Laporan Pembuatan Keramik

PT.Satyaraya keramindoindah

DI SUSUN OLEH :
FAHMI RIDHO
Npm.1510631140049

PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI
SINGAPERBANGSA KARAWANG
2015/2016

Mahasiswa mampu mengerti proses pembuatan keramik 4.namun banyak orang-orang yang tidak tahu bagaimana tata cara proses pembuatan keramik yang mengakibatkan kurangnya pemahaman pada masyarakat awam. Mahasiswa mampu memhami tentang keramik 3.sehingga sangat cocok untuk bahan pembelajaran proses pembuatan keramik Tujuan Laporan Setelah dibuatnya laporan keramik ini diharapkan : 1. bersih dan menarik. Memenhi tugas kimia industri 2. Pt Satyaraya Keramindoindah ini adalah salah satu pabrik pembuatan keramik terkemuka yang sudah ada sejak lama .BAB I Pendahaluan Latar belakang Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat sekarang ini menjadi tuntutan bagi para mahasiswa agar mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut . di pabrik ini menggunakan teknologi-teknologi yang modern untuk pembuatan keramik tersebut. Keramik merupakan barang yang paling sering banyak digunakan di dalam bangunan maupun alat pakai . karna dengan menggunakan keramik akan membuat suatu bangunan akan terlihat lebih indah . namun kurang nya sumber ilmu di lembaga pendidikan mengharuskan mahasiswa untuk mencari sumber ilmu lain yang salah satunya dari sebuah perusahaan . nyaman . Sebagai bahan bacaan yang kelak akan berguna bagi para pembaca BAB II Profil Perusahaan .

Roman kemudian membangun pabrik baru pada tahun 2007 di Jawa Timur. Sehingga menampilkan efek yang natural dan alami serta menghadirkan keramik lantai dan dinding dengan tampilan estetika . Jawa Timur. Usahanya dimulai dari perdagangan hasil bumi. B. Sertifikasi ISO 9001 merefleksikan komitmen Roman sebagai rekan bisnis yang dapat diandalkan di era pasar global ini. building material & distribusi. bahkan hingga permukaan keramik yang berstruktur sekalipun. menjadikan keramik Roman Gres memiliki kualitas yang tak diragukan lagi dalam ketahanan terhadap beban. perkebunan. properti. Proses pembakaran produksi yang sangat tinggi. Mengikuti kebutuhan pasar yang semakin besar. klien. dan masyarakat. Dengan kualitas yang prima menjadikan Roman memenuhi kualifikasi standar industri internasional (ISO 13006). sehingga menjadikan pabrik ini sebagai pabrik keramik terbaik di Indonesia maupun di kawasan Asia. yaitu "Reliability & Quality is Our Business". Roman kemudian mendirikan pabrik kedua PT Satyaraya Keramindoindah di Tangerang.Sejarah Perusahaan Sejak awal tahun 1970-an Roman sudah berkomitmen dalam industri pembuatan ubin keramik dengan memproduksi keramik dinding di Tulungagung. Visi dan misi Teknologi yang di gunakan A. kemudian berkembang ke bisnis usaha lain seperti perkayuan. serta pertambangan minyak & gas bumi. yang mencerminkan keunggulan produk dan jasa serta integritas manajemen. PT Roman Ceramic International ini dilengkapi dengan teknologi tercanggih dari Italia. Indonesia.Digital Tecnica Digital Tecnica yang dimiliki Roman adalah teknologi dekorasi digital inovatif yang memampukan pencitraan gambar beresolusi tinggi untuk penerapan di atas keramik. Manajemen Lyman Group memiliki komitmen untuk bekerjasama dan memberikan kontribusi terbaik kepada rekan usaha. cuaca. Di era 1990-an. menggunakan bahan baku terbaik dari Indonesia dan juga bahan-bahan impor lain dari Italia dan Spanyol (seperti glaze dan colorant). serta noda.Gres Technology High-Performance Floor Applications Keramik lantai Roman dihasilkan dengan menggunakan teknologi terbaik dari Italia dan negara-negara lain yang terkemuka dalam industri keramik. Lyman Group pada awalnya bernama Satya Djaja Raya (SDR) Group didirikan oleh Bapak Susanta Lyman pada tahun 1959. Lyman Group selalu memegang filosofi bisnis yang ditanamkan oleh pendiri.

