Rotaract Club Semanggi Jakarta Bulletin Juli-Agustus 2009

A

Let’s Celebrate Life!

SEM NGGI INV SION

Pertama-tama, atas nama seluruh keluarga besar Rotaract Club Semanggi Jakarta, kami mengucapkan: Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1430 H Mohon maaf lahir dan batin, semoga diberi kelancaran dan mendapat berkah dari Allah SWT, amien. Tak terasa sudah hampir dua bulan setelah dilantik sebagai Board RY 2009-2010, untuk pertama kalinya Divisi Club Service meluncurkan bulletin edisi pertama Semanggi's InVasion (Juli-Agustus 2009) dengan tema: Let's Celebrate Life! yang juga merupakan tag-line RAC Semanggi RY 2009-2010. Yess, begitulah cara Semanggiers memaknai hidup, dengan merayakan kehidupan ala anak muda yang sangat dinamis dan kreatif, dengan melakukan aksi nyata, untuk dirinya, lingkungan sekitar dan masyarakat, tidak hanya untuk saat ini saja namun berkelanjutan. Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Rotary Club of Jakarta selaku Rotary sponsor kami atas segala dukungannya dan juga rekan-rekan Rotaractor D3400 Indonesia. It's time to inspire and....Let’s Celebrate Life! Rtr. Edwin Leo Mokodompit - President Rotaract Club of Semanggi Jakarta D3400 Indonesia

Editorial

Team Bulletin

Semanggi's InVasion
Rtr. Oke Hastiawan Rtr. Kartika T. Putri

Special thanks to our contributors: + Rtr. Edwin Leo M. + Rtr. Alvin Oscar + Rtr. Monika Prastiwi + Rtr. Tuhu Nugraha + Rtr. Febrianita P. + Rtr. Putri Nuraini + Rtr. Nita Gemita + Rtr. Meinar Liestriani + Rtr. Gilang Aditya Lestari

Published by Rotaract Club Semanggi Jakarta D3400 Indonesia

In-Sight

Perayaan Kemerdekaan
by Rtr. Kartika T. Putri Setiap tanggal 17 Agustus, kita menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia dengan sukacita dan gegap gempita. Masih ingat masa kecil dulu, ada kumpulan buku menarik milik kakek yang sangat saya sukai, berjudul 45 Tahun Indonesia Merdeka. Banyak terdapat foto-foto proses perjuangan bangsa ini menuju kemerdekaan. Foto-foto itu menggambarkan betapa antusiasmenya masyarakat pada masa itu bahu membahu untuk mencapai kemerdekaan. Motivasi yang kuat, kerjasama dan usaha keras dari nenek moyang kita terdahulu telah membuahkan kemerdekaan yang kita nikmati hingga saat ini. Hm...tiba-tiba saya sadar, selama ini perayaan kemerdekaan "berlalu" begitu saja dalam hati saya. Saya memang aktif dalam lomba-lomba, upacara atau kegiatan perayaan kemerdekaan selama ini, tapi jujur sebenarnya saya kurang begitu bisa merasakan arti pencapaian kemerdekaan bagi pejuang-perjuang terdahulu. Timbul suatu pertanyaan pada diri sendiri "Kapan terakhir kali gw punya satu tujuan yang jelas, dengan motivasi kuat dimana tujuan itu bukan hanya untuk kepentingan diri saya sendiri tapi juga bermanfaat buat orang lain dan saya melakukan apapun untuk mencapai tujuan itu, sampai titik darah penghabisan?" Hmm...kalo saja kita sebagai generasi muda, masing-masing punya sebuah tujuan mulia seperti yang dimiliki perjuang terdahulu. Mungkin kita bahkan bisa jauh lebih pintar dibandingkan teroris-teroris yang mengacak-acak tempattempat strategis yang kita miliki karna kita sudah lebih canggih, pintar dan awas dari mereka. Tidak ada lagi kemarahan karna kebudayaan kita diklaim negara orang lain, karna kita sudah lebih dulu menghargai, mengembangkan dan memelihara kebudayan itu hingga membuat negara lain bahkan terlalu malu untuk mengakui bahwa itu kebudayaan mereka. Yap, itu cita-cita besarnya....tentunya semua harus dimulai dari diri sendiri. Setidaknya mulai sekarang, tangl 17 Agustus akan memiliki arti yang berbeda di hati saya. Saya berharap dalam perayaan kemerdekaan tahun depan, saya sudah mencapai sesuatu yang berharga, minimal untuk diri dan dari hari ke hari...saya bisa belajar untuk menjadi seseorang yang bisa membawa dampak positif dan bermanfaat bagi orang-orang terdekat dan lingkungan sekitar. Bagaimana dengan teman-teman? Dirgahayu Indonesia, jayalah bangsaku....MERDEKA!!!

by Rtr. Monika Pratiwi

The Exciting Life of a Nationwide News Anchor & Media Worker
Mr. Andrie Djarot – Pembaca Berita TV One
Pada hari Selasa, 4 Agustus 2009, pembaca berita “Kabar Pagi” di TV One, Mr. Andrie Djarot, berbagi pengalamanya dengan Rotaract Semanggi Jakarta. Mr. Andrie berbagi fakta dan pengalaman sebagai pembaca berita dengan sangat menarik walaupun kami mengundangnya dalam waktu yang cukup singkat. Dia bercerita bahwa sekarang ini untuk menjadi pembaca berita tidaklah semata-mata membaca teks pada teleprompter tapi juga membuat laporan-laporan seperti memastikan mengenai berita yang terjadi dari

