You are on page 1of 4

REKLAMASI TELUK

JAKARTA
Diajukan untuk memenuhi tugas Kelompok
Mata Kuliah Hukum Pariwisata
Pada
Semester Genap
Fakultas Hukum
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

1
2
3
4
5

Disusun Oleh Kelompok 6
Nasrulloh Ali Fauzi
(1111140665)
Respati Bayu Sagita
(1111141062)
Teggar Nur Addin
(1111142735)
Wahid Huda Nur Iksan (1111142818)
Yudha Putra Ramadhan
(1111141157)

FAKULTAS HUKUM
UNIVERSITAS SULTAS AGENG TIRTAYASA
BANTEN
2016

Selain itu. Jakarta .com. Langkah pemerintah provinsi DKI Jakarta yang mengeluarkan izin reklamasi melalui surat keputusan (SK) Gubernur DKI Nomor 238 Tahun 2014 tentang Pemberian Izin Pelaksanaan Reklamasi Pulau G kepada PT Muara Wisesa Samudera dinilai sebagai hal yang salah. "Kita punya 17 ribu pulau dan 70 persen hingga 80 persen belum dikelola." ujarnya di Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH). Rabu (11/11/2015). sejauh ini tidak ada hal-hal yang dinilai mendesak supaya proyek reklamasi ini diteruskan. "Reklamasi hanya untuk jualan properti. Sehingga akan lebih baik jika pemerintah mengelola daratan tersebut ketimbang membuat daratan baru dari wilayah laut. melainkan hanya untuk kepentingan bisnis seperti proyek properti. Dia mengungkapkan. Jakarta. Kenapa tidak kelola saja pulau yang ada?" kata dia. Indonesia masih punya banyak daratan yang belum dikelola. Menurutnya. . Ahok tidak perlu khawatir jika proyek ini dihentikan maka akan muncul gugatan terhadap dirinya dari kontraktor pelaksana proyek. Ketua Umum Kesatuan Nelayan Tradisonal Indonesia (KNTI). Pasalnya.Proyek reklamasi teluk Jakarta terus menuai perdebatan hingga saat ini. Riza juga meminta Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) mengambil sikap yang rasional terkait proyek reklamasi ini. bukan untuk rehabilitasi alam apalagi perbaikan keadaan ekonomi masyarakat sekitar. Riza Damanik menuding proyek reklamasi teluk Jakarta bukan ditujukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir di wilayah utara Jakarta.Benarkah Reklamasi Teluk Jakarta untuk Cegah Banjir? Liputan6.

"Kita hadir sebagai birokrat dan DPR demi kemaslahatan rakyat. Politisi Partai Demokrat ini memberi contoh. Herman mengatakan jangan hanya melihat dari sisi banyak sedikitnya dampak pencemaran. keefektifan penegakan hukum tidak efektif. Mayoritas nelayan." kata Herman. Selain itu. Jadi reklamasi Teluk Jakarta saya rasa berdampak pada kehidupan manusia di sana. Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkoordinasi menyoroti permasalahan tersebut. analisis dampak lingkungannya belum bisa diketahui karena belum juga disetujui Kementerian Kelautan dan Perikanan. Komisi IV DPR RI juga merekomendasikan agar proyek reklamasi Teluk Jakarta dihentikan sementara Sebab. Belum lagi pertimbangkan sisi manusia. Ini berpegaruh pada masyarakat pesisir."Ini harus dibatalkan dan Ahok tidak perlu khawatir akan digugat oleh developer yang sudah dapat jatah proyek itu karena ini (penghentian proyek) bukan perintah dia tapi perintah UndangUndang (UU). masih banyak masalah yang perlu menjadi perhatian khusus. Sebelumnya. Tidak menutup kemungkinan jika tidak ada sinergi lintas kementerian. namun juga perlu diperhatikan urgensinya. "Izin di KKP tapi amdalnya di LHK. laut dan kegiatan udara. Bukan kita menghambat tapi seluruh kegiatan harus dihentikan kalau caranya juga merugikan masyarakat lain." tandas Herman. Mau di kemanakan?" tanya dia." tandasnya. Belum lagi dampak limbah yang tentu kurang baik. Laut sudah jadi comberan saja. "Pencemaran laut berasal dari daratan. rapat kepada KLHK untuk reklamasi pantai utara Jakarta perlu kerja sama baik dengan KKP. Sebab menurutnya. Ini yang jadi rekomendasi kita untuk dihentikan sementara sampai perizinan dan sebagainya selesai. (Dny/Gdn) .

hanya masyarakat yg mendapatkan kerugian terutama para nelayan di wilayah pesisir teluk Jakarta. maka kita akan kehilangan daratan lainnya” . Filosofinya “dimana kita membuat daratan baru. ibarat gelas diatas tumpukan buku. Selain itu rencana reklamasi ini hanya menguntungkan pihak investor. Karena jika adanya reklamasi akan merusak ekosistem dalam laut teluk Jakarta tersebut. Dan para nelayan akan sulit mencari ikan. Pembangungan fasilitas diatas lahan reklamasi jelas tidak stabil.TANGGAPAN : Kelompok kami tidak setuju dengan adanya reklamasi teluk Jakarta. dan sangat membahayakan bagi rakyat yg akan berada di wilayah reklamasi tersebut. Dan dalam artikel diatas menyebutkan bahwa reklamasi teluk Jakarta untuk mencegah banjir. fasilitas pariwisata tersebut akan lebih mudah hancur jika terjadi gempa apalagi tsunami. Padahal kenyataannya reklamasi hanya semakin memperparah abrasi di sekitar teluk Jakarta karena merubah arus laut. Selain itu tidak semua golongan rakyat bisa menikmati reklamasi.