TUGAS PROYEK

Carilah artikel dari internet, majalah, buletin, koran, atau media cetak lainnya yang membahas
hubungan antara sifat asam dengan kerusakan lingkungan. Diskusikan dengan temanmu
bagaimana upaya yang harus ditempuh untuk mengatasinya.

basa. 2. Hujan Asam Kandungan asam dalam hujan menyebabkan hujan memiliki sifat sama seperti larutan asam pada umumnya. Aftana Aula Naja 2. oksigen dalam udara. Anisa Ofiana 3.TUGAS IPA NAMA : 1. Arizka Amalia Sholiha KELAS : 7G Hubungan Sifat Asam Dengan Kerusakan Lingkungan. Menyebabkan korosi dan merusak bangunan Hujan asam dapat mempercepat proses korosi. Produk yang tidak diinginkan ini adalah karat. Korosi adalah peristiwa perusakan logam akibat terjadinya reaksi kimia antara logam dengan lingkungan yang menghasilkan produk yang tidak diinginkan. atau zat kimia lainnya. Hujan asam dengan kadar keasaman tinggi dapat menyebabkan gangguan pernapasan pada manusia. Asam yang ada dalam hujan asam merupakan asam kuat. Lingkungan tersebut dapat berupa asam. Namun keasaman yang disebabkan oleh H2CO3 ini dianggap normal karena jenis asam ini bermanfaat membantu melarutkan mineral tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan dan binatang. (a) Paku berkarat. Ciri-ciri karat adalah berupa bercak coklat tua (lihat gambar 14a). Setelah mempelajari tentang sifat asam.6 sampai 6. Kabut yang mengandung asam sulfat bersama-sama dengan udara terhisap dan masuk ke dalam saluran pernapasan manusia dapat merusak paru-paru.2 karena adanya kandungan CO2 di udara. Berikut beberapa dampak dari hujan asam terhadap lingkungan dan makhluk hidup : 1. (a) (b) Gambar 14. (b) tugu batu rusak akibat hujan asam Sumber : Glencoe science level green . CO2 di udara bereaksi dengan uap air membentuk asam lemah yaitu asam karbonat (H2CO3). Berbeda dengan kandungan H2SO4 dan HNO3 yang merupakan asam kuat yang dapat merusak jaringan hidup. Proses korosi (perkaratan) dapat terjadi pada beberapa material dari logam. Aprilia Nisaurrofiqoh 4. dapatkah kamu memperkirakan dampak apa yang dapat ditimbulkan jika hujan asam terjadi di suatu wilayah? Secara alami hujan memang bersifat asam dengan pH antara 5. oksigen dalam air.

Dan hal ini tentu sangat berbahaya jika yang mengalami korosi adalah jembatan dari besi. Jembatan lama kelamaan akan rapuh dan keropos.Keberadaan karat ini sangat merugikan dan pada kondisi tertentu dapat mengancam keselamatan jiwa. kering dan mati Hujan asam yang larut bersama nutrisi di dalam tanah akan menyapu kandungan nutrisi dalam tanah sebelum tumbuhan sempat mempergunakannya untuk tumbuh. Pengaruh hujan asam terhadap pepohonan Sumber: National Geographic 4. Tumbuhan menjadi layu.ac. kemudian tumbuhan akan terserang penyakit. kekeringan.unpad. Ikan di perairan mati Sumber :blogs.id . Selain korosi pada logam hujan asam juga dapat merusak bangunan terutama bangunan yang terbuat dari batuan (lihat gambar 14b) . Apabila nutrisi ini diserap oleh tumbuhan akan menghambat pertumbuhan dan mempercepat daun berguguran. Zat kimia beracun seperti aluminium juga akan terlepas dan bercampur dengan nutrisi. Gambar 15. dan mati. Logam yang mengalami korosi ini biasanya akan menjadi rapuh dan keropos. Untuk mencegah timbulnya korosi ini kita dapat melakukan beberapa cara salah satunya yaitu dengan pengecatan. Hal ini disebabkan karena hujan asam akan melarutkan kalsium karbonat dalam batuan tersebut dan membuatnya batuan menjadi mudah lapuk. Merusak ekosistem perairan Gambar 16. 3.