Seorang pembaca berita harus menunjukkan sikap serta penampilan yang baik sebagai orang terdepan dalam program tersebut. Satu kesalahan kecil seperti salah dalam menyebutkan nama akan menghancurkan kerja tim yang sudah terjalin. Proses persiapan berita dan rumor di belakang layar memenuhi susana dengan antusias. Disamping hal-hal proses pembuatan berita, Andrie juga menginspirasi kami melalui ceritanya dalam meraih cita-citanya. Pada sesi tersebut, member dan Rotaract guest mendapatkan informasi berharga mengenai proses pembuatan berita sehari-hari. Andrie sendiri kuliah di Solo, dan dia sudah membuktikan bahwa walaupun kuliah di daerah bisa aja sukses….. salut ya!

by Rtr. Monika Pratiwi

Stop Deforestation for Saving the Climate.
Mr Bustar Maitar – Greenpeace Southeast Asia .
Pada tanggal 21 Juli, Rotaract Semanggi Jakarta kedatangan tamu special yang merupakan perwakilan dari Greenpeace Asia Tenggara, yaitu Bapak Bustar Maitar. Bapak Maitar membawakan presentasi yang sangat menarik tentang Greenpeace dan proyek yang sedang dijalankan, yaitu “Stop De-Forestation for Saving the Climate”. Presentasi menjadi menarik dikarenakan lebih banyak gambar , gra k dan media visual lainnya dibanding sekedar kata-kata. Presentasi yang didukung dengan data dan fakta yang kuat itu membuka cakrawala dan kesadaran kita mengenai de-forestation atau lebih dikenal dengan penebangan hutan.

Ternyata menanam pohon saja tidak cukup untuk menghentikan efek pemanasan global. Untuk mencegah al itu, diperlukan usaha kita untuk melindungi setiap pohon yang ada di hutan-hutan di sekitar kita. Pohon yang kita tanam, akan menciptakan dan membangun ekosistem di sekitarnya, dimana ekosistem itu akan mencegah efek pemanasan global yang lebih buruk. Dari presentasi dan tanya jawab yang berlangsung, kami menjadi lebih memahami apa dan bagaimana Greenpeace dan juga tentang proyek yang sedang mereka jalankan. Kami berharap Rotaract Semanggi Jakarta dapat menjalin kerjasama dengan Greenpeace Southeast Asia di kemudian hari.

by Rtr. Monika Pratiwi

Individual Financial Planning
Ms. Eksi Nadiasti – Banker & Financial Planner
Setelah menyelesaikan rencananya, Ms. Eksi mengingatkan kami agar disiplin dalam mengikuti rencana keuangan yang telah kami buat. Banyak orang yang telah merencanakan keuangnnya dengan sempurna tapi mereka gagal. Setelah itu, dnegan baik hati Ms. Eksi memberikan kesempatan kepada member dan guest jika ingin berkonsultasi mengenai rencana keuangan pribadi melalui email. Sebuah sesi yang sangat menarik. Dalam perjalanan pulang setelah sesi, beberapa dari kami bermimpi untuk memiliki apartemen dan pensiun dini.

Ms. Eksi adalah pembicara kami yang ketiga dalam periode 2009-2010. Dia telah berbagi mengenai info yang sangat berguna dalam rencana keuangan pribadi pada tanggal 11 Agustus 2009 yang lalu. Menurutnya, hal penting yang pertama adalah mengklasi kasikan tujuan pribadi kita; ini akan mempermudah usaha kita dalam melaksanakan rencana keuangan kita. Dalam memilih produk perbankan haruslah sesuai dengan rencana dan tujuan kita. Setiap produk memiliki karakteristik unik yang menggambarkan keuntungan apa yang akan diperoleh dan resiko-resiko yang dapat dihilangkan. Dia mengilustrasikan dengan melakukan investasi dalam beberapa jumlah yang wajar, dia akan memiliki uang cukup untuk membeli mobil mewah dan dana pensiun di kemudian hari.

Pelatihan Pendidik Sebaya (PPS)
Ga Sembarang Ngomong “Jorok” Seks, seksualitas dan kesehatan reproduksi? Penting banget, tapi kok ya masih tabu bagi sebagian orang, termasuk Semanggiers. Karena itu Putri dan Alvin, turun gunung untuk mengikuti Pelatihan Pendidik Sebaya (PPS) Kesehatan Reproduksi dan HIV&AIDS yang diselenggarakan oleh Yayasan AIDS Indonesia(YAI) 2-6 Juni 2009. Eits, prosesnya nggak gitu aja, sebelumnya mereka harus mengikuti proses casting berupa interview dan bersaing dengan puluhan komunitas demi memperebutkan 12 kursi di PPS. Setelah itu, Leo, sebagai Presiden RAC Semanggi, terlebih dahulu dibekali pengetahuan melalui Peer Educators for organization leader. Bersama teman-teman dari komunitas kemasyarakatan, SMU, kampus, gereja, remaja mesjid dan majelis taklim, PPS berlangsung seru karena selain kita membekali diri dengan pengetahuan, kita juga belajar konseling dan public speaking. Tantangan terbesar adalah berupaya untuk tidak tanggung-tanggung dalam memberikan materi, termasuk waktu peragaan pemasangan kondom dan penjelasan alat-alat reproduksi. Setelah PPS, Leo dan Alvin langsung dipercaya menjadi moderator Talktainment dalam rangkaian roadshow YAI ke SMU-SMU untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya HIV/AIDS…saatnya tampil!!!

