RSUD BANTEN

2016

PANDUAN SISTIM INFORMASI MANAJEMEN RSUD BANTEN

1

Salah satu bentuk penerapannya melalui sistem pelayanan dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui penggunaan sistem informasi berbasis komputer. murah. sistem informasi global. Information Technology Association of America menjelaskan pengolahan. teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi. di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web. akurat. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data. dan video. dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi. bioinformatika. skala besar basis pengetahuan dan lain-lain. peralatan rumah tangga elektronik. suara. Sebagai salah satu bentuk fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan. Dalam konteks bisnis. mudah. 2 . sehingga perlu diupayakan peningkatan pengelolaan informasi yang efisien. tetapi juga telepon. TV. mengubah. Rumah Sakit sering mengalami kesulitan dalam pengelolaan informasi baik untuk kebutuhan internal maupun eksternal. menyimpan. Latar Belakang Teknologi Informasi (TI) atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat. penyimpanan dan penyebaran vokal.BAB I PENDAHULUAN A. informasi bergambar. ''Cloud Computing''. terpadu dan akuntabel. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). cepat. aman. Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review. mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.

terpadu. berbangsa dan bernegara. dimana output layanannya menjangkau pelayanan keluarga dan lingkungan. Rumah Sakit juga merupakan pusat pelayanan rujukan medik spesialistik dan sub spesialistik dengan fungsi utama menyediakan dan menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat penyembuhan (kuratif) dan pemulihan (rehabilitasi pasien). tindakan dan pelayanan lain yang diberikan kepada pasien).Pesatnya kemajuan teknologi di bidang informasi telah melahirkan perubahan tatanan kehidupan bermasyarakat. visi. mudah. transparan. Secara generik fungsi Rumah Sakit (menurut WHO tahun 1957). Rumah Sakit juga merupakan pusat pelatihan tenaga kesehatan serta untuk penelitian biososial. khususnya membantu dalam memperlancar dan mempermudah pembentukan kebijakan dalam meningkatkan sistem pelayanan kesehatan khususnya dalam bidang penyelenggaraan rumah sakit di Indonesia. Dalam kaitan ini. aman dan efisien. Sistem informasi dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pelayanan data dan informasi dengan lebih produktif. pengobatan. memberikan pelayanan kesehatan lengkap kepada masyarakat baik kuratif maupun rehabilitatif. akurat. cepat. Tata kelola sistem informasi yang baik harus selaras dengan fungsi. misi dan strategi organisasi. peran dan fungsi pelayanan data dan informasi yang dilaksanakan oleh Rumah Sakit sebagai salah satu unit kerja pengelola data dan informasi dituntut untuk mampu melakukan berbagai penyesuaian dan perubahan. tertib. pemeriksaan. Dengan demikian secara umum sistem informasi Rumah Sakit harus selaras dengan bisnis utama (core bussines) dari Rumah Sakit itu sendiri. informasi kegiatan operasional 3 . terutama untuk informasi riwayat kesehatan pasien atau rekam medis (tentang indentitas pasien.

material. alat kesehatan.(termasuk informasi sumber daya manusia. Pengendalian stok obat dan alkes multi gudang (multi apotek / floorstock) bisa dilakukan dengan lebih mudah karena posisi stock up to date-nya bisa diketahui setiap saat. Keterbukaan informasi bagi masyarakat dapat di peroleh melalui website rumah sakit. D. seperti proses bisnis. 4 . 2. Undang – Undang RI No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik 4. tata kelola IT dan lain-lainnya. Tujuan Panduan Tujuan panduan ini adalah sebagai acuan bagi para pengguna teknologi informasi di lingkungan RSUD Banten. penelitian serta bank data. Karena itu bukan hanya teknologi tetapi juga kerangka kerja secara komprehensif sistem informasi Rumah Sakit. Proses-proses manajemen rumah sakit bisa terintegrasi antara satu bagian dengan bagian lainnya. Keberhasilan implementasi sistem informasi bukan hanya ditentukan oleh teknologi informasi tetapi juga oleh faktor lain. perubahan manajemen. Manfaat Manfaat yang didapatkan rumah sakit dengan menggunakan teknologi informasi adalah: 1. Undang – Undang RI No 36 tahun 2014 tentang Kesehatan 2. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 82 Tahun 2013 tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Landasan Hukum 1. Penagihan kepada pasien bisa dibuat dalam sebuah single billing statement untuk semua jasa perawatan yang telah diterima pasien. 4. 3. B. Undang – Undang RI No 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit 3. C.

