You are on page 1of 4

TUGAS

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

KELAS XII IPA4
TAHUN PELAJARAN
2015/2016

NAMA KELOMPOK
EKA BONITA APRILIA
KHAMARUDIN
NURIYANI
WINDA ANINDIA

Sebagai ideologi.dan keyakinan-keyakinan yang mau dijunjung tinggi sebagai pedoman normatif. Dalam arti sempit Ideologi adalah gagasan-gagasan atau teori yang menyeluruh tentang makna hidup dan nilai-nilai yang mau menentukan dengan mutlak bagaimana manusia harus hidup dengan bertindak.Pancasila menjadi pedoman dan acuan bangsa Indonesia dalam menjalankan aktivitas di segala bidang sehingga sifatnya harus terbuka. pancasila harus mampu menyesuaikan diri dengan zaman. pengertian dasar. luwes dan fleksibel tidak tertutup dan kaku melainkan harus mampu mengikuti perkembangan jaman tanpa harus mengubah nilai-nilai dasarnya. Makna pancasila sebagai ideologi terbuka Makna pancasila sebagai ideologi terbuka adalah nilai-nilai dasar pancasila dapat dikembangkan sesuai dengan dinamika kehidupan bangsa Indonesia dan tuntutan perkembangan zaman dengan memperhatikan tingkat kebutuhan dan perkembangan masyarakat indonesia. B. Sebagai ideologi terbuka. Ideologi pancasila tetap menghendaki agar bangsa indonesia tetap bertahan dalam jiwa dan budaya bangsa indonesia dan dala ikatan NKRI. cita-cita. serta tidak kelur dari jati diri bangsa indonesia. Ideologi dipergunakan untuk segala kelompok cita-cita.Dalam arti luas. Hal ini bukan berarti nilai dari pancasila dapat diganti dengan nilai dasar lain yang dapat menghilangkan jati diri bangsa Indonesia.PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA A. Ideologi terbuka adalah sebuah ideologi yang mampu tetap bertahan dan mengikuti perkembangan zaman yang bersifat dinamis. nila-nilai dasar. Pengertian ideologi Istilah Ideologi berasal dari kata"idea"yang berarti gagasan. Dan"logos"yang berarti ilmu. konsep. .

pancasila menjadi dasar segala aktivitas bangsa indonesia. Nilai praktis bersikap abstrak. kerjasama. baik dalam kehidupan bermasyarakat. D. dan bernegara. . Hal ini dapat dioperasionalkan dalam bentuk sikap.C. antara lain: a) Pancasila memiliki pandangan hidup dan tujuan serta cita – cita masyarakat Indonesia yang digali dari kepribadian masyarakat Indonesia itu sendiri. sehingga dapat diterima oleh semua masyarakat yang memiliki latar belakang dan budaya yang berbeda. pancasila sebagai ideologi terbuka dapat tercermin di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga. ketetapan MPR. perbuatan. dan kerukunan. yaitu nilai-nilai yang sesungguhnya dilaksanakan dalam kehidupan nyata sehari-hari. Ciri-ciri pancasila sebagai ideologi terbuka. c) Nilai praktis. berbangsa. misalnya menghormati. yaitu nilai dasar yang relatif tetap (tidak berubah)yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945. b) Pancasila memiliki tekad untuk mengembangkan kekreatifitasan dan dinamis untuk mencapai tujuan nasional c) Pengalaman sejarah bangsa Indonesia d) Terjadi atas dasar keinginan bangsa ( masyarakat ) Indonesia sendiri tanpa campur tangan atau paksaan dari sekelompok orang e) Isinya tidak operasional f) Menginspirasikan kepada masyarakat agar bertanggung jawab sesuai dengan nilai – nilai Pancasila g) Menghargai pluralitas. syarat-syarat pancasila sebagai ideologi terbuka syarat-syarat pancasila sebagai ideologi terbuka yakni : a) Nilai dasar. dan peraturan perundangundangan lainnya. Ciri-Ciri Pancasila sebagai Ideologi Terbuka Di dalam fungsinya sebagai ideologi. b) Nilai instrumen. yaitu nilai-nilai dari nilai dasar yang dijabarkan lebih kreatif dan dinamis dalam bentuk UUD 1945. dan tingkah laku sehari-hari.

mengharuskan setiap warga negara agar tetap mempertahankan keutuhan dan tegak-kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. hendaknya menghormati dan mengedepankan kedaulatan negara sebagai perwujudan kehendak seluruh rakyat. Pancasila juga memiliki fleksibel dan kelenturan kepekaan kepada perkembangan jaman. Pancasila adalah ideologi. d) Sikap dan Perilaku Menjunjung Tinggi Nilai-nilai Permusyawaratan/Perwakilan. Pancasila berasal dari bangsa Indonesia sendiri bukan bangsa lain. b) Pancasila harus memiliki kesinambungan atau saling interaksi dengan masyarakat nya. Semua orang tanpa terkecuali harus mengerti dan paham betul tentang tujuan yang ada dalam Pancasila tersebut. c) Sikap dan Perilaku Menjunjung Tinggi Nilai-nilai Persatuan Indonesia. bermutu tinggi dan tentunya menjadi acuan untuk semangat bangsa Indonesia.E. Sebagai ideologi terbuka. maka sikap dan perilaku kita harus senantiasa mendudukkan manusia lain sebagai mitra sesuai dengan harkat dan martabatnya. tangguh. e) Sikap dan Perilaku Menjunjung Tinggi Nilai-nilai Keadilan Sosial. b) Sikap dan Perilaku Menjunjung Tinggi Nilai-nilai Kemanusiaan. hal ini akan mengarah pada terwujudnya kesejahteraan lahir dan batin yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa kecuali. kuat. . Maka. apa yang menjadi tujuan negara dapat tercapai tanpa adanya pertentangan. sikap dan perilaku yang menjunjung tinggi nilai-nilai Ketuhanan YME. terkandung makna bahwa dalam bersikap dan bertingkahlaku. Pancasila merupakan wadah / sarana yang dapat mempersatukan bangsa itu sendiri karena memiliki falsafah dan kepribadian yang mengandung nilai – nilai luhur dan hukum. agar disesuaikan dengan sifat ideologi Pancasila yang terbuka. Dengan demikian secara ideal konseptual. sesuai dengan sifat idelogi Pancasila yang terbuka. F. Sikap Positif Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka a) Sikap dan Perilaku Menjunjung Tinggi Nilai-nilai Ketuhanan. bahwa dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan sosial bagi seluruh rakuat Indonesia yang sesuai dengan sifat Pancasila sebagai ideologi terbuka. Sehingga nilai – nilai Pancasila tidak akan berubah dari zaman ke zaman. Hal yang harus dimiliki oleh ideologi yang terbuka a) Cita – cita yang bersumber dari kehidupan budaya masyarakat itu sendiri. bahwa setiap warga sudah seharusnya memiliki pola pikir.