You are on page 1of 6

1

KEADAAN UMUM PT UPBS
1.1

Sejarah

PT. Ultra Peternakan Bandung Selatan (UPBS) merupakan peternakan yang
bergerak dalam bidang peternakan sapi perah. Pendirian peternakan ini didasari
dengan kebutuhan Industri Pengolahan Susu oleh PT. Ultra Jaya Milk Industry
and Trading Company, Tbk yang saat itu belum memiliki peternakan sendiri.
PT.Ultra Jaya dengan Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS) melakukaan
kerjasama dalam penyediaan susu.
Lokasi peternakan ini berawal dari perkebunan teh, karet, dan sayuran milik
PT.Ultra Jaya yang bernama ALBA (Almanak Baru) selanjutnya dirubah menjadi
peternakan skala besar.Pada tanggal 12 Februari 2008 dilakukan pembongkaran
kebun teh di lokasi yang dijadikan sebagai peternakan PT.Ultra Peternakan
Bandung Selatan.Selain pembongkaran kebun teh, dilakukan pula pembentukan
lagoon yakni kolam penampungan limbah dan pengeboran sumur. Tanggal 07
Desember 2008 dilakukan pembukaan PT. Ultra Peternakan Bandung Selatan
(UPBS) dengan acara wayang golek, pada bulan Januari 2009 telah mencapai
pembanguan tahap akhir.
Pada bulan maret 2009 fasilitas peternakan siap diisi oleh sapi. Pengadaan
ternak perah di peroleh dari Australia dari peternak yang bernama John Gibney,
dan jenis ternak yang di pilih yaitu sapi perah Friesian Holstein (FH). Manajer
Farm saat itu yaitu Jeremy Hockin menemui peternak John Gibney dari
Australia untuk memilih langsung sapi perah unggul yang akan dipelihara di
PT. UPBS. Jenis yang dipilih adalah sapi Frisien Holsten sebagai sapi pertama
pada awal perusahaan berdiri. Pengiriman sapi tahap pertama dilakukan pada
tanggal 11 April 2009 melalui jalur udara, kemudian dilanjutkan pengiriman sapi
tahap kedua pada tanggal 20 Juni 2009, hingga total populasi mencapai 580 ekor
dan populasi sapi sampai saat ini telah mencapai kurang lebih 3000 ekor.
1.2

Letak Geografis

PT Ultra Peternakan Bandung Selatan (UPBS) atau masyarakat sekitar
sering menyebutnya Almanak merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di
bidang peternakan sapi perah yang berlokasi di Dusun Cieurih, Desa Marga
Mekar, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.
Perusahaan ini berada pada ketinggian kurang lebih 1.400 m di atas permukaan
laut dengan total luas 64 hektar yang terdiri atas 8 hektar area perkandangan dan
56 area perkebunan. Kondisi cuaca berkisar antara 18 0C sampai dengan
200C yang membuat daerah ini sangat cocok sebagai lokasi peternakan sapi
perah. Adapun batas-batas wilayah PT. UPBS adalah sebagai berikut:
Sebelah utara
: Kebun Teh Rius Gunung dan Desa Pulosari
Sebelah barat
: Rancabolang dan Perkebunan Teh Dewata
Sebelah timur
: Gunung Merapi Wayang Windu dan Desa Marga Mekar
Sebelah selatan
: Kebun Teh Malabar Pengalengan dan Desa Marga Leyu
Kondisi PT UPBS dapat dilihat pada Gambar 1.