Hujan asam yang jatuh pada danau akan meningkatkan keasaman danau. Meskipun ada beberapa spesies yang dapat bertahan hidup tetapi karena rantai makanan terganggu maka spesies tersebut dapat mengalami kematian pula.wordpress. Artikel dengan judul Dampak dan Upaya Pencegahan Hujan Asam Diunduh dari https://prodiipa. Keasaman danau yang meningkat menyebabkan beberapa spesies biota air mati karena tidak mampu bertahan di lingkungan asam.com/kelas-vii/hujan-asam/e-upaya-pencegahandampak-hujan-asam/ .

untuk mengurangi emisi zat pembentuk asam dapat digunakan gas alam sebagai sumber bahan bakar. Misalnya. 2. Menggunakan bahan bakar dengan kandungan belerang rendah Minyak bumi dan batu bara merupakan sumber bahan bakar utama di Indonesia. dan hidrogen. b. Mengaplikasikan prinsip 3R (Reuse. 2. Oleh karena itu cara paling mudah yang dapat kamu lakukan adalah dengan menghemat listrik.) Selama pembakaran Pengendalian pencemaran selama pembakaran dapat dilakukan sengan Lime Injection in Multiple Burners (LIMB). tanah. Minyak bumi memiliki kandungan belerang yang tinggi. dan kotoran lain serta mengurangi kadar belerang yang berupa pirit sampai 50-90%. Dengan cara ini 70-95% SO 2 yang terbentuk dapat diikat. transportasi dan pembangkit listrik. batubara dapat dicuci untuk membersihkan batubara dari pasir. Teknologi LIMB ini dapat mengurangi emisi SO2 sampai 80% dan NOx 50%. 3. Recycle. Prinsip teknologi ini adalah mengikat SO2dalam gas limbah di cerobong asap dengan absorben. etanol. menggunakan angkutan umum atau bersepeda saat pergi ke sekolah.Upaya yang harus ditempuh untuk mengatasinya: Upaya pencegahan terbentuknya hujan asam antara lain : a.) Reduce Menerapkan prinsip Reduce dapat kamu lakukan dengan mengurangi penggunaan sumber daya alam.) Setelah pembakaran Teknik pengendalian setelah pembakaran disebut scubbing. Contohnya dengan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil terutama batu bara dan minyak bumi. mengurangi penggunaan plastik. Caranya dengan menginjeksikan kapur Ca(OH)2 dalam dapur pembakaran dan suhu pembakaran diturunkan dengan alat pembakaran khusus. Usaha lain yaitu dengan menggunakan bahan bakar non-belerang seperti methanol. Telah kita ketahui bahwa bahan bakar fosil ini paling banyak digunakan dalam kegiatan pabrik. Desulfurisasi dapat dilakukan pada waktu : 1. b. Desulfurisasi adalah proses penghilangan unsur belerang. Reduce) 1.) Reuse .) Sebelum pembakaran Kandungan belerang dapat dikurangi saat proses produksi bahan bakar. Namun penggunaan bahan bakar non-belerang ini juga perlu diperhatikan karena akan membawa dampak pula terhadap lingkungan.

TUGAS IPA NAMA : 1. mengganggu kesehatan manusia. menyebabkan kerusakan flora dan fauna dan pencemaran udara. volume dan dampak terbesar adalah limbah tambang terbuka yang dikenal sebagai overburden dan limbah dari proses pengolahan bijih menjadi konsentrat yang disebut tailings. Diantara jenis limbah yang dihasilkan. Aziizah Salsabila 2. tailing. Kegiatan pertambangan. Bharani Susi Mulyanti 4. Total limbah yang diproduksi dapat bervariasi antara 10% sampai 99. Untuk mendapatkan lapisan bijih yang mengandung bahan tambang tertinggi dilakukan pembukaan dan pengupasan tanah hutan serta adanya tumpukan limbah yang dihasilkan yang menyebabkan kerusakan lingkungan secara luas. Cindy Agustin Choirunisa KELAS : 7G Hubungan Sifat Asam Dengan Kerusakan Lingkungan. baik terhadap lingkungan maupun bersifat ekonomis dan sosial. menggunakan kotak makanan yang dapat dipakai kembali saat kamu membeli makanan.Dengan memanfaatkan dan menggunakan kembali barang bekas kamu sudah dapat menerapkan prinsip reuse. sudah barang tentu akan banyak mengakibatkan dampak. Kegiatan pertambangan menghasilkan limbah yang berdampak pada lingkungan seperti pencemaran air permukaan dan air tanah. larutan sisa proses. Azizatu Zahro 3. plastik dan logam.) Recycle Jika kamu tidak dapat mengurangi penggunaan suatu barang dan kamu tidak dapat menggunakan benda itu kembali maka langkah terbaik yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan daur ulang barang tersebut.99% dari total bahan yang ditambang. Adapun jenis limbah yang dihasilkan dari berbagai jenis kegiatan dalam pertambangan adalah air tambang. kertas. dan sludge. Bioteknologi Penanggulangan Limbah Asam Tambang Kegiatan pertambangan untuk mengambil bahan galian berharga dari lapisan bumi telah berlangsung sejak lama. limbah batuan overburden. Salah satu unsur penyebab dampak itu adalah limbah yang dihasilkan sebagai sampingan atau sisa dari penggarapan dan pengolahan yang sering kali volumenya besar dan banyak jenisnya. 3. Barang yang dapat kamu daur ulang antara lain kaca. bijih sisa. Overburden adalah batuan yang tidak mengandung bijih atau yang kadar bijihnya dianggap terlalu rendah untuk dapat diolah secara ekonomis menurut proses yang diterapkan . Contohnya memakai kembali botol atau kaleng bekas.

