You are on page 1of 26

[Rancangan Rencana Kerja, Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021

]

RANCANGAN
RENCANA KERJA KWARCAB PRAMUKA TRENGGALEK
TAHUN 2017-2021
Hotel Hayam Wuruk, 26 Maret 2016

[Rancangan Rencana Kerja, Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021]

(RANCANGAN)
RENCANA KERJA 2017—2021
GERAKAN PRAMUKA KWARTIR CABANG TRENGGALEK
A. Pendahuluan
Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Trenggalek berjalan sesuai
dengan mekanisme dan tahapan organisasi kwartir yang
bertanggung jawab kepada musyawarah lima tahunan. Dalam
pelaksanaannya, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Trenggalek
menggunakan rencana kerja sebagai pedoman pelaksanaan secara
rutin. Pada tahun 2016, masa bakti 2011-2016 memasuki masa
akhir bagi Kwarcab Trenggalek sehingga untuk memasuki masa
bakti berikutnya, 2017—2021 diperlukan Rencana Kerja yang baru
sebagai kelanjutan pencapaian tujuan Gerakan Pramuka di
Trenggalek.
Di tingkat Nasional, Gerakan Pramuka mempunyai Rencana
Strategis 2014—2034 yang di dalamnya terdapat arah dan
kebijakan per-lima-tahun. Rencana Strategis tersebut berfungsi
sebagai pedoman bagi penerapan pendidikan kepramukaan di
seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Kwartir Cabang Trenggalek,
oleh karena itu, Rencana Kerja 2017—2021 Kwartir Cabang
Trenggalek disusun dan dikembangkan berdasarkan Rencana
Strategis Gerakan Pramuka yang dikeluarkan oleh Kwartir Nasional.
Keberhasilan
pelaksanaan
pendidikan
kepramukaan
di
Trenggalek pada masa bakti yang lalu, 2011—2016, tentunya
merupakan catatan yang membanggakan dan menggembirakan
semua pihak. Capaian kinerja di bidang pembinaan anggota muda,
pemaksimalan perang anggota dewasa, penataan kwartir sebagai
organisasi yang efisien, dan keterlibatan Gerakan Pramuka kepada
masyarakat dapat dikatakan sebagai capaian yang positif dan
maksimal. Keberhasilan melalui capaian tersebut tentunya sangat
menunjang bagi masukan untuk mengembangkan Rencana Kerja
pada masa bakti berikutnya.
Namun, di sisi lain, problematika yang muncul akibat
perkembangan zaman, perubahan kurikulum secara nasional,
pengelolaan internal yang masih dirasakan kurang, dan
kemanfaatan Gerakan Pramuka bagi masyarakat perlu dianalisis
dan dirumuskan dengan jelas. Problematika yang muncul itu pada
akhirnya bukan menjadi hambatan tetapi menjadi penyempurna
bagi Rencana Kerja yang akan disusun berikutnya. Problematika
adalah pemotivasi dan masukan bagi inovasi pendidikan
kepramukaan di Trenggalek.

dan meningkatkan keterampilan menjadi penting peranannya. dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara. 2) Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. Sesuai dengan tema Muscab Trenggalek 2016 ―Kembali ke Gudep. B. b. Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021] Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan nonformal yang tujuan utamanya adalah membentuk kaum muda yang berakhlak mulia. terpadu. dan mampu dijadikan pedoman bagi semua pihak yang berkepentingan dalam pembagunan pendidikan kepramukaan di Trenggalek. Pendidikan kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia. termasuk dalam menyelesaikan masalah kaum muda. menanamkan semangat kebangsaan. Landasan Idiil Pancasila. tepat. 3) Renstra Gerakan Pramuka 2014-2034 4) Rencana Kerja Kwarcab Pramuka Trenggalek 2016-2016 C. antara lain adalah : a. Landasan Operasional Meliputi seluruh peraturan yang berkaitan langsung dengan pembentukan arah kebijakan Gerakan Pramuka. c. peraturan perundang-undangan yang digunakan sebagai landasan. dan berkelanjutan selama kurun waktu 5 (lima) tahun yaitu 2016-2021. Landasan Konstitusional Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Dasar Dalam penyusunan Arah Kebijakan Gerakan Pramuka ini. Rencana Kerja ini disusun untuk lebih mengutamakan Gudep sebagai ujungtombak pembinaan anggota Gerakan Pramuka. . Gerakan Pramuka sudah seharusnya memunyai Rencana Kerja yang tersistem. Agar lebih berkontribusi bagi pembangunan bangsa. Maksud dan Tujuan Maksud penyusunan Rencana Kerja 2016-2021 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Trenggalek adalah sebagai acuan Gerakan Pramuka di Trenggalek dalam pengembangan pendidikan kepramukaan secara menyeluruh. yaitu : 1) Undang–Undang RI Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.[Rancangan Rencana Kerja.

Memberikan pedoman dalam perencanaan dan pengembangan pendidikan kepramukaan di Trenggaleksecara terukur. Memberikan pedoman penyusunan Rencana Kerja Gerakan Pramuka di Trenggalek dalam kurun waktu 5 (lima) tahun. . konsisten. melembaga dan berkelanjutan dalam setiap program kerja tahunan. Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021] Tujuan penyusunan Rencana Kerja 2017—2021 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Trenggalek. c.[Rancangan Rencana Kerja. b. Memberikan arah kebijakan pelaksanaan pengembangan Gerakan Pramuka di Trenggaleksecara bertahap dan berkelanjutan. terintegrasi. yaitu: a.

