You are on page 1of 6

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang Praktik Kerja Lapangan
Ilmu pengetahuan dan dunia konstruksi

selalu

mengalami

perkembangan. Pembekalan bagi seorang calon Sarjana Teknik Sipil tidak
cukup dengan pembekalan teori di bangku kuliah saja. Pemahaman yang
lebih mendalam mengenai proses dan tahapan dalam kegiatan konstruksi
dapat diperoleh secara langsung dengan kerja praktik.
Dengan adanya kerja praktik diharapkan mahasiswa dapat lebih siap
untuk menjadi calon sarjana teknik sipil yang tidak hanya memiliki
kemampuan teoritis, namun juga pemahaman dan kemampuan praktis
sebagai bekal memasuki dunia kerja.
Oleh karena itu, Universitas

Negeri

Semarang

(UNNES)

mengimplementasikannya melalui pembelajaran berbasis kompetensi
(Learning Based Competency. Salah satu bentuk pembelajaran berbasis
kompetensi adalah mewajibkan mahasiswa melakukan kerja praktik. Pada
kerja praktik kali ini penulis memilih proyek pembangunan Bendungan
Logung, karena mengingat terdapat hubungan antara bidang proyek
dengan bidang akademis yang penulis pelajari dalam perkuliahan.

1.2.Latar Belakang Pembangunan Bendungan Logung
Kabupaten Kudus merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa
Tengah. Dimana sebagian masyarakatnya adalah hidup dari pertanian dan
1

Dapat membandingkan antara teori yang didapat di perkuliahan dengan pelaksanaan yang terjadi di lapangan. e. d. Mendapatkan pengalaman – pengalaman praktis proses pembangunan di lapangan. namun sebaliknya pada musim kemarau daerah ini terjadi bencana kekeringan.Tujuan Kerja Praktik a.industri. b. Hal tersebut menimbulkan kerugian materi yang besar tiap tahun karena petani tidak dapat mengoptimalkan lahan pertaniannya akibat banjir dan kekeringan. aspek teknis pelaksanan proyek di lapangan dan gambaran tentang aspek manajemen suatu proyek. Sehubungan dengan hal tersebut. Pada waktu musim penghujan Kabupaten Kudus sering mengalami bencana banjir akibat meluapnya Sungai Juana dan Sungai Logung (anak Sungai Juana). Menambah penguasaan materi kuliah dan dapat mengaplikasikan ilmu serta teori yang didapat untuk diterapkan di dunia kerja. maka pemerintah Kabupaten Kudus melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan melakukan berbagai kegiatan Studi dan Perncanaan yang dimulai sejak tahun 1986 yaitu dengan membuat Bendungan Logung. Mendapatkan ilmu pengetahuan dan wawasan tentang proyek bangunan sipil. 2 . Diharapkan Bendungan Logung dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah ketersediaan air untuk wilayah Kudus. Meningkatkan dan memberikan pengalaman tentang hubungan kerjasama di lingkungan kerja. c. selain itu banjir juga menghambat pergerakan produksi untuk sektor industri. 1.3.

4. Desa Kandang Mas. terhitung mulai pada 25 Januari 2016 dan berakhir pada tanggal 25 Maret 2016. Desa Tanjungrejo Kecamatan Jekulo dengan posisi 110o 55’ 20. terdapat jalan yang menuju ke arah Utara yaitu jalan masuk utama ke lokasi Proyek Pembangunan Bendungan Logung sepanjang + 5 km.1 3 . dapat ditempuh melalui jalur darat yaitu arah Kudus-Pati.1. Proyek tersebut dikerjakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana dan PT. Untuk menuju ke lokasi proyek ini. Tepat setelah memasuki jalan raya pantura yang melintasi Kabupaten kudus terdapat persimpangan di daerah Jekulo. Nindya Karya (Persero) KSO. Sedangkan daerah genangan masuk Wilayah Dukuh Sintru. Tempat pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) berada di Proyek Pembangunan Bendungan Logung Kabupaten Kudus – Jawa Tengah. Kecamatan Jekulo yang kesemuanya masuk dalam Wilayah Kabupaten Kudus. Lokasi pekerjaan adalah pada hilir pertemuan Sungai Logung dengan Sungai Gajah di Dukuh Slalang. Peta Lokasi Bendungan Logung dapat dilihat pada Gambar 1.Waktu dan Tmpat Pelaksanaan Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan selama 60 hari.27” BT dan 06o 45’ 28. Dari persimpangan di daerah Jekulo tersebut.Wijaya Karya (Persero) Tbk. Kecamatan Dawe dan Dukuh Slalang Desa Tanjungrejo. – PT.38” LS.

