You are on page 1of 38

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNYA sehingga makalah ini
dapat tersusun hingga selesai . Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas
bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi
maupun pikirannya.
Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman
bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi
makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak
kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik
yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Parepare 04, April 2016
Penyusun
Rahmadi

1. ORGANISASI KOMPUTER MODERN
BAB I
PENDAHULUAN
A Latar belakang
arsitektur komputer adalah salah satu mata kuliah yang bertujuan memberikan dasar
pengetahuan arsitektur dan organisasi komputer kepada mahasiswa, yang meliputi arsitektur
komputer dasar dan perkembangannya. Materi yang dibahas dlm makalah ini mengenai Disk
Array dan Operating System Support.
Makalah dengan tema arsitektur dan organisasi komputer ini ditulis untuk memenuhi
tugas kelompok pada mata kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer. Makalah ini kami beri
judul ‘Disk Array dan Operating System Support’. Sesuai dengan judulnya, maka kami
membatasi diri dengan hanya membahas yang berhubungan dengan Network attached storage
(NAS), RAID System, Problem RAID-5,Storage Area Network, dan Unix File System.
Satu hal yang baik perancang komputer maupun pemrogram komputer sama-sama
dapat merasakan manfaat secara langsung kelebihan NAS dan konsep-konsep RAID system.
Network Attached Storage (NAS) merupakan storage harddisk yang dikonfigurasi dengan
memberikan IP Address dan dipasang di jaringan LAN, sehingga dapat diakses oleh beberapa
user sekaligus. NAS ini terdiri dari harddisk storage (umumnya juga termasuk sistem RAID
multi disc) beserta software untuk mengkonfigurasinya. NAS merupakan pilihan ideal untuk
perusahaan yang ingin mencari cara sederhana dan biaya efektif guna mencapai akses data
yang cepat bagi banyak client.
Sedangkan RAID merupakan organisasi disk memori yang mampu menangani
beberapa disk dengan sistem akses paralel, dan redudansi ditambahkan untuk meningkatkan
reliabilitas. Kerja paralel ini menghasilkan resultan kecepatan disk yang lebih cepat. Ada
beberapa konsep kunci di dalam RAID: mirroring (penyalinan data ke lebih dari satu
buah hard disk), striping (pemecahan data ke beberapa hard disk) dan juga koreksi kesalahan,
di mana redundansi data disimpan untuk mengizinkan kesalahan dan masalah untuk dapat
dideteksi dan mungkin dikoreksi (lebih umum disebut sebagai teknik fault tolerance/toleransi
kesalahan). RAID juga dapat meningkatkan realibilitas dari disk dengan jalan melakukan
redundansi data.

BAB II
PEMBAHASAN

Struktur Dasar Organisasi komputer
Sebuah komputer moderen/digital dengan program yang tersimpan di dalamnya
merupakan sebuah system yang memanipulasi dan memproses informasi menurut kumpulan
instruksi yang diberikan. Sistem tersebut dirancang dari modul-modul hardware seperti :
1. Register
2. Elemen aritmatika dan logika
3. Unit pengendali
4. Unit memori
5. Unit masukan/keluaran (I/O)
Komputer dapat dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu :
1. Unit pengolahan pusat (CPU)
2. Unit masukan/keluaran (I/O)
3. Unit memori
CPU merupakan bagian fungsional yang utama dari sebuah sistem komputer, dapat dikatakan
bahwa CPU merupakan otak dari sebuah komputer. Di dalam CPU inilah semua kerja
komputer dilakukan.
Hal-hal yang perlu dilakukan CPU adalah:
1. Membaca, mengkodekan dan mengeksekusi instruksi program
2. Mengirim data dari dan ke memori, serta dari dan ke bagian input/output.
3. Merespon interupsi dari luar.
MEMORI Adalah bagian fungsional komputer yang berfungsi untuk menyimpan program
dan data.

Ada beberapa tipe ROM. yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data.• RAM (Random Access Memory) Adalah memori yang dapat dibaca atau ditulisi. Untuk lebih memahami konsep komputer anda bisa perhatikan strktur organisasi komputer berikut penjelasannya : 1. soft-copy (ke monitor). dan EPROM. Karena sifat RAM yang volatile ini. 4. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas). diantaranya ROM murni. . Data dalam sebuah RAM bersifat volatile. I/O Ports Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. artinya data akan terhapus bila catu daya dihilangkan. 3. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini. dan memiliki dua bagian fungsi operasional. • ROM (Read Only Memory) adalah memori yang hanya dapat dibaca. Kaicna sil’alnya yang dcinikiaii. Data yang tersimpan dalam ROM bersifat nonvolatile. maka ROM dipergunakan untuk menyimpan program. PROM. dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer. RAM hanya digunakan untuk mcnyimpaii data seinantara. Output Device (Alat Keluaran) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. CPU (Central Processing Unit) PU merupakan otak sistem komputer. maka program computer tidak tersimpan di RAM. yang ticlak begilu vital saal aliran daya terpiilus. ataupun berupa suara. artinya data tidak akan lerhapus meskipun catu daya IcrpuWis. Input Device (Alat Masukan) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer 2.

20. Control Bus Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Address Bus Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Address bus biasanya terdiri atas 16. Memori Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sifatnya bidirectional. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Data Bus Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. 7. dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. CARA KERJA SISTEM KOMPUTER: Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices. 6. namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Data bus biasanya terdiri atas 8. maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register. artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. 32. pertama sekali diletakkan di RAM (melalui Input-storage). atau 32 jalur paralel. apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage. atau 64 jalur paralel. 8.5. Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi. maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar . Pada jalur ini. 24. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data. 16. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel. maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika.

yang juga dinamakan CPU atau Central Processing Unit. maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices. dan semacamnya). Di dalam arsitektur milik bapak von Neumann yang asli.instruksi yang ditetapkan. membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). not). Unit atau perangkat pemprosesan juga akan melakukan komunikasi dengan perangkat input. pengurangan. maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. serta sebuah Unit Kontrol. Apakah yang dimaksud dengan Unit Aritmatika dan Logika. Hasilnya ditampung di Accumulator. kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu yaitu IC atau Integrated Circuit. memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu. or. Sekali yang terjadi. Pada unit inilah dilakukan “kerja” yang nyata. ia telah menjelaskan tentang sebuah Unit Aritmatika dan Logika. dan pelaksanaan perbandingan (contohnya. Unit kontrol menyimpan perintah yang dilakukan oleh komputer. CARA KERJA KOMPUTER a. melakukan pengiraan dan mengatur lalu lintas informasi menerusi system komputer. unit kontrol pergi ke perintah berikutnya. dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Apabila hasil pengolahan telah selesai. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai. Pada komputer modern. atau Arithmetic Logic Unit (ALU) adalah alat yang melakukan tugas dasar seperti tugas aritmatika (penjumlahan. tugas logis (and. . atau Arithmetic Logic Unit (ALU)? Unit Aritmatika dan Logika. Lalu selanjutnya dari Output-storage. bertugas untuk memproses arahan. output dan penyimpanan untuk melaksanakan arahan-arahan yang berkaitan. Pemrosesan Sebuah CPU atau singkatan dari Unit Pemproses Pusat dalam bahasa inggrisnya central processing unit.

