RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SatuanPendidikan
Kelas/Semester
Tema
Sub Tema
Pembelajaran
AlokasiWaktu

: SD Negeri 5 Padangsambian
: VI/1 ( Satu)
: 1 (Lingkungan sahabatku)
: 1 (Manusia dan lingkungan )
: 1
: 1x pertemuan (6x35 menit)

A. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
IPA
1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur;
teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.4 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam,hubungannya dengan
penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap
keseimbangan lingkungan.
4.7 Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya
keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan
terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.
BAHASA INDONESIA
1.2 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan
bangsa dan lingkungan alam.

hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam.4.8 Memahami arti rata-rata.7. serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya. dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan. dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan. jujur. 3.1. dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi. terbuka. . mengolah. keseimbanganekosistem. 3.2. MATEMATIKA 1. tekun. dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi. hati-hati. bertanggung jawab. serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.2. serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. BAHASA INDONESIA 1. kesehatan manusia. Indikator IPA 1.1 Mengamati. keseimbangan ekosistem. 2.1 Mampu menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.1 Mampu menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu. serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. teliti. cermat. 4.1 Mampu mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam. teliti. median dan modus dari sekumpulan data.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan. terbuka. obyektif. 4. obyektif. serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya. bertanggung jawab.1. jujur.1 Mampu meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam. 4.1 Mampu menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia. 3. cermat. kesehatan manusia. 2.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.15 Membuat kuesioner/lembar isian sederhana untuk mendapatkan informasi tertentu. C. tekun. hati-hati.

keterangan atau pendapat tentang suatu hal. 4. jujur. dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.2. hati-hati.1 Mampu mengolah. 3. Melalui pengamatan gambar siswa mengetahui pengaruh kegiatan manusia terhadap alam. 2.1 Mampu menunjukkan rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilainilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia. keseimbangan ekosistem. *Orang yang bisa dijadikan sebagai narasumber adalah . MATEMATIKA 1.15.1 Mampu mengurut data. tekun.1 Mampu membuat kuesioner/lembar isian sederhana untuk mendapatkan informasi tertentu.1 Mampu menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu. 4. keseimbanganekosistem.1. Dengan mencermati sekumpulan data.5. serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. terbuka. D. Narasumber juga biasa disebut dengan informan.1 Menunjukkan keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya. serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. teliti.1. Pengertian Wawancara wawancara adalah tanya jawab antara dua pihak yaitu pewawancara dan narasumber untuk memperoleh data. *Pewawancara adalah orang yang mengajukan pertanyaan. Melalui wawancara.1. 3. kesehatan manusia. kesehatan manusia. 3. *Narasumber adalah orang yang memberikan jawaban atau pendapat atas pertanyaan pewawancara. dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan. obyektif. cermat. Tujuan Pembelajaran 1. Materi Pembelajaran WAWANCARA A.1 Mampu menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan.1. E. bertanggung jawab. siswa dapat mengurutkan sekumpulan data. siswa mampu mencari informasi tentang luas lahan hijau di lingkungan sekitar. serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.8. 2.

Diskusi 3. IPA Manusia dan lingkungan F. Penugasan G. Guru melakukan absensi 3. Metode Pembelajaran Pendekatan yang digunakan : Saintifik Metode yang digunakan 1. Guru melakukan apersepsi: a. Kegiatan Pembelajaran Tahap Kegiatan Awal Diskripsi Kegiatan 1.orang yang ahli di bidang yang berkaitan dengan imformasi yang kita cari. Dengan bercerita tentang halhal yang dilihat ketika guru berangkat ke sekolah b. Guru menyampaikan tujuan Alokasi Waktu 15 Menit . Siswa diberikan pertanyaan tentang “apasaja yang anakanak lihat ketika berangkat ke sekolah? c. Guru mengucapkan salam 2. Tanya jawab 2.

Siswa secara berkelompok melakukan wawancara dengan narasumber tukang kebun di sekolah dan guru-guru kelas 1 dan 4 tentang luas lahan sekolah/rumah dan luas kebun . 8. 7. Keuntungan apakah yang diperoleh seperti gamabar tersebut? e. 1. Apa komentarmu tentang gambar tersebut? b. Perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusinya ke depan kelas. 4. Apakah yang terjadi apabila manusia tidak memelihara lingkungan? 5.Kegiatan Inti pembelajaran. Keuntungan apakah yang diperoleh manusia seperti gambar tersebut? d. Siswa melakukan diskusi kelompok tentang kegiatan apa saja yang dapat menyebabkan bencana alam. Siswa diberikan pertanyaan tentang “Bagaimanakah keadaan lingkungan pada gambar tersebut?”. Bagaimanakah hubungan antara manusia dengan lingkungan tersebut? c. Siswa mengamati gambar lingkungan yang telah disediakan di lingkungan kelas. 9. Siswa mengamati video tentang bencana alam 6. Siswa diminta untuk mengemukakan pendapat tentang video tersebut. Siswa diberikan pertanyaan tentang a. 3. Siswa siswa diajak mengamati lingkungan sekitar sekolah melalui gambar yang telah disiapkan guru. 2.

Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari 2. menebang pohon sembarangan 3) Membuang sampah sembarangan.2.5 0 100 Jika menjawab 0 salah Skor Perolehan x 100 NA= Skor Maksimal 15 menit . Siswa membuat laporan hasil wawancara.3. Penilaian. Siswa mendapat soal evaluasi yang telah disediakan guru.70. menebang pohon sembarangan 4) 12. Guru menyampaikan materi yang akan diajarkan pertemuan berikutnya. 10. 1. Perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi.50. 11.13. 3.69.19 5) 70.12. Siswa membuat laporan hasil wawancara.70. Penilaian kognitif melalui tes tertulis 1) Bencana apasajakah yang bisa terjadi oleh ulah manusia? 2) Kegiatan apasajakah yang dapat menyebabkan banjir? 3) Kegiatan apasajakah yang dapat menyebabkan tanah longsor? 4) Urutkanlah data berikut dari terkecil ke terbesar: 13. Siswa berdoa untuk mengakhiri pembelajaran H.19 5) Urukan data berikut dari terbesar ke terkeci: 69.17.67.70. Remedial dan Pengayaan 1.18. (format laporan tersedia pada buku siswa halaman 7) 12.50 Rubrik Penilaian No Soal Kriteria Skor Nilai Min Nilai Mak Jika menjawab 20 benar 1.Kegiatan Penutup sekolah/rumah.18.4.17. 4.67 Kunci Jawaban 1) Banji dan tanah longsor 2) Membuang sampah sembarangan.

2. Mau menerima pendapat siswa yang lain Menaruh perhatian penuh terhadap penjelasan guru. Menaruh perhatian atau antusias dengan tugas yang diberikan. Penilaian afektif dan psikomotor melalui lembar observasi Aspek yang Diskripsi diamati Kreatif 1 Memberikan pendapat untuk 4 memecahkan masalah 2 Memberikan jawaban yang logis 3 3 Memberikan tanggapan terhadap pendapat orang lain 2 Bersahabat / komunikatif 1 2 3 Rasa ingin tahu 1 2 3 Tanggung jawab 1 2 3 Aktif dalam kegiatan tanya jawab. Mengerjakan tugas yang diberikan guru di kelas dengan teliti dan sebaik-baiknya Menyelaikan tugas tepat waktu Bertanggung jawab dalam kelompok Penskoran Jika 3 dilaksanakan Jika 2 dilaksanakan Jika 1 dilaksanakan 1 Jika tidak dilaksanakan 4 Jika 3 dilaksanakan 3 Jika 2 dilaksanakan 2 Jika 1 dilaksanakan 1 Jika tidak dilaksanakan 4 Jika 3 dilaksanakan 3 Jika 2 dilaksanakan 2 Jika 1 dilaksanakan 1 Jika tidak dilaksanakan 4 Jika 3 dilaksanakan 3 Jika 2 dilaksanakan 2 Jika 1 dilaksanakan 1 Jika tidak dilaksanakan . Bertanya jika ada hal yang belum dipahami. Aktif berbicara/ berkomunikasi dengan guru dan teman.

Penilaian keterampilan 1) Penilaian Bahasa Indonesia Rubrik Lembar Observasi No Nama Siswa 4 1 2 3 4 5 6 3 Nilai 2 1 .1.

April 2016 Guru Kelas V I Made Saptudiarta. Buku sumber : Buku Siswa halaman 1 sampai 9.- I Komang Agung Diansih Fortuna . Media : Gambar lingkungan sekolah. video bencana alam 2.2) Penialaian Matematika Rubrik Lembar penilaian No Nama Siswa 4 3 Nilai 2 1 1 2 3 4 5 6 I.Pd NIP. Buku Guru halaman 1 sampai 19 KepalaSekolah Denpasar. Bahan dan Sumber Belajar 1. Media/Alat. S.

.

Lampiran .

LKS 1 .