You are on page 1of 7

BAB I

PENDAHULUAN
I.I Latar Belakang
Salah satu cara yang paling ekonomis, mudah dan aman untuk mengirimkan
energi adalah melalui bentuk energi listrik. Pada pusat pembangkit, sumberdaya
energi primer seperti bahan bakar fosil (minyak, gas alam, dan batubara), hidro,
panas bumi dan nuklir diubah menjadi energi listrik. Sumber daya energi digunakan
untuk

menggerakkan

turbin

menjadi

energi

mekanis,

kemudian

turbin

menggerakkan generator, dan generator menghasilkan listrik. Pada prinsipnya
apabila suatu penghantar diputar memotong garis-garis gaya medan magnet yang
diam maka pada penghantar tersebut akan timbul Electro Motor Force (EMF) atau
Gaya Gerak Listrik (GGL). Energi mekanis dapat dibangkitkan dari bermacammacam sumber daya energi.
Untuk mendapatkan energi listrik dari energi primer dikenal 2 cara yaitu :
o

Pembangkit listrik yang konvensional, pembangkit untuk mendapatkan energi
listrik dari energi primer menggunakan media perantara (turbin air, turbin uap,
turbin gas, motor bakar).

o

Pembangkit listrik yang nonkonvensional, pembangkit untuk mendapatkan
energi listrik dari energi primer langsung tanpa menggunakan media perantara.

I.II Rumusan Masalah
1. Apa itu PLTG ?
2. Bagaimana cara kerja dan prinsip kerja PLTG ?
3. Apa – apa saja alat/mesin yang dibutuhkan dalam PLTG ?
I.III Tujuan
Untuk menambah wawasan kita dalam pembangkit listik tenaga gas, dan
mengetahui cara kerja PLTG dan alat/mesin yang dibutuhkan dalam PLTG.

1

Dengan tingkat efisiensi yang rendah hal ini merupakan salah satu dari kekurangan sebuah turbin gas juga dan pada perkembangannya untuk menaikkanefisiensi dapat diatur/diperbaiki temperature kerja siklus dengan menggunakan material turbin yang mampu bekerja pada temperature tinggi dan dapat juga untuk menaikkan efisiensinya dengan menggabungkan antara pembangkit turbin gas dengan pembangkit turbin uap dan hal ini biasa disebut dengan combined cycle. Pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) merupakan sebuah pembangkit energi listrik yang menggunakan peralatan/mesin turbin gas sebagai penggerak generatornya. vanadium dll). tetapi dalam perkembangannya pengetahuan material yang terus berkembang hal tersebut mulai dapat dikurangi meskipun tidak dapat secara keseluruhan dihilangkan.BAB II PEMBAHASAN II. Turbin gas dirancang dan dibuat dengan prinsip kerja yang sederhana dimana energi panas yang dihasilkan dari proses pembakaran bahan bakar diubah menjadi energi mekanis dan selanjutnya diubah menjadi energi listrik atau energi lainnya sesuai dengan kebutuhannya. Adapun kekurangan dari turbin gas adalah sifat korosif pada material yang digunakan untuk komponen-komponen turbinnya karena harus bekerja pada temperature tinggi dan adanya unsure kimia bahan bakar minyak yang korosif (sulfur.I Penjelasan pembangkit listrik tenaga gas. 2 .

3 . Kompressor yang berfungsi menaikkan tekanan udara kemudian memasukkan udara ke dalam ruang bakar (Combustion room) bercampur dengan bahan bahan bakar (gas / bbm).II. Pada siklus terbuka. fluida kerja adalah udara atmosfer dan pengeluaran panas di atmosfer karena gas buang dari turbin dibuang ke atmosfer. Luaran sistem tersebut menghasilkan produksi listrik dan setelah itu. Gambar berikut menunjukkan sistem dan siklus kerja Brayton: Cara kerja PLTG tersebut bisa dijelaskan dalam satu siklus terbuka sebagai berikut: Siklus PLTG berawal melalui udara yang masuk ke kompressor. gas akan dibuang ke atmosfir melalui stack (cerobong asap). Turbin yang berputar mendrive generator berputar.II Prinsip kerja pembangkit listrik tenaga gas Sistem PLTG menggunakan prinsip siklus Brayton yang dibagi atas siklus terbuka dan siklus tertutup. Pembakaran di ruang pembakaran menghasilkan gas bersuhu tinggi dan bertekanan sehingga dapat memutar turbin gas.

Gas hasil pembakaran yang merupakan energi termal dengan temperature dan tekanan yang tinggi suhunya kira-kira 900ᴼC. 4 . Udara ditekan masuk ke dalam ruang bakar dengan tekanan 250 Psi dicampur dengan bahan bakar dan di bakar dalam ruang bakar dengan temperatur 2000– 3000ᴼF.Gambar dan Cara Kerja PLTG : Gambar PLTG Cara kerja : Udara dengan tekanan atmosfir ditarik masuk ke dalam compressor melalui pintu. gas panas tersebut temperature dan tekanan mengalami penurunan dan proses ini biasa disebut dengan proses ekspansi. Selanjutnya energi mekanis yang dihasilkan oleh turbin digunakan untuk memutar generator hingga menghasilkan energi listrik. Dari energi panas yang dihasilkan inilah kemudian akan dimanfaatkan untuk memutar turbin dimana didalam sudu-sudu gerak dan sudu-sudu diam turbin. udara ditekan masuk ke dalam compressor.

Turbin .Gas(Gas Turbine) . Air filter. Barge/Kapal.Kompresor (Compressor) .III. Alat/mesin pembangkit listrik tenaga gas Pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) mempunyai beberapa peralatan utama seperti : . penyaring udara agar partikel debu tidak masuk ke dalam compressor 6. Electric/diesel motor 5.Ruang Bakar (Combustor) Keterangan gambar: 1. menaikkan tekanan udara untuk dibakar bersama bahan bakar 5 .II. Compressor. Pumping house 3. alat pengangkut bahan bakar minyak (BBM) 2. Fuel Pump 4.

BAB III KESIMPULAN Pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) merupakan sebuah pembangkit energi listrik yang menggunakan peralatan/mesin turbin gas sebagai penggerak generatornya. mengubah energi gas menjadi energi gerak yang memutar generator.Switch yard 13.Kompresor (Compressor) . vanadium dll).Main transformer 12.Turbin . Stack/Cerobong asap.Ruang Bakar (Combustor) 6 . Combustion system. 9. membuang sisa gas panas dari turbine 10. Pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) mempunyai beberapa peralatan utama seperti : .Gas(Gas Turbine) . Gas turbine. Membakar bahan bakar dan udara serta menghasilkan gas dengan suhu dan tekanan dan energi tinggi. Adapun kekurangan dari turbin gas adalah sifat korosif pada material yang digunakan untuk komponen-komponen turbinnya karena harus bekerja pada temperature tinggi dan adanya unsure kimia bahan bakar minyak yang korosif (sulfur.Generator.7.Transmission line. 8. tetapi dalam perkembangannya pengetahuan material yang terus berkembang hal tersebut mulai dapat dikurangi meskipun tidak dapat secara keseluruhan dihilangkan. penyalur energi listrik ke konsumen. menghasilkan energi listrik 11.

. Elektronika & Tenaga Listrik sinda sunshiner. Pusat pengembangan bahan ajar-umb. Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) 7 ..DAFTAR PUSTAKA Ismail Muchsin ST. MT. 2014..