Langkah untuk mengganti konstruksi atap kayu dengan material baja ringan dan genteng metal

adalah langkah tepat, karena dengan mengganti material kayu dengan material alternatif ini
berarti kita juga telah membantu menyelamatkan hutan dan mencegah terjadinya bencana alam.
Sesuai dengan namanya, material ini memang sangat ringan. Bobotnya per meter persegi hanya
sekitar 12 kg dibandingkan dengan rangka kayu yang bobotnya sekitar 40 kg/m2. Baja ringan
merupakan baja mutu tinggi yang memiliki sifat ringan dan tipis, namun memiliki fungsi setara
baja konvensional. Baja ringan ini termasuk jenis baja yang dibentuk setelah dingin (cold form
steel). Meskipun tipis, baja ringan memiliki kekuatan tarik yang tinggi yaitu sekitar 550
MPa, sementara baja biasa sekitar 300 MPa. Ketebalan baja ringan untuk atap ringan yang
beredar
sekarang
ini
berkisar
dari
0,4
mm

1mm.

Walaupun ringan tapi Anda tidak perlu khawatir karena material berbahan baku zincalume atau
galvalume ini daya tahannya lebih unggul dibandingkan material kayu. Selain itu kecepatan
dalam perakitan (20-30 m2/hari) dengan tenaga kerja yang lebih sedikit akan memberikan nilai
ekonomis sehingga dapat menekan biaya pembangunan. Biaya per meter persegi jika ingin
merenovasi atap dengan material baja ringan tergantung kualitas dan merk dagang material ini
di pasaran, kisaran harganya antara 110 ribu – 180 ribu per m2. Jika dibandingkan dengan harga
kayu yang tahan rayap (kelas I), tentunya harga baja ringan ini relatif murah.
Jika ita mendapatkan job untuk mendesain atap baja ringan dengan SAP atau STADPRO, ada
beberapa parameter yang harus kita perhatikan.

Beberapa parameter tersebut adalah :
1.

Tegangan maksimum 550 MPa

2.

Kuat leleh 550 MPa

3.

Modulus geser 80.000 MPa

4.

Modulus Elastisitas 200.000 MPa

5.

Berat Jenis 7400 kg/m3
Source : Handbook Energy and Calculation with Directory of Products and Services, Pister D
OSBORN. Butterworth & Co. (published), 1985, UK
Peraturan Muatan Indonesia 1970, Depth. PUTL, DC DPMB 1980, Bandung
Perhitungan kuda- kuda rangka baja ringan sangat berbeda dengan kayu, yakni cenderung lebih
rapat. Semakin besar beban yang harus dipikul, jarak antar kuda- kuda semakin pendek.
Misalnya untuk genteng dengan bobot 40 kg/m2 jarak kuda- kuda atap baja bisa dibuat setiap
1,4 m. Sementara bila bobot genteng mencapai 75kg/m2, maka jarak kuda- kuda atap baja
ringan menjadi 1,2 m.

Tidak bisa dimakan rayap (memangnya rayap makan baja atap ringan…?. maka jarak antar rangka kuda. Baja ringan bersifat tidak membesarkan api (non-combustible). 2.Kuda Konstruksi atap baja ringan ini tidak membutuhkan konstruksi tambahan karena bobotnya lebih ringan dari material kayu. Rangka atap baja ringan tidak sefleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk berbagai profil. Kerangka atap baja ringan tidak bisa diekspos seperti rangka kayu. jadi tidak berubah karena panas dan dingin (itu kata aplikatornya lho). . Baja ringan nyaris tidak memiliki nilai muai dan susut.Gambar 1. 3. beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya lebih rendah (jadi lebih irit strukturnya). Pemasangan rangka baja relatif lebih cepat apabila dibandingkan rangka kayu. 3. sistem rangkanya yang berbentuk jaring kurang menarik bila tanpa penutup plafon. karena semakin berat jenis genteng yang digunakan. 5. Hanya ada sedikit catatan untuk material penutup atap atau genteng yang akan digunakan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dan kelebihan dari atap baja ringan : Kekurangan : 1.) 4. (makanya jarang digunakan pada bangunan tradisional…) Kelebihan: 1. maka kegagalan bisa terjadi secara keseluruhan (biasanya perhitungan strukturnya langsung dilakukan oleh structural engineer dari aplikatornya). Karena bobot rangka atap yang ringan menurut konstruksi sipil maka dibandingkan kayu. Pemasangan Rangka Atap Kuda.kudanya semakin rapat sehingga beban atap pun akan semakin berat. 2. sehingga struktur rumah Anda sudah cukup kuat untuk menahan beban atap tersebut. Karena strukturnya yang seperti jaring ini maka bila ada salah satu bagian struktur yang salah hitung ia akan menyeret bagian lainnya maksudnya jika salah satu bagian kurang memenuhi syarat keamanan.