Kecepatan pembentukan AAT ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu suhu. Batuan ini tidak mengandung mineral dan menutupi atau berada di antara zona mineralisasi atau batuan yang mengandung mineral dengan kadar rendah. rata-rata sekitar 2000 ton limbah dibuang ke Teluk Senunu. dengan demikian akan menimbulkan pencemaran logam pada lingkungan perairan. Universitas Gajah Mada https://www.facebook. Ferrooxidans yang dilakukan dengan menggunakan bahan kimia. Asam sulfat yang terbentuk dari kegiatan pertambangan dikenal dengan air asam tambang (AAT). Pencemaran asam dan logam berat pada lingkungan tersebut berpengaruh pada jumlah dan komposisi spesies biologis dengan siklus biogeokimia dari sejumlah unsur kimia. Sifat asam dapat memicu terbentuknya logamlogam reaktif dalam bentuk ionnya. limbah asam tambang tersebut juga mengandung logam-logam berat berbahaya yang sangat tinggi. menghasilkan sulfat sebagai penyebab keasaman pada lingkungan tanah dan air. Tailing maupun overburden yang mengandung logam sulfida akan teroksidasi bila kontak dengan oksigen dan air.com/Artikelpertambangan/posts/362557917277148 . Populasi Thiobacillus akan meningkat secara drastis sejalan dengan menurunnya pH. Sumbawa sehingga menyebabkan terganggunya kehidupan biota laut seperti terumbu karang dan ikan yang mengancam kepunahan ekosistem dasar laut akibat buangan limbah tambang yang membentuk sedimentasi lumpur. Telah banyak contoh kerusakan lingkungan akibat limbah pertambangan seperti di lembah Wanagon. dan populasi bakteri pengoksidasi sulfur Thiobacillus ferrooxidans. Irian Jaya yang menyebabkan rusaknya hutan tropis dataran rendah seluas 30 km2 serta rusaknya ekosistem akuatik sebagai dampak pembuangan limbah tambang bersifat asam dan racun ke sungai.sehingga harus disisihkan terlebih dulu sebelum diolah. Disamping sifat asam yang mengancam kehidupan. pH. Pembentukan AAT dapat dicegah dengan menghindari kontak pirit dengan oksigen dan air. Sedangkan Tailing adalah limbah yang berbentuk pasir kasar dan halus yang kadar logamnya terlalu kecil untuk digiling lebih halus dan diolah lagi. juga dapat dihindari dengan mencegah pertumbuhan T. Setiap harinya. Christina Dwi Kusumaningtyas Mahasiswa Jurusan Mikrobiologi.

Menimbun di kolam dan menjaga agar bahan tepat di bawah air. Menimbun lapisan limbah asam dengan tanah kemudian dilakukan penanaman untuk mencegah erosi dan penguapan. 5. 4. 3. misal CaCO3. Penambahan surfaktan atau penambahan biosida untuk mematikan Thiobacillus ferrooxidans. mengelola run-off asam. minimalisir kontak dengan air dan udara. . 6. Menimbun batuan asam pada tempat kedap. Menetralisir limbah yang bersifat masam dengan bahan yang bersifat basa. Melapisi batuan yang berpotensi munculnya sifat asam dengan tanah liat.Berbagai cara untuk menangani limbah asam tambang oleh industri pertambangan adalah sebagai berikut : 1. 2.

