You are on page 1of 32

Analisis pada

strategi PT. danone
indonesia
✖ Ihsan Smartdyanda
(145020301111026)
✖ Iin Mutmainnah

(145020301111023)

✖ Maya Aulia
(145020301111021)
✖ Nuning Elva Yunika (145020301111074)
✖ Fadiah Rianus
(145020301111086)

#adaqua

SEJARAH Pt.
Danone
indonesia

perusahaan ini diresmikan pada tanggal 8 Juli . Perancis. ✖ Untuk PT Danone Indonesia merupakan unit bisnis Danone yang dapat dikatakan baru. ✖ Di Indonesia.✖ Danone Group pertama kali didirikan di Perancis oleh Antoine Riboud dan saat ini dipimpin oleh Franck Riboud yang di pusatkan di Paris. Danone Group telah memutuskan untuk memperluas jaringannya dan telah berhasil bergabung dengan perusahaan air mineral Indonesia yang terdepan yaitu “AQUA” (1998).

Visi dan misi .

Dulu dan kini. AQUA tetap dan selalu menjadi yang terbesar dan terdepan di Indonesia. kini AQUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat Indonesia. Volume penjualan AQUA merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral. Sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejak didirikan tahun 1973. .Visi ✖ AQUA telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia selama lebih dari 40 Tahun.

Meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar degan standar dunia. dan bebas bakteri dengan melakukan pengujian produk setiap tetesnya berdasarkan standar internasional. bening. Melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia dan Asia Pasifik 2. Meningkatkan kualitas management diseluruh organiasi dan Peningkatan Research & Development menuju AQUA ISO . Menyiapkan sumber air minum dalam kemasan yang sehat yang murni. 4. pemberian lisensi disertai dengan kewajiban penerapan standar produksi dan pengendalian mutu yang prima.Misi 1. 3.

Targeting.Segmenting. Positioning .

Danone Missisipi konsumen di segala usia. (Aqua) menengah ke atas. (Aqua) . Danone yang dilakukan oleh ditujukan bagi seluruh PT.Segmenting  Demografis  Geografis Segmentasi demografis yang Segmentasi geografis dilakukan oleh PT. ditujukan bagi semua semua kalangan lapisan kalangan masyarakat masyarakat baik dari di seluruh daerah di menengah kebawah sampai Indonesia.

Danone menyatakan bahwa produk produk mereka ditujukan bagi semua kalangan di Indonesia yang peduli terhadap kesehatan. Psikografis Segmentasi psikografis yang dilakukan oleh PT. . konsumen produk Aqua ini cenderung memiliki loyalitas terhadap brand produk Aqua karena telah percaya terhadap produk yang diproduksi oleh PT. Jika dilihat dari segi perilaku konsumen. Danone ini.

.✖ Targeting PT. semua profesi. Danone ini dikenal sebagai market leader di bidang produk air mineral kemasan. PT. Hal ini dikarenakan bahwa PT. Danone ini merupakan pelopor pertama produk air mineral dalam kemasan di Indonesai sejak tahun 1973 sampai sekarang. ✖ Positioning Dari segi positioning atau penempatan produk Danone di pasar. Danone memilih pasar potensial untuk produk mereka bagi semua kalangan. semua usia diseluruh daerah di Indonesia yang peduli terhadap kesehatan.

yaitu: ✖ Produk olahan susu.produk Pada tahun 2005. seperti susu dan yoghurt (55%) ✖ Minuman. seperti air mineral (27%) ✖ Biskuit dan produk sereal (18%) . produk Danone terbagi menjadi tiga sektor.

Contoh produk .

yang digunakan pt. danone indonesia .

Marketing Mix .

. Product (Brand) Strategy ✖ Meningkatkan kualitas produksi dengan produk yang bervariasi.inovatif dan pemberian lisensi pada tiap produksinya ✖ Meningkatkan teknologi mesin pabrik yang menghasilkan produk ramah lingkungan ✖ Perusahaan melakukan pengembangan produk dengan memperhatikan mulai dari awal pengisian air sampai dengan pengemasan akhir dengan inovasi terbaru Tutup Aqua Galon yang unik dan inovatif..

sedang hingga galon). botol kecil. ✖ Air PDAM yang sekarang sudah tidak memungkinkan untuk dikonsumsi. Product (Brand) Strategy ✖ Kemasan Aqua semakin beragam (dari kemasan gelas. .. maka Pemerintah menganjurkan kepada masyarakat agar mengkonsumsi air mineral dalam kemasan.

