You are on page 1of 8

JUDUL PRAKTEK

PERCOBAAN BINTIK BUTA
TUJUAN PRAKTIKUM
1. Mengetahui bagaimana bayangan benda jika mengenai bintik buta.
2. Menentukan jarak benda yang dilihat yang bayangannya tepat mengenai bintik buta.
LANDASAN TEORI
Bintik buta atau yang juga dikenal dengan sebutan BLIND SPOT adalah suatu daerah di
retina mata yang merupakan jalur syaraf penglihatan menuju ke otak, dan tepat di jalur keluar
tersebut tidak terdapat sel peka cahaya, sehingga bila bayangan benda jatuh tepat di bintik buta,
maka otak tidak akan mendapatkan sinyal dari mata karena bayangan itu jatuh tidak pada sel-sel
yang peka cahaya, maka benda yang sebenarnya ada di depan kita tidak akan diindentifikasi
keberadaannya oleh mata.
Dikarenakan beberapa hal jarak mata dengan objek pada saat bayangan objek yang dilihat
jatuh pada bintik buta di setiap orang bisa berbeda, karena ukuran bola mata, kecembungan lensa
mata dan jarak lensa ke retina pada tiak orang berbeda-beda. Hal ini yang menyebabkan perbedaan
jarak penglihatan bintik buta tersebut.
ALAT DAN BAHAN
1. Gambar A dan B

A

B

Gambar 7.13

2. Tabel pengamatan.
3. Alat tulis dan penggaris.

CARA KERJA
1. Bintik buta (1)
a. Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, tabel pengamatan dan alat tulis.
b. Menutup mata kiri dengan jari tangan.
c. Memegang gambar 7.13 A dengan jarak 60cm dari mata.

e. selanjutnya secara perlahan –lahan mendekatkan gambar tersebut ke bagian muka dengan pandangan mata kanan tetap terfokus pada tanda + tersebut. Mencatat hasil pengamatan pada tabel. dengan mata kanan memandang tanda + secara tajam. mendekatkan gambar ke arah muka. sementara pandangan mata tertuju pada tanda + d. f. Memusatkan pandangan mata kanan pada tanda +. f. Menganalisi pada jarak berapa. 2. e.5 150 90 50 30 Mata kiri ditutup Jarak pada waktu Jarak pada waktu tanda (o) hilang tanda (o) tampak 42 50 41 50 44 50 127 150 42. Bintik buta (2) a.d. garis pendek menghilang dari pandangan mata. Melanjutkan gerakan gambar 7. Menganalisis jarak tanda Pada jarak berapa tidak tampak pada pandangan mata. selanjutnya pada jarak berapa garis pendek terlihat kembali. Jarak gambar mulai dari 60 cm. Secara perlahan-lahan.13 B b. Memperhatikan gambar 7. Dan mengamati apa yang diihat diantara garis panjang dan garis pendek.5 53 29 54 30. Mencatat hasil pengamatan pada tabel pengamatan.13 B.33 54 .33 50 Mata kanan ditutup Jarak pada waktu Jarak pada waktu tanda (+) hilang tanda (+) tampak 55 30.5 50 29 50 31.5 162 90 54 30 Mata kiri ditutup Jarak pada waktu Jarak pada waktu tanda ( ) hilang tanda ( ) tampak 40 55 41 53 43 54 124 162 41. c. Menutup mata kiri dengan jari tangan. HASIL PRAKTIKUM Ulangan 1 2 3 Jumlah Rata-rata Ulangan 1 2 3 Jumlah Rata-rata Pembahasan : Mata kanan ditutup Jarak pada waktu Jarak pada waktu tanda (+) hilang tanda (+) tampak 50 29.

