You are on page 1of 14

Cara Membuat Mata Chara Anime atau

Manga dengan CorelDRAW
19 November 2013 · by citoela · in CorelDRAW, Tutorial. ·
Coreldraw juga dapat digunakan untuk membuat bentuk mata seperti yang kita lihat di
anime atau manga (animasi dan komik jepang). Membuat mata karakter anime atau
manga diperlukan kesabaran dan ketekunan karena memang prosesnya lebih rumit dan
juga memakan waktu. Tetapi, jika kita sudah sering membuatnya, hal ini akan lebih
mudah dan menyenangkan.
1. Pertama-tama, kita akan membuat objek dengan bezier tool terlebih dahulu. Bezier
tool merupakan sub-tool dari Freehand tool di toolbox.

2. Buat empat titik dengan Bezier tool, cukup lakukan klik untuk membuat titik. Titik
ke-4 harus diklik di titik pertama agar terbentuk sebuah objek. Ikuti gambar dibawah ini
untuk panduan membuat titik-titik yang diperlukan.

3. Objek ini akan menjadi objek dibagian atas mata. Klik objek tersebut lalu tekan F10.
Objek akan berada dalam mode shape tool. Klik kanan pada salah satu garis di objek
tersebut, kemudian pilih To curve. Lakukan hal yang sama pada semua garis di objek
ini.

. Caranya buat 3 lagi titik dengan bezier tool. yang penting mirip aja. Atur posisi kedua objek yang baru kita buat ini hingga menjadi seperti ini. 6. Akan muncul panah biru setelah kita lakukan proses To Curve tadi. dan sekarang kita buat juga bagian bawahnya. Lenturkan semua garis hingga terlihat seperti ini. 5. 8. Atur kelenturannya dengan shape tool hingga menjadi seperti ini. yap ga perlu sama persis lah.4. 7. Beri objek tersebut warna hitam. dan ini akan menjadikan garis tersebut menjadi fleksibel. Bagian atas mata sudah jadi. Beri warna hitam. Gunakan panah biru untuk mengatur kelenturan objek diatas.

Setelah selesai. Dan lagi lagi. Perkecil objek tersebut lalu letakkan di tengah objek berwarna hijau tadi. Gunakan lagi bezier tool. kita harus menggunakan shape tool untuk melenturkannya. dan buat 4 titik di setiap pojok dari kedua objek mata yang kita buat diatas. kemudian beri warna hitam. jangan lupa klik kanan dahulu di tiap garis dan pilih To Curve. Atur kelenturan tiap garis agar berada di dalam kedua objek yang sudah terlebih dulu kita buat. Juga atur kelenturan garis yang kiri dan kanan agar agar objek mata ini terlihat lebih oval dan tidak kaku.9. . 10. Kemudian beri warna hijau (atau warna apapun yang Anda suka). Atur kelenturannya hingga mengikuti lengkungan bola mata. buat lagi sebuah objek persegi dengan bezier tool. Copy objek berwarna hijau tersebut. 11. 12.

Akan keluar jendela Fountain fill tool. 14. Klik objek bola mata berwarna hitam yang baru kita buat.13. Beri warna dari hijau muda ke hitam. Sekarang klik objek berwarna hijau. Dan beri nilai 90 untuk anglenya. klik-tarik titik yang berada di bagian bawah ke tengah. . 15. Hilangkan titik yang disebelah kanan dengan mengklik titik/node tersebut kemudian tekan delete. kemudian klik Shape tool. Sesuaikan ukuran titik tersebut agar ia terlihat seperti objek setengah lingkaran. Ada dua buah node (titik) dibagian bawah objek. lalu tekan F11. Masih dalam mode shape tool.

Caranya. Sekarang kita perlu membuat objek dalam bola mata lebih berkilau. klik objek bola mata yang berwarna hitam kemudian tekan Ctrl C lalu tekan Ctrl V. sorot Order. 18.16. Sekarang klik objek berwarna abu-abu tersebut. Ini agar objek bola mata menjadi dibagian dalam objek mata 17. Perintah ini akan membuat objek mata berada di bagian paling depan. Sekarang klik kanan objek mata bagian atas. kemudian tarik slider dari transparent tool ke arah yang lebih tinggi. kemudian klik Transparent tool dari toolbox. . Klik-tarik di sekitar objek dari atas ke bawah. Akan tercipta sebuah objek baru tepat di tempat yang sama. Beri objek tersebut warna hitam 30% (abu-abu) dari palet warna. Lakukan juga hal yang sama untuk objek mata bagian bawah. lalu pilih To front of page.

Gunakan kembali perintah/order yang kita lakukan pada langkah ke-16 agar bagian mata atas berada pada layar paling atas. Maka dari itu. 21Lingkaran tersebut akan menjadi fleksibel dan bisa dibentuk sesuai keinginan kita. klik lingkaran tersebut lalu klik Shape tool. Well. 20. Usahakan agar segitiga yang kita buat mengikuti pojok bola mata. Sekarang kita akan membuat pencahayaan bagi objek mata ini. Beri lingkaran ini warna putih. Lalu klik kanan pada lingkaran tersebut dan pilih Convert to curves. Hilangkan Outlinenya. 22.19. yang satu ini agak sulit dan musti lebih sedikit sabar. . Buat sebuah lingkaran terlebih dahulu dan letakkan dibagian objek mata. Bentuk lingkaran tadi hingga mirip sebuah segitiga dengan shape tool.