Menerapkan manajemen organisasi kepramukaan yang terintegrasi. Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021] D. . Misi. Tujuan Pengembangan Gerakan Pramuka Tujuan pengembangan Gerakan Pramuka: a. yaitu: ‖”Gerakan Pramuka Menjadi Lembaga Pendidikan Utama bagi Pembentukan Karakter Kaum Muda”‖. Arah Kebijakan Gerakan Pramuka Kwartir Nasional Periode 2014—2019 Pada periode 2014—2019 arah kebijakan Gerakan Pramuka di tingkat nasional difokuskan pada: 1) Penataan sistem manajemen dan kelembagaan kwartir. b. kaum muda dibentuk menjadi pramuka yang memiliki kepribadian yang beriman. 2. E. bertakwa. berkecakapan hidup. kepribadian. menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa. disiplin. berahlak mulia. Menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk aktif mendukung Gerakan Pramuka. dan budi pekerti luhur serta memberikan pembekalan kecakapan hidup agar menjadi kader pembangunan yang handal guna menghadapi tantangan persaingan global dengan berlandaskan sistem nilai Satya dan Darma Pramuka. sehat jasmani dan rohani untuk diciptakan sebagai pemimpin yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur dalam upaya pembangunan bangsa dan negara. 3. Visi. dan Tujuan Gerakan Pramuka Kwartir Nasional Tahun 2034 1. taat hukum. Visi Dalam upaya Penyusunan Arah Kebijakan Gerakan Pramuka Indonesia Tahun 2014 – 2034 ditetapkan Visi Gerakan Pramuka. mengedepankan pendidikan watak. Berdasarkan tujuan pengembangan Gerakan Pramuka.[Rancangan Rencana Kerja. berjiwa patriotik. Misi Misi Gerakan Pramuka secara nasional adalah mempersiapkan kaum muda untuk menjadi pemimpin yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur sebagai generasi penerus bangsa yang menjadi penentu arah kebijakan pembangunan nasional.

Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola organisasi. pengendalian dan pelaporan program kwartir. b. Melengkapi sarana dan prasarana gugus depan c. c. Dengan demikian. Membangun sistem administrasi kwartir yang terintegrasi. Keberhasilan Gerakan Pramuka di Trenggalek 2011—2016 1. pelaksanaan. Mendorong pemerintah agar memasukkan gugus depan dalam penilaian akreditasi sekolah e. perumusan kebijakan. Menyediakan pembina yang handal b. Melibatkan orang tua dan masyarakat dalam mendukung pendidikan kepramukaan g. d. Memperkuat kelembagaan dan organisasi kwartir. sekolah dan masyarakat serta pemerintah dalam penyelenggaraan kepramukaan. Menggalang dana untuk kebutuhan gugus depan d. 2) Revitalisasi Gugus Depan Revitalisasi gugus depan bertujuan untuk menjadikan gugus depan sebagai wadah kegiatan yang menarik bagi kaum muda dan meningkatkan peran serta orang tua. Mendorong sekolah agar memasukkan kepramukaan sebagai salah satu penilaian kinerja guru serta memberikan nilai tambah kepada peserta didik yang mengikuti kepramukaan f. Revitalisasi gugus depan ditempuh melalui strategi antara lain: a. e. Memenuhi sarana dan prasarana kwartir sesuai standar. Menyelenggarakan kegiatan lainnya guna menjadikan kepramukaan sebagai kegiatan yang menarik bagi kaum muda Penataan manajemen dan kelembagaan Kwartir serta revitalisasi gugus depan merupakan bentuk penguatan organisasi guna menciptakan organisasi yang kokoh dalam menghadapi tantangan persaingan global.[Rancangan Rencana Kerja. F. pengorganisasian. Ketercapaian Program . akan diperoleh sistem manajemen dan postur kwartir yang berfungsi secara optimal sebagai ujung tombak dari perencanaan. serta fungsi koordinasi Gerakan Pramuka. Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021] Penataan sistem manajemen dan kelembagaan kwartir bertujuan agar kwartir menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan ketentuan. Penataan sistem manajemen dan kelembagaan kwartir ditempuh melalui strategi sebagai berikut: a. Menyusun dan mengembangkan prosedur dan standar perencanaan.

hasil dari kegiatan itu adalah semakin menggeliatnya pendidikan kepramukaan sampai ke gugus depan yang berpangkalan di SD yang sebelumnya belum pernah mengikuti kegiatan apapun. Bahkan. 2. Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021] Program yang dijalankan selama lima tahun dari 2011 . EJSC dikembangkan lebih luas menjadi kegiatan di tingkat Nasional. organisasi Gugusdepan. penggalang ramu dari 14 Kwarran di Trenggalek. Program tersebut mendapatkan sambutan yang baik dari para Pramuka di Trenggalek. Kebermaknaan bagi Masyarakat Masyarakat di Trenggalek mulai merasakan kembali manfaat pendidikan kepramukaan bagi anak-anak mereka. yang sementara untuk enam kwarda (Jawa dan Bali) dengan dama ISC (Indonesia Scout Chalenge). Kegiatan EJSC tersebut juga disebarluaskan secara masif melalui koran Jawa Pos sehingga informasi menyebar ke banyak kalangan.2016 sesuai dengan rencana kerja yang diputuskan melalui Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Trenggalek. tiap tahun. Gerakan Pramuka mulai bangkit dengan segala warna kegiatan di tiap-tiap pangkalan. dilaksanakan sesuai dengan perencanaan. Makna yang diperoleh dari perjalanan lima tahun ini adalah makna fungsional. Bahkan. Kebermaknaan bagi Organisasi Program yang telah dijalankan seperti di atas. Media sosial setiap hari dipenuhi oleh informasi . Makna fungsional ditandai oleh berjalannya koordinasi antara Kwarran dan Kwarcab Trenggalek 3. Kegiatan tersebut adalah EJSC 2015 yang pelaksanaannya di pelopori oleh Kwarda Jatim.[Rancangan Rencana Kerja. Banyak Gugusdepan yang sebelumnya mati suri. sebagai lembaga ujung tombak pendidikan kepramukaan turut memberikan warna setelah kegiatan EJSC 2015 digulirkan. program kerja dikembangkan melalui Rapat Kerja Kwarcab Trenggalek. peran. saat ini hidup kembali setelah munculnya kegiatan EJSC yang menyentuh mekanisme Gugusdepan dalam pelaksanaaanya. terdapat kegiatan tambahan berupa kemah yang diperuntukkan bagi penggalang ramu karena selama ini belum ada kegiatan yang mewadahi pramuka penggalang ramu tersebut. dan sistem. Di samping itu. memberikan makna bagi perkembangan organisasi Gerakan Pramuka Kwarda Trenggalek.