Dalam pengertian ini. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. merubah data ke dalam informasi yang dapat dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam prakteknya. dan lain lain. dan “jika isi sel 777 adalah 0. Perintah atau Instruksi dimulai dalam komputer sebagai nomor – kode untuk “menyalin” mungkin menjadi 001. seperti assembler (bahasa tingkat rendah). . misalnya. dari yang akrab ditelinga kita seperti keyboard. menambahkan isi sel 888 ke sel 063. dan meletakkan hasil pekerjaannya di sana. monitor dan hardisk. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah misalnya “melakukan penyalinan isi sel 456. memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Biasanya. Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin. mesin scanner. untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O. Instruksi / perintah Perintah atau instruksi yang dibahas seperti judul di atas adalah tidak perintah kaya bahasa manusiawi. d.b. sistem komputer digital ialah contoh dari sistem pengolah data. mesin printer. Yang dipunyai oleh semua alat masukan biasa adalah bahwa mereka merubah informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. c. dapat berbentuk fisik atau non fisik. dan tempat akibat di sel 024?. orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman “tingkat tinggi” yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler). dan tempat tiruan di sel 789?. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya. Alat output. Komputer hanya mempunyai jumlah yang terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik. di sisi lain. ke yang lebih tidak biasa misalnya adalah webcam (kamera web). Ada berbagai macam alat I/O. bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi). perintah berikutnya anda di sel 456?. Arsitektur Komputer kontemporer meletakkan ALU dan juga unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit (CPU). Input dan Hasil I/O mengizinkan komputer memperoleh informasi dari dunia luar.

menggambar titik di layar dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain]. f. Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. CPU beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. programer akhirnya memindahkannya ke dalam sistem operasi. kemudian setelah bertahun-tahun. [Programmer Baik mengembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa sebagai contoh. Tetapi. sudah berbeda secara signifikan dari model di atas. mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang yang disebut (programmer). Terlebih lagi. Perintah dilakukan. mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial. dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Suatu Komputer modern yang umum dapat mengerjakan sekitar dua sampai tiga milyar perintah dalam satu detik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa. CPU melakukan perintah dari satu program. Banyak program komputer berisi jutaan perintah. dan perintah berikutnya dicapai. Program Program komputer merupakan daftar perintah yang besar untuk dilakukan oleh komputer. e. kebanyakan komputer melakukan beberapa program sekaligus.Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama – mereka mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. . Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh bermacam-macam program komputer. Sistem Operasi Sistem operasi merupakan semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. hasil disimpan. Saat ini. Ulang prosedur ini sampai komputer dimatikan. beberapa komputer. yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah. kemudian setelah beberapa saat.

. Kecepatan (dalam satuan Hz) 3. kapan. didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. dan alat mana “seperti memori atau I/O” yang mereka pakai. Mobile computing Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan. 2. Akurasi (big. tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. dan juga dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Pengertian Komputer Modern Ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel) 4. tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu. adalah : · Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat. Floating point) 2. Sistem operasi juga memberikan pelayanan kepada program lain. juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone. dapat menentukan program man yang dijalankan. Grid computing Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis. dan lain sebagainya. dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi: 1. Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada.Sistem operasi. seperti kode “driver” yang mengizinkan seorang programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang berhubungan. salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat. Contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS. Kompleksitas (Menggunakan Teori big O) Jenis-jenis komputasi modern 1. Modeling (NN & GA) 5. Ada beberapa daftar yang dapat dugunakan untuk mengenali sistem komputasi grid. Penggunaanya biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan.

· Biaya untuk tenaga komputasi mobile lebih mahal dibandingkan dengan komputasi grid dan cloud. sedangkan komputasi grid dan cloud menggunakan komputer. · Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih. Adapun perbedaan antara komputasi mobile. · Komputasi mobile tidak membutuhkan tempat dan mudah dibawa kemana-mana. komputasi grid dan komputasi cloud. . dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.· Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka. komputasi grid proses tergantung pengguna mendapatkan server atau tidak. dapat dilihat penjelasannya dibawah ini : · Komputasi mobile menggunakan teknologi komputer yang bekerja seperti handphone. yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid. sedangkan grid dan cloud membutuhkan tempat yang khusus. dan komputasi cloud prosesnya membutuhkan jaringan internet sebagai penghubungnya. konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru. Untuk komputasi mobile proses tergantung si pengguna. 3. Cloud computing Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Dan untuk mengetahui perkembangan teknologi dari pertama ditemukan sampai sekarang. Arithometer oleh Charles XavierThomas de Colmar pada tahun 1820. Berbagai kemudahan memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati dalam hitungan detik. dan Hollerith oleh Herman hollerith pada tahun 1889.Latar Belakang Dijaman ini perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat. EVOLUSI KOMPUTER BAB I PENDAHULUAN I. Hal ini awal munculnya komputer mukin mungkin dapat dilihat dalam kilas balik sejarah sejak digunakannya Abacus ditemukan di Babilonia(Irak) sekitar 5000 tahun yang lalu sebagai alat perhitungan manual yang pertama. Diantara teknologi informasi dan komunikasi yang hampir setiap kita temukan adalah komputer. II. Sedangakan model dan design dari komputer itu sendiri juga mengalami perkembangan. Babbage’s Folly oleh Charles Babbage pada tahun 1822. dan ada keluaran atau product baru. hampir disetiap kalangan dan disetiap umur memiliki dan bahkan ahli dalam menggunkan alat ini. Dengan teknologi yang luas ini kita harus dapat memanfaatkannya. Tujuan Tujuan penyusunan makalah ini adalah untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah pengnalan ilmu komputasi. baik di lingkup sekolah maupun kalangan pedagang saat itu. Sekarang computer sangat pesat perkembangannya.2. Meningkatkan ilmu pengetahuan dalam . Pada periode selanjutnya ditemukan alat-alar hitung mekanikal sejenis yaitu Pascaline yang ditemukan oleh Blaine Pascal pada tahun1642. hampir setiap tahun selalu mengalami perbaharuan. Sekarang Orang bisa menggunkan komputer dimana saja dirumah. kini telah menjadi kenyataan. disekolah dan tempat lainya. Komputer yang kita seringgunkan ini tidak serta merta muncul begitu saja melainkan malalui proses yang panjang dalam evolusinya. Pada saat “zaman Batu’ teknologi informasi dan komunikasi dianggap sebagai sesuatu yang tidak mungkin. Barulah pada tahun 1940. Ukuranyadan kerumitanya pun berdasarkan atas tingkat pengoperasian perhitungan yang dilakukan. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya tanpa tenaga listrik. era baru komputer listrik dimulai sejak ditemukanya komputer elektrik yang menerapkan system aljabar Boolean. Dalam kurun dua dekade alat teknologi informasi dan komunikasi menjadi alat terlaris didunia. dicafe.

