You are on page 1of 15

Ekologi Industri

Nama Kelompok:
1. Firmansyah (1513007)
2. Sri Ulina (1513026)
3. Wisnu Yan Purnomo (1513035)
4. Yulia elvi Prada (1513039)

Tujuan utamanya adalah untuk mengorganisasi sistem industri sehingga diperoleh suatu jenis operasi yang ramah lingkungan dan berkesinambungan .EKOLOGI INDUSTRI • Ekologi industri adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola aliran energi atau material sehingga diperoleh efisiensi yang tinggi dan menghasilkan sedikit polusi.

dan sosio-ekonomi. "Mengapa sistem industri tidak berlaku seperti halnya ekosistem. aspek institusi. di mana buangan sebuah spesies menjadi sumberdaya spesies lainnya? Mengapa keluaran sebuah industri tidak menjadi masukan industri lainnya. . Evan mendefinisikan ekologi industri sebagai analisis sistematis mengenai operasi industri dengan memasukkan faktorfaktor seperti teknologi. lantas juga lewat artikel yang dimuat oleh Journal for International Labour Review. sehingga mengurangi kebutuhan bahan baku.EKOLOGI INDUSTRI Ekologi industrial diperkenalkan pada tahun 1989 di dalam jurnal Scientific American oleh Robert Frosch. Frosch menyampaikan visinya. dan menghemat pembuangan sampah?" Istilah ekologi industrial itu sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Harry Zvi Evan dalam sebuah seminar yang diselenggarakan Komisi Ekonomi Eropa di Warsawa. Polandia. hukum. sumberdaya alam. lingkungan. aspek biomedis. pada tahun 1973. mengurangi polusi.

.

Empat konsep ekologi industri yaitu: (1) Optimasi penggunaan sumber daya (resource) (2) Siklus material yang tertutup dan minimalisasi emisi (3) Proses dematerialisasi (4) Simbiosis industry . Kedua konsep melibatkan pencegahan pencemaran dalam rangka melindungi lingkungan dan meningkatkan efisiensi ekonomi.EKOLOGI INDUSTRI Konsep ekologi industri terkait secara dekat dengan proses produksi bersih (cleaner production) dan merupakan komplementer satu dengan lainnya.

yaitu pemanfaatan produk samping dan limbah menjadi bahan baku bagi komponen sistem industri lain. . Konsep ini menghasilkan suatu konsep kawasan ekologi industri terpadu.• (1) Optimasi penggunaan sumber daya (resource) Dengan sistem ekologi industri berbasis industry tebu dapat menghasilkan konsep rantai makanan industri.

Ekologi industri pada industri tebu diatas secara nyata dapat meningkatkan efisiensi energi dan emisi. .• (2) Siklus material yang tertutup dan minimalisasi emisi Pembakaran bahan bakar fosil merupakan sumber utama limbah yang dihasilkan industri. Siklus material yang tertutup dapat memberikan keuntungan.

• (3) Proses dematerialisasi Tujuan utama ekologi industri tidak hanya untuk menghasilkan suatu siklus aliran material yang tertutup tetapi juga meminimalkan jumlah aliran bahan dan energi yang digunakan untuk proses produksi. .

.• (4) Simbiosis industry Simbiosis industri merupakan suatu bentuk kerja sama diantara industri-industri yang berbeda. Dalam proses simbiosis ini limbah suatu industri diolah menjadi bahan baku industri lain. Bentuk kerja sama ini dapat meningkatkan keuntungan masing-masing industri dan pada akhirnya berdampak positif pada lingkungan.

proses dematerialisasi dan pengurangan 4. 3. . penghilangan ketergantungan pada sumber energi yang tidak terbarukan.EKOLOGI INDUSTRI • Strategi untuk mengimplementasikan konsep ekologi industri ada empat elemen utama yaitu : 1. 2. membuat suatu siklus material yang tertutup dan meminimalkan emisi. mengoptimasi penggunaan sumber daya yang ada.

. sementara ekologi industri lebih menekankan pada pendauran suatu limbah yang terbentuknya tidak bisa dihindari (unavoidably produced waste) dengan mensinergikan antara unit satu dengan lainnya atau antara satu industri dengan industri lainnya.EKOLOGI INDUSTRI Produksi bersih lebih memfokuskan pada aspek pengurangan limbah.

industri bioetanol. industri pulp dan kertas. serta industri logam alkali. industri semen. industri pupuk. antara lain perkebunan tebu. . industri gula.EKOLOGI INDUSTRI Beberapa contoh industri yang dapat diintegrasikan di Indonesia.

Kesimpulan Pada ekologi industri ini tidak hanya membahas tentang masalah polusi dan lingkungan tetapi juga mempertimbangkan kesinambungan industri serta aspek ekonomi tetap diutamakan. . Dengan ekologi industri akan tercipta suatu sistem yang terpadu di antara industri-industri yang ada didalamnya dan saling bersimbiosis secara mutualisme.

com/industri-berwawasan-lingk ungan-atau-ekologi-industri / • https://esthernbbn.Daftar pustaka • http://bangazul.wordpress.com/2008/07/12/ ekologi-industri/ .

• Terima kasih .