SEM NGGI INV SION

T ogether We Can!

A

Rotaract Club Semanggi Jakarta Bulletin September-October 2009

Happy thanksgiving dan Idul Adha untuk yang merayakaaaannn....! Rotaract Semanggi memohon maaf lahir bathin atas semua salah dan khilaf yaa....(^-^) Rtr. Putri Tika Beberapa bulan terakhir banyak perayaan yang terjadi, baik itu keagamaan maupun nasional. Sayangnya berbagai perayaan itu juga diiringi dengan bencana alam yang menimpa beberapa daerah di Indonesia. Sebagai generasi muda yang proaktif, responsif dan kreatif, kita harus memiliki semangat untuk melakukan yang terbaik. Dapat melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar merupakan energi yang mampu membangkitkan kita untuk keep going dari hari ke hari.Marilah kita ulurkan tangan, bahu membahu untuk membuat Indonesia bangkit dan menjadi lebih baik.....

Editorial
-Tea m Bulletin Semanggi;s InvasionCelebrate Life!

Rtr. Oke

Terbitnya buletin ini tak lepas dari support dan dukungan dari Rotary Club of Jakarta selaku Rotary sponsor kami, seluruh kontributor dan rekan-rekan Rotaractor D3400 Indonesia, untuk itu kami mengucapkan terimakasih dan mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan. It's time to inspire and....Let’s

East Coast of Australia 2009
Rtr. Febrianita Prastawaningrum – HR Superintendent PT DNX Indonesia
Dalam perjalanan bisnisnya, Rtr. Febrianita memiliki kesempatan untuk mengunjungi East Coast of Australia. Pada tanggal 28 Juli 2009, ia berbagi mengenai pengalaman perjalanannya ke Sydney dan Brisbane. Diantaranya mengenai proses pengajuan Visa, cuaca di Australia, kehidupan East Coast, dan objek pariwisata disana. Selain itu ia juga berkesempatan bertemu dengan 2 orang Rotaractor dari Rotaract Club Crossland sambil bertukar cultural box.

Know Your Customer & Anti Money Laundering
Rtr. Monika Pratiwi - Compliance O cer at UOB Indonesia
Sekarang ini seringkali orang-orang enggan berurusan dengan dokumen-dokumen pada saat membuka rekening Bank. Keengganan mereka dalam mengisi dokumen-dokumen serta memberikan informasi detail saat pembukaan rekening Bank dapat dimaklumi jika dilihat dari kurangnya sosialisasi mengenai pengetahuan perbankan. Informasi lengkap yang diminta oleh pihak Bank kepada calon customer bermaksud untuk mempermudah pihak Bank dalam usahanya menghindari kegiatan pencucian uang. Memberikan informasi dan data yang benar dan lengkap yang diminta oleh pihak Bank juga membantu pihak Bank untuk mengenal karakterisktik dari customer dan transaksi yang dipilih. Di sisi lain, customer yang memberikan informasi lengkap membuktikan bahwa mereka memiliki iktikad baik dan tidak ada dugaan dalam melakukan kegiatan kriminal. Di sesi ini, Rtr. Monika, berbagi mengenai prinsip dasar dari Know Your Customer (KYC) and Anti Money Laundering (AML) yang belum menjadi kegiatan utama Bank. Setelah itu, banyak dari kami yang akhirnya mengerti betapa teliti dan bijaksananya sistem perbankan di Indonesia.

The Production Process of TV Show
Rtr. Meinar Liestriani - Associate Produce, ANTV
Pada tanggal 1 September 2009, Rtr, Meinar berbagi pengetahuan tentang proses produksi acara televisi dengan sangat menarik, yang dimulai dari proses perencanaan sampai editing dan penyiaran. Sebagai produser, ia bertanggung jawab untuk memastikan segala persiapannya sesuai dengan tema dari acar tersebut dan karakteristik dari stasiun televisi. Ia juga bertanggung jawab atas rating dari acara televisi tersebut. Sesi ini semakin menarik lagi dengan diceritakannya “behind the scene stories” dan gosip-gosip selebriti. Banyak peserta yang bertanya tentang proses produksi dan gosip selebriti.