dan gugusdepan serta melibatkan peran masyarakat. berkesempatan mengikuti kegiatankegiatan siaga di semua jenjang organisasi (gudep—cabang). Diharapkan dari program ini. kwarran. pramuka siaga Trenggalek mendapat standar pembinaan yang bermutu. serta mendorong peran kwarran atau lembaga swasta/pemerintah untuk mewujudkan perindukan siaga di gugusdepan teritorial/berbasis masyarakat. Program-program prioritas tersebut adalah: 1. dan Pandega (D) a. Masyarakat mulai melibatkan diri dalam membantu kegiatan kepramukaan. Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021] kegiatan yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka. inovatif. Rencana Kerja Gerakan Pramuka Trenggalek 2017—2021 Sejalan dengan tema Muscab Trenggalek 2016 ―Kembali ke Gudep‖. Program meningkatkan kualitas Siaga sesuai dengan jenjangnya melalui pendidikan dan kegiatan tersistem. kwarcab. dapat memberi manfaat dan pengalaman yang cukup berarti dalam menempuh pendidikan formalnya dan berkehidupan di lingkungan/masyarakat. KwarcabKwarran lebih berkonsentrasi pada perindukan siaga di gugusdepan pangkalan SD. Penegak (T). Penggalang (G). Penyelenggaraan kegiatan-kegiatan pramuka siaga melibatkan lebih dari satu perindukan dan lebih dari gugusdepan mulai tingkat ranting—daerah. Penguatan Peran Siaga (S). modern. Dengan meningkatnya mutu dan kualitas pramuka siaga. dan mendapatkan pengelolaan pembinaan dari organisasi yang mempunyai manajemen yang handal dan akuntabel. Program ini bertujuan agar semua pramuka siaga Trenggalek memiliki kesempatan pembinaan dan berkegiatan pramuka siaga sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Rencana Kerja Gerakan Pramuka Trenggalek 2017—2021 disusun program prioritas Kwarcab Trenggalek untuk mengoptimalkan peran Gugusdepan sebagai proses pembinaan anggota Gerakan Pramuka. G. Pemerataan dan perluasan akses akan diupayakan bersama-sama oleh kwarda. dan intensif. baik dikoordinir oleh gugusdepan maupun kwartir yang satu yang akan .[Rancangan Rencana Kerja.

yang melibatkan peran aktif kwartir. Upaya untuk itu dikembangkan melalui perindukan siaga percontohan sebagai model pembinaan perindukan siaga di Trenggalek. dan standar sikap/perilaku. Usaha peningkatan mutu juga dilaksanakan melalui peningkatan kompetensi pembina perindukan siaga melalui . sehingga setiap pramuka siaga memiliki kesempatan yang sama untuk berkegiatan. tingkat ranting/kecamatan. Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021] diintensifkan. Pencapaian syarat kecakapan umum dan syarat kecakapan khusus dengan menitikberatkan pada kualitas dan semangat pemberian kesempatan yang sama sehingga meningkatkan pencapaian pramuka siaga garuda di Trenggalek. sampai tingkat daerah secara berkesinambungan setiap tahun. Peningkatan mutu pramuka siaga Trenggalekdilakukan dengan mengembangkan dan menetapkan Standar Pembinaan Pramuka Siaga Trenggalek dengan menggunakan standar minimal yang telah ditentukan oleh kwarnas yang meliputi standar pengetahuan. tingkat cabang. di tingkat cabang.  Pengelenggaraan kegiatan prestasi/ kompetisi pramuka siaga (seperti lomba tingkat) mulai tingkat gugusdepan. standar pengalaman.[Rancangan Rencana Kerja. Pemodelan perindukan siaga direncanakan dan dilaksanakan bersama antara Kwarcab Trenggalekdan kwarcab se-Jatim dan melibatkan peran aktif gugusdepan. perencanaan-kegiatan-evaluasi (siklus program) perindukan siaga. tingkat ranting/kecamatan.  Pemantauan (monitoring) dan evaluasi pembinaan serta pencapaian syarat kecakapan (SKU. Penyelenggaraan kegiatan akbar siaga tingkat daerah dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun. Termasuk kegiatan prestasi atau kompetisi pramuka siaga mulai gudep—cabang akan dilaksanakan secara berkesinambungan. SPG) di perindukan siaga secara terencana dan terarah mulai tingkat daerah sampai gugusdepan. penerapan metode kepramukaan serta penghayatan prinsip kepramukaan di perindukan siaga. Pemodelan ini meliputi peran majelis pembimbing. SKK. Pelaksanaan kegiatan program siaga dengan kebijakan pokok ini diantaranya adalah:  Penyelenggaraan kegiatan-kegiatan pramuka siaga di tingkat gugusdepan. standar ketrampilan. kompetensi pembina. dan di tingkat daerah.

Program ini bertujuan agar semua pramuka penggalang Trenggalek memiliki kesempatan pembinaan dan berkegiatan pramuka penggalang sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Penyediaan data dan sistem informasi (pembina kwartir) merupakan faktor pendukung untuk membangun persepsi.  Peningkatan kompetensi pembina perindukan siaga. akuntabilitas. pramuka penggalang Trenggalek mendapat .[Rancangan Rencana Kerja.  Pengembangan perindukan siaga percontohan.  Pemetaan dan perencanaan perindukan percontohan. Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021] sistem pembinaan berkala dan berkesinambungan mulai tingkat daerah—cabang. Untuk itu perlu dilakukan kegiatan advokasi. b. inovatif. Diharapkan dari program ini. Program meningkatkan kualitas Penggalang sesuai dengan jenjangnya melalui pendidikan dan kegiatan tersistem. modern. aplikasi metode kepramukaan. Pelaksanaan program siaga dengan kebijakan pokok ini diantaranya adalah:  Pengembangan dan penetapan standar pramuka siaga Trenggalek.  Peningkatan penerapan prinsip dasar kepramukaan. baik secara langsung ataupun melalui forum pertemuan seperti karangpamitran. sosialisasi/pemasyarakatan peran dan fungsi majelis pembimbing gugusdepan dalam pembinaan pramuka siaga di perindukan oleh pembina. dan citra pramuka pada program ini diarahkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan orangtua dalam pembinaan perindukan siaga. dan intensif. Peningkatan manajemen. dan pelaksanaan siklus program pada perindukan siaga. serta ketersediaan data yang akurat bagi kwartir cabang. pencitraan yang positif. Pelaksanaan kegiatan program siaga dengan kebijakan pokok ini diantaranya adalah:  Kesadaran revitalisasi pramuka siaga bagi majelis pembimbing  Sistem informasi pembinaan siaga (Pembina KwarranKwarcab)  Pemberian tanda penghargaan Gerakan Pramuka kepada anggota muda untuk lebih memotivasi.

