You are on page 1of 7

PENERAPAN TABEL DISTRIBUSI FREKUENSI

PADA ANALISIS BLOG BISNIS
http://istanamakanan-tradisional.blogspot.co.id
Aisyah Fitri Islami, 1406012
Program Studi Teknik Informatika B
Sekolah Tinggi Teknologi Garut,
Jl. Mayor Samsu No.1 Tarogong Kidul Garut, 44151
1406012@sttgarut.ac.id
Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sebuah data distribusi frekuensi
pada penelitian blog bisnis .Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Setelah
data diperoleh dari literatur utama maupun literatur pendukung, selanjutnya dianalisis untuk
mengetahui distribusi frekuensi dari sebuah blog bisnis tersebut. Pada penelitian ini hanya
diambil penelitan dari statistik berupa ikhtisar. Data ini dianalisis dari tanggal 13 Maret
2016 s.d 11 April 2016 .
Kata Kunci : Data, Distribusi Frekuensi, Blog Bisnis.

I. PENDAHULUAN
Statistik memegang peran penting dalam penelitian,baik dalam penyusunan
model,perumusan hipotesa, pengembangan alat dan instrumen

pengumpulan data,

penyusunan desain penelitian, penentuan sampel dan dalam analisa data.
Di dalam statistik deskriptif kita selalu mengusahakan agar data dapat disajikan dalam
bentuk yang lebih berguna, lebih mudah dipahami dan lebih cepat dimengerti. Jika data yang
ada hanya sedikit, kita tidak mengalami kesulitan untuk membaca dan mengerti angka-angka
itu, tetapi apabila data yang tersedia banyak sekali jumlahnya, maka untuk mengerti data
tersebut kita akan mengalami kesulitan. Untuk memudahkannya data harus disusun secara
sistematis atau teratur kedalam distribusi frekuensi.
Untuk itu penulis menggunakan Tabel Distribusi Frekuensi dalam menganali blog
bisnis dari tanggal 13 Maret 2016 s.d 11 April 2016.

II LANDASAN TEORI Distribusi frekuensi adalah susunan data menurut kelas interval tertentu atau menurut kategori tertentu dalam sebuah daftar . selanjutnya diakukan tahapan berikut ini : 1.  Interval kelas. Sebuah distribusi frekuensi akan memiliki bagianbagian yang akan dipakai dalam membuat sebuah daftar distribusi frekuensi yaitu :  Kelas-kelas (class)  Batas kelas (class limits)  Tepi kelas disebut juga batas nyata kelas. Titik tengah kelas = ½ (batas atas + batas bawah) kelas. Menuliskan frekuensi kelas didalam kolom turus atau tally (sistem turus) sesuai banyaknya data. 2. Menentukan batas bawah kelas pertama 5. 3) Distribusi frekuensi kumulatif yang berisikan frekuensi kumulatif (frekuensi yang dijumlahkan). . K = 1 + 3.3 log n 3. Menentukan Jangkauan = data terbesar – data terkecil. Pertama melakukan pengurutan data-data terlebih dahulu sesuai urutan besarnya nilai yang ada pada data. Menentukan Panjang interval kelas (i) = Jumlah Kelas (k)/ Jangkauan (R) 4.  Panjang interval kelas  Frekuensi kelas Berdasarkan kriteria tersebut. distribusi frekuensi dapat dibedakan tiga jenis : 1) Distribusi frekuensi biasa yang berisikan jumlah frekuensi dari setiap kelompok data.Titik tengah kelas merupakan nilai yang mewakili kelasnya dalam data. 2) Distribusi frekuensi relatif yang berisikan nilai-nilai hasil bagi antara frekuensi kelas dan jumlah pengamatan. Menentukan banyaknya kelas (k). Penyusunan suatu distribusi frekuensi perlu dilakukan tahapan penyusunan data.

d 11 April 2016 (sebelum dan sesudah dipromosikan) yaitu : . Wikipedia. Dan blogspot. Disamping itu juga digunakan data dari internet seperti google book. IV HASIL DAN PEMBAHASAN Analisis yang diambil dalam penerapan distribusi frekuensi pada blog bisnis adalah analisis Ikhtisar/pengunjung blog pada tanggal 13 Maret 2016 s.III METODE PENELITIAN Metode penelitian yang digunakan adalah studi literature. table distribusi frekuensi. Buku-buku yang dijadikan acuan pada analisis ini adalah buku Statistika dan Probabilitas.

Hasil Ikhtisar Dengan Tabel Frekuensi Dari table tersebut dapat diperoleh distribusi frekuensinya dengan langkah :  Menentukan Nilai Minimum : Nilai minimum = 0  Menentukan Nilai Maksimal : Nilai Maksimal = 36  Menentukan Range: .Dari data tersebut diperoleh tabel sebagai berikut : a.

3 REKAP DATA DALAM TABEL FREKUENSI TABEL DISTRIBUSI FREKUENSI RELATIF TABEL DISTRIBUSI KUMULATIF .Range = 36-0 = 36  Menentukan Kelas : Kelas = 2k >= 30 K = 5.2 ~ 7. 6 dst. Dipilih K= 5  Menentukan Interval : Interval = Range/ kelas = 36/ 5 = 7.

HISTOGRAM FREKUENSI POLIGON FREKUENSI OGIF KURANG DARI .

com/2014/03/distribusi-frekuensi.com/2013/06/18/makalah-statistik-distribusi-frekuensi/ diakses pada tanggal 12 April 2016 [2] Islami. http://statprob8.id/p/bukurujukan. http://istanamakanantradisional.html diakses pada tanggal 11 April 2016 [4] Satria.co. Eri. “ Statistika dan Probabilitas “.wordpress.kajianpustaka.blogspot. Jenis Distribusi Frekuensi”. http://www.OGIF LEBIH DARI V DAFTAR PUSTAKA [1] Anang.blogspot. Aisyah Fitri “ Istana Makanan Tradisional”. https://ariaanang. Riadi “ Pengertian. Ari.html diakses pada tanggal 11 April 2016 .com diakses pada tanggal 13 Maret 2016 sampai dengan 11 April 2016 [3] Muchlisin. “ Makalah Statistik Distribusi Frekuensi “.