You are on page 1of 6

Blog nya pak Yusuf Arnol

ISTILAH - ISTILAH PESAWAT ANGKAT

yusuf-arnold.blogspot.com Pada saat kita melaksanakan
pekerjaan dengan alat pesawat angkat jenis crane dalam operasi pengangkatan sering
menggunakan istilah-istilah namun kita tidak mengetahui arti dari istilah tersebut sehingga
tujuan besar yang ingin dicapai tidak terwujud. Tulisan ini menjelaskan tentang istilah istilah paling sering digunakan dalam operasi pengangkatan beban menggunakan pesawat
angkat khususnya dilokasi operasi minyak dan gas bumi

WLL (Working Load Limit)
Batas
Maksimum beban setiap alat
angkat dirancang
untuk menaikkan,
menurunkan atau
menggantung beban . Dalam beberapa
standar dan dokumen
lainnya WLL disebut Beban Kerja Aman (SWL)

SWL (Safe Working Load)
Berat beban maksimum, sesuai dengan hasil penilaian oleh oleh orang yang
berkompeten pada setiap alat bantu angkat yang dapat digunakan untuk mengangkat,
menurunkan dan menggantung sesuai kondisi yang ditentukan. SWL biasanya akan
sama dengan WLL di mana istilah ini digunakan dalam bagian tertentu dari code tapi
jarang digunakan. SWL paling sering digunakan pada laporan-laporan resmi.
Catatan.
Kita sering bingung membedakan antara SWL dan WLL, dalam bahasa sederhananya
WLL adalah suatu nilai ketetapan untuk beban maksimum beban yang diangkat,
sedangkan SWLditentukan sesuai dengan idealnya suatu kondisi (berdasarkan
perhitungan) dan pada
umumnya WLL dan SWL adalah sama,
namun
pada pengangkatan
kondisi
tertentu orang
yang
kompeten
(inspektor) dapat menurunkan SWL sehingga nilainya kurang dari WLL bila pada
kondisi
yang dapat
dikatakan
“Beresiko
Tinggi”. misalnya,
pengangkatan
dilakukan kondisilingkungan dengan temperatur tinggi, prosedur pengangkatan yang
sulit menghindari beban kejut atau ketidakpastian berat beban yang akan diangkat.

Competent Person

pabrik pembuat. Perusahaan Jasa Inspeksi Teknik atau pengawas pemerintah. Perkebunan dan Pelabuhan. pemerintah). dipasang ulang di lokasi yang baru. Sedangkan Inspektor Pesawat Angkat diterbitkan oleh Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral Rebuplik Indonesia. Orang yang kompeten harus memiliki kepengetahuan yang luas selain itu dapat meminta dan mempertimbangkan pendapat para pakar (engineer.Orang yang berkeahlian khusus melakukan inspeksi dan pengujian. modifikasi. Melalui inspeksi dan pengujian serta sertifikasi yang dimilikinya memungkinkan orang tersebut dapat mendeteksi cacat atau dampak kelemahannya serta mempunyai kemampuan untuk menganalisa penyebabnya. perawatan dan perbaikan serta pengoperasinya). inspeksi tahunan berkala dan sertifikasi. Orang tersebut memiliki penunjukkan ahli bidang pesawat angkat dan angkut yang diterbitkan oleh Kementarian Tenaga Kerja Republik Indonesia dan dapat bekerja di Industri pabrikasi. setelah perbaikan. jika dibutuhkan untuk memberikan penilaian sehingga dapat menguatkan untuk memberikan rekomandasi yang tepat. Pertambangan Mineral Batubara. Selain itu dia harus mampu meyakinkan pada pengguna bila temuan yang bersifat permanen dapat diabaikan dengan memberikan penyesuaian atau persyaratan kondisi sehingga pesawat angkat aman untuk operasikan. Dia harus memiliki pengetahuan teori praktis dan pengalaman yang memadai tentang pesawat angkat terutama bagian/komponen kritis yang akan diuji (termasuk pengetahuan engineering konstruksi. kemudian memberikan penilaian dengan tujuan memberikan kenyamanan dan jaminan pada keselamatan operasi pesawat angkat. jika pesawat angkat pertama kali digunakan. Umumnya orang tersebut sebagai “ Inspector” dari perusahaan pemilik atau pengguna pesawat angkat. praktisi. ruang lingkup pekerjaannya area Minyak dan Gas Bumi Thorough Examination . electrical instrument.