Dengan mengetahui perkembangan computer. maka masyarakat Indonesia telah mampu untuk berkompetitif secara sehat untuk menghasilkan sesuatu yang lebih bermutu. BAB II . Memajukan daya pikir mahasiswa IT Telkom agar menciptakan pola pikir inofatif dan kreatif. Untuk mengetahui sejarah dan evolusi perkembangan computer yang setiap waktunya memiliki perkembangan yang sangat pesat Untuk mengetahui jenis-jenis computer yang lebih canggih dan memiliki mutu yang lebih tinggi agar dapat dimanfaatkan dengan efektif dan efesien.bidang teknologi informasi khusus nya komputer. Agar masyarakat Indonesia tidak ketinggalan dari negara yang lebih maju pada saat sekarang ini. Agar manusia mampu untuk menghasilkan computer yang lebih baik dari yang telah ada sebelumya.

10. dan mulai dibuat pada tahun 1943 oleh Dr. dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia • Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual • Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik • Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh Evolusi Komputer dari Generasi Pertama Sampai Saat Ini Komputer Generasi I (1940-1959) ENIAC Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) merupakan generasi pertama komputer digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum. untuk penempatannya membutuhkan ruang 500m2. ENIAC membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilowatt dengan berat lebih dari 30 ton. Pgamroposal ENIAC dirancang oada tahun 1942. ENIAC menggunakan 18. .000 kapasitor. Mauchly dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946. dan menempati ruangan 167 m2. 75. John W.PEMBAHASAN A.000 relay dan saklar. EVOLUSI KOMPUTER Komputer saat ini adalah evolusi panjang penemuan-penemuan manusia sejak dulu berupa alat mekanik dan elektronik Empat golongan besar alat pengolah data : • Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana.000 resistor. Ketika dioperasikan. dan 70.000 tabung hampa udara. ENIAC berukuran sangat besar.

Von Neumann sangat cerdas dalam matematika dan angka-angka. EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator). Teknologi yang digunakan ENIAC adalah menggunakan tabung vakum yang dipakai oleh Laboratorium Riset Peluru Kendali Angkatan Darat (Army’s Ballistics Research LaboratoryLBR) Amerika Serikat. Untuk pertama kalinya komputer tersebut menggunakan Random Access Memory (RAM) untuk menyimpan bagian-bagian dari data yang diperlukan secara cepat.Mesin Von Neumann Mesin ini dikembangkan oleh seorang ahli matamatika yaitu John Von Neumann yang juga merupakan kosultan proyek ENIAC. Pada usia eman tahun dia sudah dapat menghitung pembagian angka dengan delapan digit tanpa menggunakan kertas atau alat bantu lainnya. Semua input dan output dilakukan melalui kartu plong. Dalam waktu satu detik. dan ini merupakan operasi tercepat saat itu dibanding semua komputer mekanis lainnya. yang disebut sebagai generasi pertama komputer elektronik terprogram modern yang disediakan secara komersial dengan nama EDVAC. Dengan konsep itulah John Von Neumann dijuluki sebagai bapak komputer modern pertama di dunia yang konsepnya masih digunakan sampai sekarang. yaitu sebuah konsep untuk mempermudah proses program agar dapat direpresentasikan dalam bentuk yang cocok untuk penyimpanan dalam memori untuk semua data. John Von Neumann lahir di Budapest. .000 perhitungan dengan 10 digit angka yang bila dilakukan secara manual oleh manusia akan memakan waktu 300 hari. dan UNIVAC1 dan 2 (Universal Automatic Computer) yang dikembangkan oleh Eckert dan Mauchly. AS. Pada tahun 1933. ENIAC mampu melakukan 5. Gagasan ini juga dibuat hampir pada waktu yang bersamaan dengan Turing. Selanjutnya mesin ini dikembangkan kembali dengan perbaikan-perbaikan pada tahun 1947. Hongaria 28 Desember 1903 dan meninggal pada tanggal 8 Februari 1957 di Washington DC. Von Neumann kemudian menjadi warga negara Amerika. Tapi kemudian dia kembali kepada kesukaannya. Pendidikannya dimulai di University of Budapest pada tahun 1921 di jurusan kimia. di tahun 1930 dia mendapatakan kesempatan pergi ke Princeton University (AS). matematika. ENIAC dioperasikan sampai tahun 1955. Institute of Advanced Studies dibentuk dan dia menjadi salah satu dari enam professor matematika di sana. dan menyelesaikan doktoralnya di bidang matematika di tahun 1928. Mesin ini dikembangkan mulai tahun 1945 yang memberikan gagasan sebagai stored-program concept. Selanjutnya Von Neumann mempublikasikannya dengan nama baru yaitu: Electronic Discrete Variable Computer (EDVAC).

Komputer Komersial Pertama Pada pertengahan tahun 1950 UNIVAC mengalami kemajuan dalam beberapa aspek pemrograman tingkat lanjut. - Orientasi program tidah hanya tertuju pada aplikasi bisnis. tetapi juga aplikasi teknik. Komputer UNIVAC pertama kali digunakan untuk keperluan kalkulasi sensus di AS pada tahun 1951. - Proses operasi sudah lebih cepat. dan dioperasikan sampai tahun 1963 Komputer Generasi II (1959-1964) Komputer generasi kedua ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut : - Menggunakan teknologi sirkuit berupa transistor dan diode untuk menggantikan tabung vakum. Inilah yang dikatakan sebagai kelahiran industri komputer yang didominasi oleh perusahaan IBM dan Sperry. - Kemampuan melakukan proses real time dan real-sharing.Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dibanding komputer generasi pertama. - Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage. sehingga merupakan komputer general purpose pertama yang didesain untuk menggunakan angka dan huruf dan menggunakan pita magnetik sebagai media input dan output-nya. - Kebutuhan daya listrik lebih kecil. - Sudah menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti FORTRAN dan COBOL. - Menggunakan simpanan luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk. yaitu jutaan operasi perdetik. .

