You are on page 1of 9

PRE PLENING IMPLEMENTASI

PENDIDIKAN KESEHATAN (HEALTH EDUCATION)
TENTANG PENYAKIT KANKER KANDUNG KEMIH
KEPADA KELUARGA Tn. A

A. Latar Belakang
Kanker kandung kemih adalah kanker yang menyerang organ kandung kemih
(vesika urinaria) merupakan suatu kondisi yang di tandai dengan pertumbuhan
abnormal sel kanker atau tumor pada kandung kemih. Kanker kandung kemih
membunuh pria 2 kali lebih banyak dari wanita dan paling sering terjadi pada pasien
yang berusia di atas 50 tahun (American cancer society, 1997; Landis, 1998). Masalah
eliminasi mencolok dan mencakup “iritasi kandung kemih”, disuria,(sering berkemih,
desakan berkemih), stranguria (nyeri saat berkemih), obstruksi ureter atau leher
kandung kemih dan hematuria (adanya darah pada urine).
Dari hasil pengkajian ditemukan data bahwa Tn. A dengan usia 55 tahun dengan
keluhan nyeri di perut bagian bawah sejak 2 bulan yang lalu, susah BAK dan urine
sedikit, dari hasil pemeriksaan fisik di dapatkan hasil TD : 130/80 mmHg, Nadi : 100
x/mnt, Suhu : 36,5 derajat celcius, RR : 20 x/mnt. Hasil pemeriksaan leukosit :
10.000/ui, ureum 50 mg/ui dan kreatinin 1,8 mg/ul. Pada palpasi abdomen terasa
massa.
Berdasarkan data diatas dapat analisa bahwa masalah kesehatan pada Tn. A
adalah gangguan pola eliminasi urine akibat obstruksi saluran kemih yang di sebabkan
oleh kanker kandung kemih yang di deritanya, serta kurang pengetahuan mengenai
penyakit yang di derita, dan faktor-faktor penyebab utamanya, serta pencegahan agar
tidak terjadi penyakit terminal.
B. Tujuan
1

Mengetahui penyebab utama penyakit kanker kandung kemih c. Mengetahui stadium dari kanker kandung kemih e. b. 12 Juni 2014 Tempat : Ruang Melati No. Tujuan umum Setelah di berikan pendidikan kesehatan selama 30 menit. d. A di harapkan a.00 – 09. Strategi Pelaksanaan Hari/Tanggal : Kamis. dapat menyebutkan : Pengertian dari penyakit kanker kandung kemih Faktor penyebab utama penyakit kanker kandung kemih Tanda dan gejala penyakit kanker kandung kemih Stadium penyakit kanker kandung kemih Pemeriksaan pada penyakit kanker kandung kemih Pecegahan pada kanker kandung kemih C. Mengetahui pemeriksaan pada kanker kandug kemih f. pasien diharapkan dapat: a. Rumah Sakit Harapan kita Waktu : 09.30 WIB 2 . Tujuan khusus Setelah dilakukan pendidikan kesehatan kepada keluarga Tn. Mengetahui pencegahan pada kanker kandung kemih 2.1. A E.18. c. f. Metode Pelaksanaan Ceramah dan Tanya jawab D. Mengetahui pengertian tentang penyakit kanker kandung kemih b. Mengetahui tanda dan gejala penyakit kanker kandung kemih d. Sasaran dan Target Sasaran : Keluarga Target : Tn. e.

G. Slide. Setting Tempat Keterangan : A : Penyaji B : Tn. Laptop. Susunan Acara No 1 Tahap Pembukaan Waktu 5 menit 2 Pelaksanaan 25 menit     Kegiatan Mengucapkan salam Menjelaskan tujuan Menjelaskan kontrak waktu Menjelaskan pengertian penyakit kanker kandung kemih  Menjelaskan faktor penyebab utama penyakit kanker kandung kemih  Menjelaskan tanda dan gejala penyakit kanker kandung kemih  Menjelaskan stadium kanker kandung kemih  Menjelaskan pemeriksaan pada kanker kandung kemih  Menjelaskan pencegahan terhadap penyakit 3 Penutup 15 menit kanker kandung kemih  Melakukan evaluasi  Memberikan kesempatan untuk bertanya 3 . A E B D : Observer 1 C E : Observer 2 F : Fasilitator F H. Media Dan Alat Bantu Listrik. Infokus.F. A D A C : Keluarga Tn. Liftlet.

