You are on page 1of 5

Asuhan Keperawatan

Data

Diagnosa
Perubahan

NOC
Perfusi Jaringan :

NIC
Peningkatan perfusi serebral

Klien

perfusi

Serebral

Definisi : Meningkatkan perfusi

mengatakan

jaringan

Definisi :

yang adekuat dan membatasi

nyeri kepala
Klien

serebral

Aliran darah yang

komplikasi pada pasien yang

berhubungan

adekuat menuju

sedang mengalami atau beresiko

mengatakan

dengan proses

pembuluh darah otak

untuk perfusi serebral yang tidak

merasa mual.
Klien

peradangan,

untuk menjaga

adekuat.

edema

fungsi otak.

DS :

mengatakan
merasa

serebral.

Tekanan

mengatakan
bahwa
pandanganny
a kabur

Perubahan

kesadaran
Perubahan



tanda vital
Nyeri kepala
Muntah
Hasil
pemeriksaan
scan

adanya
edema
serebri, abses

posisi kepala yang optimal

Demam

(0, 15, atau 300) dan

menurun

berkurang

memonitor respon pasien

Muntah

Sakit kepala
menurun

terhadap perubahan posisi.
Menghindari fleksi pada
leher atau fleksi pada

Berkurangnya
gangguan kognisi

DO:

CT

terapis untuk menentukan

intrakranial menurun

lemah
Klien

Mengkonsultasikan dengan


pinggul/lutut yang ekstrem.
Memonitor status neurologi.
Menghitung dan memonitor
tekanan perfusi serebral
(CPP)

d infeksi Definisi: Definisi : Manajemen pasien mengatakan Keseimbangan dengan hiperpireksia karena demam antara produksi faktor non-lingkungan panas. panas. Memonitor warna kulit dan  temperature. tubuh  Suhu tubuh klien turun (normal  37oC +. onset/durasi berkurang  Klien mengatakan frekuensi. DO:  Ekspresi wajah  Klien melaporkan  nyeri berkurang  Klien menunjukkan Menunjukkan pengkajian yang komprehensif dari nyeri untuk menunjukkan ekspresi nyeri lokasi. area fokal. dan DO:  Suhu  diatas 38o C. kualitas. Memonitor tingkat  Nyaman dengan   suhu tubuhnya Sakit kepala klien  penurunan kesadaran.1oC). Memberikan cairan  intravena DS: Nyeri akut Level nyeri Manajemen nyeri:  Pasien b. Kulit klien nadi dan pernafasan secara melembab leukosit  Klien merasa. Memonitor intake dan output Memberikan obat antipiretik  berkurang TTV Normal jika dibutuhkan. Pasien dan rasa haus. karakter. Perubahan   tanda vital Kulit kering Peningkatan kehilangan panas. peningkatan  Memonitor temperatur  secara berkala. intensitas mual berkurang  TTV normal atau keparahan nyeri dan  faktor-faktor pencetusnya.DS: Hipertermi Termoregulation Penanganan demam  b. Mengamati perilaku tidak . Memonitor kehilangan  cairan yang tidak terlihat. Memonitor tekanan darah.d Definisi : Keparahan Definisi : Mengurangi nyeri atau menguluh penekanan nyeri yang diamati menurunkan nyeri ke level yang atau dilaporkan. kaku pada leher dan merasa tidak nyaman. nyaman untuk diterima pasien nyeri kepala.  berkala.

Menggunaka n strategi komunikasi terapeutik untuk pengalaman ketidaknyamanan tentang nyeri dan penerimaan respon  pasien tentang nyeri. dosis dan keterlibatan . Administrasi analgesik Definisi : Menggunakan agen farmakologi untuk menghilangkan atau mengurangi nyeri  Mengevaluasi kemampuan pasien untuk berpartisipasi dalam pemilihan analgesik. kelelahan.menunjukka nyaman non-verbal. kurang  pengetahuan) Mengajari prinsip  manajemen nyeri. terutama n rasa nyeri jika tidak mampu berkomunikasi secara  efektif. perilaku yang monoton. Mengajarkan untuk menggunakan teknik nonfarmakologi. jalur. Mengurangi atau mengeliminasi faktor pencetus atau yang meningkatkan nyeri (takut.

 Kesadaran  membaik Penurunan ini. Menentukan pemilihan analgesik berdasarkan tipe  dan keparahan nyeri Memperhatikan kebutuhan kenyamanan dan aktivitas lain yang membantu relaksasi untuk memfasilitasi  respon analgesic. Memonitor tingkat  kesadaran. Memilih analgesik yang sesuai atau kombinasi analgesik jika lebih daari  satu yang diresepkan. pasien jika dibutuhkan.d mengatakan bahwa penurunan klien kesadaran Status neurologi tidak diinginkan Monitor neurologi Definisi : Definisi : Mengumpulkan dan kemampuan saraf menganalisis data pasien untuk pusat dan teppi mencegah atau meminimalkan komplikasi neurologi mengalami dan status untuk menerima. ingatan masa lalu. dan kesadaran. penurunan mental memproses. Menghindari aktivitas yang dapat meningkatkan tekanan . Memonitor ingatan saat merespon untuk stimulus internal dan DO:  eksternal. Memonitor tingkat  orientasi. lama perhatian. Mendokumentasikan respon analgesik dan efek yang DS: Resiko injury Kelurga klien b.  Penurunan  kesadaran Perubahan status mental . suasana hati dan tekanan intrakranial  perilaku.

Aktivitas :  Mengidentifikasi kelemahan kognitif atau fisik dari pasien yang mungkin dapat meningkatkan potensi  terjatuh. Mengidentifikasi lingkungan dan faktor yang mengakibatkan resiko  terjatuh Mengajarkan klien bagaimana terjatuh untuk  mengurangi cedera Menyediakan tempat tidur dengan roda untuk memudahkan perpindahan  .intrakranial Pencegahan Jatuh Definisi : Melakukan pencegahan khusus pada pasien yang beresiko cedera dari terjatuh.