SOSIOLOGI KESEHATAN

SITI FARIDA NOOR LAYLA

ekonomi. Sosiologi from medicine : Menganalisa lingkungan kedokteran dari perspektif sosial(prilaku.) 5.etnologi.gaya hidup para dokter.hukum. Sosiologi at medicine : Lebih banyak mengamati orientasi politik dan idiologi yang berhubungan dengan kesehatan 6.bahasa . Sosiologi around medicine : Menunjukkan bagaimana sosiologi menjadi bagian atau berinteraksi dengan ilmu lain seperti antropologi. Sosiologi for medicine Berhubugan dengan strategi methodologi yang dikembangkan sosiologi untuk kepentingan pelayanan kesehatan 4.etik.3.filosofi.

nilai.kepercayaan terhadap praktek kedokteran sebagai bentuk dari perilaku manusia dalam lingkup pelayanan kesehatan .dimasa lalu disebut sosiologi medis Perkembangan sosiologi kesehatan dimulai sejak manusia sadar bahwa kesehatan tidak hanya sebatas fisik.Sosiologi kesehatan cabang sosiologi baru.melainkan mental serta kondisi sosial Beberapa istilah sosiologi pada bidang kesehatan : 1. Sosiologi in medicine : Sosiolog yang bekerjasama secara langsung dengan dokter dan staf kesehatan dalam memecahkan problem kesehatan masyarakat 2. Sosiologi of medicine : Berhubungan dengan organisasi.

Bagi praktek medis bahwa sakit dan cacat fisik selain sebagai kenyataan sosial sekaligus juga sebagai kenyataan medis 1. Menganalisis faktor-faktor sosial dalam hubungannya dengan etiologi penyakit 3.Manfaat sosiologi kesehatan : Untuk mempelajari cara orang mencari pertolongan medis 2. .

WASSALAM .