Kesehatan Reproduksi dan HIV-AIDS
by Rtr. Alvin Oscar

Jambore Sahabat Anak
by Rtr. Edwin Leo & Rtr. Gilang Aditya

XII Tahun 2009

Testimoni
Berikut lah satu ringkasan Testimoni (sesi sharing) dengan peserta Jambore Sahabat Anak 2009, yaitu Ismail, 12 tahun.Anaknya lebih terbuka dan lebih kalem dari teman-temannya Leo : Kamu senang ga mengikuti kegiatan ini? Ismail : Senang. Leo : Kegiatan kamu selain sekolah, ngapain aja? Ismail : Suka nyari besi. Leo : Nyari besi??? Buat apa??? Ismail : Buat di jual, untuk beli jajan. Leo : Ooh.. nyari besinya di mana? Ismail : Kadang di mobil container, di buangan.. (WHAAAT?!) Leo : Di mobil-mobil gede gitu? Ismail : Iya. (Astagaaa…) Leo : IMenurut kamu, nyari besi seperti itu bahaya nggak? Ismail+Iwan : Bahaya! Leo : Kenapa? Iwan : Barang BM-BM an (mungkin maksudnya ngambilnya tanpa izin alias BM) Ismail : Mobilnya tinggi kak! kalo naek ke atas, pegangannya licin, saya pernah jatuh! Leo : Pernah jatuh? Terus gimana? Ismail : Diurut! Leo : Oh gitu, kamu kalo gede pengen jadi apa sih? Ismail : Pengen jadi orang kaya!. Leo : Bagus. Orang kayanya kerjanya apa? Ismail : Mm.. orang kaya! (sepertinya Ismail belum yakin benar dengan cita-citanya) Leo : Hehe, ga pa pa deh, tapi kamu semangat sekolah kan? Ismail : Iya Masih penasaran hasil interview dengan peserta lain? kunjungi blog kami di www.rotaractsemanggi.wordpress.com C o m m u n i t y S e r v i c e

Rotaract Club Semanggi Jakarta dalam rangka turut merayakan Hari Anak Nasional tahun ini, berpartisipasi dalam kegiatan Jambore Sahabat Anak XIII Tahun 2009 di Bumi Perkemahan Cibubur. Acara yang diadakan oleh Yayasan Sahabat Anak ini diikuti oleh 650 anak yang hampir semuanya merupakan anak-anak jalanan dan dari keluarga yang tidak mampu, serta volunteer panitia sejumlah kurang lebih 300 orang (termasuk volunteer dari negara asing). Acara tahunan yang diselenggarakan setiap menjelang Hari Anak Nasional ini dilaksanakan selama tiga hari dan dua malam, sejak tanggal 18 – 20 Juli 2009. C o m m u n i t y S e r v i c e Rangkaian acara penutupan diawali dengan exhibition and charity bazaar hasil kerajinan anak-anak, pertunjukan musik, games dan penyerahan berbagai hadiah perlombaan yang diadakan selama masa camp. Hari itu secara khusus Rtr. Leo Mokodompit sebagai perwakilan RAC Semanggi Jakarta diiringi oleh kelompok Band Cahaya Hati Rawinala yang seluruh pemain bandnya adalah para tuna netra. Rtr. Gilang dan Rtr. Leo juga sempat menginterview satu grup perwakilan anak-anak peserta kegiatan mengenai kesan dan perasaan selama ini serta harapan di masa depan. Jawaban polos, ‘mengejutkan’ dan ‘tak terduga’ dari mereka membuat wawancara ini semakin menarik. Selamat Hari Anak Nasional… Banggalah menjadi Rotaract Club Semanggi Jakarta sendiri (yang Anak Indonesia !!! diwakili oleh Rtr. Gilang Aditya dan Rtr. Leo Mokodompit) mendapat slot waktu untuk mengisi acara di hari terakhir pada rangkaian acara penutupan, sebagai salah satu kegiatan Community Service RAC Semanggi Jakarta.

It's time to inspire and Celebrate Life...!!!

Triple One Project
by Rtr. Febrianita P. Mungkin pada bertanya-tanya ya..memangnya Semanggi nyumbang berapa sih?? $200 juta-kah biar langsung tercapai tuh tujuannya RI sehingga ga perlu susah payah lagi ngumpulin dana? Ow ow oww..tentu tidak! Sesuai dengan keterbatasan dan komitmen yang diminta, jumlah donasi kami ke Rotary International untuk End Polio Program ini adalah $111 (Triple One US Dollar). Hi Rotaractors se-Indonesia! Community Service dari Rotaract Club of Semanggi Jakarta kali ini mempersembahkan Triple One Project to End Polio yang sudah dilaksanakan pada bulan Juli 2009 yang lalu. Sebenernya project kali ini bersesuaian dengan komitmen club kami untuk menjawab tantangan Rotary International dalam "Help End Polio - Rotary's US$200 Million Challenge". Melalui donasi ini, kita berharap Rotary & Rotaract bisa mengumpulkan $200 juta dan bersanding sama Bill & Melinda Gates Foundation (yang sudah menyumbangkan $355 juta) untuk mencapai angka $555 juta. Donasi tersebut akan digunakan untuk mendukung kampanye imunisasi di negara-negara berkembang dimana wabah polio masih banyak menyerang anak-anak. Kenapa $111 (Triple One)?? Apa artinya $111 (Triple One)?? Kenapa $111 (Triple One)?? Apa artinya $111 (Triple One)?? Untuk Rotaract Club of Semanggi Jakarta, $111 (Triple One) memiliki arti : One Love (Satu Hati), One Action (Satu Aksi),

untuk One World (Satu Dunia).....BEBAS POLIO Walaupun tidak dalam jumlah yang banyaaaaaakkkk, tapi langkah kecil ini mudah-mudahan bisa punya arti karena hal yang kecil kalo dilakukan dengan cinta pasti semuanya jadi indah. For further details, please click on : http://www.rotary.org/en/EndPolio/Pages/ridefault.aspx NB : Terima kasih untuk Rotaractors dari Jakarta Metropolitan dan Jakarta Cosmopolitan yang turut berperan dalam sesi pemotretan project kita kali ini.