Pada setiap bidang memory terdapat 924cincin magnetic yang masing-masing mewakili satu bit informasi. dan NEC PC. Jutaan bit informasi saat ini berada didalam satu chip tunggal dengan bentuk yang sangat kecil. Komputer DEC PDP-8 adalah minikomputer pertama yang dibuat tahun 1964 untuk pengolahan data komersial.Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor. teknologi transistor jauh lebih efisien sebagai switch dan dapat diperkecil ke skala mikroskopik. Dapat digunakan untuk multiprogram. Komputer yang digunakan untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808. Pada setiap bidang memory terdapat 924cincin magnetic yang masing-masing mewakili satu bit informasi. Cincin magnetic tersebut dapat dimagnetisasi secara satu arah ataupun berlawanan. dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga. yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memory . PC. akhirnya memacu orang untuk terus melakukan pelbagai penelitian. Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan. Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan. Jutaan bit informasi saat ini berada didalam satu chip tunggal dengan bentuk yang sangat kecil. yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memory dan 8 bit untuk core memory. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. dan akhirnya men-sinyalkan kondisi “ON” ataupun “OFF” yang kemudian diterjemahkan menjadi konsep 0 dan 1 dalam system bilangan biner yang sangat dibutuhkan oleh komputer. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Cincin magnetic tersebut dapat di-magnetisasi secara satu arah ataupun berlawanan. yang akan digunakan pada prosesor dengan kecepatan 20 GHz (Giga Hertz). Harganya lebih murah dibanding dengan generasi pertama. Contoh komputer generasi ketiga adalah Apple II. Komputer yang digunakan untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808. dengan ukuran 20 nanometer ata sebanding dengan sepermiliar meter.UNIVAC III Dibanding denga tabung. Era ini juga menandakan permulaan munculnya minikomputer yang merupakan terbesar kedua dalam keluarga komputer. Komputer Generasi III (1964-1970) Terus melakukan pelbagai penelitian. dan akhirnya men-sinyalkan kondisi “ON” ataupun “OFF” yang kemudian diterjemahkan menjadi konsep 0 dan 1 dalam system bilangan biner yang sangat dibutuhkan oleh komputer. Pada tahun 2001 peniliti Intel telah memperkenalkan silikon paling kecil dan paling cepat di dunia. dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga.

- Kapasitas memori lebih besar. - Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara. Komputer generasi ketiga ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut : - Karena menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat.dan 8 bit untuk core memory. - Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking. Komputer Generasi IV: PDP 11 Komputer-komputer generasi keempat diantaranya adalah IBM 370. dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor). Apple I dan Apple II. PC. - Peningkatan dari sisi software.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama. - Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain. dan Altair yang menggunakan prosesor Intel 8080. dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu). - Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter). dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code). VisiCalc. - Penggunaan listrik lebih hemat. PDP-11. Contoh komputer generasi ketiga adalah Apple II. Kecepatannya hampir 10. Sebagai catatan bahwa pada komputerkomputer generasi keempat ini tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh- . Dapat digunakan untuk multiprogram. - Harganya semakin murah. dan NEC PC.

telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction. Hingga saat ini Microsoft mendominasi kebutuhan software di dunia PC. Pada perkembangan selanjutnya perubahan besar terjadi bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan menjadi satu-satunya manufaktur PC-compatible. teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik. Komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa manusia. seperti chip 286 yang diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134. Komputer Generasi V (1980-an-sekarang) Akhir tahun 1980.000 transistor. Pada generasi kelima ini. manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer.Compatible. menggunakan basis proses 16 bit persatuan waktu. IBM bekerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan software di dalamnya. Bill Gates yang menjadi pionir standar hardware dan software dunia. maka standar baru dalam dunia industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi kelima berbasis x86. Sehingga pada generasi ini belum ditentukan standar sebuah komputer terutama personal computer (PC). selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI). multimedia. Dengan lahirnya komputer generasi kelima ini. dan pada akhirnya hingga saat ini PC dikenal dengan nama standar IBM-PC. dan multikomunikasi. IBM memutuskan untuk membangun sebuah komputer personal (PC) secara massal. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “Artificial Intelligence”. Prosesor yang digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standar komputer saat ini.000 transistor. yang pada tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standar komputer PC. kemudian chip 386 pada tahun 1983 dengan 275. sedangkan chip 486 diperkenalkan tahun 1989 yang .

Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang. Hingga sekarang komputer yang digunakan kebanyakan masih yang berbasis 32 bit. . Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna.2 juta transistor. 3. Komputer Generasi VI: Masa Depan Dengan teknologi komputer yang ada saat ini. Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya yaitu Pentium 2. Itanium merupakan prosesor pertama milik Intel dengan instruksi-instruksi 64 bit dan akan menelurkan satu generasi baru dari sistem operasi dan aplikasi. dan 4.memiliki 1. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang. agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. sementara masih mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit. Selanjutnya pada tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut Pentium 1 dengan jumlah transistor 3. yang merupakan prosesor terakhir dalam keluarga Intel dengan arsitektur 32 bit (IA-32). Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. komputer beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4. Pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4. Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama.1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Perlu diketahui bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”.