Keluarga dan Tn. Keluarga dan Tn. dan tempat dengan keluarga 2. Menjelaskan kembali apabila masih belum dimengerti oleh pasien  Mengakhiri pelaksaan  Menjelaskan kontrak kembali  Mengucapkan salam penutup I. Evaluasi Struktur a. A dapat menyebutkan pengertian tentang penyakit kanker kandung kemih b. Kontrak waktu. Keluarga dan Tn. A dapat menyebutkan minimal 4 dari 6 stadium kanker kandung kemih e. Pre plening telah disiapkan 3 hari sebelum dilaksanakan penyuluhan b. Keluarga dan Tn. Kriteria Evaluasi 1. Keluarga dan Tn. Keluarga aktif bertanya terhadap hal-hal yang belum diketahui d. Media telah disiapkan 3 hari sebelum dilaksanakan penyuluhan c. A dapat menyebutkan 4 dari 6 faktor penyebab utama penyakit kanker kandung kemih c. Evaluasi Proses a. A dapat menyebutkan minimal 3 dari 4 pencegahan yang dapat dilakukan untuk pencegahan kanker kandung kemih LAMPIRAN MATERI : KANKER KANDUNG KEMIH 4 . Pendidikan kesehatan berjalan lancar 3. Evaluasi Hasil a. Mahasiswa dapat menjelaskan dengan tepat materi yang akan di sampaikan b. A dapat menyebutkan minimal 5 dari 7 tanda dan gejala penyakit kanker kandung kemih d. topik. Keluarga aktif memperhatikan materi yang akan disampaikan c.

2. B. 1998). Bertambahnya usia. Lingkungan kerja. Penyebab kanker kandung kemih Penyebab kanker kandung kemih ini tidak diketahui secara pasti. Landis et al. merupakan faktor utama penyebab kanker kandung kemih 3. terutama infeksi saluran kemih yang di sebabkan oleh infeksi parasit atau yang di sebut juga skistomiasis 5 . Pengertian kanker kandung kemih Kanker kandung kemih adalah kanker yang menyerang organ kandung kemih (vesika urinaria) merupakan suatu kondisi yang di tandai dengan pertumbuhan abnormal sel kanker atau tumor pada kandung kemih. Jika kandung kemih telah penuh maka air kemih (urine) akan dikeluarkan melalui uretra (saluran akhir dari sistem perkemihan). dan industri kulit. Kanker kandung kemih terjadi karena mutasi sel. radiasi dan terkena zat kimia. Merokok. Tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa kanker ini memiliki beberapa faktor resiko : 1. Mutasi ini menyebabkan sel tumbuh dengan tidak terkendalikan dan kemudian hidup ketika sel lainnya mati. Dimana kandung kemih adalah organ yang berfungsi untuk menampung air kemih (urine) yang berasal dari ginjal. Kanker kandung kemih memiliki keterkaitan dengan merokok. 4. Beberapa pekerja memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menderita kanker kandung kemih karena di tempat kerja ditemukan bahanbahan karsinogenik (penyebab kanker). industri bahan kimia.. Misalnya pekerja industri karet. resiko terjadinya kanker kandung kemih meningkat sejalan dengan pertambahan usia.1997.A. Infeksi. Kanker kandung kemih membunuh pria 2 kali lebih banyak dari wanita dan sering ditemukan pada pasienpasien yang berusia di atas 50 tahun (American cancer society. infeksi parasit.

Kekambuhan : setelah dilakukan pengobatan kanker kandung kemih. Stadium III : sel kanker telah menyebar sampai jaringan adipose pada sekitar kandung kemih . pria memiliki resiko 2 kali lebih besar 7. di dalam kandung kemih organisme bagian tepi timbul tumor. C. 6. Pemeriksaan pada kanker kandung kemih 6 . 6. sedangkan resiko terkecil terdapat pada orang Asia. Stadium 0 : Juga dikenal sebagai karsinoma in situ. Sel kanker mungkin telah mempengaruhi sampai ke kelanjar getah bening atau sampai ke organ lain dalam tubuh. Tanda dan gejala kanker kandung kemih Gejalanya bisa berupa : 1. E. Ras. Hematuria (adanya darah dalam urine) 2. Nyeri karena hydronefrosis. 2.5. Riwayat keluarga. Stadium kanker kandung kemih 1. Desakan untuk berkemih 4. Gejala dari kanker kandung kemih menyerupai gejala infeksi kandung kemih (sititis) dan kedua penyakit ini bisa terjadi secara bersamaan. kemungkinan menyebar sampai ke alat kelamin 5. Stadium I : sel kanker telah menyebar ke lapisan dalam dan luar kandung kemih 3. Badan terasa panas dan lemah (Demam) 6. terutama di malam hari dan pada fase selanjutnya sulit untuk berkemih) 5. Nokturia (sering berkemih. Disuria (rasa terbakar atau nyeri ketika berkemih) 3. gejalanya tidak menghilang. Harus dicurigai adanya kanker jika dengan pengobatan standar untuk infeksi. Nyeri pinggang karena tekanan saraf 7. Orang-orang yang keluarganya ada yang menderita kanker kandung kemih memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita kanker kandung kemih. Jenis kelamin. D. orang kulit putih memiliki resiko 2 kali lebih besar. Stadium II : sel kanker telah menyebar ke lapisanan otot dinding kandung kemih 4. Stadium IV : Sel kanker telah menyebar dari kandung kemih sampai ke peritoneum atau ke panggul.