tingkat cabang. di tingkat cabang. kwarran. Dengan meningkatnya mutu dan kualitas pramuka penggalang.  Pengelenggaraan kegiatan prestasi/kompetisi pramuka penggalang (lomba tingkat) mulai tingkat gugusdepan. tingkat ranting/kecamatan. Penyelenggaraan kegiatan-kegiatan pramuka penggalang yang melibatkan lebih dari satu pasukan dan lebih dari satu gugusdepan mulai tingkat Ranting—Cabang. berkesempatan mengikuti kegiatan-kegiatan penggalang di semua jenjang organisasi (gudep —cabang). baik yang dikoordinir oleh gugusdepan maupun kwartir akan diintensifkan.[Rancangan Rencana Kerja. Pelaksanaan kegiatan program penggalang dengan kebijakan pokok ini diantaranya adalah:  Penyelenggaraan kegiatan-kegiatan penggalang di tingkat gugusdepan. Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021] standar pembinaan yang bermutu. Penyelenggaraan Jambore Cabang dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun. dapat memberi manfaat dan pengalaman yang cukup berarti dalam menempuh pendidikan formalnya dan berkehidupan di lingkungan/masyarakat. dan di tingkat daerah. Pemerataan dan perluasan akses akan diupayakan bersama-sama oleh kwarcab.  Pemantauan (monitoring) dan evaluasi pembinaan serta pencapaian syarat kecakapan (SKU. dan gugusdepan serta melibatkan peran masyarakat. . serta mendorong peran kwarran atau lembaga swasta/pemerintah untuk mewujudkan pasukan penggalang di gugusdepan teritorial. tingkatranting/kecamatan. Kwarcab-Kwarran lebih berkonsentrasi pada pasukan penggalang di gugusdepan pangkalan SD/SMP. Pencapaian syarat kecakapan umum dan syarat kecakapan khusus dengan menitik beratkan pada kualitas dan semangat pemberian kesempatan yang sama sehingga meningkatkan pencapaian pramuka penggalang garuda di Trenggalek. SPG) di pasukan penggalang secara terencana dan terarah mulai tinngkat daerah sampai gugusdepan. sehingga setiap pramuka penggalang memiliki kesempatan yang sama untuk berkegiatan. Termasuk kegiatan prestasi atau kompetisi pramuka penggalang mulai gudep—cabang akan dilaksanakan secara berkesinambungan. sampai tingkat daerah secara berkesinambungan setiap tahun. SKK. dan mendapatkan pengelolaan pembinaan dari organisasi yang mempunyai manajemen yang handal dan akuntabel.

Untuk itu perlu dilakukan kegiatan advokasi. dan citra pramuka pada program ini diarahkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan orangtua dalam pembinaan pasukan penggalang. perencanaan-kegiatan-evaluasi (siklus program) pasukan penggalang. Peningkatan manajemen. Pemodelan pasukan penggalang direncanakan dan dilaksanakan bersama antara Kwarcab Trenggalek dan Kwarran se-Trenggalek dan melibatkan peran aktif gugusdepan.  Peningkatan kompetensi pembina pasukan penggalang. Usaha peningkatan mutu juga dilaksanakan melalui peningkatan kompetensi pembina pasukan penggalang melalui sistem pembinaan berkala dan berkesinambungan mulai tingkat cabang-gudep. penerapan metode kepramukaan serta penghayatan prinsip kepramukaan di pasukan penggalang. baik secara langsung ataupun melalui forum pertemuan seperti karangpamitran. yang melibatkan peran aktif kwartir. aplikasi metode  kepramukaan. standar pengalaman. Pemodelan ini meliputi peran majelis pembimbing. akuntabilitas. Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021] Peningkatan mutu pramuka penggalang Trenggalekdilakukan dengan mengembangkan dan menetapkan Standar Pembinaan Pramuka Penggalang Trenggalek dengan menggunakan standar minimal yang telah ditentukan oleh kwarnas yang meliputi standar pengetahuan. kompetensi pembina.  Pemetaan dan perencanaan pasukan percontohan.  Peningkatan penerapan prinsip dasar kepramukaan. Upaya untuk itu dikembangkan melalui pasukan penggalang percontohan sebagai model pembinaan pasukan penggalang di Trenggalek.[Rancangan Rencana Kerja. dan standar sikap/perilaku.  Pengembangan pasukan penggalang percontohan. standar ketrampilan. . Pelaksanaan kegiatan program penggalang dengan kebijakan pokok ini diantaranya adalah:  Pengembangan dan penetapan standar pramuka penggalang Trenggalek. dan pelaksanaan siklus program pada pasukan penggalang. sosialisasi/pemasyarakatan peran dan fungsi majelis pembimbing gugusdepan dalam pembinaan pramuka penggalang di pasukan oleh pembina.

c.[Rancangan Rencana Kerja. berkesempatan mengikuti kegiatankegiatan penegak di semua jenjang organisasi (gudep—cabang). Dengan meningkatnya mutu dan kualitas pramuka penegak. Kwarda dan kwarcab lebih berkonsentrasi pada ambalan penegak di gugusdepan pangkalan SMA. dan mendapatkan pengelolaan pembinaan dari organisasi yang mempunyai manajemen yang handal dan akuntabel. Program meningkatkan kualitas Penegak sesuai dengan jenjangnya melalui pendidikan dan kegiatan tersistem. dan intensif. Pemerataan dan perluasan akses akan diupayakan bersama-sama oleh kwarcab. Diharapkan dari program ini. modern. Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021] Penyediaan data dan sistem informasi (pembina → kwartir) merupakan faktor pendukung untuk membangun persepsi. Program ini bertujuan agar semua pramuka penegak Trenggalekmemiliki kesempatan pembinaan dan berkegiatan pramuka penegak sesuai dengan potensi yang dimilikinya. baik yang dikoordinir oleh gugusdepan maupun kwartir akan diintensifkan. dan gugusdepan serta melibatkan peran masyarakat. kwarran. Pelaksanaan kegiatan program penggalang dengan kebijakan pokok ini diantaranya adalah:  Kesadaran revitalisasi pramuka penggalang bagi majelis pembimbing  Sistem informasi pembinaan penggalang pembina→kwarcab →Kwarda)  Pemberian tanda penghargaan Gerakan Pramuka kepada anggota muda untuk lebih memotivasi. pencitraan yang positif. sehingga setiap . Penyelenggaraan kegiatan-kegiatan pramuka penegak yang melibatkan lebih dari satu ambalan dan lebih dari satu gugusdepan mulai tingkat ranting—cabang. serta ketersediaan data yang akurat bagi kwartir cabang. serta mendorong peran kwarran atau lembaga swasta/pemerintah untuk mewujudkan ambalan penegak di gugusdepan teritorial. pramuka penegak Trenggalek mendapat standar pembinaan yang bermutu. inovatif. dapat memberi manfaat dan pengalaman yang cukup berarti dalam menempuh pendidikan formalnya dan berkehidupan di lingkungan/masyarakat.