✖ Jenjang menuju strata Distributor (margin cukup menggiurkan) terbuka lebar.Distribution Strategy ✖ Aqua mempunyai kesempatan besar untuk bisa menembus pasar Internasional. ✖ Mempunyai peluang untuk merambah ke agenagen kecil yang belum mempunyai pasar lokal. .

Pricing Strategy ✖ Meminimalisasi biaya produksi ✖ Mengurangi penumpukan stock di gudang ✖ Memaksimalkan penggunaan bahan baku .

Analisa swot .

Strength opportunity weakness Threat .

karena untuk menjadi agen Aqua sangat mudah. • Inovasi terbaru tutup Aqua Galon yang unik dan inovatif. karena konsumen sudah mengetahui kualitas produk • Kemasan Aqua semakin beragam ( dari kemasan gelas. botol kecil. dan secara eksklusif dilengkapi segel transparan dengan hologram untuk menjamin terjaganya produk alami dari tiap tetes Aqua • Agen penjualan Aqua yang tersebar dimana-mana. hanya dengan pengambilan minimal 20 galon Aqua .Strength • Brand Aqua Danone sangat kuat • Aqua Danone sebagai market leader bisnis air mineral (pangsa pasar 60%) • Memasarkan produk tidak susah. sedang hingga galon ) • Menggunakan manajemen sumber daya air yang canggih.

weakness ✖ Kendali pasokan / stok barang berada di tangan Principal / Main Distributor ✖ Diperlukan Modal Kerja yang cukup besar ✖ Air mineral Aqua masih menggunakan proses Ozonisasi. sehingga menimbulkan stigma negatif pada masyarakat .

 Mempunyai peluang untuk merambah ke agen-agen kecil yang belum mempunyai pasar lokal.Opportunity  Jenjang menuju strata Distributor (margin cukup menggiurkan) terbuka lebar.  Sosialisasi ke masyarakat mengenai pentingnya mengkonsumsi air mineral yang bersih dan higienis dimana Aqua memiliki semua kriteria yang dibutuhkan. .

 Aqua mempunyai kesempatan besar untuk bisa menembus pasar Internasional. .Opportunity  Pemberian bantuan Aqua untuk wilayah terpencil merupakan salah satu promosi Aqua bahwa Aqua juga perduli terhadap sesama. maka Pemerintah menganjurkan kepada masyarakat agar mengkonsumsi air mineral dalam kemasan.  Air PDAM yang sekarang sudah tidak memungkinkan untuk dikonsumsi.

 Sekarang ini banyak bermunculan depo-depo air minum isi ulang dikawasan padat penduduk dimana harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibanding Aqua. .  Tidak dipasok produk / pencabutan lisensi keagenan Aqua Danone apabila melanggar aturan keagenan.threat  Persaingan harga dengan sesama Agen / Sub Distributor / Distributor Aqua Danone dari wilayah lain (cross border).  Mulai muncul produk-produk air mineral baru.

 Adanya penghapusan subsidi BBM bagi industri.  Tidak stabilnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.  Biaya pengiklanan yang tidak murah.threat  Adanya kenaikan bahan baku untuk kemasan. seperti plastik untuk label dan bahan untuk pembuatan galon.  Melemahnya daya beli konsumen. .

kesimpulan .

Aqua. milkuat. Targeting. Dan penerapan strategi bersaing market mix yang terdiri dari Product (Brand) Strategy. dari Eropa Barat. dan Biskuit dan produk sereal (18%). PT. ✖ Pada tahun 2005. Dengan terus berjalannya waktu PT. Danone Indonesia terus melakukan perkembangan diberbagai bidang dengan landasan Segmentasi.kesimpulan ✖ Danone Group memiliki perusahaan-perusahaan yang tersebar diseluruh dunia. Danone Indonesia adalah unit bisnis dari Danone Group. Distribution Strategy. Minuman. Afrika dan juga Timur Tengah. biskuat dan sebagainya adalah sebuah produk yang diproduksi oleh PT. seperti susu dan yoghurt (55%). dan Positioning yang tepat. Amerika Latin. . Danone Indonesia sejak tahun 2007. Eropa Timur. produk Danone terbagi menjadi tiga sektor yaitu Produk olahan susu. seperti air mineral (27%). Amerika Utara. Asia Pasifik. Pricing Strategy.

Video iklan aqua .

Video iklan milkuat .

Terima kasih .