Dan Anda dapat menambahkan bayangan dibawah mata bagian atas bila perlu. Kita buat satu buah efek pencahayaan lagi di bagian bawah mata. Hilangkan outlinenya. Setelah selesai membuat objek segitiga diatas. kita hanya perlu mengcopi objek mata tersebut kemudian melakukan Mirror horizontally. tapi jika sudah terbiasa tentu tidak serumit ini. Objek yang ini tidak perlu transparansi. buat saja sebuah lingkaran yang lonjong dengan Ellipse tool kemudian miringkan. 24. Untuk membuat mata bagian kiri. Klik-tarik dari atas ke bawah agar objek bola mata terlihat lebih terang. sedikit lebih rumit. klik objek tersebut dan klik transparency tool. . Yang ini tidak sulit.23. Jadilah sudah tutorial pembuatan mata anime ini.

Tutorial. silahkan impor dulu dengan Coreldraw. bisa juga gambar anime atau manga yang Anda ingin gambar rambutnya. yang detail mah ampun euy musti sabar (-_-“ Sebelum memulai. Ini akan memudahkan kita dalam membuat bentuk rambut yang diinginkan. Jika Anda ingin membuat dengan sketsa. Malah kalau kata penulis sih gampang banget. import dulu gambarnya ke Coreldraw. setidaknya kamu perlu punya dulu sketsa rambut yang akan dibuat. Pilih File gambar yang Anda inginkan. yang gampang ini yang sederhana ya. Seperti sketsa ini misalnya 1. Tekan Ctrl + I agar keluar jendela Import. · Membuat Rambut untuk karakter/chara anime atau manga dengan corel bisa dibilang gampang gampang susah.Cara Membuat Rambut Karakter Anime dan Manga dengan CorelDRAW 15 Desember 2013 · by citoela · in CorelDRAW. yang penting ada sketsa atau contoh gambar rambut yang akan dibuat. . atau kalau ingin membuat rambut karakter manga/anime yang sudah ada. gambar ini tidak harus sketsa.

3. Klik-tarik titik demi titik dengan Bezier tool. Titik merah pada gambar dibawah ini akan membantu Anda dalam menentukan titik yang perlu diletakkan.2. . Tempatkan setiap titik pada titik lengkung/Siku/Lancip dari sketsa atau gambar yang Anda gunakan sebagai acuan. Letakkan titik terakhir pada titik pertama agar garis-garis kita buat menjadi sebuah objek. Pilih Bezier Tool dari Toolbox.

Disinilah kesabaran Anda diuji. Klik Shape tool (F10) lalu klik pada objek rambut yang baru saja kita buat. 5. 6. Klik kanan pada salah satu garis (yang mana saja) lalu pilih To Curve. mahahahahaha. Ini akan membuat semua garis menjadi lentur. Setelah gambar awalnya jadi. Yap. . Lalu tekan Ctrl + A agar semua node (titik) terseleksi.4. kita hanya perlu memperlentur semua semua garis yang Ada hingga menyerupai Sketsa yang kita miliki. Sekarang lenturkan garis demi garis satu-persatu hingga menyamai sketsa atau gambar yang Anda miliki.

atau terlalu kecil. perbaiki lagi lekukan-lekukan yang terlalu besar. Dan dibuat sebagaimanacaranya agar lebih enak dilihat (buset dah bahasa apaan yak sebagaimanacaranya -_-“) . Dan agar tidak terlihat seperti orang yang tidak niat membuatnya. Anda dapat melakukan pelenturan garis ini tepat diatas gambar atau sketsa kita tadi. Agar gambar rambut lebih presisi. Setelah itu. atau yang menurut kita kurang pas. Perbaiki garis-garis yang belum dilenturkan agar tidak terlihat terlalu kaku. 8. 7.Gunakan panah berwarna biru untuk membantu Anda membuat lengkungan garis yang Anda inginkan.

10.9. . gambar rambut diatas sudahlah cukup sebagai rambut pada manga. Untuk itu buatlah sebuah objek berbentuk zigzag dengan Bezier tool di rambut bagian kiri. Beri rambut tersebut warna hitam (atau warna apapun yang Anda suka). Tetapi kita beri sedikit efek pencahayaan agar rambut tampak berkilau seperti yang terdapat di manga pada umumnya. Untuk ukuran gambar sederhana. Pastikan objek zigzag ini tidak terlalu lebar.

12. Berikan juga efek seperti ini di tempat lain pada rambut yang Anda inginkan.11. Beri Objek zigzag tersebut warna hitam 10% (tidak harus 10%. Lenturkan objek tersebut dengan Shape tool. Hilangkan Outlinenya (Outline Tool >> No Outline). . Bentuk lenturan hendaknya mengikuti lengkungan rambut. bisa disesuaikan dengan keinginan kita).

biasanya lebih kompleks lagi. Caranya sama saja sebenarnya.13. Hanya saja yang ini lebih detail lagi ke rambutnya. Untuk pencahayaan pada anime. . kita hanya menggunakan bezier tool dan shape tool.