di tingkat cabang. Upaya untuk itu dikembangkan melalui ambalan penegak percontohan sebagai model pembinaan ambalan penegak di Trenggalek. Pelaksanaan kegiatan program penegak dengan kebijakan pokok ini diantaranya adalah:  Penyelenggaraan kegiatan-kegiatan penegak di tingkat gugusdepan.  Pemantauan (monitoring) dan evaluasi pembinaan serta pencapaian syarat kecakapan (SKU. Termasuk kegiatan prestasi atau kompetisi pramuka penegak mulai gudep—cabang akan dilaksanakan secara berkesinambungan. tingkat ranting/kecamatan. perencanaan-kegiatan-evaluasi (siklus program) ambalan penegak. SPG) di ambalan penegak secara terencana dan terarah mulai tingkat daerah sampai gugusdepan. Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021] pramuka penegak memiliki kesempatan yang sama untuk berkegiatan. yang melibatkan peran aktif kwartir.[Rancangan Rencana Kerja. dan standar sikap/perilaku.  Pengelenggaraan kegiatan prestasi/kompetisi pramuka penegak (seperti lomba tingkat) mulai tingkat gugusdepan. tingkat cabang. Pemodelan ambalan penegak direncanakan dan dilaksanakan bersama antara Kwarran dengan Kwarcab dan melibatkan peran aktif gugusdepan. standar ketrampilan. kompetensi pembina. dan di tingkat daerah. Peningkatan mutu pramuka penegak Trenggalek dilakukan dengan mengembangkan dan menetapkan Standar Pembinaan Pramuka Penegak Trenggalek dengan menggunakan standar minimal yang telah ditentukan oleh kwarnas yang meliputi standar pengetahuan. secara berkesinambungan setiap tahun. tingkat ranting/kecamatan. Penyelenggaraan Raimuna dan Perkemahan Wirakarya tingkat Cabang dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun. . SKK. penerapan metode kepramukaan serta penghayatan prinsip kepramukaan di ambalan penegak. Pemodelan ini meliputi peran majelis pembimbing. Pencapaian syarat kecakapan umum dan syarat kecakapan khusus dengan menitikberatkan pada kualitas dan semangat pemberian kesempatan yang sama sehingga meningkatkan pencapaian pramuka penegak garuda di Trenggalek. standar pengalaman.

baik secara langsung ataupun melalui forum pertemuan seperti karang pamitran. modern. Program ini bertujuan agar semua pramuka pandega Trenggalek memiliki kesempatan pembinaan dan berkegiatan pramuka pandega sesuai dengan potensi yang dimilikinya.[Rancangan Rencana Kerja.  Pemetaan dan perencanaan ambalan percontohan. Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021] Usaha peningkatan mutu juga dilaksanakan melalui peningkatan kompetensi pembina ambalan penegak melalui sistem pembinaan berkala dan berkesinambungan mulai tingkat cabang—ranting. Pelaksanaan kegiatan program penegak dengan kebijakan pokok ini diantaranya adalah: a. Peningkatan manajemen. inovatif. sosialisasi/pemasyarakatan peran dan fungsi majelis pembimbing gugusdepan dalam pembinaan pramuka penegak di ambalan oleh pembina.  Pengembangan ambalan penegak percontohan. dan citra pramuka pada program ini diarahkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan orangtua dalam pembinaan ambalan penegak.  Peningkatan penerapan prinsip dasar kepramukaan. Pelaksanaan kegiatan program penegak dengan kebijakan pokok ini diantaranya adalah:  Pengembangan dan penetapan standar pramuka penegak Trenggalek. aplikasi metode kepramukaan. Diharapkan dari . Kesadaran revitalisasi pramuka penegak bagi majelis pembimbing b. serta ketersediaan data yang akurat bagi kwartir cabang. Penyediaan data dan sistem informasi (pembina kwartir) merupakan faktor pendukung untuk membangun persepsi. Pemberian tanda penghargaan Gerakan Pramuka kepada anggota muda untuk lebih memotivasi. Untuk itu perlu dilakukan kegiatan advokasi.  Peningkatan kompetensi pembina ambalan penegak. Program meningkatkan kualitas Pandega melalui pendidikan dan kegiatan tersistem. dan intensif. pencitraan yang positif. Sistem informasi pembinaan penegak (pembina→Kwarran→Kwarcab) c. akuntabilitas. d. dan pelaksanaan siklus program pada ambalan penegak.

pramuka pandega Trenggalek mendapat standar pembinaan dan kegiatan yang bermutu. SPG) di racana pandega . dan di tingkat daerah. Pencapaian syarat kecakapan umum dan syarat kecakapan khusus dengan menitikberatkan pada kualitas dan semangat pemberian kesempatan yang sama sehingga meningkatkan pencapaian pramuka pandega garuda di Trenggalek. baik yang dikoordinir oleh gugusdepan maupun kwartir akan diintensifkan. Penyelenggaraan kegiatan-kegiatan pramuka pandega yang melibatkan lebih dari satu racana dan lebih dari satu gugusdepan mulai tingkat cabang—daerah. Dengan meningkatnya mutu dan kualitas pramuka pandega. berkesempatan mengikuti kegiatan-kegiatan pandega di semua jenjang organisasi (gudep— cabang). SKK. Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021] program ini. dan mendapatkan pengelolaan pembinaan dari organisasi yang mempunyai manajemen yang handal dan akuntabel. sehingga setiap pramuka pandega memiliki kesempatan yang sama untuk berkegiatan.  Pemantauan (monitoring) dan evaluasi pembinaan serta pencapaian syarat kecakapan (SKU. dapat memberi manfaat dan pengalaman yang cukup berarti dalam menempuh pendidikan formalnya dan berkehidupan di lingkungan/masyarakat serta mampu diberdayagunakan oleh kwartir dalam pembinaan pramuka di wilayahnya. Pelaksanaan kegiatan program pandega dengan kebijakan pokok ini diantaranya adalah:  Penyelenggaraan kegiatan-kegiatan pandega di tingkat gugusdepan. tingkat ranting/kecamatan. Penyelenggaraan kegiatan Raimuna dan Perkemahan Wirakarya tingkat Cabang diselenggarakan setiap 2 (dua) tahun. kwarran. dan gugusdepan serta melibatkan peran masyarakat. tingkat ranting/kecamatan. Kwarcab dan Kwarran lebih berkonsentrasi pada racana pandega di gugusdepan pangkalan perguruan tinggi. kwarcab. Termasuk kegiatan prestasi atau kompetisi pramuka pandega mulai gudep—cabang akan dilaksanakan secara berkesinambungan. di tingkat cabang.  Pengelenggaraan kegiatan prestasi/ kompetisi pramuka pandega (seperti lomba tingkat) mulai tingkat gugusdepan.[Rancangan Rencana Kerja. sampai tingkat cabang secara berkesinambungan setiap tahun. Pemerataan dan perluasan akses akan diupayakan bersama-sama oleh kwarda.