Jack Kilby selesai membuat IC pertama. Dengan adanya Revolusi Industri kehidupan perindustrian berubah dari mekanik menjadi mekanik elektronik bahkan elektronik. – 1959.com/~kpolsson/comphist/] – 1947. C. Tiga saintis Bell Telephone Labs. transistor ~ “transfer resistance”. Robert Noyce membangun seguah IC di mana komponen saling terhubung dengan alur aluminum di atas lapisan permukaan silicon-oxide pada lempeng silicon. ringan. Revolusi komputer belum berhenti seiring dengan terus ditemukannya teknologi baru untuk membuat komputer semakin kecil. REVOLUSI KOMPUTER Seiring dengan revolusi industri yang melahirkan teknologi baru yang tiada henti. Era 1947 – 1970 – 1963. William Shockley. December 23. Intel mengumumkan sebuah 1 kilobit RAM chip – 1970. dari yang bentuknya sebesar rumah menjadi sebesar buku.Federico Fagin] dan chip 1103 [DRAM memory chip pertama] Era 1971 – 1980 . September 12. MIT membuat TX-O (Transistorized Experimental computer) – 1958.Masyarakat seakan terbangun dari cara berpikir lama sulit berkembang karena terbentur keterbatasan teknologi menjadi haus dan berlomba-lomba menguasai teknologi terbaru.islandnet. REVOLUSI KOMPUTER 1. Di Fairchild Semiconductor. REVOLUSI PC Kronologi Revolusi PC Era 1947 – 1970 [http://www.B. Segala sesuatu yang analog berubah menjadi digital. komputerpun mengalami revolusi. 5 komponen pada germanium panjang ! inch lebih tipis dibanding tusuk gigi. IBM membuat SCAMP. cepat dan murah. PC pertama – 1969. – 1956. Kemunculan Internet merubah pola hidup dan kerja yang individu/lokal menjadi global/mendunia karena informasi bisa didapat dan diberi dari dan ke seluruh dunia. 2. REVOLUSI INDUSTRI Perkembangan komputer tidak lepas pengaruhnya dari Revolusi Industri pada tahun 1760 di Inggris. alter Brattain. Douglas Engelbart menciptakan mouse – 1969 Mei. dan John Bardeen mendemonstrasikan penemuan yang disebut point-contact transistor amplifier. Intel membuat mikroprosesor 4004 [dir. Di Texas Instruments.Kehidupan manusia berubah dari masyarakat petani menjadi masyarakat industri. Masyarakat industri mulai berubah menjadi masyarakat informasi.

April. National Radio Institute memperkenalkan computer kit pertama. kecepatan 60. 16K RAM. 12]: 16-bit CPU pada 8-bit bus ( Intel 8088). drive 5. microcassette display 4 baris @ 40 characters pada LCD screen di atas keyboard.25″ drive bays.25″. mikroprosesor 8-bit komersil perama. CP/M. Texas Instruments mengembangkan microcomputeron-a-chip. Osborne 1. Adam Osborne mengenalkan portable computer pertama. dot matrix printer. mengakses memori 16 KB. 3500 transistor.– 1971 Intel memasarkan 4000 family. 2 disket.000 transistors. Era 1981 – 2003 1981 Industri IBM PC/XT-set [Ag. – 1972.000 instruktion per detik. 2 floppy drives. Era 1971 – 1980 – 1971. berisi ~ 15. berbasis pada teknologi 10-micron. 8. Intel memperkenalkan chip 1101 [256-bit programmable memory.5-2”. dan tiny 5″ display. slots. ukuran suitcase. parallel card. dan 1701 chip [256-byte erasable read-only memory (EROM)]. tebal 1.5″ x 11”. Epson HX-20. first laptop computer. . Intel memperkenalkan 200-KHz 8008 chip. 2 full-height 5. 5 exp. monochrome display adapter+monitor (atau color display adapter + monitor).

Saran Untuk kemajuan tecnologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Sedangkan model dan design dari computer itu sendiri juga mengalami perkembangan. Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan computer.. Computer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage. kata dasar computer berasal dari kata “compute” yang berarti menghitung dengan kata lain computer berarti alat penghitung.BAB III PENUTUP Kesimpulan Perkembangan komputer dari masa ke masa selalu memngalami peningkatan. . kecerdasannya logika metematika sangat special membuatnya mempu menciptaka sebuah mesi yang dia sebut dengan nama Analitycal Engine pada tahun 1882. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman computer ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya dalam bidang industri dan penelitian. Sekarang computer sangat berkembang pesat hampir setiap tahun computer selalu mengalami perkembangan. Diharapkan dengan adanya tecnologi computet dapat dimanfaatkan sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas bangsa bukanya untuk menghancurkan moral-moral bangsa. Kemajuan computer dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa pedan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dengan system komputerisasi. Pada awalnya komputer bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagi kegunanan seperti yang kinta alami pada zaman sekarang. Serta tumbuhnya kreatifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusua. sebuah mesin yang berfungsi sebagia alat perhitungan-perhitungan umum. Dulu computer diciptakan hanya untuk sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitingan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung matematika. Oleh karena itu.

LATAR BELAKANG Arsitektur Komputer membahas hal-hal yang berkaitan dengan atribut-atribut yangterlihat atau di pertimbangkan oleh pemrogram yang memiliki dampak langsung padaeksekusi logis pada sebuah program.2. Dengan kata lain arsiterktur komputer membahasmasalah masalah yang berkaitan dengan dengan fungsi komponen komponenkomputer. CPU adalah komponen pengolah data berdasarkan instruksi – instruksi yang diberikan kepadanya.1 dan struktur detail internal CPU terlihat pada gambar 1. yaitu :  Arithmetic and Logic Unit (ALU). Dengan kata lain organisasi komputer membahas masalah-masalah yangberkaitan dengan struktur komputer PEMBAHASAN A. Dalam mewujudkan fungsi dan tugasnya. Termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil instruksi – instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. CPU tersusun atas beberapa komponen. STRUKTUR DASAR CPU 1.Reprsentasi data atau jumlah bit yang digunakan untuk mempresentasikan jenisdata (missal: bilangan karakter dll!". Control Unit. adi organisasi komputer membahas hal-hal yang berkaitandengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang mereliasasikan spesifikasiarsitektural .Set instruksib. seperti terlihat pada gambar 1. ALU terdiri dari dua bagian.#ekanisme input output ($%&! d.'eknik pengalamatan memori &rganisasi Komputer membahas bagaimana semua fungsi-fungsi komputer tersebutdapat diimplementasikan.3. . Seperti istilahnya. CPU tersusun atas beberapa komponen sebagai bagian dari struktur CPU.Con toh atribut arsitektural adalah:a. Komponen Utama CPU CPU merupakan komponen terpenting dari sistem komputer.  yang masing – masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keselurahan mengontrol computer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi – fungsi operasinya. bertugas membentuk fungsi – fungsi pengolahan data komputer. yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean.ARSITEKTUR CPU SPEKTRUKSI BAB IPENDAHULUAN 1. ALU sering disebut mesin bahasa (machine language) karena bagian ini mengerjakan instruksi – instruksi bahasa mesin yang diberikan padanya.