by Rtr. Oke Hastiawan

Installation New Board

Halo Semua, Hari dan Bulan berlalu, tidak terasa sudah setahun masa kepengurusan Rtr IPP Abubakar Alex. Layaknya pergantian board tiap tahun kepada kepengurusan yang baru, Rotaract Club Semanggi Jakarta pada tanggal 5 Juli 2009 melaksanakan Pergantian Kepengurusan dari Kepengurusan IPP Alex 2008/2009 kepada Rtr Pres Leo Mokodompit 2009/2010. Acara Installation Semanggi kali ini diadakan di tempat karaoke Inul - Semanggi Plaza Jakarta. Sudah tertebak ya kenapa di Inul, tentu saja selain President terpilih yang baru itu emang penyanyi, kita anggota semanggi pada suka narcis nyanyi, walaupun belum tentu bagus sih.... Dimulai pukul 15.00 sampai pukul 18.00 bayangkan saudarasaudara 3 jam!!! acara berlangsung serak dan sukses.. Its Time to Inspire, Lets Celebrate Life....! Terima kasih: - Tuhan YME - CRR Ardian - Rotarators Bogor, Jakarta Gambir, Jakarta Central

ToMas Trip

Makassar T rip
by Rtr. Nita Gemita Rencananya kami ingin melihat sunset di Pantai Akkarena, namun gagal karena kami tiba di Akkarena pukul 7 malam. Pantai Akkarena seperti Ancol yang dikelola oleh pihak swasta, banyak terdapat restoran. Dari Akkarena, kami langsung menuju restoran Lae Lae bertemu dengan teman-teman Phinisi lyang tidak ikut ke Toraja. Dekat dengan Bantimurung, ada Taman Pra Sejarah Laeng Laeng, terdapat gua dan batu peninggalan zaman pra sejarah. Di tembok gua ada lukisan babi hutan dan cap tangan manusia purbaba. Batu-batu besar yang bertebaran di tempat tsb adalah batu karang. Konon, dahulu kala tempat tsb adalah laut. Lalu kami kembali ke kota Makassar untuk makan siang. Menunya adalah sop konro Karebosi. Rasanya sangat gurih dan lezat. Selesai makan, kami pergi ke jalan Somba Opu, pusat oleh-oleh Makassar. Tidak sampai 30 menit, kami langsung pulang ke rumah Leo, persiapan untuk pulang. Sore harinya, kami semua berkumpul di benteng Fort Rotterdam untuk menyaksikan sunset dan pidato singkat dari masing-masing klub. Karena waktu yang mepet, kami langsung pergi ke bandara untuk check in pukul 19.00 WITA. Waktunya harus berpisah, dengan berat hati kami mengucapkan salam perpisahan. Pada Salama' Makassar. Ewako!

Berikut catper perjalanan RAC Semanggi ke Tana Toraja dan Makassar. Trip kali ini selain untuk refreshing melepaskan kepenatan juga mempunyai beberapa maksud dan tujuan tertentu. Fans page Culinary Diplomacy baru saja launching, jkami berusaha memotret kuliner yang kami temui di Makassar. Sebisa mungkin kami juga mengupdate status di Twitter untuk memberikan info-info tentang objekobjek wisata yang kami datangi supaya jika ada yang mencari info ttg Makassar atau Toraja di twitter bisa ditemukan dengan mudah, syukur2 bisa jadi trending topic (terlalu ngarep!). Keluarga besar RAC Semanggi Jakarta ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada RAC Phinisi Makassar yang telah berbaik hati menghosting kami selama berada di Toraja-Makassar. Yeah it was a fun trip!!!! Mohon maaf jika ada salah-salah ucapan, sikap dan tingkah laku dari semanggiers atau lupa disebutkan namanya di sini *maklum sering lost short-term memory*.

T oraja T rip
Untuk mengisi liburan panjang di akhir minggu lalu, RAC Semanggi mengadakan perjalanan ke kota Makassar. Rombongan kali ini terdiri dari 8 orang member Semanggi (Leo, Tuhu, Alvin, Oke, Gilang, Febrianita, Monik dan saya sendiri), satu orang dari RAC Sunter (Cheya) dan satu orang dari RAC Cosmopolitan (Eka M). Sampai di bandara Sultan Hasanuddin kami bertemu dengan Inang Meli yang telah sampai terlebih dahulu beberapa jam sebelumnya. Sebelum berangkat ke Toraja kami berkeliling dulu mencari tempat makan. Karena sudah lewat jam 12 malam, agak sulit juga mencari tempat makan yang masih buka. Akhirnya kami menemukan makanan khas, Coto Makassar Bagadang. Serunya, masuk restoran tsb langsung disambut dengan house music yg hingar bingar lengkap dengan kilatan lampu disko. Sekejap mata yg mengantuk langsung melek. Hahaha! Oia, saat di pesawat kami berkenalan dengan dua orang turis Spanyol yang kebetulan tujuannya sama dan mengajak mereka bergabung dengan kendaraan kami sampai Rantepao. Selesai urusan perut kami langsung meninggalkan kota Makassar menuju Enrekang untuk menjemput teman2 RAC Phinisi Makassar yang nantinya bersama-sama konvoi menuju Tana Toraja. Kami tiba di Toraja pukul 11 siang. Dari hotel, kami menuju Londa di Rantepao, lokasi kuburan batu. Menurut tour guide, saat kami masuk ke dalam gua ada mayat yang baru 5 hari dikubur jadi arwahnya masih gentayangan. Kira-kira biaya yang dihabiskan untuk upacara pemakaman melebihi 200 juta rupiah. Berikutnya kami segera menuju Kete' Kesu untuk melihat rumah-rumah Tongkonan, rumah khas Toraja. Di depan rumah, ada tanduk-tanduk kerbau yang disusun seperti totem. Makin banyak tanduk yang dipajang, maka dapat dipastikan bahwa penghuni rumah tsb orang yang sangat berada. Selesai di Kete' Kesu, kami menuju Batu Tumongga. Esok harinya, RAC Phinisi sudah menyiapkan acara community service di sebuah Pondok Baca Toraja asuhan Rotary Club Makassar di daerah Rantepao. Selesai di Pondok Baca kami berangkat menuju Makassar. Sempat berhenti untuk makan siang dan mencoba dangke, makanan khas Toraja yang terbuat dari susu kerbau. Lalu berhenti di Pantai Parepare untuk berfoto-foto.

