You are on page 1of 7

SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP

)
Hari/ Tanggal : Kamis / 28 April 2016
Waktu

: 15 menit

Tempat

: Rumah Warga

Sasaran

:Masyarakat dengan risiko terhadap sanitasi lingkungan yang buruk
berdasarkan data hasil dari pengkajian.

Topik

: PHBS

A. TUJUAN
1. Tujuan Umum
Setelah mengikuti proses penyuluhan ini, diharapkan warga mampu
memahami hal-hal yang berkaitan dengan PHBS.
2. Tujuan Khusus
Setelah mengikuti proses penyuluhan ini, klien diharapkan mampu :
a. Klien dapat Mengetahui pengertian PHBS
b. Klien dapat Mengetahui syarat PHBS dirumah tangga
c. Klien dapat Mengetahui manfaat PHBS bagi rumah tangga
B. SASARAN
Masyarakat dengan risiko terhadap sanitasi lingkungan yang buruk
berdasarkan data hasil dari pengkajian
C. MATERI SECARA GARIS BESAR
1. Pengertian PHBS
2. Syarat PHBS dirumah tangga
3. Manfaat PHBS bagi rumah tangga
D. PELAKSANAAN KEGIATAN
No.
1.

Kegiatan
Pembukaan

Penyuluh
 Memberi salam

klien
 Klien
menjawab
salam

 Perkenalan

diri
 Mendengarkan

dan institusi
 Mengajukan

pertanyaan seputar  Menjawab
pengetahuan yang
dimiliki

tentang
1

pertanyaan

Waktu
2 menit

Penutup manfaat PHBS dirumah tangga dan masyarakat  Mempersilahkan klien untuk  Mendengarkan  Mengajukan pertanyaan bertanya tentang pengertian. METODE 1. MEDIA DAN ALAT 1. Tanya Jawab G. Leaflet F. Isi PHBS  Menjelaskan  Mendengarkan 8 menit pengertian PHBS  Menjelaskan syarat  Mendengarkan PHBS dirumah tangga  Menjelaskan 3. Ceramah 2. Setting Tempat Penyaji 2 5 menit . syarat rrumah tangga sehat dan manfaat PHBS  Menjawab pertanyaan  Memberikan reward (aplaus dan  Tersenyum pujian)  Membuat kesimpulan  menyampaikan  Memperhatikan salam penutup dan mendengarkan  Menjawab salam E.2.

2. Rumah yang memiliki fentilasi yang memadai g. Evaluasi Mengevaluasi pertanyaan dengan memberikan penyuluhan dengan memberikan pertanyaan tentang 1. Tidak merokok di dalam rumah 3. Tidak membakar sampah di perkarangan rumah j.klie n H. Menggunakan jamban/wc e. Apa pengertian PHBS ? PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran. mengalir. Setiap anggota keluarga menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit. sehingga keluarga beserta semua yang ada di dalamnya dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatankegiatan kesehatan di masyarakat. Lantai rumah tidak terbuat dari tanah h. Sumber air yang diminum Menggunakan air bersih c. Jarak septictank dengan sumber Air lebih kurang 10 meter b. 3 . Mencuci tangan dengan air bersih. b. Membuang sampah pada tempatnya i. dan sabun d. sehingga kualitas generasi penerus lebih bermutu. Memberantas jentik nyamuk di rumah f. Sebutkan manfaat PHBS dirumah tangga dan masyarakat ? Manfaat Bagi Rumah Tangga a. Anak-anak akan tumbuh sehat dan cerdas. Sebutkan syarat PHBS dirumah tangga ? Syarat rumah tangga sehat yaitu : a. Makan makanan bergizi seperti Makan sayur dan buah setiap hari k.

pendidikan dan modal usaha untuk menambah pendapatan keluarga. Keluarga mampu memenuhi kebutuhan gizi keluarganya Manfaat Bagi masyarakat a. masyarakat mampu mencegah dan menanggulangi masalah-masalah kesehatan disekitarnya c. 4 . Anggota keluarga lebih giat bekerja. e. d. berarti produktifitas kerja bisa ditingkatkan. Pengeluaran biaya rumah tangga dapat ditujukan untuk memenuhi gizi keluarga. masyarakat bisa memanfaatkan pelayanan kesehatan yang ada.c. masyarakat mampu mengupayakan lingkungan sehat secara mandiri dan menyeluruh b.

