You are on page 1of 5

JURNAL TERKAIT GANGGUAN SISTEM ENDOKRIN ANAK

Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Keperawatan Sistem
Endokrin Anak

Oleh :
Silvi Herawati (14631456)

PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

pembesaran skrotum. dan blok reseptor GnRH di hipofisis. Pubertas prekoks sendiri terdapat 2 golongan yaitu : 1. tumbuh rambut pubis setelah pembesaran payudara. mencegah menarke lebih dini dan juga memperbaiki tinggi dewasa. menstruasi. Pubertas prekoks perifer timbul dari dini sekresi steroid seks dari gonad. Pubertas prekoks tergantung gonadotropin atau sering disebut pubertas prekoks sentral 2. seperti lesi kulit hiperpigmentasi. evaluasi psikologis juga dapat berguna karena pubertas prekoks telah dikaitkan dengan hight tingkat kecemasan pada anak perempuan. obat ini relatif bebas dari efek samping dan efektif. Penilaian untuk tanda-tanda spesifik penyebab pubertas prekoks juga penting. Pubertas prekoks sentral timbul dari pematangan awal aksis hipotalamus-hipofisis. sedangkan pengobatan pubertas prekoks perifer dewasa sebelum waktunya pubertas tergantung pada penyakit yang mendasari. Gonadotropin melepaskan analog hormon menekan gonadotropin pulsatilitas dan sekresi. Ada beberapa cara di administrasi GnRH. Oleh karena itu akan menekan dan regresi pematangan seksual. atau juga dari paparan eksogen. Gonadotropin releasing hormone analogue adalah terapi pilihan untuk pubertas prekoks sentral. dan tumbuh rambut-rambut pubis. Dengan cirri-ciri pada perempuan antara lain: pembesaran payudara. menyarankan neurofibromatosis dari sindrom McCune Albright.Gonadothropin-melepaskan hormon agonis sebagai pengobatan pilihan untuk pubertas prekoks sentral Pendahuluan: Pubertas prekoks adalah masa dimana perkemnbangan seksual sekunder yang terjadi sebelum usia 9 tahun pada laki-laki dan usia 8 tahun pada anak perempuan. Pubertas prekoks sentral merespon pengobatan dengan gonadotropin-releasing hormone analog (GnRH). Sedangkan pada laki-laki cirri-cirinya adalah pembesaran testis. Pubertas prekoks yang tidak tergantung gonadotropin atau pubretas prekoks perifer. Pengobatan: Etiologi dan mekanisme pada pubertas prekoks sentral dan pubertas perifer berbeda. seperti harian suntikan subkutan. Tujuan terapi adalah untuk menghentikan maturasi fisik. oleh karena itu pilihan pengobatannya juga berbeda. . semprotan intranasal 2-3 kali hari.

serta mengurangi ukuran testis pada anak laki-laki. Pengobatan menggunakan GnRHa tidak diindikasikan pada pasien dengan perlahan-lahan maju sentral dewasa sebelum waktunya pubertas dan potensi tinggi tanpa kompromi. Hal ini menyebabkan estradiol dan testosteron berada pada level prepubertal. siklus menstruasi. Gonadotropin releasing hormone analogue efektif menghambat progresi perkembangan karakteristik seks sekunder. dan anak laki-laki memperoleh 12. memiliki peningkatan tidak bisa signifi tinggi dewasa. Terapi menggunakan GnRHa mengurangi ukuran payudara. Bahkan gadis-gadis dengan tulang usia tua lebih besar dari 13 tahun pada awal pengobatan. ukuran uterus dan ovarium pada anak perempuan. Tapi beberapa peneliti melaporkan tidak ada peningkatan tinggi akhir pada anak perempuan dengan timbulnya pubertas hanya sedikit maju. ini memiliki kekhawatiran yang muncul tentang kemungkinan risiko obesitas dan osteoporosis. GnRH memiliki efek supresif terhadap aksis pituitari-gonad sehingga mampu mensupresi sekresi LH. tapi studi longitudinal menunjukkan bahwa . meskipun mereka tidak setinggi anak-anak dengan usia tulang kurang berusia dari 13 tahun pada awal pengobatan.5 cm lebih tinggi diprediksi. Yang pertama satu kekhawatiran jika pengobatan akan meningkat tinggi pada anak-anak yang pubertas hanya sedikit maju dari biasanya.8 cm lebih tinggi diprediksi. menghambat perkembangan usia tulang. Beberapa efek samping yang terkait dengan administrasi GnRHa adalah nyeri di situs injeksi. tinggi akhir dari semua tapi sembilan anak melebihi pretreatment diprediksi tinggi. Pengobatan dengan GnRHa menyebabkan massa lemak meningkat. yang dari awal CPP sampai usia di mana pubertas biasanya terjadi. rambut pubis. dan memperbaiki tinggi akhir.atau dengan suntikan depot yang berlangsung selama 1-3 bulan. Kurang keterlambatan dalam onset dan durasi yang lebih lama pengobatan. seperti hot flushes. Ada beberapa kontroversi mengenai penggunaan GnRH sebagai pengobatan untuk pubertas prekoks sentral. Penelitian yang dilakukan Klein dan tema-temanya pada 98 anak-anak dengan pubertas prekoks yang menerima pengobatan jangka panjang dengan LHRHa. Anak-anak juga sering bereaksi secara emosional yang kuat untuk injeksi. sementara massa ramping dan kepadatan tulang cenderung menurun. Mereka menunjukkan bahwa ada peningkatan dramatis dalam ketinggian diperkirakan selama pengobatan. Lama pengobatan cukup panjang pada anak-anak dengan pubertas prekoks sentral. Gadis memperoleh 9. abses steril di situs injeksi terjadi pada 3-13% penderita. sakit kepala dan gejala menopause. serta kronologis yang lebih rendah dan tulang usia ath timbulnya pengobatan dikaitkan dengan akhir tinggi lebih besar.

prevalensi obesitas tidak meningkatkan selama dan setelah pengobatan. kepadatan tulang adalah juga normal setelah penghentian treatment. .