You are on page 1of 16

SATUAN ACARA PENYULUHAN

Pokok Bahasan

: Kebutuhan Nutrisi Pada Balita

Sub Pokok Bahasan

: Cara Pemberian Makan Balita

Sasaran

: Orang Tua

Hari/ Tanggal

: Kamis, 21 April 2016

Tempat

: Puskesmas M.Ramdhan

Pembicara

: Mahasiswa STIK Immanuel Bandung

A; Tujuan
1; Tujuan Umum
Setelah diberikan penyuluhan, sasaran mampu memahami tentang
kebutuhan nutrisi pada balita
2; Tujuan Khusus
Setelah diberi penyuluhan 20 menit diharapkan sasaran dapat:
a; Menyebutkan pengertian nutrisi
b; Menyebutkan kebutuhan gizi pada balita
c; Menyebutkan akibat kekurangan gizi pada balita
d; Menyebutkan manfaat ASI dan MPASI
e; Menjelaskan cara memberikan makanan pada umur 0-6 bulan
f; Menjelaskan cara memberikan makanan pada umur 6-8 bulan
g; Menjelaskan cara memberikan makanan pada umur 9-11 bulan
h; Menjelaskan cara memberikan makanan pada umur 1-2 tahun
i; Menjelaskan cara memberikan makanan pada umur 2-3 tahun
B; Metode
Metode ceramah dan tanya jawab

1

Laptop D. Power Point c. Media dan Alat a.Menjawab salam - Pembukaan - Penyampaian kepada Waktu 5 menit Mendengarkan dan memperhatikan peserta bahwa hari ini akan dilakukan penyuluhan tentang nutrisi kebutuhan balita 2 Isi Mendengarkan - Penyampaian tentang dan10 menit materimemperhatikan nutrsi pada balita 3 Penutup - - Memberikan kepada - peserta untuk bertanya - Menjawab pertanyaan Mendengarkan dan memperhatikan - Menjawab peserta pertanyaan Memeberikan diajukan pertanyaan berhubungan 5 menit pertanyaan kesempatan - Mengajukan yang yang dengan penjelasan yang telah diberikan 2 . Leaflet b. Kegiatan No 1 Komunikator Apersferpektif Komunikan .C.

Menjelaskan cara memberikan makanan pada umur 2-3 tahun Lampiran Materi A.E. Menyebutkan akibat kekurangan gizi pada balita d. Menjelaskan cara memberikan makanan pada umur 1-2 tahun i. Pengertian Nutrisi 3 . Menjelaskan cara memberikan makanan pada umur 6-8 bulan g. Menjelaskan cara memberikan makanan pada umur 0-6 bulan f. Evaluasi Evaluasi dilaksanakan selama proses dan akhir kegiatan penkes dengan memberikan pertanyaan secara lisan sebagai berikut : a. Jelaskan pengertian nutrisi b. Menyebutkan kebutuhan gizi pada balita c. Menjelaskan cara memberikan makanan pada umur 9-11 bulan h. Menyebutkan manfaat ASI dan MPASI e.

pertumbuhan dan untuk berlangsungnya fungsi normal setiap organ baik antara asupan nutrisi dengan kebutuhan nutrisi. beras merah. dan air. Usia balita merupakan usia yang rawan. pemenuhan gizi merupakan keharusan sangat berpengaruh pada masanya. pertumbuhan sel otak berlangsung sejak bayi sampai usia sekitar 2 tahun dan terus berkembang sampai usia 3-4 tahun. Oleh karena itu. vitamin. mineral. kacang-kacangan. B.benar diperhatikan agar tumbuh kembang si buah hati bisa maksimal. Berikut beberapa macam zat gizi yang dibutuhkan oleh bayi dan balita : 1. asupan makan yang bergizi sangat penting bagi pertumbuhan sel otak dan fisiknya. lemak. terutama pada 5 tahun pertama. Oleh karena itu. seperti karbohidrat. Kebutuhan Nutrisi pada Balita Gizi yang baik merupakan salah satu unsur yang baik mewujudkan manusia yang berkualitas. Karbohidrat Bahan makanan sumber karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi balita agar tumbuh sehat di antaranya beras.Menurut Puri (2014) nutrisi adalah proses dimana tubuh manusia menggunakan makanan untuk membentuk energi mempertahankan kesehatan. Pada periode emas ini. protein. Gizi merupakan elemen dalam makanan dan dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tubuh. Pada masa balita. 4 . orangtua harus benar. karena pertumbuhan pada masa ini menentukan perkembangan fisik dan mental selanutnya.