Syarat Rumah Tangga Sehat PHBS di Rumah Tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu. serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat. melindungi diri dari ancaman penyakit serta berperan aktif. keluarga. sikap dan tindakan yang proaktif untuk memelihara dan mencegah risiko terjadinya penyakit. memelihara dan meningkatkan kesehatannya. dengan membuka jalur komunikasi. dalam tatanan rumah tangga maka dapat menerapkan cara-cara hidup sehat dalam rangka menjaga. B. mau dan mampu mempraktikkan hidup bersih dan sehat. sikap dan perilaku melalui pendekatan pimpinan ( advocacy ). bina suasana ( sosial suport ) dan pemberdayaan masyarakat ( empowerment ) sebagai suatu upaya untuk membantu masyarakat mengenali dan mengetahui masalahnya sendiri. Program PHBS adalah upaya untuk memberikan pengalaman belajar dan dapat menciptakan suatu kondisi bagi perorangan. Pengertian PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran. dan sabun 5 . memberikan informasi dan melakukan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan. Mencuci tangan dengan air bersih. Jarak septictank dengan sumber Air lebih kurang 10 meter 2. mengalir. kelompok dan masyarakat.MATERI PHBS A. Syarat rumah tangga sehat yaitu : 1. Perilaku sehat adalah pengetahuan. Sumber air yang diminum Menggunakan air bersih 3. sehingga keluarga beserta semua yang ada di dalamnya dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.

2. masyarakat mampu mencegah dan menanggulangi masalah-masalah kesehatan disekitarnya 3. Anak-anak akan tumbuh sehat dan cerdas. Rumah yang memiliki fentilasi yang memadai 7. Lantai rumah tidak terbuat dari tanah 8. sehingga kualitas generasi penerus lebih bermutu. Tidak membakar sampah di perkarangan rumah 10. D. 4. masyarakat mampu mengupayakan lingkungan sehat secara mandiri dan menyeluruh 2. Manfaat Bagi Rumah Tangga 1.4. pendidikan dan modal usaha untuk menambah pendapatan keluarga. Anggota keluarga lebih giat bekerja. Menggunakan jamban/wc 5. Tidak merokok di dalam rumah C. Memberantas jentik nyamuk di rumah 6. Pengeluaran biaya rumah tangga dapat ditujukan untuk memenuhi gizi keluarga. masyarakat bisa memanfaatkan pelayanan kesehatan yang ada. Manfaat Bagi masyarakat 1. ambulans desa dan lain-lain. 4. berarti produktifitas kerja bisa ditingkatkan. 6 . Setiap anggota keluarga menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit. 3. Makan makanan bergizi seperti Makan sayur dan buah setiap hari 11. Membuang sampah pada tempatnya 9. masyarakat mampu mengembangan Upaya Kesehatan Bersumber masyarakat (UKBM) seperti posyandu. tabungan ibu bersalin. arisan jamban.

2001. Ngastiyah. Keperawatan Medikal Bedah Volume 3. Suzanne C. Jakarta : EGC Suriadi & Yuliani. 2002. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta 7 . Media Aesculaapius FKUI:Jakarta. Volume 2. Jakarta:EGC. 2000. Arif.DAFTAR PUSTAKA Brunner & Suddarth. Perawatan anak Sakit. Smeltzer. Kapita Selekta Kedokteran. PT Fajar Interpratama. 1997. 2001 Asuhan Keperawatan Pada Anak. EGC : Jakarta Mansjoer. R.