karena bentuk dan ukuran genteng metal ini juga bervariasi. Jika ingin mengaplikasikannya pada rangka kayu juga tidak masalah. Anda hanya harus menyesuaikan jarak reng yang disyaratkan oleh produsen genteng metal tersebut. Gambar 2. Jenis.jenis Genteng Metal Pengerjaan konstruksi atap baja ringan ini membutuhkan keahlian khusus. jamur. Anda cukup menyerahkan desain arsitektur dari bangunan anda atau mengundang aplikator tersebut untuk mensurvei bangunan anda dan mereka akan membuat rancangan atap dengan menggunakan software khusus yang hasilnya lebih akurat.Jika anda menggunakan genteng metal untuk penutup atap rumah. pecah serta perubahan warna karena faktor cuaca. . tentunya material ini sudah sesuai untuk diaplikasikan pada konstruksi baja ringan karena bobot genteng ini juga sangat ringan sekitar 5 kg/m2. sehingga praktisnya anda dapat menghubungi beberapa aplikator baja ringan untuk dapat membandingkan harga serta kualitasnya. Genteng metal ini juga bebas perawatan karena tahan terhadap karat.

7 – 2 %.1. Sistem kerja • Dipanaskan dengan kokas sampai ± 1500 0C. Mn 1 – 2 % dan Si 0. 3 CaO + P2O5 Ca3(PO4)2 (terak cair) 2.) fungsi dari regenerator adalah : a) Memanaskan gas dan udara atau menambah temperatur dapur b) Sebagai Fundamen/ landasan dapur c) Menghemat pemakaian tempat d) Bisa digunakan baik besi kelabu maupun putih. e) Besi kelabu dinding dalamnya dilapisi batu silika (SiO2). Proses Basic Oxygen Furnace . f) besi putih dilapisi dengan batu dolomit (40 % MgCO3 + 60 % CaCO3) 3. Bahan yang diolah besi kasar kelabu cair. a) Proses Bassemer (Asam) Lapisan bagian dalam terbuat dari batu tahan api yang mengandung kwarsa asam atau aksid asam (SiO2). • Udara dengan tekanan 1. (± 1/8 dari volume konvertor) • Kembali ditegakkan. Setelah unsur Mn dan Si terbakar. SiO2 + CaO >> CaSiO3 b) Proses Thomas (Basa) Lapisan dinding bagian dalam terbuat dari batu tahan api bisa atau dolomit [ kalsium karbonat dan magnesium (CaCO3 + MgCO3)]. • Dimiringkan untuk memasukkan bahan baku baja. CaO tidak ditambahkan sebab dapat bereaksi dengan SiO2. • Setelah 20-25 menit konvertor dijungkirkan untuk mengeluarkan hasilnya. besi yang diolah besi kasar putih yang mengandung P antara 1. Proses Siemens Martin menggunakan sistem regenerator (± 3000 0C. untuk mengeluarkan besi cair ditambahkan zat kapur (CaO).8 %. Proses Konvertor terdiri dari satu tabung yang berbentuk bulat lonjong dengan menghadap kesamping. P membentuk oksida phospor (P2O5).6-0.5 – 2 atm dihembuskan dari kompresor.

6. 5. Pemanasan pendahuluan agar bebas dari uap cair. 3. c) Tidak perlu tuyer di bagian bawah d) Phosphor dan Sulfur dapat terusir dulu daripada karbon e) Biaya operasi murah 4. Keuntungan dari BOF adalah: a) BOF menggunakan O2 murni tanpa Nitrogen b) Proses hanya lebih-kurang 50 menit. besi kasar dan baja bekas kira-kira 10 – 15 % ton/jam dimasukkan. Proses Dapur Listrik temperatur tinggi dengan menggunkan busur cahaya electrode dan induksi listrik. 15 menit baja cair dikeluarkan dari lubang pengeluaran. ditambahkan bubuk kapur (CaO) untuk menurunkan kadar P dan S. Proses 1. Proses Dapur Kopel Mengolah besi kasar kelabu dan besi bekas menjadi baja atau besi tuang. Keuntungan : a) Mudah mencapai temperatur tinggi dalam waktu singkat b) Temperatur dapat diatur c) Efisiensi termis dapur tinggi d) Cairan besi terlindungi dari kotoran dan pengaruh lingkungan sehingga kualitasnya baik e) Kerugian akibat penguapan sangat kecil 5. Untuk membentuk terak dan menurunkan kadar P dan S ditambahkan batu kapur (CaCO3) .logam cair dimasukkan ke ruang baker (dimiringkan lalu ditegakkan) Oksigen (± 1000) ditiupkan lewat Oxygen Lance ke ruang bakar dengan kecepatan tinggi. Kokas dan udara dihembuskan dengan kecepatan rendah hingga kokas mencapai 700 – 800 mm dari dasar tungku. (55 m3 (99. Bahan bakar(arang kayu dan kokas) dinyalakan selama ± 15 jam. 4.5 %O2) tiap satu ton muatan) dengan tekanan 1400 kN/m2. 2.