Karena di Toraja kami kesulitan mendapatkan makanan yang enak, di sini kami langsung menyantap habis sea food yang disajikan di meja. Selesai dinner walau perut sudah penuh, wisata kuliner malam tetap dilakukan, mencoba pisang Epek dan minum semacam bandrek khas Makassar (lupa namanya :D). Sempat berhenti di Pantai Losari, melewati rumah Pak Yusuf Kalla dan selanjutnya pulang ke rumah Leo untuk beristirahat. Pagi harinya, pukul 7 kami pergi ke Taman Nasional Air Terjun Bantimurung. Tempat ini menjadi habitatnya kupu-kupu, sayang saat kami ke sana kupu-kupunya tidak banyak. Kami puas bermain air. Saran saja, jika berangkat ke sini lebih baik dari pagi, karena sekitar jam 9, kawasan tsb sudah penuh dengan pengunjung.

Joint Meeting Jakarta-Bogor

Mr. Andrie Djarot – Pembaca Berita TV One Rotaract Club Semanggi Jakarta yang diwakili oleh Rtr. Alvin Oscar dan Rtr. Leo Mokodompit menghadiri Rotaract Intercity Meeting Jakarta-Bogor Area yang ke-4. Acara yang kali ini di-host oleh Rotaract Club Jakarta Cosmo dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2009 di Museum Bank Mandiri. Acara yang diselenggarakan dengan mengambil setting dan dress code Batavia Tempo Doeloe mengundang dua orang Rotaractor Semanggi Jakarta, yaitu Rtr. Meinar Liestriani dan Rtr. PP. Letitsia Gayatri sebagai pembicara dengan topik mempromosikan Rotaract melalui video blog.

Rotaract Club Semanggi Jakarta yang diwakili oleh Rtr. Gilang Aditya dan Rtr. Leo Mokodompit menjadi host kedatangan Rtr. Angela Pramudya (Sekretaris Rotaract Club Mataram Yogya) yang sempat bertandang ke Jakarta dalam rangka tugas penelitian. Selain dalam rangka fellowship, pertemuan tersebut juga membicarakan kemungkinan-kemungkinan untuk menjalin kerjasama project antar club di masa mendatang.

host Rtr. Angela Pramudya

Fellowship- In Theatre
by Rtr. Oke Hastiawan

UP

Persahabatan, cinta, kasih saying, banyak pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari lm ini. Sepanjang lm diputar rasanya yang paling banyak ribut dan ketawa tampaknya jajaran kita, ya kita…. yang laen kayaknya datar.. terutama ya Putri Nonggeng, Tante Meinar, dan Tuhu, gak kalah dong Putri Tika juga walau sambil nguyah JCo.

Beberapa anggota RAC SEMANGGI CLUB JAKARTA beramai-ramai fellowship bareng nonton lm UP 3D di EX Plaza Indonesia. Film animasi yang lucu, berpetualang dengan rumahterbang!!! Film ini mengingatkan kami bahwa kami suka berpetualang. Berpetualang ke tempat yang belum pernah kami kunjungi, merasakan sensasi yang berbeda dari keseharian, selanjutnya bersyukur bahwa ciptaan Tuhan memang indah, semua indah apa adanya.

Pas lm mau berakhir, artis kita Pak Presiden Leo baru nongol, karena abis lembur. Setelah lm berakhir, emang dasar ogah rugi, kita poto2 sebentar sambil pake kacamata 3D.. Setelah puas nonton, perut kita kembali lapar...dan kita lanjut makan lesehan di Blok M Square. Nanti Semanggiers kita adain nobar lagi yok, ikut ya lain kali…

Rtr. Ella’s Wedding Day
by Rtr. Oke Hastiawan by Rtr. Oke Hastiawan

Salah satu anggota RAC Semanggi Jakarta, Rtr Yenny Immanuella, yang saat ini menjabat sebagai Tresurer kita pada 2 Agustus 2009, melangsungkan pernikahannya. Selamat menempuh hidup baru ya ela…

by Rtr. Putri Nuraini

i n t e r n a t i o n a l s e r v i c e

ada tanggal 27 Juni – 6 Juli Rotaract Club dari Netherlands mengadakan satu acara yang mereka namakan Holland Rotaract Roundtrip 2009. Kegiatan ini adalah yang pertama kalinya bagi Rotaract club Holland. Mereka mengundang delapan orang Rotaractor terpilih dari seluruh dunia untuk mengikuti kegiatan ini. Para partisipannya adalah Putri Nuraini (Indonesia), Nataliya Stoyanovych (Ukraina), Maja Zuraw (Polandia), Ferhan Tuncer (Turki), Johannes II August Lindholm (Swedia), Hector (Mexico) dan juga Gabor Ivanics (Hungaria). Maka saya Rotaractor Putri Nuraini (Finance Director RAC Semanggi Jakarta) mengikuti kegiatan HRR tersebut dalam rangka kegiatan International Service RAC Semanggi

P

Belanda sendiri adalah negara yang berikota di Amsterdam dan kursi pemerintahan-nya berada di Den Haag. Belanda merupakan negara padat penduduk. Paling terkenal dengan kincir angin, tulip, sepatu kayu, keju gouda dan juga pastinya sepeda. Negara belanda sendiri cukup dikenal dengan kebijakan liberal mereka terhadap narkoba, prostitusi dan juga homoseksual.(Diambil dari wikipedia)