Dalam siklus intruksi operand berbasis register tidak perlu diambil. Memori ini bersifat sementara. dan proses ini mungkin memerlukan pengalamatan tak langsung. unit kontrol dan register – register dan juga dengan bus – bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya. dan apabila opcode telah dieksekusi maka proses yang sama akan diperlukan untuk menyimpan hasilnya di dalam memori. CPU Interconnections. biasanya digunakan untuk  menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. maka operand specifiernya harus diidentifikasikan yang kemudian seluruh operand input yang berada di dalam memori akan diambil. Di dalam siklus intruksi terdapat beberapa bagian yaitu : . adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU. Struktur Detail Internal CPU 2. adalah media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data. Siklus Intruksi Siklus intruksi memiliki sifat-sifat tertentu yaitu sekali instruksi telah diambil. piranti masukan/keluaran. Fungsi CPU CPU memiliki fungsi untuk menjalankan Program-program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi-instruksi. Pandangan paling sederhana proses eksekusi program adalah dengan mengambil pengolahan instruksi atau sering disebut juga dengan siklus instruksi. seperti memori utama. yaitu ALU. menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah. Registers.

SET INSTRUKSI Set Instruksi (bahasa Inggris: Instruction Set. Secara umum. Pipelining ini mirip dengan penggunaan rangkaian perakitan pada pabrik. maka produk yang berada di berbagai tahapan dapat bekerja secara bersamaan. jadi fetch merupakan pengambilan instruksi yang akan dieksekusi. merupakan sebuah instruksi yang melibatkan sebuah operand atau lebih di dalam memori. yang masing-masing operand memerlukan akses memori. merupakan siklus pembacaan instruksi berikutnya dari memori kedalam CPU. . yaitu apabila bagian ini diaktifkan dan interrupt telah terjadi. Strategi Pipelining Strategi pipelining merupakan proses pengambilan dan pengeksekusian instruksi secara parallel. atau Instruction Set Architecture (ISA)) didefinisikan sebagai suatu aspek dalam arsitektur komputer yang dapat dilihat oleh para pemrogram. B. dengan menaruh proses produksi diluar rangkaian perakitan. fetch memiliki arti mengambil. ISA ini mencakup jenis data yang didukung. Siklus tidak langsung. Fetch. Pada strategi pipelining input baru akan diterima pada sebuah sisi sebelum input yang diterima sebelumnya keluar sebagai output di sisi lainnya. yaitu menginterpretasi opcode dan melakukan operasi yang diindikasikan  Interrupt. Dalam arti kata.  Execute. Pengambilan alamat-alamat tak langsung dapat dianggap sebagai sebuah subsiklus intruksi atau lebih. Rangkaain perakitan ini memanfaatkan kelebihan yang didapat dari fakta bahwa suatu produk diperoleh dengan melalui berbagai tahapan produksi. simpan status proses saat itu dan layani interrupsi.

dan operasi I/O eksternalnya (jika ada).jenis instruksi yang dipakai. Kumpulan opcode tersebut. ISA merupakan sebuah spesifikasi dari kumpulan semua kode-kode biner (opcode) yang diimplementasikan dalam bentuk aslinya (native form) dalam sebuah desain prosesor tertentu. mode pengalamatan. ISA yang populer digunakan adalah set instruksi untuk chip Intel x86. Karakteristik Mesin Instruksi  Elemen-elemen instruksi mesin o Operation Code (OP Code) yaitu kode operasi berbentuk kode biner o Source Operand Reference yaitu operand adalah input operasi o Result Operand Reference yaitu merupakan hasil atau keluaran operasi o Next Instruktion Reference elemen ini menginformasikan CPU posisi instruksi berikutnya yang harus diambil dan dieksekusi.  Contoh Mnemonic o ADD = Penambahan o SUBB = Pengurangan o LOAD = Muatkan data ke memori Contoh Instruksi dengan 2 dan 3 alamat . arsitektur memori. penanganan interupsi. dan lain-lain. Sun SPARC. jenis register. umumnya disebut sebagai bahasa mesin (machine language) untuk ISA yang bersangkutan. DEC Alpha. IA-64. Motorola 68000. eksepsi. IBM PowerPC. Operand dari suatu system operasi dapat berada pada:  Memori Utama atau memori virtual  Register CPU  Perangkat I/O Format Instruksi Kode Operasi (Op Code) direpresentasikan dengan singkatan-singkatan yang disebut mnemonic.

Operasi Set Instruksi Secara Umum .

.

.C. Mode pengalamatan ini menjabarkan suatu aturan untuk menginterpretasikan atau memodifikasi field alamat dari instruksi sebelum operand direferensikan. Beberapa mode pangalamatan umum diantaranya adalah : *OPR mewakili sebuah register untuk menyimpan operand yang akan digunakan sewaktu instruksi dijalankan. Beberapa teknik ini dapat meningkatkan kecepatan pelaksanaan instruksi dengan menurunkan jumlah referensi pada memori utama dan meningkatkan jumlah referensi pada register kecepatan tinggi. MODE PENGALAMATAN Suatu variasi mode pengalamatan (addressing mode) dapat digunakan untuk menentukan suatu alamat tempat untuk dimana operand akan di fetch.

termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. memory.  Generasi pertama (1950). sistem operasi menangani kontrol dan penggunaan sumber daya perangkat keras. Sejarah Sistem Operasi Perkembangan sistem operasi dipengaruhi oleh perkembangan hardware. Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol eksekusi program aplikasi dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem. Kumpulan program ini menyediakan layanan kontrol terhadap sumber daya komputer. DUKUNGAN SISTEM OPERASI  Pengertian Sistem Operasi Dalam Ilmu komputer. seperi disc-room. dan perangkat tambahan lain. dan lainlain.D. yaitu:  Generasi ke-nol (1940). printer. Sistem Operasi juga bertindak sebagai antar-muka antara pengguna dengan perangkat keras komputer. Sistem Operasi mengandung sejumlah program. Sistem operasi mulai dikembangkan sejak ±40 tahun lalu.Secara khusus. processor. seperti mouse. dan beberapa program tergolong sebagai utilitas. .

