. Patrick. Prentice Hall.Y. Cummings. Li. 1994. dan klinik. 1996. farmasetika. W. DAFTAR PUSTAKA Camilleri. New York : CRC Press.