You are on page 1of 6

TUGAS MATA KULIAH

ILMU KEALAMAN DASAR

SAMUEL FEBRIAN
010001300331

FAKULTAS HUKUM
UNIVERSITAS TRISAKTI
2015

tidak lain adalah cahaya matahari yang dipantulkannya. jarak bumi ke matahari 93. jadi tidak ubahnya seperti bulan purnama . Sebutkan tokoh-tokoh yang membantu thales sehingga melahirkan ilmu pengetahuan alam! Jawaban :Anaximander.000 Mil. Apa maksud dan tujuan ikd ? Jawaban :Tujuan IKD adalah untuk memberikan pemahaman tentang-tentang ilmu dasar alamiah dan pengetahuan tentang alam 3.TUGAS ILMU KEALAMAN DASAR 1.Matahariadalah bola gas yang pijar ternyata tidak bulat betul. a.000. Keterbatasan alat indra manusia c. Anaximenes 6. 7. Mengapa mitos dapat diterima saat itu? c. Siapakah tokoh perubahan polapikir? Apa saja yg dikemukakakan! Jawaban : .Van Peursen) b. Jelaskanciri-ciri planet dan matahari! Jawaban : . Keingintahuan manusia yang telahdipenuhi untuk sementara. Jelaskan hakekat Manusia! Jawaban : Manusia selalu merasa ingin tahu.IbnuSina (Abad 9/11 Masehi) Ahli pengetahuan dan Ahli kedokteran 5.A.Planet merupakan suatu benda yang dingin. Mitos adalah suatu cerita yang memberikan pedoman atau arah tertentu kepada sekelompok orang (C. 2. keterbatasan penalaran manusia. Orang Babylonia berpendapat bahwa alam semesta itu sebagai ruangan setengah bola dengan bumi datar sebagai lantainya sedangkan langit dan bintang merupakan atapnya 4.Anaximander (610-546SM) mengatakanbahwa alamsemesta yang kita lihat berbentuk seperti bola dengan bumi sebagai pusatnya . sinarnya tampak kemilau dari bumi itu. Apa puncak pemikiran mitos? Jawaban : a. Apa yang saudara ketahui tentang mitos? b. perkembangan lebih lanjut dari rasa ingin tahu manusia adalah untuk memenuhi kebutuhan nonfisik atau kebutuhan alam pikirannya.Bumi pada 250 juta tahun yang lalu hanya terdiri satu benua yang besar kemudian bergeser menjauhi 1 sama lain maka terbentuklah benua-benua (BENUA) . temperaturnya antara 6000ºC. Jelaskan teori terbentuknya benua dan samudra menurut Alfred W ! Jawaban : . mempunyai macam ekuator kutub karena gerak rotasinya. Puncak pemikiran mitos terjadi pada zaman Babylonia (±700-600SM). Karena keterbatasan pengetahuan manusia.