Karbohidrat ini memberikan volume kepada isi usus. Adapun bahan makanan yang menjadi sumber protein yang baik dikonsumsi bayi. maupun kemampuan manual dan daya ingat bayi. serta tempe. Semua proses yang terjadi di dalam tubuh memerlukan energi. Rangsangan mekanis yang terjadi akan melancarkan gerak peristaltik. Vitamin B6 (piridoksin) Dalam 12 bulan pertama. telur. jagung.  Memperlancar proses pencernaan. kerang. bayi membutuhkan konsumsi protein sebanyak 2. Vitamin Larut Air a. susu. singkong. 2. termasuk energi untuk aktivitas dan suhu tubuh. Pada dua minggu pertama kelahiran.2 gr per kg BB per hari. c. tahu. menambah berat badan dan tinggi badan.kentang. Protein Protein sangat dibutuhkan bayi dan balita untuk menunjang pertumbuhan tulang rangka dan otot. diantaranya ialah daging. jumlah protein turun menjadi yang dikonsumsi sekitar 6070% digunakan untuk pertumbuhan dan sisanya digunakan untuk pemeliharaan.  Merupakan reseptor bagi hormon. dan ubi. aliran bubur makanan (chymus) melalui saluran pencernaan dengan lancar dan memudahkan pembuangan tinja (defaekasi). terutama pengaruh dari karbohidrat yang tidak dapat dicerna. 3. bayi dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi vitamin B6 secara bertahap. Berikut beberapa fungsi karbohidrat bagi tubuh:  Sumber utama energi tubuh. ikan. dan hasil olahannya seperti udang. Vitamin B1 (tiamin) Vitamin ini dapat merangsang nafsu makan. b. Akibatnya. Vitamin B12 5 . Pada minggu ketiga.

5. c. b. d.03 mg per hari pada 12 bulan pertama kehidupannya. Vitamin Larut Lemak a.Bayi dianjurkan untuk banyak mengonsumsi sampa 0.bayi yang mengalami kesulitan dalam penyerapan vitamin K ini umumnya sering menderita diare. Vitamin A Bayi yang baru dilahirkan mempunyai cukup cadangan vitamin A dalam hatinya. Hal ini sangat membantu pembentukkan tulang dan gigi serta untuk mencegah bayi dari penyakit polio. Vitamin K Kekurangan vitamin K bisa terjadi setelah beberapa hari bayi lahir yang diberi ASI. Vitamin C Bagi bayi yang diberi susu sapi tanpa diformulasi. Vitamin D Bayi membutuhkan vitamin D sekitar 100 IU per hari. d. Kalsium 6 . 4. Vitamin E Selama tahun pertama kehidupan bayi sangat dianjurkan untuk diberikan vitamin E sebanyak 2-4 mg TE (tocopherol ekuivalen). ini bergantung dari jumlah yang dikonsumsi ibunya. dianjurkan bila diberi tambahan suplemen vitamin. Mineral a. Bayi.

