You are on page 1of 8

KEPERAWATAN SISTEM PERKEMIHAN

PROGRAM STUDI S1 – KEPERAWATAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
HANG TUAH SURABAYA

SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP) INFEKSI SALURAN KEMIH (ISK)
DI PUSKESMAS GUNUNG ANYAR SURABAYA
Topik

: Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Sub Topik

: Pencegahan Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Sasaran

: Pasien dan Keluarga

Tempat: Puskesmas Gunung Anyar Surabaya
Hari, Tanggal : Rabu, 20 Januari 2016
Waktu

: 09.00 – 09.30 WIB

A. Latar Belakang
Masyarakat di jaman sekarang tidak lepas dari yang namanya sakit. Sakit
merupakan ketidak seimbangan dalam tubuh tidak hanya fisik tapi juga
psikologinya. Banyak faktor yang mempengaruhi timbulnya penyakit misalnya
personal hygiennya(kebersihan diri sendiri), jika personal hygiennya kurang
terpenuhi maka orang tersebut mungkin lebih rentan terkena penyakit. Infeksi
saluran kemih (ISK) adalah infeksi bakteri yang terjadi pada saluran kemih. ISK
merupakan salah satu kasus yang sering terjadi dalam masyarakat. Walaupun
terdiri dari berbagai cairan, garam, dan produk buangan, biasanya urin tidak
mengandung bakteri. Jika bakteri menuju kandung kemih atau ginjal dan
berkembang biak dalam urin, terjadilah ISK. Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah
suatu kondisi dimana sistem kemih meradang akibat infeksi kuman. Infeksi
tersebut umumnya dimulai dari infeksi dibagian muara kencing dan uretra
(uretritis), tetapi jika tidak ditanggulangi dengan baik maka infeksi akan menjalar

1

Prevalensi ISK di masyarakat makin meningkat seiring dengan meningkatnya usia. dewasa maupun lanjut usia. 2010).. Walaupun infeksi yang terjadi karena penyebaran kuman melalui pembuluh darah dan limfe. akan tetapi yang terbanyak dan tersring adalah kuman-kuman keatas melalui uretra kedalam kandung kemih dan saluran kemih yang lebih atas. Perubahan mekanis dan hormonal yang terjadi pada kehamilan meningkatkan risiko keadaan yang membuat urin tertahan di saluran kencing. Infeksi saluran kemih dapat mengenal baik laki-laki maupun wanita dari semua umur baik anak-anak. terutama kalau sistem ketahanan tubuh sudah berkurang.2 %.hingga kandung kemih (sistisis). ISK dapat disebabkan oleh kebiasaan yang tidak baik (kurang minum. apa saja jenis bakteri akan sangat gampang sekali masuk ke dalam tubuh. Sebagian besar infeksi tersebut adalah asimtomatik. Sedangkan pada usia sama atau diatas 65 tahun kira-kira mempunyai angka prevalensi ISK sebesar 20%. mengalami paling sedikit satu kali serangan akut inferksi saluran kemih selama hidupnya.yang kita tidak tau juga kalau pasangan itu membawa bakteri dari pasangan lain. dan penyakit serta kelainan lain. pada bumil/nifas 5-6%. Pada usia 40 – 60 tahun mempunyai angka prevalensi 3. kateterisasi. Juga adanya peningkatan hormon progesterone pada kehamilan akan menambah besar dan berat rahim serta mengakibatkan pengenduran pada otot polos saluran kencing.Infeksi saluran kemih di Indonesia insiden dan prevalensinya masih cukup tinggi. 15% perempuan mengalami ISK. Sekitar 15% wanita. atas latar belakang diatas penulis tertarik untuk menyususun 2 . Infeksi saluran kemih terjadi adanya invasi mikroorganisme pada saluran kemih. serta berhubungan dengan gonta ganti pasangan. angka kejadiannya pada wanita hamil adalah 5%-6% dan meningkat sampai 10% pada resiko tinggi. Dalam setiap tahun. 2001). ureter (ureteritis) bahkan hingga mengenai ginjal (pielonefritis) (Suciadi. menahan kemih). remaja. Kejadian ISK makin sering terjadi pada masa kehamilan. Ada beberapa masyarakat yang belum mengetahui tentang pencegahan dan pengobatan ISK. Untuk menegakkan diagnosis ISK harus ditemukan bakteri dalam urin melalui biakan atau kultur (Tessy.