Sondang Sirait, meskipun sudah 7 (tujuh) tahun berkecimpung di dunia broadcasting, namun tetap saja ia merasa seperti pendatang baru. Baginya, dunia broadcasting merupakan dunia yang kita tidak akan pernah tahu mengenai apa yang akan terjadi.

For The Love of TV Journalism

Namun ini bukan dunia dimana segala sesuatunya dapat berjalan sesuai arah. Ini mengenai mengapa beberapa berita dapat kurang diminati sementara ada berita dengan popularitas yang sangat tinggi. Dalam dunia televisi komersial, ada satu kata yang menjelaskan semuanya, yaitu Rating.

Sebagai jurnalis, pekerjaan kami adalah mempertahankan sense of right and wrong dan berusaha menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh publik. Dan jika ada timbal baliknya, seperti yang dikatakan Peter Jennings, maka ini merupakan penghargaan yang besar dan kami mengetahui bahwa kami melakukan seusatu yang benar.

The Production Process of TV Show
Kata “komunikasi” berasal dari communis yang berarti umum, berkomunikasi berarti menciptakan suatu komunitas. Mr. Brata mengawali presentasinya dengan menjelaskan arti dari komunikasi dan bagaimana menciptakan komunitas dan keharmonisan diantara kita, yang merupakan kunci utama dari komunikasi dan public relations. Sebagai organisasi social, Rotaract dan Rotary harus betul-betul memahami hal tersebut terutama dalam memperkenalkan organisasi ini sehingga tercapai tujuan yang lebih baik. Dalam dunia PR, opini public memiliki pengaruh yang kuat di dalam komunitas kita. Program public relations terdiri dari publikasi, promosi, hubungan internal, hubungan eksternal, bernegosiasi dan informasi public. Sesi yang dibawakan oleh Mr. Brata pada tanggal 6 Oktober 2009 tersebut merupakan sharing atas pengalamannya di bidang jurnalis selama 7 tahun dan di bidang PR selama 18 tahun.

Education for Street Children
Linayati Tjindra – Sahabat Anak
Kegiatan pertama yang didirikan oleh Sahabat Anak adalah Jambore Anak Jalanan pada tahun 1997 yang pada akhirnya diadakan setiap tahun. “Tunjukkan bahwa anak jalanan merupakan manusia berharga ciptaan Tuhan” dan “Libatkan perseorangan dan kelompok sebanyak mungkin untuk merawat anak jalanan untuk menjadi teman yang menunjukkan kasih sayang setiap saat” merupakan visi dan misi Sahabat Anak. Berdasarkan 2 dasar tersebut, Sahabat Anak berkemban dengan bantuan dari para aktivis, relawan, donator dan mitra kerja lainnya. Kegiatan Sahabat Anak dalam mendidik anak jalanan telah mencakup 8 area di Jakarta yaitu Prumpung, Grogol, Cijantung, Gambir, Manggarai, Senen, Tanah Abang dan Mangga Dua. Selain itu, Sahabat Anak juga memiliki kerjasama dengan organisasi lain dalam mendidik anak jalanan di Klender-Buaran dan Depok. Program beasiswa unutk anak jalanan adalah rencana tiap tahunnya yang memberikan kesempatan untuk anak-anak untuk melanjutkan sekolah mereka. Beasiswa tersbeut tidak hanya membiayai dari segi pendiidkan saja tapi juga dari segi kesehatan dan nutrisi, serta menyediakan konsultasi untuk anak-anak dan orang tua. Di Sahabat Anak, tercipta hubungan harmonis antara setiap relawan dan anak-anak jalanan sehingga mereka dapat saling berbagi dan belajar melalui kegiatan dan pengalaman hidup sehari-hari.

Gilang Bikin Gebrakan di FX Idol
More Action, Talk Less! Rtr. Gilang Aditya Lestari (Sekretaris RAC Semanggi Jakarta) ternyata menyimpan bakat banci tampil terpendam sebagai seorang bintang sinden panggung (meskipun sebenarnya keikutsertaannya dibawah ‘tekanan’ bos ybs, hehehe). Ini terbukti saat Gilang terpilih menjadi salah satu Grand Finalis Kompetisi FX Idol, kategori duet, yang diselenggarakan oleh manajemen FX Lifestyle Center dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Bersaing dengan dua pasang Grand Finalis lainnya, di Mazee Stage FX, Gilang dan partner duetnya menyanyikan live lagu ‘Back Into Love’ (Ost Music & Lyric) dan sukses mendapat sambutan meriah dari seluruh audience.