Dalam perhitungan inidi perlukan pengetahuan tentang waktu paruh unsur2 radioaktif 9. . ia masih berupa kabut gas hydrogen yang sangat besarsekali yang berada di ruang angkasa. massa yg berserak itu membentuk kelompokkelompok galaksi yg ada sekarang. karena dipengaruh irotasi (SAMUDERA) 8. Jelaskan struktur bumi ! Jawaban :Bumi diselimuti oleh gas yang disebut atmosfer. Jelaskan teori terbentuknya Alam semesta menurut: a. Pd saat berkontraksi . mula-mula air laut itu tawa rnamun karena sirkulasi air di alam ini maka air yang mengalir daridarat melalui sungai kelaut. ekspansi ini didukung oleh adanya tenaga yg bersumber dari reaksi inti hydrogen dan akhirnya akan membentuk berbagai unsur lain yg lebih kompleks EKSPANSI). Ada 4 Teori terbentuknya bumi. membawa garam-garam. .massa bagian kontraksi banyak yg tertinggal . 11. Ia bergerak perlahan mengadakan rotasi sehingga keseluruhannya berbentuk bulat. bagian yg berkisar lambat mempunyai beratjenis yang berbentuk bintang-bintang . diduga dulu bumi merupakan batuan yg sangat panas lama kelamaan menjadi dingin. b. bagian bumi yang padat terdiri dari kulit atau lithosfer dan bagian inti disebut centrosfer. Hipotesis Nebula: Sistem tata surya terbentuk dari kondensasi awan panas atau kabut gas yg sangat panas. . Jelaskan teori terbentuk nya galaksi menurut hiphesia fowler! Jawaban :Menurut Fowler.Teori Termal :Mengukur usia bumi berdasarkan suhu bumi.Teori Kadar Garam :Diukur darikadar garam di laut . JelaskanTeoriterbentuknyatatasuryamenurut: a. Kemudian massa tsb meledak dengan hebat karena adanya reaksi inti . Pada permukaan bumi terdapat permukaan air yang disebut hidrosfer. 12. galaksi kita tidak seperti dalam keadaan seperti sekaran gini . Dan setelah berjuta tahun berbentuk seperti matahari. Teoriledakan :Teoriledakan bertolak dari asumsi adanya suatu massa yang sangat besar dan mempunyai berat Jenis yg sangat besar.massa itu kemudian berserak mengembang dengan sangat cepatnya menjauhi pusat ledakan. 10.- Samudera terbentuk karena masa bumi pada saat masih berupa cairan terlepas dari muka bumi. setelah berjuta-jutatahun. . Dengan demikian harus ada ledakan atau dentuman yg memulai adanya pengembangan. Karena gaya beratnya. Jelaskan masing2! Jawaban:-Teori Sedimen : Pengukuran usiabumi didasarkan atas perhitungan tebalnya lapisan sedimen yang membentuk batuan. maka ia mengadakan kontraksi.Teori Radioaktivitas :Perhitungan berdasarkan waktu peluruhan unsur-unsur radioaktif. Galaksi dan bintang2 yang terbentuk meredup dan unsur2 yg terbentuk menyusut dengan mengeluarkan tenaga berupa panas yang sangat tinggi. Teoriekspansidankontraksi: terbentuklah galaksi-galaksi dan bintangbintangnya. dan perlahan2 makin turun tempraturnya. 12rb juta tahun lalu.

Ditemukannya semacam saluran air . kemudian stratosfer dan paling atas ronosfer. Mengapa heliosentris lebih rasional dari geosentris? Jawaban: 14.Panas matahari juga merupakan penghangat bagi seluruh makhluk hidup . 19.Terdapat Oksigen yg jumlahnya relative sedikit.b. Apa perbedaan prinsip mengenai unsure dasar pembentuk semua benda menurut phytagoras dan empedokles? Jawaban: 15. Jelaskan perbedaan antara selhewan dan sel tumbuhan! . Sebutkan tokoh-tokoh teo revolusi dan jelaska npendapat yang dikemukakan! Jawaban : Lammarck: Evolusi disebabkan karena adanya adaptasi. Percobaan Pasteur manakah yang membuyarkanteori generation spontania tersebut? Jelaskan dengan singkat! Jawaban : 22. ternyata temperaturnya makin keatas makin menurun. Sebutkan 3 alasanmengapamatahariitupentingbagikehidupan? Jawaban : .Diselubungi oleh atmosfer . 16. Darwin : Evolusi disebabkan oleh seleksi alam 17. Mengapa orang menolakanggapanbahwamahluk yang ada di bawah ini berasal dari kosmos? (teori kosmosoah) Jawaban : 20. Atmosfer bumi terdiri dari beberapa lapisan. Platesimal :Terbentuknya planet2 tidakharus Dari satubadan . c. adanyabintangbesar lain yg kebetulan sedang lewat didekatbintang yang merupakan bagian dari tatasurya kita. Teori Tidal : Planet merupakan percikan dari matahari seperti percikan matahari yang sampai kini masih tampak ada 13. Lapisan terbawah adalah troposfer.Untuk mengatur tata surya 18. Apakah persamaan dan perbedaan tentang generation spontania yang dipelopori aristoteles dengan ovarinehalden? Jawaban : 21. Mengapademikian? Jawaban : Karena pada awalnya bumi merupakan batuan yang panas dan lama kelamaan karena disebabkan oleh rotasi maka bumi semakin berubah temperature menjadi dingin namun tidak pada bagian dalam bumi . Berilah 3 alasanmengapa orang menduga bahwa di planet mars adake hidupan? Jawaban : .Karena sinar matahari merupakan sumber kehidupan bagi manusia .

