You are on page 1of 14

Pemeriksaan feses

OLEH:
WAHYU TRI UTOMO NPM.110170071
PEMBIMBING:
dr. Rhiza Mohammad Ishaq Sobari

FAKULTAS KEDOKTERAN
UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI
CIREBON

kimia......Pendahuluan..... Untuk mengetahui pemeriksaan feses secara makroskopis.. Tujuan. Untuk mengetahui macam-macam metode pemeriksaan feses.. . mikroskopis..  Untuk memenuhi persyaratan mengikuti UAB..

.. mikroskopis..   .Lanjutan. kimia dan macam-macam metode pemeriksaan feses...... Menambah wawasan dan keilmuwan untuk penulis serta membantu pembaca khususnya teman-teman mahasiswa lainnya untuk memahami tentang pemeriksaan feses secara makroskopis. Manfaat.....

Terdiri dari air.  Jumlah normal produksi 100-200 gram/hari.Definisi. sel epitel.. makanan tidak tercerna. bakteri dan bahan patologis. Feses adalah sisa hasil pencernaan dan absorbsi dari makanan yang kita makan yang dikeluarkan lewat anus dari saluran cerna. debris. jumlah maupun konsistensinya dengan frekuensi defekasi normal 3x per hari sampai 3x per minggu .. celulosa.. Jenis makanan serta gerak peristaltik mempengaruhi bentuk..

. .Pemeriksaan feses... Pemeriksaan feses adalah salah satu pemeriksaan laboratorium yang telah lama dikenal untuk membantu klinisi menegakkan diagnosis suatu penyakit.

 Tinja hendaknya diperiksa dalam keadaan segar..Lanjutan.. jarang diperlukan 24 jam untuk pemeriksaan tertentu.  Feses untuk pemeriksaan sebaiknya yang berasal dari defekasi spontan... berhati-hatilah saat bekerja. Bahan ini harus di anggap bahan yang mungkin mendatangkan infeksi... kalau dibiarkan terlalu lama mungkin sekali unsur-unsur dalam tinja itu menjadi rusak. Jika pemeriksaan sangat di perlukan..  Untuk pemeriksaan biasa dipakai tinja sewaktu. . boleh juga sampel tinja di ambil dengan jari bersarung tangan dari rektum..

Makroskopis.. ... Pemeriksaan makroskopis tinja meliputi : Jumlah Warna Bau Konsistensi Lendir Darah parasit...

......Mikroskopis. Pemeriksaan mikroskopik meliputi pemeriksaan : protozoa telur cacing leukosit eritosit sel epitel kristal makrofag sel ragi jamur ...

...Lanjutan... ...  Dari semua pemeriksaan ini yang terpenting adalah pemeriksaan terhadap protozoa dan telur cacing.

 Tes terhadap darah samar dilakukan untuk mengetahui adanya perdarahan kecil yang tidak dapat dinyatakan secara makroskopis atau mikroskopis..  Macam-macam metode tes darah samar yang sering dilakukan yaitu dengan : Metode benzidine basa Metode Benzidine Dihidrochlorida Metode Guajac Urobilin Urobilinogen Bilirubin .  Pemeriksaan kimia tinja yang terpenting adalah pemeriksaan terhadap darah samar...Kimia......

Lanjutan......  Macam-macam metode tes darah samar yang sering dilakukan yaitu dengan : Metode benzidine basa Metode Benzidine Dihidrochlorida Metode Guajac Urobilin Urobilinogen Bilirubin ...

. Hal tersebut sangat penting karena dari hasil pemeriksaan tersebut digunakan untuk menentukan tindakan lebih lanjut seperti tindakan pengobatan.. Dalam pemeriksaan feses perlu diperhatikan tahapantahapan pemeriksaan mulai dari bagaimana pengumpulan sampel yang benar. .Kesimpulan. memeriksa sampel yang sesuai dengan prosedur..... dan bagaimana menginterprestasikan hasil pemeriksaan sehingga dapat mengeluarkan hasil yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan..

. Penulis menyarankan cuci tangan terlebih dahulu sebelum dan sesudah mengerjakan sesuatu..... masker...Saran... dan tak lupa juga berhati-hatilah saat bekerja.... pakailah hand skun.

Terimakasih .