6 maka akan terjadi hujan asam. efek samping dari hujan asam menghasilkan kerusakan lingkungan yang lebih parah dibandingkan global warming. Satu reaksi penting dalam oksidasi sulfurdioksida adalah antara sulfur dioksida yang terlarut dan hydrogen peroksida. Felisiana Robingatu Pharadesi 4. Reaksi tersebut menghasilkan asam lemah H2CO3 dan terlarut di air hujan. Arya. Apabila air hujan tercemar dengan asam-asam kuat. Hujan asam sebenarnya dapat mencegah global warming. Suatu lingkungan akan bersifat asam jika kemasukan ion hydrogen yang bersal dari asam sulfat (H2SO4) dan atau asam nitrat (HNO3). salju. Dita Amelia Rahmah 2. Hafidatul Ilmi KELAS : 7G Hubungan Sifat Asam Dengan Kerusakan Lingkungan HUJAN ASAM Hujan asam adalah hujan yang bersifat asam daripada hujan biasa (Hunter BT. 2009). Istilah keasaman berarti bertambahnya ion hydrogen ke dalam suatu lingkungan. Hujan yang normal seharusnya adalah hujan yang tidak membawa zat pencemar dan dengan pH 5. gas buang seperti SO2 penyebab hujan asam mampu memantulkan sinar matahari keluar atmosfer bumi sehingga dapat mencegah kenaikan temperatur bumi.6. maka pH-nya akan turun dibawah 5. Faricha Mufida 3.TUGAS IPA NAMA : 1. Akan tetapi. Air hujan memang sedikit asam karena H 2O yang ada pada air hujanbereaksi dengan CO2 di udara. atau hujan es) atau kering (dari pertukaran turbulen dan pengaruh gravitasi yang tidak berkaitan dengan hujan). 2004 dalam Rahardiman. Deposit asam dari atmosfer dapat bersifat abash (dari hujan. Sebenarnya “hujan asam” merupakan istilah yang kurang tepat untuk menggambarkan jatuhnya asam-asam dari .

embun. peleburan logam dan pembangkit listrik. pH di bawah 4. Deposisi asam ada dua jenis yaitu Deposisi kering ialah peristiwa kerkenanya benda dan mahluk hidup oleh asam yang  Deposisi kering ialah peristiwa kerkenanya benda dan mahluk hidup oleh asam yangada dalam udara. salju. Oksida belerang itu selanjutnya berubah menjadi asam sulfat (Soemarwoto O. aerosol bahkan pengendapan langsung. atau asam klorida yang ada di atmosfer baik sebagai gas maupun cair terdeposisikan ke tanah.5 tidak memungkinkan bagi ikan untuk . embun. Didaerah peternakan dan pertanian akan condong menghasilkan asam pada tanahnya mengingat kotoran hewan banyak mengandung NH3 dan tanah pertanian mengandung urea. Oleh sebab itu. salju. atau butiran-butiran cairan (aerosol). Hujan asam memiliki dampak tidak hanya pada lingkungan biotik. misalnya akibat pembakaran BBF. Jika turun hujan dari awan tadi. 1992). Waktu BBF di bakar. Ini dapat terjadi pada daerah perkotaan karena pencemaran udara akibat kendaraan maupun asap pabrik. Asam-asam tersebut berasal dari prekursor hujan asam dari kegiatan manusia (anthropogenic) seperti emisi pembakaran batubara dan minyak bumi. Istilah deposisi asam lebih bermakna luas dari hujan asam. HNO3 sangat asam dan larut dengan baik sekali. Selain itu juga merupakan asam keras dan reaktif terhadap benda-benda lain yang menyebabkan korosif. Terdapat hubungan yang erat antara rendahnya pH dengan berkurangnya populasi ikan di danau-danau. kabut. Deposisi asam dapat pula terjadi karena hujan turun melalui udara yang mengandung asam sehingga asam itu terlarut ke dalam air hujan dan turun ke bumi. Amoniak di tanah semula akan menetralkan asam. Akan tetapi sekitar 50% SO2 yang ada di atmosfer diseluruh dunia terjadi secara alami. Dampak Hujan Asam Terhadap Kehidupan Manusia dan Lingkungan Terjadinya hujan asam harus diwaspadai karena dampak yang ditimbulkan bersifat global dan dapat menggangu keseimbangan ekosistem. Minyak bumi mengadung belerang antara 0.1% sampai 3% dan batubara 0. Asam itu tercuci atau wash out. Sedangkan 50% lainnya berasal dari kegiatan manusia. asam nitrat. ataupun jatuh bersama angin. lahan pertanian. danau. Istilah yang lebih tepat seharusnya adalah deposisi asam. Deposisi jenis ini dapat terjadi sangat jauh dari sumber pencemaran. maka air hujan yang turun bersifat asam. presipitasinya akan merusak tanaman terutama daun. namun juga pada lingkungan abiotik. serta emisi dari kendaraan bermotor. Sulfur Dioxide (SO2) dan nitrogen oxides (NOx) yang keduanya dihasilkan melalui pembakaran. Biasanya deposisi jenis ini terjadi dekat dari sumber pencemaran. atau bangunan melalui tetes hujan. karena pengendapan asam dari atmosfir ke permukaan bumi tidak hanya melalui air hujan tetapi juga melalui kabut.  Deposisi basah ialah turunnya asam dalam bentuk hujan. Proses Terbentuknya Hujan Asam Deposisi asam terjadi apabila asam sulfat. Kegiatan alam seperti letusan gunung berapi juga dapat menjadi salah satu penyebab deposisi asam. hutan. antara lain  Danau Kelebihan zat asam pada danau akan mengakibatkan sedikitnya spesies yang bertahan. Hal ini terjadi apabila asap di dalam udara larut di dalam butir-butir air di awan. sungai.4% sampai 5%. misalnya dari letusan gunung berapi maupun kebakaran hutan secara alami. Disisi lain amoniak yang menguap ke udara dengan uap air akan membentuk ammonia hingga memungkinkan penetralan asam yang ada di udara. Pada dasarnya hujan asam disebabkan oleh 2 polutan udara. belerang tersebut beroksidasi menjadi belerang dioksida (SO2) dan lepas di udara. Selain itu deposisi kering juga dapat terjadi di daerah perbukitan yang terkena angin yang membawa udara yang mengandung asam. namun garam-garam ammonia yang terbentuk akan teroksidasi menjadi asam nitrat dan asam sulfat.atmosfer ke permukaan bumi.