1 Peta Bendungan Logung Kudus-Jawa Tengah (Sumber : www.com) Gambar 1.Gambar 1.Metode Penyusunan Laporan Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan ini adalah sebagai berikut : 4 .5.googleearth.2 Lokasi Bendungan Logung Kudus – Jawa Tengah ( Sumber : Peta Rupa Bumi Digital Indonesia) 1.

Halaman Judul b. literatur ataupun diktat yang sesuai dengan bahasan laporan demi menunjang kesempurnaan pembahasan di dalam laporan. Pekerjaan yang diamati meliputi pembesian. Metode wawancara / interview Melakukan wawancara secara langsung dengan pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pembangunan proyek tersebut seperti pengawas lapangan. c.2. Bagian isi terdiri dari : BAB 1 Pendahuluan 5 . Daftar Lampiran 1. Daftar Gambar g. tim engineering proyek dan lain-lain. Metode dokumentasi Data-data diperoleh dengan mengambil gambar atau dokumen pada pekerjaan–pekerjaan yang dibahas dalam laporan ini. Abstrak d. terbagi menjadi 3 bagian dengan rincian sebagai berikut : 1. 1. d. Daftar Isi f. Metode Study kepustakaan Data-data diperoleh dari referensi lain seperti buku.6.6.1. dan pekerjaan lainya pada saat pembangunan Bendungan Logung.6. Bagian awal terdiri dari : a. bekisting. b.Sistematika Penyusunan Laporan Dalam penyusunan Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini. Kata Pengantar e.a. Dokumentasi yang didapat berupa time scheduling. Halaman Pengesahan c. foto progress kerja dan lain sebagainya. Metode observasi Dalam hal ini data diperoleh dari pengamatan secara langsung di lapangan pada saat pekerjaan proyek berlangsung.

6. tempat pelaksanaan PKl. seperti gambar konstruksi proyek. Bagian akhir terdiri dari : Lampiran Berisi tentang dokumen tambahan yang dilampirkan pada laporan PKL. dan tahapan pelaksanaan proyek. BAB IV Tinjauan Pelaksanaan dan Analisa Pembangunan Pengelak Bendungan Logung di Kabupaten Kudus Bab ini berisikan tentang metode pelaksanaan pembuatan pengelak bendungan Logung di Kabupaten Kudus. BAB III Uraian Kegiatan Praktik Kerja Lapangan Bab ini berisikan tentang penjelasan pelaksanaan kegiatan kerja proyek dan metode-metode pelaksanaan pekerjaan yang diambil dari literature-literatur yang sudah ada. tujuan PKL.Berisi tentang latar belakang pelaksanaan PKL. 6 . uraian umum proyek pembangunan bendungan Logung dan manajemen proyek. data umum proyek. Manajemen proyek terdiri dari uraian umum.3. 1. BAB II Gambaran Umum Proyek Bab ini berisikan tentang definisi proyek. metode pengumpulan data serta sistematika laporan. data teknis proyek. dokumentasi proyek dan lain sebagainya. unsur-unsur pengelola proyek. BAB V Penutup Berisi tentang simpulan dan saran dari penulis terhadap pelaksanaan PKL yang telah dilaksanakan.