Lets Celebrate Life!!!

Eksis di APRRC dengan Segudang Misi
Saat ini sedang berlangsung APRRC Singapura. Kegiatan ini diadakan dari tanggal 22-25 November 2009. Pada tau dong ini kegiatan akbar Rotaract se-Asia pasi k. Namun Semanggi di APRRC, bukan hanya sekedar hadir, dan ketemu dengan temen-temen dari negara lain. Tapi ada satu misi utama, memperkenalkan budaya Indonesia ke seluruh dunia. Kehadiran Semanggi di APRRC kali ini akan diwakili oleh Rtcr Tuhu Nughraha. Terus apa sih yang akan dilakukan Tuhu sebagai wakil Semanggi? Pertama, Semanggi akan berpartisipasi dalam pameran boneka kostum tradisional , inisiatif dari Rotaract Club of Paranaque East Paragon, Pilipina. Kedua, Semanggi akan hadir dengan Kaos Culinary Diplomacy, untuk mengkampanyekan lebih lanjut program Culinary Diplomacy yang udah dibangun. Ketiga, setelah APRRC, akan ada road show ke beberapa klub di Malaysia untuk mempromosikan Culinary Diplomacy, sekaligus meliput berbagai kuliner di negara mereka. Persahabatan dan toleransi bisa juga dong dibangun via kuliner.

Fellowship dan Survey @ Kemang
by Rtr. Oke Hastiawan

Di akhir October ceria kemarin, beberapa dari anggota RAC Semanggi Jakarta melakukan fellowship di seputaran Kemang. Awalnya macet dimana-mana ya, apalagi daerah kemang sebagai salah satu icon tempat kumpul-kumpul dibilangan Jakarta Selatan. Akan tetapi akhirnya, kami bisa berkumpul untuk sekedar melepas tawa dan canda, update event dan segala hal yang bisa di bagi, Sampai makan, pindah tempat makan, makan lagi, makan lagi.... Kami tak hanya ber-fellowship-ria, namun juga sekaligus melakukan survey tempat untuk fund raising yang akan kami gelar dalam waktu dekat ini. Seperti apa kegiatan fundraising-nya? wah tunggu kabar selanjutnya! Pstttt.....sedikit clue tempatnya ada di poto ^^

Induct Member Baru
Kemarin, 15 September 2009, Hotel Shangrila 19.30, di hari itu momentum baru bagi kami RAC Semanggi Jakarta, kami menerima tiga teman baru menjadi bagian dari kami. Tiga Mahasiswi tingkat akhir yang sedang bekerja sambilan di salah satu NGO internasional, mereka ini kompak dan tahan banting ketika kami ‘kerjain’ pada saat mereka presentasi ingin menjadi member Semanggi. Suasana meriah dengan canda yang cerdas, layaknya kami semua sudah kenal lama sekali. Ternyata mereka ini sudah lama eksis di dunia perorganisasian, ada yang pernah di teater, OSIS, Himpunan jurusan, ada juga yg ngajar les privat. Wah bejibun ya kegiatan mereka, tunggu kabar mereka di kancah perRotaractan ya temans. Adalah Purnarini Sabrina, An Nur khairisa dan Putri Rahayu nama mereka. Selamat datang di Rotaract sisters , Ayo berkarya bersama…

Proud to be rotaractors...!

Lets Celebrate Ramadhan with Makassar Culinary
Akhirnya, pada tanggal 29 Agustus 2009, Lets Celebrate Ramadhan with Makassar Culinary, acara buka bersama yang diadakan oleh Rotaract Semanggi Jakarta berlangsung dengan lancar. Tidak hanya teman2 rotaractors RAC Semanggi Jakarta yang penasaran dengan makanan khas Makassar, tapi kali ini Rtr Pres. Chia dan Rtr Anes (RAC Sunter Centennial), Rtr IPP Melliana Marbun (RAC Jakarta Central) dan Rtr Eka Mahendra Amri (RAC Jakarta Cosmopolitan) juga hadir. Acara dimulai dengan berbuka dengan yang manis tentunya, Pertama kita mencoba es pisang ijo, Nah kali ini kita kita ditantang untuk membuat racikan sendiri, tentunya dipandu oleh Rtr Pres Leo. Memang, lebih nikmat ya hasil dari jerih payah sendiri.