6.Kalsium dibutuhkan untuk pembentukkan tulang yang cepat guna menunjang berat badan pada saat bayi baru belajar berjalan. Jadi. b. maka dianjurkan untuk memberikan mineral seng penting ini pada bayi lebih dini. Asam lemak ini terdapat dalam makanan yang mengandung EPA dan DHA. Asam Lemak Omega-3 Asam lemak Omega-3 merupakan salah satu asam lemak esensial yang berfungsi memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya pengerasan pembuluh darah merah. Seng Pada bayi lahir hingga satu bulan pertama terdapat keseimbangan yang negatif. Selain itu kalsium dibutuhkan dalam pembentukkan gigi. Berikut kandungan EPA dan DHA pada beberapa jenis ikan : Jenis Ikan ikan salmon ikan pipih ikan mas ikan bandeng ikan mujair EPA 247 408 159 408 201 DHA 983 820 288 176 136 C. 7 . c. Bayi yang dlahrkan prematur sangat sedikit menerima zat besi sedangkan bayi yang cukup bulan lebih banyak menerima zat besi. Zat besi Kebutuhan zat besi sangat bergantung pada umur kehamilan. Akibat Kekurangan Gizi Bayi yang kekurangan energi protein dalam waktu yang lama. bisa berakibat buruk bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Bayi sangat memerlukan EPA dan DHA terutama dalam metabolisme sistem pencernaan yang belum sempurna dan dalam rangka pembentukkan sel-sel otak. bayi yang lahir cukup umur selama tiga bulan pertama tidak perlu mengonsumsi zat ini.

Perkembangan kecerdasannya menjadi lambat. 9.tanda anak menderita kekurangan gizi: 1. Wajahnya tampak bulat seperti bulan. Warna kulitnya pucat biasanya disertai anemia. Pentingnya manfaat ASI dan MPASI Pentingnya ASI bagi bayi dan balita selama 2 tahun pertama kehidupannya. Bayi tidak nafsu makan. D.Berikut tanda. 8. 6.abu dan rambutnya mudah rontok atau tanggal. Sedikit demi sedikit warna rambut hitamnya berubah menjadi cokelat kemerahan (pirang) atau abu. apatis 11. 4. dan otot dagingnya menyusut dan lembek. Bayi yang berambut keriting bila menderita kurang protein rambutnya menjadi lurus.  ASI mengandung anti kekebalan tubuh. 8 . 7. ASI merupakan makan utama dan terbaik bagi bayi. Terjadi pembengkakkan pada kaki bagian bawah. Perut yang membesar (buncit). 3. Pertumbuhan tubuhnya menjadi lambat.  ASI segar dan bebas dari pencemaran kuman. tetapi masih mempunyai sedikit lemak. Badan kelihatan kurus 2. 5. kurang bergairah.  ASI meringankan fungsi pencernaan dan ginjal yang memang belum sempurna. Bayi tampak murung. 10. Sebab utama ASI baik bagi bayi adalah :  ASI mengandung semua zat gizi yang sesuai dengan tuntutan makanan bayi manusia.  Pemberian ASI menimbulkan kepuasan / hubungan emosional yang hangat antara ibu dengan bayinya.

 Susui setiap bayi menginginkan paling sedikit 8 kali sehari. pada bayi umur 0.  Mengembangkan kemampuan bayi untuk menerima macam. Cara Memberikan Makanan pada Umur 0-6 Bulan Banyak penelitian telah membuktikkan bahwa bayi yang sejak lahir diberi ASI lebih terjaga dari penyakit.  Jika bayi tidur lebih dari 3 jam. F.  Susui dengan payudara kanan dan kiri secara bergantian. E.6 bulan yang terbaik adalah hanya diberikan ASI dengan cara memberikan ASI sebagai berikut :  Berikan ASI pertama keluar dan berwarna (kolostrum)  Berikan hanya ASI  Jangan berikan makanan/minuman selain ASI  Susui bayi sesering mungkin. terutama diare dan mempunyai kemungkinan untuk tumbuh kembang lebih baik dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula.  Mengembangkan kemampuan bayi untuk mengunyah dan menelan.  Mencoba adaptasi terhadap makanan yang mengandung kadar energi tinggi.  Susui sampai payudara terasa kosong. lalu pindah ke payudara sisi lainnya. Oleh karena itu. bangunkan. Cara Memberikan Makanan pada Umur 6-8 Bulan  Terus berikan ASI 9 .macam makanan dengan berbagai rasa dan bentuk. lau susui.Adapun manfaat pemberian makanan pendamping ASI :  Melengkapi zat gizi ASI yang sudah berkurang.