Mengembangkan ketenagaan 3. Menngembangkan jejaring sumber daya manusia yang berkualitas dan berdedikasi tinggi di bidang peternakan khususnya sapi perah 1. Mengembangkan populasi sapi 4. UPBS dalam 5 tahun ke depan adalah: 1. UPBS adalah sebagai berikut : 1. hospital. induk laktasi dipisahkan berdasarkan produksinya. sedangkan untuk calf dan heifer dibedakan atas umur dan bobot badan. Mengembangkan sarana dan prasarana 5. Adapun misi PT. induk laktasi. 1. fresh cows. Mengembangkan perusahaan 2.Gambar 3 PT UPBS Pangalengan Populasi sapi perah Friesian Holstein di UPBS adalah 3000 ekor dan sedikit diantaranya Jersey cross yang terbagi atas calf. Selain itu. maka perlu dijabarkan lebih operasional dalam misi. heifer. UPBS. Jenis kegiatan yang dilakukan di PT. UPBS adalah perusahaan peternakan yang bergerak dalam bidang peternakan. Misi PT. Ultra Peternakan Bandung Selatan adalah menjadi perusahaan yang memproduksi susu sapi segar yang berkualitas baik sesuai dengan standarisasi susu dan keamanan pangan. 2. Melaksanakan pengembangan sarana dan prasarana pelatihan di bidang kesehatan hewan. . perkandangan yang terdiri atas bidang breeding. induk bunting besar dan bull. UPBS ini adalah memproduksi susu segar yang akan dikirimkan ke PT Ultrajaya tbk yang sesuai dengan dan keamanan pangan. Menyelenggarakan pelatihan teknis dan fungsional di bidang kesehatan hewan dan kesehatan peternak anggota dan peternak pekerja di PT. middle production dan high production. Sebagian besar dari populasi tersebut diklasifikasikan dalam pen yang berbeda berdasarkan status produksinya. yakni low production.4 Kegiatan Harian PT. Dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada. Kegiatan yang dilakukan di PT. maka tujuan yang ingin dicapai PT. pakan yang terdiri dari pergudangan. pemeliharaan pedet. UPBS meliputi milking (pemerahan) dengan sistem milking parlour.3 Visi dan Misi Lembaga Visi PT. dan foot treaming (pemotongan kuku). Ultra Peternakan Bandung Selatan yaitu untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan. kantor dan laboratorium.

Peranakan Fries Holland (PFH). 1. UPBS bisa dilihat pada Lampiran 1. .Ultra Peternakan Bandung Selatan (UPBS) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi susu sapi perah yang bertujuan untuk menyuplai bahan baku susu Industri Pengolahan Susu (IPS) PT. Manajer dibantu oleh tenaga ahli dalam hal mengatur kegiatan di lapangan. Penyediaan bahan pakan konsentrat sebagai penyuplai protein dalam pakan. Masing-masing supervisor di setiap bagian membawahi operator yang berfungsi membantu supervisor dalam hal teknis. 3. Struktur organisasi di PT. Manajer bertugas untuk mengatur dan mengawasi sistem manajemen usaha semua bidang khususnya bagian program usaha.Ultra Peternakan Bandung Selatan yaitu diantaranya: 1. Selain manajer. Kegiatan usaha yang dilakukan di PT. UPBS mempunyai struktur organisasi yang tersusun secara sistematis untuk mencapai tujuan perusahaan yang dalam kegiatannya saling melengkapi antara setiap bidang. Supervisor ini memiliki kewajiban untuk bertanggung jawab langsung terhadap manajer dengan mengatur dan mengawasi setiap kegiatan yang yang ada dibidangnya sesuai dengan perintah manajer. pembersihan kandang dan pemerahan susu secara bangsal atau milking parlour.5 Struktur Organisasi PT. Perusahaan dipegang oleh seorang presiden direktur yang nantinya memerintahkan manajer sebagai orang yang mengatur sistem manajemen di perusahaannya yang dibantu dengan tenaga ahli dan supervisor. Selain itu manajer bertugas dalam hubungan ke luar perusahaan seperti hubungan dengan perusahaan lain atau perizinan kunjungan. 4. Bangsa sapi perah yang dipelihara yaitu Fries Holland (FH). Ultra Jaya Bandung dengan konsep peternakan modern. sebagai susu pengganti/ milk replacer. Kegiatan pemeliharaan sapi perah melalui pemberian pakan. UPBS. Perusahaan peternakan ini memiliki tiga divisi yang setiap divisinya dipimpin oleh seorang supervisor.1. Alasan pemeliharanaan dengan menggunakan ternak tersebut karena di Indonesia jenis ternak tersebut mampu beradaptasi dengan cepat dan mampu menghasilkan produksi susu cukup banyak. di bawah direktur ada bagian finance yang bertugas dalam hal finansia atau keuangan dan menganalisis usaha di PT. Manajemen breeding untuk memaksimalkan reproduksi sapi betina dara maupun dewasa dalam menghasilkan anakan. 2. Penyediaan hijaun segar maupun jerami sebagai sumber serat kasar pada ternak ruminansia. Finance membawahi Human Resource Development (HRD) dan Manager Information System (MIS). dan Jersey.6 Bidang Usaha PT.