Lanjut, kami memakan Palu Basa, semacam soto, tapi lagi-lagi, kami tidak dimanjakan dengan makanan yang telah terhidang yang siap dilahap!! kita ditantang kembali untuk membuat sendiri dari bahan yang sudah matang. Alhasil, maknyusssss sekali teman!!! Dari kegiatan ini semoga kami bisa menghargai dan melestarikan warisan budaya bangsa, Pisang Ijo dan Palu Basa bagian dari kekayaan kuliner Indonesia. Terima kasih buat Gilang sebagai tuan rumah dan teman-teman Rotaractors yang udah hadir, dan merasakan sensasi Palu Basa dan Es Pisang Ijo . Rtr Nita Gemita, Rtr Rizkiana, Rtr Monik, Rtr Putri, Rtr Meinar, Rtr Oke, Rtr Tuhu, Rtr Alvin, Rtr Nicil Febrianita, Rtr Gilang dan Rtr Pres Leo. Serta sahabat Rtr Pres. Chia dan Rtr Anes (RAC Sunter Centennial), Rtr Eka (RAC Jakarta Cosmopolitan), dan Rtr IPP Melly (RAC Jakarta Central).

Cultural Bag Exchange with Rotaractor Argentina
by Rtr.Leo Mokodompit

Awal Oktober lalu tepatnya tanggal 1-3 Oktober 2009, Rtr. Edwin Leo Mokodompit dan seorang rekannya dipercaya oleh Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO dan Kementrian Pemuda dan Olahraga sebagai delegasi pemuda Indonesia pada kegiatan the 6th UNESCO Youth Forum di UNESCO Headquater, Paris, Perancis. Kegiatan ini diikuti oleh 127 delegasi dari 88 negara anggota UNESCO dan para observer dari lebih dari 90 perwakilan organisasi dari seluruh dunia. Salah satu di antara peserta tersebut adalah Rotaractor Maria Sol de Brito dari Rotaract Club Moron Argentina yang menjadi utusan Argentina sebagai perwakilan pemuda dari organisasi Rotaract. Suatu hal yang luar biasa karena Rotaract Club di Argentina merupakan salah satu organisasi pemuda terbesar sehingga sering kali perwakilan dari Rotaract Club-lah yang diutus untuk mengikuti kegiatan international semacam ini.

Selain berbagi cerita dan pengalaman, kesempatan ini juga dimanfaatkan juga oleh Rtr. Leo untuk melakukan 'cultural bag exchange' antara Rotaract Club Semanggi Jakarta dan Rotaract Club Moron Argentina. Sayangnya, di hari terakhir Rtr. Leo dan Rtr. Maria baru menyadari bahwa perwakilan dari Malaysia adalah juga seorang Rotaractor, yang saat ini bergabung di salah satu Rotaract Club di US, tempat ia menempuh jalur pendidikannya saat ini. Rtr. Leo sendiri tidak sempat bertemu muka langsung dengan Rotaractor Paris, karena hampir semua Rotaractor Paris pada saat yang sama menghadiri REM 2009 (Rotaract European Meeting) di So a, Bulgaria, yang dilaksanakan tanggal 1-4 Oktober 2009.

Sekilas tentang UNESCO Youth Forum (UYF)
by Rtr.Leo Mokodompit Beberapa isu utama yang dikemukakan antara lain mengenai Education for All (EFA) 2015, youth unemployment, green economy dan Education for Sustainable development. Di salah satu sharing session, Rtr. Leo sempat berbagi pengalaman mengenai Rotaract Club di Indonesia (dan mendapat tanggapan dari delegasi Argentina yang juga bercerita tentang keterlibatan aktif Rotaract di negaranya) bahwa sesungguhnya di Rotaract, isu-isu ini adalah juga mendapat perhatian utama, khususnya Rotaract Club Semanggi Jakarta. Hal ini mendapat respon positif dari rekan-rekan lainnya. Yang sangat diharapkan saat ini adalah dukungan penuh pemerintah setempat dan lembaga-lembaga terkait, seperti halnya prinsip yang dianut antara Rotary terhadap Rotaract, sebagai Partner-inService.