BAB III Keramik Pengertian Keramik pada awalnya berasal dari bahasa Yunani keramikos yang artinya suatu bentuk dari tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran. dan air.Kamus dan ensiklopedia tahun 1950-an mendefinisikan keramik sebagai suatu hasil seni dan teknologi untuk menghasilkan barang dari tanah liat yang dibakar. Di samping itu keramik mempunyai sifat rapuh. komposisi kimia dan mineral bawaannya. dan sebagainya. Berkat fitur ini. keras.terbaik dalam setiap desainnya. seperti gerabah. Interlok persembahan Roman ini adalah pilihan sempurna bagi mereka yang mendambakan sisi kegunaan dan desain yang takkan lekang oleh waktu . kwarsa. baik untuk lantai maupun dinding. D. yang memungkinkan pemasangannya dengan nat yang minimal. luar ruang. Jenis Jenis Keramik . Umumnya senyawa keramik lebih stabil dalam lingkungan termal dan kimia dibandingkan elemennya. Sifat keramik sangat ditentukan oleh struktur kristal.. kaolin. Tetapi saat ini tidak semua keramik berasal dari tanah liat. Oleh karena itu sifat keramik juga tergantung pada lingkungan geologi dimana bahan diperoleh. Secara umum strukturnya sangat rumit dengan sedikit elektron-elektron bebas. dimana bentuk keramik yang unik memungkinkan untuk saling mengunci satu dengan lainnya.Interlocking System Interlok adalah sistem yang memungkinkan pemasangan keramik dengan cara mudah dan cepat. genteng. Keramik secara umum mempunyai kekuatan tekan lebih baik dibanding kekuatan tariknya. C. hingga konsep disain urban.Rectification System Rectification System yang dimiliki Roman adalah sistem proses pemotongan tepi keramik secara sempurna. ball clay. Bahan baku keramik yang umum dipakai adalah felspard. porselin.Kurangnya beberapa elektron bebas keramik membuat sebagian besar bahan keramik secara kelistrikan bukan merupakan konduktor dan juga menjadi konduktor panas yang jelek. Keramik ini tersedia dalam berbagai motif dan ukuran. Definisi pengertian keramik terbaru mencakup semua bahan bukan logam dan anorganik yang berbentuk padat. menciptakan daya tarik dan keindahan suasana ruang yang kontemporer. baik untuk interior rumah. dan kaku. ukuran keramik yang terpotong secara presisi pada keramik dinding Rectificado menghasilkan kesempurnaan pemasangan.

dan survei proses umum yang diikuti dalam pembuatan benda keramik yang paling tradisional.Glass ceramic terbagi banyak properti dengan kedua gelas dan keramik.. batu bata dan genteng tanah liat. Artikel ini menjelaskan karakteristik dasar dari bahan baku yang biasa digunakan dalam keramik tradisional. Dari survei pembaca dapat dilanjutkan ke artikel yang lebih rinci pada masing-masing jenis produk keramik. . Kaca-keramik biasanya memiliki antara 30% [m / m] dan 90% [m / m] kristalinitas dan menghasilkan array dari bahan dengan sifat termomekanis menarik . bahan nonlogam. Hal ini dilakukan baik oleh aksi panas.Ceramic engineering adalah ilmu dan teknologi untuk menciptakan benda dari anorganik. pembentukan mereka menjadi komponen-komponen dan studi. studi dan produksi senyawa kimia yang bersangkutan. bahan keramik yang berasal dari umum. yang biasanya tidak diinginkan dalam pembuatan kaca. dan semen portland. link yang disediakan pada akhir artikel ini. . komposisi struktur dan sifat. Melalui proses industri yang telah dipraktekkan dalam beberapa bentuk selama berabad-abad. Kaca-keramik memiliki fase amorf dan fase kristalin satu atau lebih dan diproduksi oleh "kristalisasi terkontrol" disebut kontras dengan kristalisasi spontan. Istilah ini mencakup pemurnian bahan baku. bahan baku alami seperti mineral tanah liat dan pasir kuarsa. atau pada suhu yang lebih rendah menggunakan reaksi pengendapan dari larutan kimia kemurnian tinggi. bahan ini dibuat menjadi produk akrab seperti peralatan makan cina. abrasive industri dan lapisan tahan api.Traditional creramics.