jumlah. 2. 2. 3. Cystoscopy : dapat melihat secara langsung tempat tumbuhnya tumor. tingkat akurasi 80%. 4. lokasi dan tingkat infiltrasi mukosa. F. ukuran. sebab ini penting untuk menjaga kebersihan organ intim. B-Ultrasound dapat menetahui ukuran dari tumor. Pria lebih rentan terkena kanker kandung kemih namun tidak dapat di pungkiri wanita juga dapat mengalaminya. Hindari merokok. infiltrasi dan kedalaman tumor. dari hasil radiografi dari renal pelvis dan saluran kencing dapat diketahui apakah terjadi hidronefrosis dan infiltrasi saluran kemih. Pencegahan penyakit kanker kandung kemih 1. namun untuk menjaga kesehatan di usia yang semakin bertambah sangatlah penting dengan menerapkan gaya hidup sehat. Pemeriksaan kontras ray: dengan melalui pemeriksaan kontras ray dapat mempelajari keseluruhan kondisi dalam kandung kemih. Pertambahan usia di tidak dapat di pungkiri oleh setiap orang. Tidak menutup kemungkinan zat-zat tersebut tertinggal di dalam kandung kemih yang dapat merusak sel-sel bila tertumpuk sehingga hal ini meningkatkan resiko terjadinya kanker kandung kemih. Memperhatikan keamanan kerja di lingkungan pekerjaan terdapat resiko kejadian kanker kandung kemih. peregangan dinding mukosa kandung kemih. 4. 7 . B – Ultrasound : Dengan melalui pengisian kandung kemih.1. ini tidak hanya mengurangi resiko terjadinya kanker namun dapat mencegah terjadinya penyakit lain yang mengancam. hal ini disebabkan oleh rokok mengandung zat kimia berbahaya seperti nikotin yang masuk kedalam aliran darah kemudian mengikuti proses penyaringan darah di ginjal dan melewati kandung kemih sebelum di keluarkan sebagai urine. 3. CT-Scan : Dapat ditemukan di kelenjar getah bening dan tumor membesar. pada saat yang sama juga lakukan tes biopsy. bentuk dan berbagai invasif. salah satu penyebab utama kanker kandung kemih adalah rokok.

Minum air putih sebanyak delapan gelas sehari adalah cara pertama untuk mencegah infeksi saluran kemih. 9. Pemeriksaan ini dilakukan jika terdapat salah satu anggota keluarga mempunyai riwayat kanker. Cara ini dilakukan demi mengurangi jumlah bakteri jahat yang bersarang di bagian organ intim. 8. 7. Jangan menahan ketika ingin berkemih jika memang kandung kemih sudah menampung banyak urine. Bagi para wanita. keringkan kembali sebelum memakai celana dalam. Lakukan pemeriksaan untuk mendeteksi pertumbuhan kanker kandung kemih sejak dini. Jangan malas ganti celana dalam dan kenakan celana yang tidak terlalu ketat dan yang berbahan katun. 10. EGC. sebaiknya jangan terlalu sering memakai beberapa produk miss V. Segera pergi ke kamar mandi demi mencegah timbulnya bakteri. Hindari mengkonsumsi minuman bersoda. Mandi. Rajin mandi dan membersihkan bagian intim. 11. Ketika selesai mencuci bagian intim setelah buang air. DAFTAR PUSTAKA Gallo and Hudak. 6. Pembersihan miss V. sebab air membantu saluran kemih mengeluarkan bakteri yang menyebabkan infeksi. alkohol dan minuman yang mengandung zat kimia lainnya. “Keperawatan Kritis. jika terdapat gejala yang di rasakan mengindikasi pada salah satu gejala gangguan saat berkemih.5. Jakarta 8 . Jangan menahan kencing. karena dapat menganggu fungsi ginjal dan dapat berdampak pula pada kandung kemih jika di konsumsi secara berlebihan. Pendekatan Holistik Volume 2” . Minum air putih. 2010. Kebersihan dan pakaian dalam. Sebab penggunanya mengurangi jumlah bakteri baik yang melindungi miss V.

Jakarta Kemp Charles. Wulan Kencana.Hastuti. 2010. “Klien Sakit Terminal Seri Asuhan Keperawatan Edisi 2” . 2011. Jakarta 9 . “Pengantar Etika Keperawatan” . Prestasi Pustaka. EGC.