Dengan alasan apapun inspeksi berkala harus dilakukan dan tidak boleh melebihi yang telah ditentukan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. disebut juga Lifting/Rigging gear. Lifting Equipment Lifting Equipment didefinisikan sebagai peralatan atau menurunkan dan memindahkan beban. Responsible Person Seseorang yang memiliki pengetahuan dan pelatihan yang memadai serta mempunyai pengalaman melakukan inspeksi sehingga dapat mengenal cacat – cacat pada pesawat angkat kemudian mendapat tugas dari atasannya melakukan inspeksi harian atau bulanan. Multi-purpose Equipment . kerja untuk mengangkat Accessory For Lifting Aksesoris pengangkatan diartikan sebagai peralatan kerja yang dipasang pada beban dan tersambung ke mesin yang digunakan untuk mengangkat beban tersebut. hasil inspeksi sebelumnya sebelumnya dan rekomendasi dari orang yang kompeten. tingkat keparahan kondisi operasi. untuk mendeteksi kerusakan atau kerusakan. Inspeksi berkala ditetapkan oleh manajemen berdasarkan peraturan pemerintah tentang keselamatan kerja. cara pengangkatan. umumnya disebut internal inspeksi dilakukan operator setiap hari sebelum pesawat angkat dioperasikan atau inspeksi bulanan yang dilakukan oleh inspektor perawatan Operative Orang yang benar-benar terlatih menggunakan peralatan dan memiliki sertifikat atau surat ijin operasi (SIO) yang terlibat operasi pengangkatan.Inspeksi yang dilakukan oleh orang yang kompeten dengan hati-hati dan kritis. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan dalam rangka sertifikasi yang dilakukan oleh PJIT atau pengawas pemerintah. dan bila perlu ditambah dengan cara lain seperti pengukuran dan pengujian non-destruktif (NDT).

kondisi yang tidak umum selain itu juga menggunakan berbagai macam alat angkat.Pesawat angkat yang dirancang untuk spesifikasi standar untuk mengangkat berbagai jenis beban hingga beban kerja yang aman ditandai atau mengacu pada load chard. Complex Lifting Operation Operasi pengangkatan dengan beban yang di angkat tidak biasa atau berisiko tinggi. Seperti pada umumnya pesawat angkat yang telah dioperasikan. Contoh Pengangkatan ini seperti mengangkat dan memasang steam drum dengan menggunakan dua unit pesawat angkat dilanjutkan dengan menggunakan alat angkat lainnya seperti chain blok dengan jumlah banyak kerana area sempit dan membutuhkan presisi tinggi. Seperti pesawat angkat dipeleburan baja dimana pengangkatan bahan baku baja ke tanur. Single Purpose Equipment Peralatan Angkat yang dirancang dengan tujuan hanya untuk satu jenis pengangkatan beban dengan cara tertentu dan lingkungan tertentu pula. membatasi penggunaan pesawat angkat dengan rentang yang telah ditentukan seperti berat beban dan jenis material yang akan diangkat. seperti yang terjadi pada jalur perakitan produksi. pengangkatan sering dilakukan pada situasi dan kondisi kerja yang sama. bahan baja yang telah diproses dipindahkan dalam kondisi panas. MBL (Minimum Braking Load) . area terbatas dan sempit. Berdasarkan pengujian beban ini akan diterbitkan sertifikat. Proof or Test Load Suatu pembebanan (diangkat atau diangker) pada pesawat angkat yang dilakukan oleh pabrik pembuat atau Inspector dengan tujuan pengujian beban. dengan tujuan tidak dirancang untuk mengangkat beban tertentu tapi digunakan untuk operasi pengangkatan pada umum nya. Basic Repetitive Lifting Operation Pengangkatan dan pemindahan beban secara berulang dengan beban yang identik sama dengan menggunakan pesawat angkat yang sama. seperti : memindahkan material dengan cara diangkut ke lokasi baru kemudian material tersebut diangkat dan diturun. Routing Lifting Operation Operasi pengangkatan rutin adalah suatu pengangkatan rutin dilakukan dengan dasar pertimbangan beban yang akan diangkat. di lingkungan mempunyai banyak sumber bahaya.

Statement of Conformity Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh pabrik pembuat untuk menegaskan bahwa telah dilakukan pengujian sendiri sesuai dengan beban kerja aman yang telah ditetapkan. Artinya batas kemampuan setiap item peralatan untuk dapat menanggung beban yang telah ditentukan.Berat beban yang telah ditentukan sesaat sebelum item peralatan mengalamikegagalan salah satunya mengalami patah atau perubahan sedemikian rupa sampai pembebanan tersebut ditiadakan. shackle. sampai pembebanan ditiadakan. tindakan perbaikan yang diperlukan dan Saran-saran yang diberikan oleh pemerintah untuk keselamatan penggunaan selanjutnya jika pesawat angkat tersebut layak untuk digunakan. hook dll. Test Certificate Sertifikat yang dikeluarkan oleh orang yang kompeten memberikan rincian tentang hasil uji yang lakukan pada setiap Lifting Accessories seperti sling. bila melebihi beban tersebut maka item peralatan akan gagal salah satunya patah atau perubahan bentuk. Factor of Safety rasio antara MBL dan SWL. Istilah yang lebih modern adalah koefisien ultilisation. Certificate of Conformity Sertifikat yang diterbitkan orang yang kompeten berdasarkan hasil Inspeksi berkala (sertifikasi)yang memuat detail cacat yang ditemukan (jika ada). DOC Sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh pemasok (supplier) yang mengkonfirmasikan kesesuaian product pada Standard seperti European Machinery Safety Directive (EMSD) Static Load Pengangkatan dilakukan dari dan ke deck di platform/kapal dimana pesawat angkat terpasang di platform. umumnya disebut juga onboard lifts (API Spec 2C) .

L.Dynamic Load Pengangkatan dilakukan dari dan ke kapal supply. Disadur dari Lifting Operations and Equipment Lifting Equipment Regulations (L.O.R) .E. biasanya disebut Offbord lifts (API Spec 2C) Tipping Load Kondisi pesawat angkat pada saat mengangkat beban dimana berat beban seimbang dengan counter balance pesawat angkat.