ia banyak didapat di semenanjung Arab.Jawaban : a. Apa persamaan dan perbedaan teori Darwin dan Lammarck tentang evolusi? Jawaban : Persamaan : Sama-sama teori evolusi Perbedaan : Lammarck: Evolusi disebabkan karena adanya adaptasi. 28. di Arab suhu udaranya sangat panas . Kromatin adalah zat-zat yang berkaitan atau berhubungan di dalam perubahan sel. b. Nucleus. kesimpulan apa yang anda dapat dari pernyataan ini? Jawaban : Karena dilihat dari iklimnya puncak gunung bersalju dengan kutub memiliki iklim yang sama yaitu iklim dingin sehingga variasi tumbuhannya pun sama. Darwin : Evolusi disebabkan oleh seleksi alam . Sentrosoma ini tak terdapat pada sel tumbuhan 23. Variasi tumbuhan dari pantai tropis kekutub ternyata sama dan variasi dari pantai kepuncak gunung bersalju sama. 24. Mengapa? Jawaban : Dilihat dari iklimnya arab dengan Indonesia memiliki iklim yang berbeda . b. Jelaskan persamaan dan perbedaan produksi selsecara mitosis dan amitosis! Jawaban : a. Jelaskan! Jawaban : 25. Membran pada tumbuhan berdinding kaku . Tumbuhan jenis paku-pakuan ternyata terdapat diseluruh muka bumi dengan variasi yang hamper serupa tapi tumbuhan korma sangat langka di Indonesia. karena dilihat dari gennya manusia berbeda dengan monyet. Orang afrika berkulit hitam dan berambut keriting. Bagaimana pendapat anda bila ada orang menyatakan bahwa manusia itu berasal dari monyet? Jelaskan mengapa anda berpendapat demikian! Jawaban : Saya tidak setuju . Dalam sitoplasma sel tumbuhan terdapat khloroplast c. Bagaimana kita dapat mengetahui bahwa mereka dapat mengetahui bahwa mereka berasal dari 1 spesies? Dahulu bumi ini hanya terdiri dari satu benua dan satu samudera . tanaman korma sangat cocok dengan udara panas dan gersang sehingga dapat dengan mudah ditemukan di Arab. 29. amitosis: Pembelahan sel tipe amitosis disebut juga pembelahan sel secara lansgung karena memang tidak melalui fase2 tertentu. b. Faktor Sejarah. a. Sedangkan pada hewan terdapat sentrosoma yang berfungsi dalam pembelahan sel. Mitosis: Tipe pembelahan ini lebih kompleks daripada amitosis. Serta dari sudut pandang agama saya hal itu tidak dibenarkan. sering disebut juga pembelahan tak langsung. dengan ini dapat kita simpulkan bahwa mereka memang berasal dari satu spesies. Anda tentu mengetahui bahwa orang Cina berkulit kuning dan bermatasipit. Faktor-faktor apa yang menyebabkan hal tersebut? – Faktor lingkungan. 26. factor hambatan penyebaran dan factor geografik . Kromos. terbuat dari selulosa sedangkan hewan tidak berdinding sel. 27.

a.Jelaskan keterbatasan dan keunggulan metode ilmiah! Keterbatasan dengan metode ilmiah dapat dihasilkanilmu atau pengetahuan ilmiah. tanpa kita tidak dapat mengetahui jarak dari bumi ke bulan dsb. dan menggunakan teknik kuantifikasi b. bebas dari prasangka. c. oleh karena itu dapat dikatakan tentatif. oleh karena itu sangat erat kaitan antara IPA dengan Matematika. .30.menggunakan ukuran objektif. dalam pengujian hipotesis diperlukan data. menggunakan prinsip analisa.Jelaskan kriteria metode ilmiah! Berdasarkan fakta . data ini berasal dari pengamatan panca indera. menggunakan hipotesa.Jelaskan peranan metematika terhadap ilmu pengetahuan alam! Dalam perkembangan IPA tidak pernah lepas dari Matematika . bahkan IPA tidak bias berkembang tanpa adanya matematika .