3. Tujuan Instruksional Khusus Setelah dilakukan penyuluhan selama 30 menit.0082 Fasilitator 4. Menyebutkan etiologi atau penyebab dari Infeksi Saluran Kemih (ISK). Hanny Horizoni 121.0044 Fasilitator 6. Menjelaskan pengertian dari Infeksi Saluran Kemih (ISK). Hilda Rosa Nilasari 121. 5. B. C. 4. Agita Anggun 121.00 – 10. 2. Nama NIM Keterangan 1. Menyebutkan tanda dan gejala dari Infeksi Saluran Kemih (ISK). Tujuan Instruksional Umum Setelah dilakukan penyuluhan selama 30 menit.0043 Obsever 5. R. Afissa Rahma Ayunda 121. Pengorganisasian No.satuan acara penyuluhan tentang pencegahan penyakit infeksi saluran kemih (ISK). Waktu dan Tempat Pelaksanaan Waktu : 09.00 WIB Tempat : Pukesmas Gunung Anyar Surabaya Hari. masyarakat mampu : 1. pasien dan keluarga mampu memahami tentang konsep dasar Infeksi Saluran Kemih (ISK) dan cara pencegahannya.0080 Moderator 2. Raihatus Sofia 121. Menyebutkan klasifikasi dari Infeksi Saluran Kemih (ISK). D. Kamaliyatul Adiybah 121.0005 Dokumentator 3. Tanggal : Rabu.0004 Penyaji E. Menyebutkan cara pencegahan terjadinya Infeksi Saluran Kemih (ISK). 20 Januari 2016 Denah : 3 .

Materi (terlampir) Pengertian Infeksi Saluran Kemih (ISK). Tanda dan gejala dari Infeksi Saluran Kemih (ISK). Klasifikasi dari Infeksi Saluran Kemih (ISK). Metode 1. 2. Kegiatan Penyuluhan 4 . Leaflet 2. 3.O F. LCD J. 4. 1. H. 5. Etiologi atau penyebab dari Infeksi Saluran Kemih (ISK). Ceramah 2. Sasaran Pasien dan Keluarga Puskesmas Gunung Anyar Surabaya G. Media 1. Pencegahan terjadinya Infeksi Saluran Kemih (ISK). Tanya jawab I.

Bertanya. Memperhatikan. Memberi salam 1. 2. Infeksi 6. Menerima dan membaca leaflet 10 menit kepada audience. 3. 3. 3. Membagikan leaflet 1. Memperhatikan. Menyebutkan materi yang akan diberikan. Menyebutkan cara pencegahan terjadinya Infeksi Saluran Kemih (ISK). Menyebutkan klasifikasi 3. Pembukaan 5 menit Kegiatan Penyuluh Respon Audience 1. Memperhatikan. Memperhatikan. yang akan dilakasanakan.No. Memperkenalkan diri. Pelaksanaan 1. Memperhatikan. 3. Memperhatikan. kesempatan 1. Menjelaskan pengertian 2. kepada audience unuk bertanya 5 . yang telah dibagikan. Memberikan 2. Memperhatikan. 5. pembukaan. etiologi penyebab dari Infeksi Saluran Kemih (ISK). Waktu 1. Memperhatikan. 6. 5. 4. dari Infeksi Saluran Kemih (ISK). Menjawab salam. 4. Menjawab pertanyaan yang diajukan oleh penyuluh. Saluran Kemih (ISK). Evaluasi 10 menit Memberikan 1. Menyebutkan atau 4. Menyebutkan tanda dan gejala dari 5. beberapa pertanyaan pada audience tentang materi penyuluhan 2. 5. 4. Menjelaskan tujuan penyuluhan. dari Infeksi Saluran Kemih (ISK). 2.