    hidup. Sehingga apabila nutrisi ini dimakan oleh tumbuhan akan menghambat pertumbuhan dan mempercepat daun berguguran. Akan tetapi. meninggalkan kristal pada batuan yang telah menguap. yang justru menghambat pertumbuhan akar dan menghambat penyerapan air. Walaupun hujan asam ditemukan di tahun 1852. kekeringan dan mati. sementara pH 6 atau lebih tinggi akan membantu pertumbuhan populasi ikan. Dr. . orang berusia lanjut. Adanya pelapukan dalam batang menandakan terjadinya kerusakan sistem transportasi air pada tanaman.2004). Ancaman serius juga dapat terjadi pada bagunan tua serta monument termasuk candi dan patung. Asam di dalam air akan menghambat produksi enzim dari larva ikan trout untuk keluar dari telurnya. pasirbesi. Tanah Efek tidak langsung dari hujan asam adalah efek terhadap tanah. Alumunium akan menyebabkan beberapa ikan mengeluarkan lendir berlebihan di sekitar insangnya sehingga ikan sulit bernafas. Hujan asam dapat merusak batuan sebab akan melarutkan kalsium karbonat. Kesulitan yang dihadapi dkarenakan banyaknya faktor yang mempengaruhi kesehatan seseorang. yang akan bercampur didalam nutrisi. Kesehatan Manusia Dampak deposisi asam terhadap kesehatan telah banyak diteliti. Gejala ini menyebabkan terjadinya pencucian mineral seperti Ca. selebihnya pohon-pohon akan terserang penyakit. marmer. batu pada diding beton serta logam. Ulrich dari Universitas Gottingen (Jerman) menyimpulkan bahwa hujan asam menghambat beberapa pohon spruce dan beech mencapai umur lebih dari 30 – 40 tahun (Nandika. Tanaman kemudian mulai mati. jamur dan serangga. karena kekurangan air. Tembaga di air berdampak pada timbulnya wabah diare pada anak dan air tercemar alumunium dapat menyebabkan penyakit Alzheimer. dan mineral-mineral penting menjadi hilang. Hujan asam yang larut bersama nutrisi didalam tanah akan menyapu kandungan tersebut sebelum pohon-pohon dapat menggunakannya untuk tumbuh. namun belum ada yang nyata berhubungan langsung dengan pencemaran udara khususnya oleh senyawa NOx dan SO2. dan Potassium. Mineral tersebut digantikan oleh logam berat seperti Al. Misalnya balita. termasuk faktor kepekaan seseorang terhadap pencemaran yang terjadi. kuat dugaan bahwa ion-ion beracun yang terlepas akibat hujan asam menjadi ancaman yang besar bagi manusia. yang merupakan yamg merupakan mineral utama bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Korosi Hujan asam juga dapat mempercepat proses pengkaratan dari beberapa material seperti batu kapur. orang dengan status gizi buruk relatif lebih rentan terhadap pencemaran udara dibandingkan dengan orang yang sehat. Lapisan lilin pada daun rusak sehingga nutrisi menghilang sehingga tanaman tidak tahan terhadap keadaan dingin. Seperti halnya sifat kristal semakin banyak akan merusak batuan. Pertumbuhan Phytoplankton yang menjadi sumber makanan ikan juga dihambat oleh tingginya kadar pH. Tumbuhan Tanaman dipengaruhi oleh hujan asam dalam berbagai macam cara. baru pada tahun 1970-an para ilmuwan mulai mengadakan banyak melakukan penelitian mengenai fenomena ini.. Asam juga mengikat logam beracun seperi alumunium di danau. Kesadaran masyarakat akan hujan asam di Amerika Serikat meningkat di tahun 1990-an setelah di New York Times memuat laporan dari Hubbard Brook Experimental Forest in New Hampshire tentang banyaknya kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh hujan asam. Pertumbuhan akar menjadi lambat sehingga lebih sedikit nutrisi yang bisa diambil. Dodi. Serta akan melepaskan zat kimia beracun seperti aluminium. Mg.