Selama 10 hari di Holland kami mengunjungi beberapa kota di Belanda yaitu : Amsterdam, Rotterdam, Maasctrich, Groningen , Hilversum dan Utrecht. Dalam melakukan perjalanan ke beberapa kota ini kami melakukannya dengan jalan darat yaitu dengan naik van (yang disewa selama acara ini berlangsung). Selama di sana kami mengunjungi berbagai situs sejarah, tempat wisata, wisata kuliner dan pengalaman tinggal bersama para rotractors dari Holland.

i n t e r n a t i o n a l s e r v i c e

. Tuh y Rtr b

u

raha Nug

Culinary International Dish Diplomacy Competition
by Rtr. Putri Nuraini

Sebuah persembahan anak bangsa

Culinary Diplomacy, sebuah proyek dengan semangat nasionalisme tinggi, dan zero budget. Berawal dari sebuah ide sederhana bahwa setiap orang adalah diplomat bagi negara ini. Maka melalui kuliner lah kita mencoba masuk untuk memperkenalkan Indonesia. Bila sebelumnya begitu banyak proyek kuliner dengan mengangkat resep, makan kali ini berbeda. i n t e r n a t i o n a l s e r v i c e Rotaract Semanggi, mengangkat hal yang lebih luas. Menggunakan Facebook, yang membuat semua orang tergila-gila maka Culinary Diplomacy diluncurkan pada 14 Agustus 2009 untuk mengenalkan kuliner Nusantara, sekaligus tempat untuk mengenal kuliner negara lain. Di sini, ada beragam informasi kuliner, mulai dari blog, foto,video, forum diskusi dll. Culinary Diplomacy juga punya target audiens yang lebih luas, bukan hanya Rotaractor seluruh dunia yang diundang, tapi siapapun yang mencintai kuliner dan budaya yang melatarbelakanginya. Dengan ini,kita bukan hanya memperkenalkan kuliner Nusantara, tapi sekaligus juga branding Rotaract ke seantero dunia. Ini memang sebuah langkah kecil, tapi semoga dampaknya akan lebih besar dari langkah awal yang dilakukan. Apakah Anda sudah bergabung, silahkan klik di sini: www.facebook.com/culinarydiplomacy Atau follow di Twitter: www.twitter.com/CDSemanggi

International Dish Competition diselenggarakan oleh Rotaract Club of Cabao Philippines, RI D 3780 – Quezon City , Philippines. Dalam ajang ini, akan dipilih 11 resep terbaik dari 11 negara pertama untuk mengisi kalender Rotary mereka. Klub Semanggi Jakarta berpartisipasi dengan mengirimkan resep Ayam Penyet
Ayam Penyet (Smashing Fried Chicken) Category: Poultry (Chicken) Preparing time: 45 minutes Servings for 4 people Ingredients - 1 whole Chicken, cut into 4 or 8 pieces (as desired) - 300 ml of coconut milk - 200 ml of water - 1 Salaam leafs (or you can substitute with Bay leaf ) - 2 stalk of fresh Lemongrass (Sereh/Serai), bruised - Lime juice from 1 fresh lime Source: http://www.tasty-indonesian-food.com/ayam-penyet.html

by Rtr. Leo Mokodompit

Hari kedua dan ketiga kami diajak berkeliling kota Kyiv. Kami mengunjungi beberapa gereja orthodox terbesar yaitu St. Sophia, St. Michael, St. Andrew serta Pechersk Lavra; Rainbow Monument (monument persahabatan Ukraina – Rusia), World War II Memorial Park, Mother of Mother Land Statue, Presidential House, dll. Tak lupa kami diajak untuk menikmati Chicken Kyiv yang terkenal. Di hari ketiga, secara resmi kami diundang untuk hadir pada meeting Rotary Club of Kyiv Center dan setelah itu saya memenuhi undangan makan malam di apartemen Bapak Putu, Minister Counselor for Economic A airs - KBRI Ukraina.

Hari keenam, kami menuju ke kota Lviv menggunakan kereta kecil. Kami berempat tinggal disebuah apartemen indah tepat di pusat kota. Dua hari disana, kami diajak berkeliling oleh Rtc.Pres.Roman dan teman-teman rotaractor RAC Lviv yang (mayoritas membernya laki-laki) dengan tram mengunjungi Rynok Central Square dan Ratusha Tower (dimana kita bisa melihat seluruh Lviv dari puncak menara jam kota), Gereja orthodox, katolik dan armenian, visoki zamokh, Old Walls, dan sebuah museum dan pabrik bir terkenal: Lvivske. Kami pun diajak ke Metro, salah satu klub ternama disana.

sekali saya (Rtc. Leo Mokodompit) terpilih mengikuti kegiatan UKRAINIAN TRIP 2009, tanggal 9-23 Juni 2009 di Ukraina. Kegiatan yang diadakan oleh Rotaract Club se-Ukraina Distrik 2230 mengundang delapan orang Rotaractor terpilih dari seluruh dunia untuk mengikuti kegiatan ini. i n t e r n a t i o n a l s e r v i c e Delapan orang partisipan kemudian dibagi menjadi dua grup; yang melakukan perjalanan melalui rute barat Ukraina dan yang melakukan perjalanan melalui rute timur, Bersama Bethany (USA), Tim (Inggris) dan Kate (Rusia), saya melakukan perjalanan rute 1625 ke arah barat, mengunjungi kota Kyiv, Rivne, Lutsk, Lviv, Vynnetza, Uman, Dnipropetrovsky dan Zhaporizhzhia.

Beruntung

Ukraina merupakan sebuah negara di eropa (ex jajahan Soviet) yang sangat eksotik. Dengan luas wilayah terbesar di eropa, Ukraina merupakan salah satu pusat agama Kristen Orthodox. Alam yang indah, sungai Dniepro (salah satu sungai terpanjang di Eropa) yang membelah Ukraina menjadi dua dan mengalir hingga ke laut hitam, membuat pola hidup masyarakat Ukraina menjadi sangat unik untuk ditelusuri. Kuliner yang menggoda lidah dan hospitality masyarakatnya sungguh membuat kita betah menghabiskan waktu disana.