pada percobaan pertama jarak tanda ( ) hilang adalah 40 cm dan jarak tanda ( ) tampak adalah 55 cm.5 cm. pada percobaan pertama jarak tanda (o) hilang adalah 42 cm dan jarak tanda (o) tampak adalah 50 cm. pada percobaan pertama jarak tanda (+) hilang adalah 50 cm dan jarak tanda (+) tampak adalah 29. Pada percobaan ketiga jarak tanda ( ) hilang adalah 43 cm dan jarak tanda ( ) tampak adalah 54 cm. Rata-rata jarak tanda (o) hilang adalah 42. benda terlihat dan pada jarak tertentu benda tidak terlihat. maka benda dapat terlihat . Ketika mata kanan ditutup. Pada percobaan kedua jarak tanda (o) hilang adalah 41 cm dan jarak tanda (o) tampak adalah 50 cm. Pada jarak tertentu.33 cm dan ratarata jarak tanda ( ) tampak adalah 54 cm Kesimpulan : Pada percobaan yang telah dilakukan. Rata-rata jarak tanda (+) hilang adalah 54 cm dan rata-rata jarak tanda (+) tampak adalah 30 cm. Ketika mata kiri ditutup. Pada percobaan kedua jarak tanda (+) hilang adalah 50 cm dan jarak tanda (+) tampak adalah 29 cm. Pada percobaan ketiga jarak tanda (+) hilang adalah 54 cm dan jarak tanda (+) tampak adalah 30.5 cm. Sebaliknya. Ketika mata kiri ditutup. Pada percobaan ketiga jarak tanda (+) hilang adalah 50 cm dan jarak tanda (+) tampak adalah 31. Ketika mata kanan ditutup.33 cm dan ratarata jarak tanda (o) tampak adalah 50 cm. pada percobaan pertama jarak tanda (+) hilang adalah 55 cm dan jarak tanda (+) tampak adalah 30. Pada percobaan ketiga jarak tanda (o) hilang adalah 44 cm dan jarak tanda (o) tampak adalah 50 cm. Rata-rata jarak tanda (+) hilang adalah 50 cm dan rata-rata jarak tanda (+) tampak adalah 30 cm. Pada percobaan kedua jarak tanda (+) hilang adalah 53 cm dan jarak tanda (+) tampak adalah 29 cm. hal ini disebabkan oleh pembiasan cahaya dari benda tersebut jatuh dibagian bintik buta pada retina yang cahayanya jatuh pada bagian yang tidak mengenai sel-sel batang dan kerucut sehingga tidak ada impuls yang diteruskan ke saraf optik. Rata-rata jarak tanda ( ) hilang adalah 41.Dari percobaan bintik buta pertama yang dilakukan .5 cm.5 cm. Selanjutnya pada percobaan bintik buta kedua. posisi bintik buta mata kanan dan kiri berbeda. jika pembiasan cahaya dari suatu benda jatuh di bagian bintik kuning pada retina. Ketika benda tidak terlihat pada jarak tertentu. Pada percobaan kedua jarak tanda () hilang adalah 41 cm dan jarak tanda ( ) tampak adalah 53 cm.

Mengetahui reaksi pupil mata manusia pada cahaya redup dan terang. (2011) Konsep Dasar IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka JUDUL PRAKTEK PERCOBAAN IRIS (PUPIL) MATA TUJUAN PRAKTIKUM 1.com/. Yosephat dkk. Mengetahui reaksi pupil mata kucing pada cahaya redup dan terang.blogspot. LANDASAN TEORI . 2.KEPUSTAKAAN diahpermata-sari./laporan-praktikum-biologi-bintik-buta...html Sumardi.

system bekerja berlawanan untuk melindungi retina. Ditempat yang sangat terang dimana intensitas cahayanya cukup tinggi atau besar maka pupil akan mengecil. lapisan mata yang disebut iris membuat pupil mata membesar ( hamper 90% mata ) sehingga mereka lebih mudah melihat cahaya. biru dan merah. sel – sel batang hanya sensitive pada cahaya. 2. 5. pupil mengecil dan berubah menjadi garis tipis. 4. Kucing. Tabel pengamatan. mata mampu melihat objek lebih dekat dibanding waktu daya biasnya rendah. Kucing dapat dengan mudah membedakan warna hijau. agar cahaya dapat lebih banyak masuk kemata. ALAT DAN BAHAN 1. Lilin. Dengan meningkatkan daya bias. kelebihan sebenarnya dari mata kucing adalah agar dapat melihat di malam hari. Akibatnya dengan mendekatnya objek kearah mata frekuensi impuls parasimpatis kedotsiliaris progresif ditingkatkan agar objek tetap dilihat dengan jelas. Walaupun begitu. Kelopak mata kucing terbuka di malam hari. Alat tulis. perangsangan syaraf parasimpatis menimbulkan kontraksi otot siliaris yang selanjutnya kan mengendurkan gligamen lensa dan meningkatkan daya bias. Daya akomodasi mata diatur melalui syaraf parasimpatis. 6. agar cahaya lebih sedikit masuk kemata untuk menghindari mata agar tidak silau. kejadian tersebut dinamakan refleks pupil atau refleks cahaya pupil. Sebagaimana kita ketahui. tetapi mereka sangat sensitive walau hanya dengan sedikit cahaya. CARA KERJA . bila cahaya diarahkan kesalah satu mata pupil akan berkontraksi. Mereka membentuk bayangan hitam atau putih tergantung dari cahaya yang datang dari objek. Di saat mendapat cahaya yang lebih terang. ketika terkena sedikit cahaya. Senter. Kucing bisa melihat dalam gelap juga karena adanya sel – sel batang yang lebih banyak di bandingkang sel – sel kerucut di retina mereka. 3. Korek api. Ditempat yang gelap dimana intensitas cahayanya kecil maka pupil akan menbesar. Berkat sel – sel batang kucing dapat berburu dengan mudah di malam hari.Mengecilnya pupil karena cahaya ialah lebarnya pupil diatur oleh iris sesuai dengan intensitas cahaya yang diterima oleh mata.