UNESCO Youth Forum adalah bagian integral dan merupakan salah satu rangkaian utama kegiatan UNESCO General Conference yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali (berlangsung selama 3 minggu penuh) dan dihadiri seluruh negara anggota. Tema UYF tahun ini adalah “Investing out of the crisis: towards a partnership between UNESCO and Youth Organization” dan cross-cutting theme “Youth participation: UNESCO Youth Forum, a long term approach.” Menarik bahwa UNESCO (United Nations Educational, Scienti c and Cultural Organization) menganggap bahwa ketelibatan aktif pemuda melalui organisasi memiliki peranan yang sangat penting dalam mengatasi krisis global yang dihadapi saat ini. Beberapa isu utama yang dikemukakan antara lain

Lets Celebrate Life by Helping Others
Kejadian gempa pada tanggal 2 September 2009 cukup bikin shock temen-temen di Jakarta. Beberapa yang lagi pada di kantor,mall, atau gedung bertingkat, sibuk lari-lari turun tangga darurat dari ketinggian lantai yang beragam..ada yang di lantai dasar, lantai 7, lantai 16, bahkan lantai 37! Kebayang kan hebohnya..belum lagi liat tu gedung kayak goyang kiri-kanan…duhhh,pokoknya ribet dan panik pas saat itu. Ternyata oh ternyata, diketahui kalo pusat gempa itu di Tasikmalaya dengan kekuatan lebih dr 7 skala Richter dan berpotensi tsunami!! Ow ow oww..jangan sampe deh yaa..doa doa doa.. Rotaract Club of Semanggi Jakarta langsung melakukan rapat mendadak untuk mengambil tindakan secepatnya atas bantuan apa yang kiranya bisa kita sumbangkan untuk para korban gempa tersebut. Setelah berkoordinasi dan melakukan kontak dengan Rotaract Emergency Response Team yang diwakili oleh Aggy, Libby dan TB (ketiga nya dari Rotaract Club of Bandung Metro) akhirnya kita mengetahui bahwa barang-barang yang saat ini jadi kebutuhan utama adalah yang berhubungan dengan ibu menyusui dan balita.

Sumbangan yang kami berikan adalah berupa barang sejumlah Rp.2,000,000 dengan rincian sebagai berikut: 1. Pembalut wanita 150 pak 2. Selimut 20 buah 3. Susu Balita 10 dus @800 gram 4. Cairan Antiseptik 6 botol @750ml 5. Alkohol, Rivanol, Minyak Kayu Putih, Kapas + Kasa, Jamu Penambah Air Susu, dll Pengiriman barang-barang ini diwakili oleh Rtr. Meinar Mangunsong yang berangkat ke lokasi pada Hari Minggu tanggal 6 September 2009. Rtr Meinar berangkat bersama Rtr Shinta dari Rac Mataram Yogyakarta, tim dari Shelter Box dan Land Rover. Sebagai generasi muda metropolitan, yuk ah kita senang-senang sambil membantu sesama!

Rtr. Tuhu Nugraha Dewanto
Pro le ke-2 di Buletin Rac Semanggi Jakarta kali ini, kami mengangkat seorang Rtr. Tuhu Nugraha Dewanto yang lahir di Sorong, 5 Mei 1981. Meskipun anak pertama dari 2 bersaudara ini besar di Karang Anyar – Solo, Rtr. Tuhu sangat bersyukur masa kanak-kanaknya bisa dihabiskan dengan bermain layangan. Nah, mungkin karena itulah cowok ini kulitnya hitam atau karena suka jalan-jalan ke bukit sejauh 5 kolometer atau keliling kampung atau malah kesukaannya jalan-jalan ke pantai… yang pasti cowok yang memang hitam ini sampai sekarang jadi suka traveling. Kemudian Tuhu remaja memilih kuliah di Unpad Bandung, dan langsung melanjutkan S2-nya di UGM Yogyakarta. Setelah lulus cowok yang suka baca ini menuju ke Ibu Kota Jakarta untuk mencari sesuap nasi. Awalnya Rtr. Tuhu bekerja di Maverick sebagai Associate PR Consultan yang hanya bertahan 5 bulan saja. Kemudian Rtr. Tuhu bekerja di DND General sebagai Marketing Strategis, dan hanya bertahan 7 bulan saja. Tapi, karena kantor tetangga terlihat lebih hijau, maka Rtr. Tuhu loncat ke Virtual Consulting, awalnya sih sebagai Web Consultant, tapi sekarang posisinya sebagai Online PR Manager, sangat membanggakan.