2. salam penutup. MATERI 1. tetapi jika tidak ditanggulangi dengan baik maka infeksi akan menjalar hingga kandung kemih (sistisis). Menjawab pertanyaan. Mengucapkan 2. Pengertian Infeksi Saluran Kemih (ISK) Infeksi Saluran Kemih (ISK) atau Urinarius Tractus Infection (UTI) adalah sutau keadaan adanya infasi mokroorganisme pada saluran kemih (Tessy. Klasifikasi dari Infeksi Saluran Kemih (ISK) Klasifikasi Infeksi Saluran Kemih (ISK) sebagai berikut : a. Mendengarkan. Ginjal (pielonefritis) ISK pada lansia dibedakan menjadi : a. 2. Infeksi tersebut umumnya dimulai dari infeksi dibagian muara kencing dan uretra (uretritis). ISK uncomplicated (simple) 6 . 4. Memberikan 2. atas perhatian yang diberikan. pertanyaan kepada audience tentang materi penyuluhan yang telah disampaikan. Terminasi 5 menit 1.tentang materi yang telah diberikan. Uretra (urethritis) c. ureter (ureteritis) bahkan hingga mengenai ginjal (pielonefritis) (Suciadi. Kandug kemih (sistisis) b. 2001). Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah suatu kondisi dimana sistem kemih meradang akibat infeksi kuman. Menjawab salam. Prostat (prostatitis) pada laki-laki d. 2010). 2. Mengucapkan terimakasih 1.

epidemidis. reflex vesiko uretral. b. Nyeri perut bagian tengah dan bawah d. c. kandung kemih yang kurang efektif. 2001 adalah : a. Etiologi atau penyebab dari Infeksi Saluran Kemih (ISK) Jenis-jenis mikroorganisme yang menyebabkan ISK menurut Sudoyo. Pencegahan terjadinya Infeksi Saluran Kemih (ISK) Pencegahan ISK adalah : 7 . Nutrisi yang sering kurang baik. Demam hingga menggigil g. ISK complicated Sering menimbulkan banyak masalah karena sering kali kuman penyebab sulit diberantas. 3) Gangguan daya tahan tubuh. 3. d. Tanda dan gejala dari Infeksi Saluran Kemih (ISK) Tanda dan gejala ISK menurut Suciadi. Enterobacter staphylococcus. ISK ini terjadi bila terdapat keadaan-keadaan sebagai berikut : 1) Kelaianan abnormal saluran kencing. 90% penyebab ISK uncomplicated (simple) b. sepsis dan syok. 2010 adalah : a. kateter kandung kencing menetap dan prostatitis. kuman penyebab serig resisten terhadap beberapa macam antibiotika. sering terjadi bakteremia. Hilangnya efek bakterisid dari sekresi prostat. e. Air kencing berwarna keruh dan ada darah e. Pseudomonas. Nyeri pinggang f. anatomik maupun fungsional normal. 2006 : a. baik seluler maupun humoral. proteus. klebsiella : penyebab ISK complicated c. Rasa perih saat berkemih b. enterococci. Sistem imunitas menurun. Mual dan muntah-muntah 5. Sisa urin dalam kandung kemih yang meningkat akibat pengososngan b. 4) Infeksi yang disebabkan karena organisme virulen. pada laki-laki. 4. Faktor pencetus ISK pada lansia menurut Tessy. f. ISK ini pada lansia terutama mengenai penderita wanita dan infeksi hanya mengenai mukosa kandung kemih.ISK yang terjadi sederhana yang terjadi pada pendrita dengan saluran kencing tidak baik. obstruksi. dll. Mobilitas menurun. 2) Kelainan faal ginjal : GGA maupun GGK. misalnya batu. Anyang-anyangan c. atoni kandung kemih. Adanya hambatan pada aliran urin. Escherichia Coli. paraplegia.

c. 2001. Jakarta : Pelita Jaya 8 .a. 2010). 2010. Gantilah pembalut secara rutin saat sedang menstruasi. Gantilah popok secara rutin. e. Jakarta : FKUI. j. (Suciadi. Ardaya. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam : Infeksi Saluran Kemih. Biasakan diri minum air putih yang cukup setiap harinya. Biasakan berhubungan seksual dengan cara yang sehat. hindari kebiasaan mencuci kemaluan dengan bebagai produk kosmetik yang tidak jelas atau cebok dengan air toilet yang diragukan kebersihannya. h. DAFTAR PUSTAKA Tessy Agus. wanita membiasakan diri buang air kecil setelah berhubungan seksual. Hindari kebiasaan menahan kencing. Bagi kaum wanita. sebaiknya kaum f. i. Biasakan cebok dengan arah dari depan (kemaluan) ke belakang (bokong). Periksa air seni secara teratur saat sedang hamil. yaitu 8 gelas dalam sehari. Sistem Perkemihan. Kenakan celana dalam dari bahan yang nyaman dan tidak terlalu ketat. b. Tuntaskan pengobatan jika memiliki penyakit prostat atau batu saluran kemih. Jagalah kebersihan daerah kelamin. Suwanto. g. Edisi : 3. d. k. Suciadi.