Hari pertama tiba di Kyiv, ibukota Ukraina, kami langsung diboyong kerumah salah seorang Rotaractor untuk acara penyambutan. Disana kami diajarkan memasak masakan tradisional Ukraina seperti borsch, vareniki, dumplings dan Ukrainian salad. Di Kyiv sendiri ada dua Rotaract Club, yaitu RAC Club Kyiv Center (yang tahun ini menjadi penanggung jawab Ukrainian Trip 2009) dan RAC Kyiv. Setelah perkenalan dan presentasi masing-masing peserta, kami pun berpisah ke tempat home stay masingmasing. Saya kebagian home stay di apartemen Rtc. Natasya Stoyanovych, project o cer UT’2009). Setelah presentasi, juga melakukan pertukaran cultural bag sebagai salah satu project Int'l Service Semanggi dengan RAC Kyiv dan RAC Kyiv Center.

Hari keempat pagi kami melanjutkan perjalanan ke kota Rivne. Setibanya disana kami disambut oleh teman-teman dari Rotaract Club Rivne. Kami menyaksikan pernikahan sakral secara kristen orthodox salah seorang Rotaractor. Setelah itu kami menuju ke Syisk Resort bersama Rotarian dan Rotaractor untuk berkuda. Keesokan harinya kami menuju ke sebuah mata air dan danau suci di kota Lutsk. Kami juga mengunjungi salah satu kampus terbaik di Ukraina yaitu National University of Ostroy Academy. Kami pun diajak untuk membuat keramik Ukraina di pabrik keramik milik Rtn. Pres. Edward. Malam harinya mereka mengadakan farewell party di kediaman Rtc. PE. Anzela.

i n t e r n a t i o n a l Menjelang tengah malam hari ketujuh, kami meninggalkan Lviv menuju kota Vynnetza menggunakan kereta api. Kami berempat menempati sebuah kamar dengan 2-set kompartemen (tempat tidur si kereta api) bertingkat. Tiba di Vynnetza pagi, kami disambut oleh Rtc.Pres.Kate teman-teman dari RAC Vynnetza yang semua membernya perempuan. Disana kami berempat home stay di rumah Rtn. Tuha dan Anthony yang berdarah Vietnam. Menyenangkan sekali rasanya karena disuguhkan berbagai makanan lezat cita rasa campuran Asia-Ukraina plus ‘Nasi rasa Asia’ yang enak dan pulen. Kami diajak ke kota Uman untuk mengunjungi Svivka Park (kebun raya yang indah), Ancient Skifs Kurgan Mountain, Pirgo Museum (seorang dokter yang sangat terkenal di Eropa), Gorky Park, dan Boat Picnic menyusuri sungai. Kami pun sempat menghadiri meeting Rotary Club of Vynnetza dan melakukan presentasi. s e r v i c e

by Rtr. Tuhu Nugraha

We Listen to You
"We Listen To You Invasion" is Back!!! Proyek International Service RAC Semanggi yang memenangkan Best International Service Project RCOT/RDC 2008, kembali lagi menunjukkan taringnya. Karena tim Semanggi berpikir sayang sekali bila sebuah proyek berhenti begitu saja di tengah jalan, ibarat habis manis sepah di buang. Padahal dari opini-opini merekalah kita bisa berkaca dan bercermin tentang diri kita sendiri. Dengan semangat baru, dan bantuan Rotaractor Semanggi yang melalang buana ke Hollad Trip 2009, dan Ukranian Trip 2009. We Listen To You Project berhasil menambah koleksi opini teman-teman Rotaractor dari seluruh dunia. Hingga kini tercatat, 33 Negara telah berpartisipasi yang mewakili 5 benua. Dengan jumlah opini mencapai 71 opini Rotaractors tentang Indonesia. Opini Rotaractor dari seluruh dunia bisa di lihat di www.indonesiaonperspective.wordpress.com. Kalau teman-teman di Distrik D3400 yang mempunyai kenalan dari distrik yang berbeda, bisa minta mereka mengirimkan opini dan perspektif mereka tentang Indonesia ke e-mail: indonesiaonperspective@gmail.com

Rotaract Literature Exchange Program
Rotaract Literature Exchange Program, yang diselenggarakan oleh Rotaract Club of Rotaract Club Of Pano Akil Pakistan District 3270 ditujukan untuk mengumpulkan karya sastra dari seluruh dunia, dan di akhir periode akan dibukukan 100 karya terbaik. Rotaract Semanggi Jakarta berpartisipasi dengan mengirimkan sebuah puisi karangan Sapardi Djoko Damono yang berjudul ‘Aku Ingin’ (I Wish).

by Rtr. Putri Nuraini

Fund n’ Fun Raising...!

Pada tanggal 22 Agustus 2009 nance divisi dari klub Semanggi Jakarta mengadakan pengumpulan dana pertama mereka di periode ini yaitu dengan cara ikut kuis HEBOH yang akan ditayangkan di ANTV pada tanggal 28 Agustus 2009 jam 10 pagi. Cara ini dirasakan sebagai cara yang cukup efektif menggumpulkan uang dan juga branding tentang Rotaract selain itu meyalurkan kadar kenarsissan para cewe- cewe semanggi. oh yah pada kuis ini kita berhijau ria karena kan hijau warna semanggi. Studio untuk kuis ini berada di Rano Studio di Cibubur. Dijadwalkan untuk syuting jam 11.00 tapi karena satu dan lain hal maka kita mulai syuting sekitar jam 12.00. Pembawa acara kuis ini ada dua yaitu Irfan hakim dan Syaiful Jamil. Kuis ini sebenernya diperuntukkan bagi para "mami mami" secara anggota semanggi baru rata - rata berumur 20an tapi akan jadi "mami - mami". Kuis ini menguji pengetahuan kita tentang lagu Indonesia dari tahun 80an - sekarang. Kuis ini terdiri dari 7 babak. Pada babak pertama dimenangkan oleh tim semanggi dan kita dinobatkan sebagai tim dengan gaya joget terheboh dengan koreografer Tante Gadysa Angela.