6. Pencetakan nota pembayaran. akuntansi dan keuangan. Pemanfaatan data keluaran/output dari suatu modul oleh modul lain (sebagai masukan / input) sehingga bisa dihindari adanya redundansi proses antar bagian. 8. Efisiensi waktu entri data (entry time) karena hanya dilakukan sekali oleh bagian yang paling berkompeten. 5 . BAB II RUANG LINGKUP Sistem Terintegrasi Informasi Manajemen merupakan suatu Rumah paket sistem Sakit (SIMRS) aplikasi yang terintegrasi. 7. kuitansi. pelayanan piutang. proses rawat (jalan atau inap) dan proses pulang (seperti pada gambar berikut). 10. rekam medis. tetapi secara umum/generik memiliki prosedur pelayanan terintegrasi yang sama yaitu proses pendaftaran. yang dihubungkan secara on-line pada semua fungsi pelayanan rumah sakit mulai dari transaksi manajemen antrian. dll. dan fungsi pelayanan rumah sakit lainnya Setiap Rumah Sakit memiliki prosedur yang unik (berbeda satu dengan lainnya). stok barang/obat. manajemen keperawatan. pendaftaran. manajemen material.5. linen / laundry. 9. perawat. Memudahkan proses budgeting dan pengendalian realisasinya. pelayanan penunjang. karyawan dan obat) maupun data transaksi. kepegawaian. pelayanan perawatan. manajemen operasi / bedah sentral. Menjaga konsistensi data (data consistency) karena menggunakan data bersama (data sharing) baik data master (database pasien. gizi. surat menyurat bisa dilakukan dengan mudah. kasir / mobilisasi dana. dokter.

rehab medik. Warehouse. BAB III TATA LAKSANA Aplikasi SIMRS RSUD Banten menggunakan sistim front office. Puchasing. unit gawat darurat. dokter. mendapat layanan dan tindakan dari unit-unit seperti farmasi. radiologi.Data yang dimasukan pada proses rawat akan digunakan pada proses rawat dan pulang. Rekam Medis. Report. ruang rawat inap. formulir lab dan sejenisnya) dan perawat. Tampilan menu utama adalah sebagai berikut : 6 . invasive. Customer Relation. Selama proses perawatan. Medical Check Up. pasien akan menggunakan sumber daya. Unit tersebut mendapat order/pesanan dari dokter (misalnya berupa resep untuk farmasi. gizi. radiologi. ruang bedah/VK. Modul yang ada pada aplikasi SIMRS RSUD Banten adalah : pendaftaran. laboratorium. Depo. Apotek. diagnostic non invasive dan lainnya. Laboratorium. bedah. hemodialisa.

Dokter-Pasien. Rekap Pasien dengan tampilan sebagai berikut : 7 . Pemeriksaan dan Tindakan Pasien. Templates. Plasma.Modul Pendaftaran. Poliklinik. Menu pada modul Dokter adalah Jadwal Dokter. terdiri menu Pendaftaran. Perjanjian. Pasien yang sudah daftar.

Cari 8 . dengan tampilan sebagai berikut : Modul Laboratorium terdiri dari menu Pesan Baru.Modul IGD terdiri dari menu daftar tunggu pasien IGD dan data kunjungan. Isi Hasil.

Laporan dan Setup. Aktivitas Laporan. dengan tampilan berikut : Modul Radiologi terdiri dari beberapa menu dengan tampilan menu Pesanan Baru. Aktivitas Isi Hasil. Template Radiologi 9 . Tarif Radiologi.Hasil. Setup. Pencarian Hasil Test.

1. Daftar Pesanan Makanan 1.Modul rehab medik terdiri dari menu utama daftar pesanan dan laporan.2. Daftar Pesanan Konsultasi 1.3. Menu Makanan 1. Modul Konsultasi Gizi terdiri dari menu : 1. Laporan 10 .4.

Modul Hemodialisa terdiri dari menu Daftar Pesanan dan Laporan Modul Ruang Bedah/VK. 11 . terdiri dari menu Daftar Pasien Ruang Bedah dan Daftar Pasien Ruang Bersalin (VK).

Modul Ruang Rawat Inap terdiri dari menu Status Hunian dan Menu Manajemen Ruang Inap 12 .

terdiri dari menu : 12. Credit Note 12.8. Daftar MCU Perusahaan.7.4. Uang Muka 12. Pembayaran 12.Modul MCU (Medical Check Up) terdiri dari menu Daftar Pasien.1.6. Pembayaran Retur Pasien 12.3. Upload Pasien MCU Modul Kasir. Laporan 12.5.2. Kunjungan Pasien 12. Buka Transaksi 12. Setup 13 .

Stock Revaluation. Approval. Report 14 . Report. List Cancel PO Modul Warehouse terdiri dari menu utama Transaction. List Movement Purchase Request.Modul Purchasing terdiri dari menu Order. List Movement Approval .

Modul Depo terdiri dari menu Transaction dan Report 15 .

Report.Modul Rekam Medis terdiri dari dua menu utama ICD Pasien dan Laporan Modul Apotik terdiri dari menu utama Transaction. Setup 16 .

17 .

18 .