Penambahan kapur kedalam tanah maupun danau dapat menetralkan sifat asam.Dampak Deposisi Asam Dampak terhadap Keterangan Makhluk Hidup 1. 2003). Mengganggu pemanfaatan air untu air minum.tips/documents/makalah-kimia-lingkungan-hujan-asamklp32013. bisa juga dilakukan dengan penggunaan Scrubbers. Alat ini mampu mengurangi emisi sulfur okida hingga 80-95 % (Ophardt. dan iritasi kulit Vegetasi 1. Pengendalian pencemaran selama pembakaran Beberapa teknologi untuk mengurangi emisi SO2 dan Nox pada waktu pembakaran telah dikembangkan. Melarutkan tembaga dan baja 3. 2. Reduce) Untuk mengurangi dampak buruk yang muncul dari hujan asam terhadap tanahataupun danau dapat dilakukan dengan menambahkan zat kapur kedalam tanah atau kedalam danau. perikanan. Usaha lain yaitu dengan menggunakan bahan bakar nonbelerang atau bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan. Mengganggu masalah pada kesehatan. dampak buruk yang muncult dari asam hujan . menghindari terbentuknya zat pencemar saar terjadinya pembakaran. akan tetapi kebocoran gas ini dapat menambah emisi metan.O.html. pertanian.. Perubahan keseimbangan nutrisi dalam tanah 2. a. c. b. Menyuburkan pertumbuhan jamur madu yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman (layu). pernapasan. e. d. Penggunaan gas asalm akan mengurangi emisi zat pembentuk asam. PROGRAM STUDI KIMIA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS PAKUAN BOGOR 2013 Upaya-Upaya Untuk Mengurangi dan Mencegah Dampak Dari Hujan Asam Usaha untuk mengendalikan deposisi asam ialah menggunakan bahan bakar yang mengandung sedikit zat pencemaran. Mengganggu siklus makanan 3. Melarutkan kalsium pada beton. menangkap zat pencemar dari gas buangan dan penghematan energi. Struktur bangunan 1. Salah satu teknologi ialah lime injection in multiple burners (LIMB). Teknologi yang sudah banyak dipakai ialah fle gas desulfurization (FGD). Punahnya beberapa jenis ikan. Merusak tanaman 4. misalnya metanol. 4. Cara lain ialah dengan menggunakan amonia sebagai zat pengikatnya sehingga limbah yang dihasilkan dapat dipergunakan sebagi pupuk. Menggunakan bahan bakar dengan kandungan belerang rendah Kandungan belerang dalam bahan bakar bervariasi. Selain itu. Mengikis bangunan candi dan patung http://dokumen. etanol dan hidrogen. C. Mengaplikasikan prinsip 3R (Reuse. lantai marmer 2. Recyle. Melakukan reboisasi atau penanaman kembali. Mempercepat korosi pada pipa air saluran 4. Mengganggu pertumbuhan tumbuhan 3. Pengendalian setelah pembakaran Zat pencemar juga dapat dikurangi dengan gas ilmiah hasil pembakaran.