Eksploitasi besi baja menduduki peringkat pertama di antara barang tambang logam dan produknya melingkupi hampir 95 persen dari produk barang berbahan logam. telah berhasil memproduksi lembaran baja super dengan kekuatan tarik 600 MPa atau sekitar 1. Proses Dapur Cawan Proses kerja dapur cawan dimulai dengan memasukkan baja bekas dan besi kasar dalam cawan. Gas CO yang dikeluarkan melalui cerobong. panasnya dapat dimanfaatkan untuk pembangkit mesin-mesin lain. sebuah perusahaan di Jepang. melainkan dari meteor . Unsur karbon inilah yang banyak berperan dalam peningkatan performan. hanya perlu setengah dari bahan sebelumnya dengan ketebalan dan berat juga setengahnya. Baja super ini diperoleh dengan menghaluskan struktur mikronya menjadi seperlima dari baja sebelumnya atau bahkan lebih kecil lagi (di bawah 1 mikrometer). mulai dari peralatan dapur. Semua segmen kehidupan. Nakayama Steel. transportasi. Penyebabnya adalah perlakuan panas mengubah struktur mikro besi yang berubahubah dari susunan kristal berbentuk kubik berpusat ruang menjadi kubik berpusat sisi atau heksagonal.7. Kemudian dimasukkan gas-gas panas yang memanaskan sekeliling cawan dan muatan dalam cawan akan mencair. sampai kerangka gedung dan jembatan menggunakan baja. Meskipun inti Bumi tersusun dari logam besi dan nikel.Bijih besi bertebaran hampir di seluruh permukaan Bumi dalam bentuk oksida besi. Untuk mendapatkan baja dengan kekuatan sama dengan yang konvensional. besi adakalanya memiliki sifat magnetik dan adakalanya tidak. Kenaikan performan baja diharapkan dapat mengurangi berat bahan sehingga meningkatkan efisiensi dan menghemat sumber daya alam Baja adalah paduan logam yang tersusun dari besi sebagai unsur utama dan karbon sebagai unsur penguat. Baja adalah bahan dasar vital untuk industri. kemudian dapur ditutup rapat. oksida besi yang ada di permukaan Bumi tidak berasal darinya.5 kali kekuatan tarik baja biasa. generator pembangkit listrik. Baja cair tersebut siap dituang untuk dijadikan baja-baja istimewa dengan menambahkan unsur-unsur paduan yang diperlukan. Besi memang bahan bersifat unik. 6. Belakangan dunia perindustrian digemparkan oleh kabar peningkatan performan (kekuatan dan umur) baja menjadi dua kali lipat. Dengan perubahan struktur kristal. Perlakuan panas dapat mengubah sifat baja dari lunak seperti kawat menjadi keras seperti pisau.

5001. Di Australia. .2.500 tahun sebelum Masehi-di daerah Anatria dan Armenia telah berhasil membuat pedang besi berukuran besar dan baju besi dengan proses semi-lebur. Suku Hatti dan Hittite. Brasil. Hampir lebih dari 70 abad lalu-5. Pada lapisan kulit Bumi. dan Mesir diketahui bahwa manusia telah menguasai teknologi pembuatan peralatan dari besi baja untuk berburu. dan Kanada. besi merupakan unsur logam terbanyak ketiga setelah silikon dan aluminium.000 tahun sebelum Masehi-dari peninggalan di Mesopotania. Besi adalah unsur yang sangat stabil dan merupakan unsur terbanyak ke delapan di Jagat Raya setelah silikon. Iran.yang jatuh ke Bumi. ditemukan bongkahan bijih besi berketebalan beberapa puluh meter dan mengandung 65 persen besi.