sosialisasi/pemasyarakatan peran dan fungsi majelis pembimbing . Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021] secara terencana dan terarah mulai tingkat cabang sampai gugusdepan. perencanaan-kegiatan-evaluasi (siklus program) racana pandega.  Peningkatan penerapan prinsip dasar kepramukaan. dan standar sikap/perilaku. baik secara langsung ataupun melalui forum pertemuan seperti karangpamitran. penerapan metode kepramukaan serta penghayatan prinsip kepramukaan di racana pandega.  Peningkatan manajemen. Pemetaan dan perencanaan racana percontohan. akuntabilitas. Pemodelan ini meliputi peran majelis pembimbing. Pengembangan racana pandega percontohan. Peningkatan mutu pramuka pandega Trenggalek dilakukan dengan mengembangkan dan menetapkan Standar Pembinaan Pramuka Pandega Trenggalek dengan menggunakan standar minimal yang telah ditentukan oleh kwarnas yang meliputi standar pengetahuan. aplikasi metode kepramukaan. dan citra pramuka pada program ini diarahkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan orangtua dalam pembinaan racana pandega. Upaya untuk itu dikembangkan melalui racana pandega percontohan sebagai model pembinaan racana pandega di Trenggalek.[Rancangan Rencana Kerja.     Pelaksanaan kegiatan program pandega dengan kebijakan pokok ini diantaranya adalah: Pengembangan dan penetapan standar pramuka pandega Trenggalek. dan pelaksanaan siklus program pada racana pandega. kompetensi pembina. yang melibatkan peran aktif kwartir. Pemodelan racana pandega direncanakan dan dilaksanakan bersama antara Kwarcab Trenggalek dan kwarran se-Trenggalek dan melibatkan peran aktif gugusdepan. Usaha peningkatan mutu juga dilaksanakan melalui peningkatan kompetensi pembina racana pandega melalui sistem pembinaan berkala dan berkesinambungan mulai tingkat cabang—ranting. Peningkatan kompetensi pembina racana pandega. standar ketrampilan. Untuk itu perlu dilakukan kegiatan advokasi. standar pengalaman.

pamong saka. penegak. Diharapkan dengan peningkatan mutu tersebut dapat menunjang proses pembinaan pramuka. dan merasakan manfaatnya. dan pandega) di Trenggalek. . Pamong Saka. Penyediaan data dan sistem informasi (pembina→kwartir) merupakan faktor pendukung untuk membangun persepsi.[Rancangan Rencana Kerja. Pelaksanaan kegiatan program pandega dengan kebijakan pokok ini diantaranya adalah:  Kesadaran revitalisasi pramuka pandega bagi majelis pembimbing  Sistem informasi pembinaan pandega (pembina kwarrankwarcab)  Pemberian tanda penghargaan Gerakan Pramuka kepada anggota muda untuk lebih memotivasi. dan racana) dapat terkelola dengan baik. dan kegiatankegiatan pramuka di satuan dapat terlaksana dengan tingkat keterlibatan pramuka yang tinggi sehingga para pramuka merasa senang. 2. prinsip kepramukaan dapat dihayati oleh setiap aggota Gerakan Pramuka. penggalang. metode kepramukaan dapat diaplikasikan dalam pembinaan pramuka. Diharapkan dari program ini. pasukan. bangga. (3) meningkatkan kapasitas dan kualitas andalan dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021] gugusdepan dalam pembinaan pramuka pandega di racana oleh pembina. ambalan. serta ketersediaan data yang akurat bagi kwartir cabang. kecakapan melaksanakan administrasi satuan pembinaan. dan pelatih dilaksanakan melalui peningkatan mutu anggota dewasa bertujuan untuk: (1) meningkatkan kecukupan jumlah pembina pramuka (siaga. di tingkat satuan pembinaan (perindukan. Penguatan Peran Pembina. Sasaran yang ingin dicapai dalam lima tahun ke depan adalah rasio pembina relatif merata pada setiap kwarcab dan tercapainya standar pembina Trenggalek. kebutuhan tenaga pelatih pada kursus pembina mahir dapat terpenuhi. dan program-program kwartir dapat terlaksana dengan tepat karena dikelola oleh andalan yang handal dan bertanggung jawab. dan Pelatih Program Penguatan peran pembina. Sedangkan di tingkat kwartir. (2) meningkatkan kecukupan pelatih pembina pramuka yang memiliki standar kompetensi Trenggalek. kemampuan pembina dalam mengelola dan mengembangan satuan pembinaan. pencitraan yang positif.

 Pengembangan sistem dan pelaporan pembinaan satuan. ambalan penegak. dalam lima tahun ke depan akan dilakukan rekrutmen pelatih pembina pramuka yang tepat sasaran.  Sosialisasi dan komunikasi kebijakan dan program peningkatan mutu pembina dan pelatih pembina. Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021] Sementara itu. penggalang.  Pengembangan sistem dan pengelolaan pembina dan pelatih pembina di kwarcab serta pelatih pembina di Trenggalek . Usaha meningkatkan manajemen. dan racana pandega dilakukan melalui beberapa kegiatan sebagai berikut:  Pengembangan sistem perencanaan berdasarkan kebutuhan dan ketersediaan pembina pramuka. penegak.  Peningkatan kapasitas pramuka penegak/pandega sebagai pembantu pembina atau pembina pramuka untuk satuan di bawahnya.  Pemutakhiran kompetensi andalan kwartir di ramting dan cabang.  Peningkatan kompetensi pembina dan pelatih pembina dengan standar internasional. Peningkatan pemerataan dan rasio pembina untuk perindukan siaga. sehingga mampu mencapai target rasio pembina mahir yang sesuai di-tiap kwarcab.  Pengembangan sistem dan mekanisme rekrutmen dan pembinaan tenaga pelatih pembina pramuka melalui KPD dan KPL.  Pengembangan sistem dan peningkatan kualifikasi dan kompetensi pembina dan pelatih pembina melalui pemetaan kompetensi secara  periodik. akuntabilitas.  Pengembangan sistem dan mekanisme rekrutmen dan pembinaan tenaga pembina mahir melalui KMD dan KML. dan pandega) Trenggalek  Penyusunan rencana pengembangan mutu pembina dan pelatih pembina pramuka. Program peningkatan mutu anggota dewasa akan dilaksanakan dalam kegiatan-kegiatan berikut:  Pengembangan dan penetapan standar pembina pramuka (siaga. pasukan penggalang.[Rancangan Rencana Kerja. dan citra pramuka dalam peningkatan mutu anggota dewasa adalah:  Penyusunan kebijakan pengelolan pembina dan pelatih pembina pramuka. pendidikan dan latihan berkelanjutan untuk mencapai standar pembina dan pelatih pembina Trenggalek.