tempat parkir. Ultra Peternakan Bandung Selatan antara lain : a) Kebun rumput dan dua lagoon : 36 ha b) Bangunan kandang : 10 ha c) Gudang pakan. Adapun penggunaan areal lahan dari PT. lapangan olahraga dan jalan).8 Jenis dan Populasi Sapi Bangsa sapi yang dibudidayakan di PT. kantor HRD dan fasilitas karyawan: 19 ha (fasilitas: mess karyawan.7 Lahan Perusahaan Luas lahan yang dimiliki PT.Ultra Peternakan Bandung Selatan adalah sapi bangsa Fries Holstein danJersey Cross (hasil persilangan antara Jersey dengan Fries Holland). Jumlah dan komposisi sapi yang terdapat di PT. Ultra Peternakan Bandung Selatan secara keseluruhan adalah 65 ha dengan bentuk tanah yang tidak rata dan miring. Gambar 4 Lahan PT Ultra Peternakan Bandung Selatan 1.1. kantin. Data Populasi Sapi PT. UPBS .Ultra Peternakan Bandung Selatanhingga tanggal 1 Oktober 2015 dapat dilihat pada tabel berikut : Tabel 1.

4 Heifer Kecil Depan Maternity Pedet Kecil Calf Feeder 1 Pedet Kecil Calf Feeder 2 Jumlah total populasi Sumber : Data Primer PT.9) Kandang 3B Medium Prod (G.11) Kandang 2B. 3 Hospital (G.22) Kandang Hospital 2 Medium Prod (G. 4 Transisi 2 (G. Ultra Peternakan Bandung Selatan Populasi 120 38 58 19 112 83 11 27 228 230 195 327 143 328 113 154 76 103 119 124 225 64 64 85 117 109 110 3382 .15) Kandang 4A Dry Cow (G. 2 Heifer Kandang Heifer 1B. 1 Sapi suspect sakit (G.16) Kandang 4B Heifer Pregnant (G. 1 Heifer Pregnant Heifer 2A.2) Kandang 1A.8) Kandang 3A High Prod (G.3) Maternity 2 Dry Cow (G. 2 Dry Cow (Grup 18) Heifer 2B.1) Maternity 1 Kolostrum (G.40) Kandang Hospital 1 Sapi Pincang (G. 3 Tali Kuning 1 Heifer 2A.10) Kandang 1B.4) Kandang 1A. 1 Mastitis (G. 1 Heifer 1A Besar Kandang Heifer 1A. 17) Kandang 2B. 3 Heifer Pregnant Heifer 2B.13) Kandang 2B Low Prod (G. 1 Heifer Kandang Heifer 1B. 2 Dry Cow (Grup 19) Heifer 2B. 2 Breeding Rail Kandang Heifer 1B. 5) Kandang 1A.1 Fresh 2 (G.6) Kandang 2A Medium Prod (G.Grup Kandang Transisi 1 (G. 2 Heifer 1A Kecil Kandang Heifer 1A.