Mengambil seekor kucing dan membawa ke ruangan teduh. Meminta teman bekerja berpasangan. 2. Teman yang lain menyalakan lilin yang berjarak 10 cm dari mata yang ditutup. Kelopak mata atas 2. c. Duduk berhadapan dengan teman. a. Mengamati baik bentuk maupun ukurannya. merupakan salah satu tanda dehidrasi (kucing sedang sakit) 3. d. Skclera :bagian bola mata yang berwarna putih . menyorotkan ke mata kucing. kemudian menutup mata dengan tangan. b. Selanjutnya membuka mata kiri dan teman mengamati pupil mata dengan cermat. Masuk kedalam ruangan yang teduh.1. bila terlihat jelas seolah menutupi mata. c. Kelopak mata bawah 4. Mengambil senter. Iris (pupil) pada mata kucing a. memperhatikan bentuk dan keadaan pupil mata. Iris (pupil) mata pada manusia. HASIL PRAKTIKUM Mata manusia Mata kucing 1. b. Membrana nictitan/kelopak mata ketiga : dalam keadaan normal tidak terlihat. Mematikan lilin dan membuka mata kanan. Mengamati pupil mata kucing.

dan ketika lilin dimatikan kemudian membuka mata kanan maka pupil mata kanan dan kiri ukurannya sama dan sedikit lebih besar dari keadaan normal karena menyesuaikan dengan keadaan ruang yang teduh. pertama . tidak tegang dan tidak cepat lelah. Bola mata kucing lebih besar di bandingkan yang dimiliki manusia. lebih besar dari ukuran mata manusia. 2. Iris (pupil) mata manusia Dari pengamatan yang dilakukan. mereka dapat dengan mudah melihat ancaman yang ada. maka pupil mata kucing akan mengecil dan berubah menjadi garis tipis. Ketika mata yang di tutup tadi di buka maka pupil yang satunya akan mengecil (normal) karena cahaya yang datang di bagi menjadi dua bagian (peran mata kembali di bagi menjadi dua tidak hanya satu lagi) jadi otot mata lebih santai. kemudian ketika mata kiri di buka untuk melihat lilin maka pupil mata kiri yang tidak tertutup oleh tangan perlahan-perlahan nampak semakin membesar.5. saat kucing di bawa ke ruangan yang teduh bentuk mata kucing bulat dan besar. kucing dapat dengan mudah hingga 187 derajat. Jika bidang penglihatan manusia hanya sampai 160 derajat. KESIMPULAN 1. berfungsi mengatur cahaya yang masuk ke mata. kelebihan dari mata kucing adalah dapat melihat di malam hari. Pupil : membesar dan mengecil sesuai banyaknya cahaya. Iris (pupil) mata kucing Dari pengamatn yang telah dilakukan. Kelopak mata kucing terbuka di malam hari.tama kedua mata ditutup dengan tangan. Pupil akan membesar apabila cahaya yang di dapat kurang (sedikit) untuk beradaptasi (penglihatan menjadi jelas). mengecil bila ada cahaya terang dan membesar dalam keadaan kurang cahaya 6. Kemudian saat senter di hadapkan pada mata kucing. Iris : bagian mata kucing yang mengandung pigmen warna. lapisan mata yang disebut iris membuat pupil mata membesar ( hamper . Dengan karakteristik ini. Memandang dengan satu pupil (mata satunya ditutup) akan membuat pupil membesar dan membuat otot mata menegang karena peran kedua mata di bebankan kepada satu mata saja. ketika terkena sedikit cahaya. Pupil yang tadi membesar akan mengecil (normal) ketika mata yang di tutup dibuka apabila cahaya yang di dapat cukup untuk beradaptasi (dapat memandang dengan jelas). jadi membutuhkan cahaya yang lebih besar. 2. warna iris terlihat jelas pada saat pupil mengecil PEMBAHASAN 1.

Yosephat dkk. KEPUSTAKAAN www. Tetapi bila Di saat mendapat cahaya yang lebih terang. (2011) Konsep Dasar IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka .org/wiki/Mata Sumardi.wikipedia.com/anatomi-kucing/mata-kucing id.kucingkita. pupil mengecil dan berubah menjadi garis tipis. system bekerja berlawanan untuk melindungi retina.90% mata ) sehingga mereka lebih mudah melihat cahaya.