 Manajemen data berupa pengendalian terhadap data masukan/keluaran.  Manajemen proses mencakup penyiapan. Yang dimaksudkan sumber daya disini adalah komponen perangkat keras dalam computer seperti CPU. Selain tiga fungsi utama tersebut. . termasuk dalam hal pengalokasian dalam peranti penyimpan sekunder maupun memori utama. Proses adalah program yang sedang dijalankan. system operasi umumnya juga mempunyai sarana untuk mengelola keamanan. Tujuan dan Fungsi Sistem Operasi Sistem operasi diharapkan mempunyai dua tujuan yaitu:  Kenyamanan : suatu sistem operasi membuat komputer lebih mudah untuk digunakan. Fungsi Sistem Operasi System operasi memiliki tiga fungsi utama yaitu manajemen proses. manajemen sumber daya dan manajemen data.  Generasi ketiga (1970)  Generasi keempat (pertengahan 1970-an hingga sekarang). memori utama dan peranti masukan/keluaran.  Efesien : suatu sistem operasi memungkinkan sumber daya sistem komputer dapat digunakan dengan cara yang efesien. penjadwalan dan pemantauan proses pada computer.  Manajemen sumber daya berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumber daya dalam system computer yang dilakukan oleh perangkat lunak system maupun pereangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan oleh computer. Ciri system operasi yang mempunyai fasilitas manajemen keamanan adalah mengharuskan pemakai memasukan nama pengguna dan password (kata rahasia) sebelum mengakses computer. Generasi kedua (1960).

Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard). Windows Vista. Windows NT 4. dan Windows ME).0. dll.Macam-Macam Sistem Operasi Dalam perkembangan sistem operasi. Komputer Mainframe. 3. GNU/Linux. dan Windows NT (Windows NT 3. Mac OS.4 (Tiger). seperti SCO UNIX. sudah banyak perusahaan-perusahaan atau para programer yang membuat dan mengembangkan sistem operasi sendiri. Windows XP. baik itu personal atau general. 2. Windows Server 2003. adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh.  Penjadwalan Jangka-Menengah . MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi. Penjadwalan Proses  Penjadwalan Jangka-Panjang Penjadwalan jangka-panjang merupkan keputusan untuk menambahkan program yang akan dieksekusi ke pool. Tapi pada saat ini terdapat beberapa sistem operasi yang sudah sangat dikenal yaitu: 1. 98. Windows 2000. Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009.yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1. umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX.x hingga versi 3.x). HP/UX. 4. dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)).x. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX. Keluarga Microsoft Windows . Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10. keluarga BSD (Berkeley Software Distribution). Penjadwalan jangka-panjang menentukan program yang mana diakui sebagai sistem untuk diproses. dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd. dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda. Windows 9x (Windows 95.

mereka diletakkan dalam antrian job. Proses juga dapat ditukar (swap) sementara keluar memori ke backing store dan kemudian dibawa kembali ke memori untuk melanjutkan eksekusi.  Ada beberapa istilah dalam manajemen memori yang akan dijelaskan yaitu: o Swaping Sebuah proses harus berada di memori untuk dieksekusi. o Partitioning Sebuah proses system operasi akan menempati bagian memori yang tetap. mengijinkan sebuah proses dialokasikan pada memori fisik yang terakhir tersedia. Manajement Memori  Melakukan pengaturan prosesor sehubungan penjadwalan proses yang harus dilakukan.Penjadwalan jangka-menengah merupakan suatu keputusan untuk menambah banyaknya proses-proses itu secara parsial atau secar penuh didalam memori utama.  Penjadwalan Antrian Ketika proses memasuki sistem. Sisa memori akan dibagi-bagi untuk keperluan sejumlah proses.  Penjadwalan Jangka-Pendek Penjadwalan Jangka-Pendek merupakan keputusan sebagai proses tersedia yang mana yang akan dieksekusi oleh prosesor. Antrian ini terdiri dari seluruh proses dalam sistem. o Paging Paging merupakan kemungkinan solusi untuk permasalahan fragmentasi eksternal dimana ruang alamat logika tidak berurutan. .

Siklus instruksi Satu instruksi mesin persiklus mesin. yaitu: siklus instruksi. untuk melakukan suatu operasi ALU dan menyimpan hasilnya pada register. instruksi mesin dapat dihardwired. yang pada dasarnya adalah untuk menyederhanakan realisasi perangkat keras prosesor dengan melimpahkan sebagian besar tugas kepada perangkat lunaknya. tetapi dalam kesederhanaan tersebut didapatkan kecepatan operasi tiap-tiap siklus instruksinya. Instruksi seperti itu akan dieksekusi lebih cepat . Jadi ide tentang RISC.E. Ide dasar prosesor RISC sebenarnya bisa dilacak dari apa yang disarankan oleh Von Neumann pada tahun 1946. CICS Dan RISC RISC(Reduced Instuction Set Computer) adalah rancangan prosessor yang sederhana. Dengan menggunakan instruksi sederhana atau instruksi satu siklus hanya dibutuhkan satu mikrokode atau tidak sama sekali. Suatu siklus mesin dinyatakan oleh waktu yang dibutuhkan untuk mengambil dua operand dari register. dengan demikian instruksi mesin RISC tidak boleh lebih kompleks dan harus dapat mengeksekusi secepat mikroinstruksi pada mesin-mesin CISC. Racangan ini berawal dari pertimbanganpertimbangan dan analisa model perancangan lain yang kompleks. Karakteristik RISC RISC mempunyai beberapa karakteristik. Berikut akan dibahas dari masing-masing karakteristik dari RISC. komputer elektronik pertama merupakan komputer eksekusi-langsung yang memiliki instruksi sederhana dan mudah didekode. mode pengalamatan dan format instruksi. Seperti halnya prosesor RISC. Von Neumann menyarankan agar rangkaian elektronik untuk konsep logika diimplementasikan hanya bila memang diperlukan untuk melengkapi sistem agar berfungsi atau karena frekuensi penggunaannya cukup tinggi (Heudin. 1992 : 18). sehingga harus ada pengurangan set instruksinya. Alasan menggunakan RISC Rancangan arsitektur CPU yang mengambil dasar filosofi bahwa prosessor dibuat dengan arsitektur yang tidak rumit dengan membatasi jumlah instruksi hanya pada instruksi dasar yang diperlukan saja. operasi pertukaran data. telah ada pada komputer elektronik pertama.