Babak ke dua kita kalah tapi pada babak tebak lagu tim kita yang diwakilkan oleh Rieka (long lost semanggi) menang. Pada babak selanjutnya kita sempat kalah lagi pas tebak simbol tapi tim kita mulai bangkit pada babak tebak gambar dan tim semanggi meraih satu juta lagi. Total perolehan tim semanggi mencapai 4 juta dan berhak ikut babak Jackpot. Nah di babak jackpot inilah kita kalah dan harus rela dipotong 50% jadi hasil akhir yang dicapai oleh tim semanggi jakarta adalah Rp. 2 Juta. Tunggu acara - acara berikutnya dari divisi nance yang pastinya akan lebih seru, cihuy, narsis dan pastinya hasil uangnya lebih banyak lagi.

Rtr. Leo Mokodompit

by Rtr. Meinar Liestriani

Pro le di Buletin Perdana Rac Semanggi Jakarta ini, menampilkan Petinggi Club kami tercinta, siapa lagi kalau bukan Rtr. P Leo Mokodopit, yang terlahir dengan nama Edwin Haluoleo Agus Mokodompit. Presiden Leo kecil yang lahir di Kendari 3 September 1982 menghabiskan masa kanak-kanak sampai remaja di Kendari dan Makasar. Kemudia dia meneruskan sekolahnya di Kampus Dharma Persada Jakarta. Di masa perkuliahan itulah, cowok berbintang Virgo ini berkecimpung di dunia musik dan tarik suara, dengan mengikuti Band Kampus dan Paduan Suara. Nah, apakah karena itu seorang Leo ikut AFI? (ajang pencari bakat di salah stasiun TV Swasta). Tentu tidak! Keikutsertaannya pada Agustus 2004 di AFI sebenarnya karena ketidaksengajaan, yang awalnya cuma nganterin sepupunya untuk ikutan audisi. Klise memang, tapi kenyataannya seorang Leo Mokodompit-lah yang lolos audisi, malah sampai mengantarnya ke Grand Final, meskipun hanya menyabet juara 3. Dan, sampai sekarangpun cowok penggila pesawat ini masih dikenal dengan sebutan Leo ‘AFI’. Truz… apakah karena dibelakang nama Leo ada AFI, maka menjadi Presiden di Rac Semanggi Jakarta? No no no no!!! Leo mulai mengenal Rotaract Club pada saat dia menjadi Guest Speaker di Rac Semanggi Jakarta tahun lalu. Setelah menjadi member Rac Semanggi Jakarta, mengikuti beberapa project club, mengikuti RCOT/RDC, dan menjadi Board, barulah Rac Semanggi Jakarta melirik untuk mencalonkan cowok yang selalu rindu mengajar ini, untuk mengikuti ajang pemilihan Incoming President. Dan, akhirnya Rac Semanggi Jakarta mempercayakan Rtr. P Leo Mokodompit menjadi pucuk pimpinan club masa bakti 2009-2010. Dalam kepemimpinannya di Rac Semanggi Jakarta, dia mempunyai visi & misi, yaitu di intern, setiap member diharapkan makin tumbuh secara professional dan buhungan setiap member makin kuat dan kompak. Sedangkan di extern, Rac Semanggi Jakarta akan melakukan aksi nyata untuk jangka panjang bagi masyarakat sekitar dan membantu komunitas masyarakat kalangan bawah untuk bisa lebih mandiri. Rtr. P Leo Mokodompit saat ini bekerja di Unesco, selain itu masih eksis di tarik suara untuk mempromosikan Indonesia ke Luar Negeri. Meskipun begitu, cowok yang mengidolakan Almarum Ayahnya ini, tidak melupakan tugas dan kewajibannya sebagai seorang Presiden di Rac Semanggi Jakarta, pastinya. Terakhir, cowok yang senang baca ini, ingin berbagi kata-kata mutiara untuk seluruh member Rotaract Club di District 3400, “Lakukanlah apa yang menurut kamu sukai dan yang kamu percaya, dan itulah yang harus kamu lakukan dalam hidup kamu”… wuach, anak muda sekali. Ya iyalah, namanya juga anak Rotaract! “Let’s Celebrate Life!!!”

Board 2009-2010
* Rotary Club Jakarta Advisor for RAC Semanggi : Rtn. Budi * Board of Advisor : Rtr. PP. Eddi, Rtr. PP. Gito, Rtr. PP. Letitsia G, Rtr. PP. Gadsya, Rtr. PP. Ira, Rtr. IPP. Abubakar Alexander * * * * * President Vice President Secretary Treasurer Sergeant at Arm : Rtr. Edwin Leo Mokodompit : Rtr. Alvin Oscar : Rtr. Gilang Aditya Lestari : Rtr. Yenny Immanuela : Rtr. C. Yudha Ramadewa : : : : : Rtr. Rtr. Rtr. Rtr. Rtr. Monika Prastiwi Febrianita P Oke Hastiawan Tuhu Nugraha D Putri Nuraini

Rotaract Club Semanggi jakarta

* Directors : - Professional Development - Community Service - Club Service - Public Relation - International Service - Finance

Weekly Meeting Every Tuesday, 7 pm at Shangri La Jakarta Hotel 3 rd Fl., Jakarta rotaractsemanggi.wordpress.com FB: semanggijakarta Twitter #rotaractsemanggi Correspondence Address: Jl Bangau Blok D No 111 Bekasi Selatan rotaract_semanggi@yahoo.com