Pada awalnya Rtr. Tuhu bergabung dengan Rotaract Semanggi untuk mencari teman untuk networking. Tapi, setelah sekian lama eksis di Rac Semanggi Jakarta, Rtr. Tuhu mempunyai pikiran yang idealis juga, dia punya harapan agar Club tercinta ini bisa memperkenalkan kebudayaan Indonesia di kancah internasional, dengan zero budget tapi berdampak luas untuk Indonesia dan Rac Semanggi Jakarta, pastinya. Makanya Rtr. Tuhu dipercaya oleh Rtr. P. Leo Mokodompit untuk bergabung di board-nya, sebagai International Service Director, dengan mengusung project “Culinary Diplomacy”. Karena dimasa board-nya Rtr. IP Alexander tahun lalu, Rtr. Tuhu berhasil mengharumkan nama Rac Semanggi Jakarta dengan menyabet award, di ajang RCOT/RDC di Jogya tahun 2008, sebagai best project yang bernama “Listen To You”. Cowok yang suka warna hijau dan ungu ini, juga berharap Rac Semanggi Jakarta saling support sesama member untuk membuat project, baik dalam kegiatan sosial maupun professional secara individual, agar Rotaract dan Rotary dikenal oleh khalayak lebih luas.

Rotaract Club Semanggi jakarta
* Rotary Club Jakarta Advisor for RAC Semanggi : Rtn. Budi * Board of Advisor : Rtr. PP. Eddy, Rtr. PP. Gito, Rtr. PP. Letitsia G, Rtr. PP. Gadsya, Rtr. PP. Ira, Rtr. IPP. Abubakar Alexander * * * * * President Vice President Secretary Treasurer Sergeant at Arm : Rtr. Edwin Leo Mokodompit : Rtr. Alvin Oscar : Rtr. Gilang Aditya Lestari : Rtr. Yenny Immanuela : Rtr. C. Yudha Ramadewa Monika Prastiwi Febrianita P Oke Hastiawan Tuhu Nugraha D Putri Nuraini Rtr. Rtr. Rtr. Rtr. Rtr. Rtr. Rtr. Rtr. Rtr. Rtr. Rtr. Rtr. Dedy Siswoyo Dewi Savitri Eliza Savitri Faith Evans Felista Kristi AStuti Meirizan Nasution Nia Nunu Nurzaman Teddy Suhargo Yuni Widistuti An Nur khairisa

* Directors : - Professional Development : Rtr. - Community Service : Rtr. - Club Service - Public Relation : Rtr. - International Service : Rtr. - Finance : Rtr. = Member : - Rtr. Nita gemila - Rtr. Meinar Liestriani - Rtr. Kartika T. Putri - Rtr. Melissa Sianipar - Rtr. Fauzia Rizkiana Aji - Rtr. Idfi Pancani - Rtr. Corizon Sinar Araini - Rtr. Dedi Rachmansyah - Rtr. Abdul Gafur - Rtr. Aisah Amini - Rtr. Mieke Mangoendiproodjo - Rtr. Purnarini Sabrina - Rtr. Putri Rahayu

Weekly Meeting Every Tuesday, 7 pm at Shangri La Jakarta Hotel 3 rd Fl., Jakarta rotaractsemanggi.wordpress.com FB: semanggijakarta Twitter #rotaractsemanggi Correspondence Address: Jl Bangau Blok D No 111 Bekasi Selatan rotaract_semanggi@yahoo.com