Yang ketiga adalah penggunaan pipeline instruksi. Mode pengalamatan Penggunaan mode pengalamatan sederhana. VAX mempunyai 25 instruksi ADD yang berbeda. selain dapat menyederhanakan sel instruksi dan unit kontrol. Dan yang terakhir bahwa prosessor RISC lebih respontif ke interupsi. Format instuksi Penggunaan format-format instruksi sederhana. Fitur ini memiliki beberapa kelebihan karena dengan menggunakan field yang tetap pendekodean opcode dan pengaksesan operand register dapat dilakukan secara bersama-sama Setelah dipertimbangkan semua karakteristik secara bersamaan. Keuntungan-keuntungan ini dikategorikan dalam dua kategori utama: yang pertama berhubungan dengan kinerja dan yang kedua berhubungan dengan implementasi VLSI. panjang instruksinya tetap dan disesuaikan dengan panjang word. dapat dilihat keuntungan-keuntungan potensial dari pendekatan RISC. Yang kedua bahwa kebanyakan instruksi yang dihasilkan oleh kompiler biasanya sederhana dan relatif.. sebuah set instruksi RISC bisa mengandung hanya satu atau dua instruksi ADD (misalnya. Pertama pengoptimalan compiler yang lebih efektif dan dapat dikembangkan.dibanding yang sejenis pada yang lain karena tidak perlu mengakses penyimapanan kontrol mikroprogram saat eksekusi instruksi berlangsung. Berkaitan dengan kinerja. Rancangan ini menyederhanakan set intsruksi dan sekaligus menyederhanakan unik kontrol. Keuntugan lain adalah bahwa arsitektur seperti itu meningkatkan optimasi penggunaan register. dengan hanya operasi akses memori LOAD dan STORE yang sederhana. sehingga operand-operand yang sering diakses akan tetap berada dalam penyimpanan berkecepatan tinggi. Sebagai contoh. Beberapa mode tambahan seperti pergeseran dan pe-relatif dapat dimasukkan selain itu banyak mode kompleks dapat disintesis pada perangkat lunak dibanding yang sederhana. suatu jumlah tertentu “circumstansial evidence” dapat direpresentasikan. hampir sama dengan instruksi menggunakan pengalamatan register. penambahan bilangan bulat. Operasi pertukaran data Kebanyakan operasi harus dalam bentuk register ke register. . penambahan dengan carry).

dan penyimpanan ke dalam memory. Untuk tujuan contoh kita kali ini. hanya sedikit saja dari RAM yang digunakan untuk menyimpan instruksi-instruksi tersebut. 5:2 MULT dalam hal ini lebih dikenal sebagai “complex instruction”. seperti pengambilan dari memory. Satu kelebihan dari sistem ini adalah kompailer hanya menerjemahkan instruksiinstruksi bahasa tingkat-tinggi ke dalam sebuah bahasa mesin. sebuah prosesor CISC sudah dilengkapi dengan sebuah instruksi khusus. operasi aritmetika. melakukan perkalian operan di unit eksekusi dan kemudian mengambalikan lagi hasilnya ke register yang benar. Karakteristik CISC dapat dikatakan bertolak-belakang dengan RISC.Pipelining pada RISC  Pipelining akan lebih mudah di implemenstasikan bila set instruksi sederhana dan  teratur. instruksi akan membaca dua nilai dan menyimpannya ke 2 register yag berbeda. Instruksi yang bisa dilakukan akan dikerjakan tanpa menunggu instruksi  sebelumnya selesai. Hal ini bisa tercapai dengan cara membuat perangkat keras prosesor mampu memahami dan menjalankan beberapa rangkaian operasi. atau instruksi yang kompleks. Cisc (Complex instruction-set computing atau Complex Instruction-Set Computer) atau "Kumpulan instruksi komputasi kompleks" adalah sebuah arsitektur dari set instruksi dimana setiap instruksi akan menjalankan beberapa operasi tingkat rendah. Jadi instruksi-nya cukup satu saja… MULT 2:3. Saat dijalankan. Tujuan utama dari arsitektur CISC adalah melaksanakan suatu perintah cukup dengan beberapa baris bahasa mesin sedikit mungkin. Salah satu metode untuk meningkatkan kinerja system computer. yang kita beri nama MULT. Mengapa CISC? Jumlah instruksi yang banyak dan instruksi yang lebih kompleks. Karena panjang kode instruksi relatif pendek. semuanya sekaligus hanya di dalam sebuah instruksi. Bekerja secara langsung melalui memori komputer dan tidak memerlukan instruksi lain seperti fungsi baca maupun menyimpan. Dua alasan utama yang menjadi motivasi kecenderungan ini adalah adanya keinginan untuk .

Karakteristik CISC versus RISC Rancangan RISC dapat memperoleh keuntungan dengan mengambil sejumlah feature CISC dan Rancangan CISC dapat memperoleh keuntungan dengan mengambil sejumlah feature RISC. Kesimpulan · Dapat ditarik kesimpulan bahwa instruksi-instruksi mesin harus mampu mengolah data sebagai implementasi keinginan-keinginan kita · Terdapat kumpulan unit set instruksi yang dapat digolongkan dalam jenis-jenisnya. RISC CISC Penekanan pada perangkat lunak Penekanan pada perangkat keras Single-clock.menyederhanakan kompiler dan keinginan untuk meningkatkan kinerja. tidak lagi “murni” RISC dan rancangan CISC yang terbaru. Pengolahan data (data processing) . yang dikenal sebagai PowerPC. Alasan penting lainnya adalah harapan bahwa CISC akan menghasilkan program yang lebih kecil dan lebih cepat. yang dikenal sebagai Pentium. Hasilnya adalah bahwa sejumlah rancangan RISC yang terbaru.kecepatan rendah Transistor banyak dipakai untuk register Transistor digunakan untuk menyimpan memori instruksi2 kompleks BAB III PENUTUP 1. yaitu : 1.hanya sejumlah kecil instruksi Termasuk instruksi kompleks multi-clock Register toRegister :”LOAD”&”STORE” Memori adalah instruksi2 terpisah ”LOAD”&”STORE” saling bekerjasama ke Memori: Ukuran kode besar(kecepatan relatif tinggi) Ukurang kode kecil. memiliki beberapa karakteristik RISC.

minimal untuk ditampilkan pada layar harus diadakanpenyimpanan walaupun sementara 4. Penyimpanan data ( data storage) Berisi instruksi-instruksi penyimpanan ke memori. sehingga insrtuksi ini memiliki kemampuan untuk pengolahan data lain. 2. bukannya sebagi bilangan. sedangkan instruksi logika beroperasi terhadap bitbit.Meliputi operasi-operasi aritmatika dan logika. operasi aritmatika memiliki kemapuna komputasi untuk pengolahan data numrik. Perpindahan data ( data movement) Berisi instruksi perpindahan data antar register maupun modul I/O. instruksi ini berguna untuk pengontrolan status dan mengoperasikan pencabangan ke set instruksi lain. 3.untuk dapat diolah oleh CPU maka diperlukan operasi-operasi yang bertugas memindahkan data operand yang diperlukan. karena data tersebut akan digunakan untuk operasi berikutnya. instruksi penyimpanan sangat penting dalam operasi komputasi. . Control aliran program ( program flow control) Berisi instruksi pengontrolan operasi dan pencabangan.