inovatif. Menyediakan pembina yang handal b. mengembangkan kebijakan. Mendorong pemerintah agar memasukkan gugus depan dalam penilaian akreditasi sekolah e. dan intensif 3. Melengkapi sarana dan prasarana gugus depan c. serta pemerintah dalam penyelenggaraan kepramukaan. masyarakat.[Rancangan Rencana Kerja. Upaya pelaksanaan program revitalisasi kwartir melalui kegiatan: . modern. Mendorong sekolah agar memasukkan kepramukaan sebagai salah satu penilaian kinerja guru serta memberikan nilai tambah kepada peserta didik yang mengikuti kepramukaan f. pamong saka. Program revitalisasi kwartir bertujuan untuk meningkatkan kapasitas organisasi dan badan kelengkapannya di tingkat cabang dan ranting. dan pelatih secara tersistem. meningkatkan koordinasi antar jenjang kwartir. serta meningkatkan partisipasi masyarakat dan dukungan pemerintah daerah dalam pembinaan pramuka. mengembangkan mekanisme manajemen organisasi. sekolah. Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021]    Pemberian tanda penghargaan Gerakan Pramuka kepada para anggota dewasa untuk lebih memotivasi dalam berbakti pada Gerakan Pramuka. Penataan Kelembagaan Kwartir Penataan kelembagaan kwartir bertujuan agar kwartir menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan ketentuan sehingga diperoleh sistem manajemen dan postur kwartir yang berfungsi secara optimal. pamong saka. Melibatkan orang tua dan masyarakat dalam mendukung pendidikan kepramukaan g. melakukan advokasi dan sosialisasi kebijakan pembinaan pramuka pada para stake holder. Revitalisasi gugus depan ditempuh melalui strategi berikut: a. Memberikan penghargaan bagi tugas pembina. Revitalisasi Gugusdepan Revitalisasi gugusdepan bertujuan untuk menjadikan gugus depan sebagai wadah kegiatan yang menarik bagi kaum muda dan meningkatkan peran orang tua. Menggalang dana untuk kebutuhan gugus depan d. Menyelenggarakan kegiatan lainnya guna menjadikan kepramukaan sebagai kegiatan yang menarik bagi kaum muda 4. dan pelatih Meningkatkan kemampuan pembina.

 Pengoptimalan kaderisasi personil kwartir se-Trenggalek meliputi pimpinan kwartir. Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021]      Pencegahan terjadinya kekeliruan persepsi terhadap kebijakan dan pembinaan pramuka melalui penyebaran informasi kebijakan.  Meningkatkan penelitian dan pengembangan di lingkungan Gerakan Pramuka. prasarana dan aset kwartir. Sistem yang dikembangkan diusahakan untuk memenuhi: Kebutuhan manajemen atas sistem pendataan (database) dan informasi yang akurat. dan keorganisasian kwartir.  Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola organisasi. dan pelatih pembina pramuka. Peningkatan kapasitas personil kwartir yang menitikberatkan dua aspek.  Pemaksimalan peran dan fungsi Pusdiklat sehingga dapat meningkatkan jumlah dan kemampuan orang dewasa dengan tepat  Melaksanakan prosedur dan standar perencanaan. Peningkatan sistem pengendalian internal dilakukan dengan membangun sistem dan prosedur organisasi serta melakukan perbaikan internal. pengendalian dan pelaporan program kwartir. Penciptaan sistem mekanisme organisasi dan manajemen kwartir yang efektif dan handal.  Memperkuat akuntabilitas dan pengelolaan keuangan kwartir. pelaksanaan. dan mudah diakses. termasuk pengelolaan dokumen dan arsip kwartir. yaitu (1) perubahan pola pikir (mind-set).  Peningkatan kapasitas dan kompetensi pengelola kwartir. pengorganisasian. kehumasan.  Memperkuat kelembagaan. sikap mental dan perilaku sebagai personil kwatir. .[Rancangan Rencana Kerja. mutakhir (up to date). andalan. Pengembangan dan pemanfaatan ICT untuk mendukung peningkatan peran dan fungsi pelayanaan pembinaan.  Pemantapan pola kerja pengurus kwartir/andalan (relawan/ volunteer) sebagai pembuat kebijakan dan staf profesional kwartir (professional scout executive) sebagai pelaksana kebijakan di kwartir. dan (2) aspek teknis untuk memberikan kemampuan dan penguasaan terhadap tugasnya secara profesional dan handal. Kebutuhan masyarakat atas data dan informasi pembinaan pramuka  Penataan sistem dan mekanisme inventarisasi dan dokumentasi sarana.