 Mulai berikan makanan pendamping ASI (M-PASI)  Berikan MPASI secara bertahap sesuai umur Umur 6-8 bulan Bentuk Makanan  ASI Berapa kali sehari  sesering mungkin lumat (bubur lumat. biskuit). 10 .  yang dilumatkan. makanan Makanan lumat 2-3 kali  dilumatkan. dll) makan bertahap bertambah hingga mencapai ½ gelas atau 125cc setiap kali makan Makanan selingan yang sendok secara sehari sayuran. daging dan buah setiap kali makan  2-3 Teruskan pemberian ASI  Makanan Berapa banyak 1-2 kali sehari (jus buah.

nasi tim. Berikan ASI terlebih dahulu kemudian MPASI 2.G. diberikan diantara waktu 1-2 makan lengkap Catatan : 1. dan nasi lembek. Umur 9-11 bulan Bentuk Makanan Berapa kali sehari  ASI   Makanan setiap kali makan  ½ Teruskan pemberian ASI.  Berapa banyak gelas / mangkuk atau 125 cc. Jika bayi tidak mendapat ASI karena alasan medis tambahan 1-2 gelas susu perhari dan 1-2 kali makanan selingan.  Mulai berikan makanan pendamping ASI (M-PASI) yang lebih padat contohnya bubur nasi. Cara Memberikan Makanan pada Umur 9-11 Bulan  Terus berikan ASI. Makanan lembik 3-4 kali lembik sehari atau dicincang yang mudah ditelan anak  Makanan selingan  Makanan yang dapat selingan dipegang anak kali sehari. 11 .

kacangan ¼ gelas sayur 1 potong buah ½ gelas bubur/1 potong kue/ 1 potomg buah Teruskan pemberian ASI. 12 .H. Cara Memberikan Makanan pada Umur 1-2 tahun Umur 1-2 tahun Bentuk Makanan  Makanan keluarga Berapa kali sehari  Makanan keluarga 3-4 Berapa banyak setiap kali makan   kali sehari   Makanan yang dicincang atau dihaluskan jika  Makanan selingan 1-2 kali sehari. diperlukan  ASI     ¾ gelas nasi (200cc) 1 potong kecil/daging/ayam/tel ur 1 potong kecil tempe/tahu atau sdm kacang.

telur. roti. ayam) kali sehari. Umur 2-3 tahun Bentuk Makanan Berapa kali sehari Berapa banyak setiap kali makan  Karbohidrat (nasi.  1 butir telur ayam  1 potomg dada ayam sebesar kotak korek api  1 potong ikan tenggiri 75 gram  2 potong tempe sebesar kotak korek api  3 potong tahu sebesar kotak korek api  Sayuran ½ mangkuk sedang 13 .  Beri makanan selingan 2 kali sehari. sebab bisa mengurang nafsu makan. Makanan selingan 1-2 daging. Cara Memberikan Makanan pada Umur 2-3 tahun  Lanjutkan beri makan makanan orang dewasa.I. Makanan keluarga 3-4 4 sendok makan nasi  1 lembar roti tawar kentang) kali sehari  1 buah kentang sedang  Lauk pauk (ikan.  Jangan berikan makanan manis sebelum waktu makan.  Tambahkan porsinya menjadi ½ piring.

 Buah  ASI  1 buah jeruk sedang  1 potong pepaya mangkuk sedang  Apel setengan buah  Teruskan pemberian ASI. 14 .

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.DAFTAR PUSTAKA Mahayu. 2012. 2014. Buku Biru : Jogjakarta. Panduana Pemberian Imunisasi dan Nutrisi pada Bayi. Baltita. Balita. dan Manfaatnya. 15 . Kementrian Kesehatan dan JICA : Jakarta. Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Puri.

16 .