Pramuka Lingkungan Hidup. Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat Pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud pelaksanaan darma pramuka dan sebagai wahana aplikasi satya pramuka. Pramuka Berbudaya. sarana dan prasarana bertujuan untuk meningkatkan sistem pendanaan kwartir sesuai dengan kebutuhan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. dan seterusnya) c. Revitalisasi Brigade Penolong b. 2. Kwarcab Trenggalek terdiri atas anggota dewasa putra dan anggota dewasa putri yang memiliki kompetensi kepramukaan dan kompetensi khusus yang disebut andalan daerah dengan susunan sebagai berikut: . Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021]   Memenuhi sarana dan prasarana kwartir sesuai standar. Pengadaan perpustakaan dan museum Pramuka Trenggalek H.[Rancangan Rencana Kerja. Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain:  Peningkatan dan pengelolaan dana hibah APBD Provinsi Trenggalek  Pengelolaan usaha dana kwartir  Pengembangan sistem iuran anggota  Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendukung pembinaan pramuka  Pengadaan dan pengelolaan wahana pusat pendidikan dan latihan pramuka  Pengadaan dan pengelolaan bumi perkemahan pramuka  Pengadaan dan pengelolaan sarana dan prasarana perkemahan  Pengadaan Pusat Atribut Pramuka yang layak dan terjangkau bagi anggota masyarakat 5. a. Gerakan Pramuka Trenggalek dipimpin oleh Katua Kwarcab Pramuka Trenggalek yang disusun dalam satu kepengurusan yang bersifat kolektif dan terdiri atas para andalan cabang masa bakti 2017—2021 . Membangun sistem administrasi kwartir yang terintegrasi. Pramuka Pintar. Penataan kelembagaan kwartir akan bisa efektif bila diikuti dengan program pendanaan. Rencana Organsisasi Kwarcab Trenggalek 1. serta menyediakan prasarana dan sarana pendukung pelaksanaan tugas kwartir yang memadai dalam pembinaan pramuka. Pembentukan unit baru untuk pengembangan masyarakat sesuai dengan perkembangan zaman (misalnya Brigade Antinarkoba.

yang menangani urusan humas. organisasi. lingkungan hidup. yang menangani urusan kegiatan anggota muda dan kegiatan kesakaan. kelembagaan gugusdepan. kelembagaan satuan karya.[Rancangan Rencana Kerja. pamong. Bidang Pembinaan Anggota Dewasa. b. dan instruktur. Bidang Organisasi dan Hukum. Masing-masing Wakil Ketua Kwarcab Trenggalek sesuai dengan keahliannya mengetuai: a. Beberapa andalan urusan 3. Seorang Ketua b. Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021] a. yang menangani urusan perencanaan. Bidang Keuangan. pelatih. abdimas. serta database IT. yang menangani urusan akuntansi. dan sarana prasarana. . evaluasi. Beberapa orang Wakil Ketua c. kelembagaan pusdiklat dan puslitbang. keuangan. a. keorganisasian satuan komunitas. Seorang Sekretaris d. yang menangani urusan pengembangan kompetensi pembina. b. Bidang Pembinaan Anggota Muda. usaha dana. Sarana dan Prasarana. b. Bidang Humas dan Abdimas.

Kwarcab Trenggalek melalui Waka. Bidang Manajemen (7) Andalan Urusan Perencanaan. Kwarcab Trenggalek di bidang masingmasing . Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (5) Andalan Urusan Anggota Dewasa Putra (6) Andalan Urusan Anggota Dewasa Putri c. Secara kolektif bertanggung jawab kepada Ka. Penelitian dan Pengembangan (8) Andalan Urusan Organisasi (9) Andalan Urusan Hukum (10) Andalan Urusan Gudep (11) Andalan Urusan Saka (12) Andalan Urusan Pendidikan dan Latihan (13) Andalan Urusan SAKO (Satuan Komunitas) (14) Andalan Urusan Database dan Teknologi Informasi d. meneliti dan melaksanakan program kegiatan yang bersangkutan sesuai dengan urusannya masing-masing c. Bidang Keuangan. Mengawasi. Andalan Cabang urusan terhimpun dalan suatu bidang yang mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam suatu bidang tertentu. merencanakan dan menyusun program kegiatan dalam urusannya masing-masing b. Bidang Pembinaan Anggota Muda (1) Andalan Urusan Anggota Muda Putra (2) Andalan Urusan Anggota Muda Putri (3) Andalan Urusan PLB Putra (4) Andalan Urusan PLB Putri b. Evaluasi. Sarana dan Prasarana (15) Andalan Urusan Keuangan (16) Andalan Urusan Usaha Dana (17) Andalan Urusan Sarana dan Prasarana e. Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021] 4. Memikirkan. Bidang Humas dan Abdimas (18) Andalan Urusan Humas Abdimas (19) Andalan Urusan Pramuka Peduli 5. Andalan urusan adalah anggota dewasa yang memiliki kompetensi kepramukaan tertentu dan atau kompetensi khusus di bidangnya yang mempunyai tugas dan tanggung jawab sebagai berikut: a. yaitu: a.[Rancangan Rencana Kerja.

9. Satuan Komunitas Pramuka (Sako) h. f. d. 8. Para Ketua Pimpinan Saka Trenggalek d. Pimpinan Satuan Karya Pramuka tingkat Cabang (Pinsaka) Trenggalek. Trenggalek. Kwarcab Trenggalek dibantu oleh badan kelengkapan yang terdiri atas: a. Sekretariat Kwarcab Trenggalek. Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega tingkat Cabang (DKC) Trenggalek. yang personilnya dipilih oleh Kwarcab Trenggalek 10.MSi . Badan Usaha/ Badan Pengelola Teknis Pramuka. Pengurus Kwarcab Trenggalek didukung oleh Sekretariat Kwarda Jatim yang dipimpin oleh Sekretaris Kwarda Jatim. e. I. g. pengurus Kwarcab terdiri atas andalan exofficio yang telah diatur oleh Kwartir Nasional. b. Pelaksanaan secara implementatif akan dikembangkan melalui Term of Reference (TOR) yang rinci sehingga mudah untuk diaplikasikan. Jika dipandang perlu. Dalam opersional sehari-hari. Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kwartir Cabang Trenggalek. 26 Maret 2016 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Trenggalek Ketua. Kepala Pusdiklatcab Trenggalek b. Personil pengurus Kwarcab Trenggalek 2017—2021 dipilih oleh tim formatur yang dibentuk oleh Muscab Trenggalek 2016. Para Ketua Satuan Komunitas Pramuka 7. Ketua dan Wakil Ketua DKC Trenggalek e. Dalam melaksanakan tugas dan kegiatannya. Kepala Puslitbangcab Trenggalek c. Ketua Kwarcab Trenggalek dapat mengangkat pembantu andalan Cabang. Dewan Kehormatan Cabang Trenggalek.[Rancangan Rencana Kerja. c. SH. KHOLIQ. Penutup Demikian Rencana Kerja yang diharapkan dapat dilaksanakan sebagai acuan dan pedoman kerja bagi semua jajaran. Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021] 6. yaitu a. Selain andalan urusan. Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Kwartir Cabang Trenggalek.

Kwarcab Pramuka Trenggalek 2017-2021] .[Rancangan Rencana Kerja.