You are on page 1of 14

BED SITE TEACHING

“ POLIP HIDUNG”
PENYUSUN :
M. DICKY HIDAYATULLAH
NENDEN SUSILAWATI

PRESEPTOR :
H. FAHMI HALIMI, dr., Sp. THT-KL

RS. MUHAMMADIYAH
BANDUNG

IDENTITAS PASIEN Nama : Ny. I Usia : 47 tahun Pekerjaan : Wiraswasta Suku : Sunda Agama : Islam Tangga pemeriksaan : 6 Juni 2016 .

tidak disertai darah namun tidak ada cairan yang mengalir ke tenggorokan. tidak berbau. Benjolan dirasakan timbul dan terasa sampai keluar ketika sedang pilek. Os juga mengalami hidung tersumbat terutama di hidung sebelah kiri sehingga bernapas melalui mulut. Keluhan dirasakan sejak dua tahun yang lalu dan terasa lebih berat sekitar dua minggu. Muhammadiyah mengeluhkan adanya benjolan di rongga hidung sebelah kiri.ANAMNESIS Cc : benjolan di rongga hidung kiri Anamnesis tambahan : Os datang ke RS. . Cairan dari hidung berwarna bening. Keluhan timbul saat udara dingin dan akan keluar cairan dari hidung saat udara panas.

.ANAMNESIS Os mengaku keluhan juga disertai dengan hidung terasa gatal. mata terasa gatal dan berair. tanpa disertai dengan sakit di daerah wajah. Tidak ada kebiasaan mengorok. sesak nafas. Anak os juga mengalami keluhan yang sama dengan os. sakit kepala dan gangguan penciuman. namun di keluarga tidak ada yang mengalami alergi makanan maupun alergi obat. sakit saat menelan. telinga gatal dan keluar cairan. Os mengatakan tidak ada nyeri telinga. Os pernah didiagnosis sinusitis maksilaris bilateral dan telah dilakukan operasi 20 tahun yang lalu. asma dan suara serak.

5oC Status Generalis  Kepala : Konjungtiva tak anemis  Sklera tak ikterik  Leher : KGB tidak tampak dan tidak teraba  Thorax : Dalam batas normal  Abdomen : Dalam batas normal  Ekstremitas : Dalam batas normal  Neurologis : Dalam batas normal . Pemeriksaan Fisik  Keadaan Umum : Tampak sakit sedang  Kesadaran : composmentis  Tanda vital T: 120/80 mmHg   N: 110 x/menit  R: 24 x/menit  S: 37.

TELINGA Auris Bagian Preaurikuler Aurikula Retroaurikuler Kelainan Dextra Sinstra Kelainan kongenital Radang dan tumor Trauma Nyeri tekan tragus - - Kelainan kongenital Radang dan tumor Trauma - - Edema Hiperemis Nyeri tekan Sikatrik - - .

TELINGA Auris Bagian Meatus Acustikus Externa Membrana Timpani Kelainan Kelainan kongenital Kulit Sekret Serumen Edema Jaringan granulasi Massa Cholesteatoma Warna Intak Reflek cahaya Gambar Dextra Sinstra Tenang - Tenang - Putih keabuan Intak + Putih keabuan intak + .

bening. lateral meatus. bentuk dan ukuran Mukosa Sekret Concha inferior Dextra Sinistra Dalam batas normal Dalam batas normal livida Eutrof Livida +. bulat lonjong. lunak. permukaan licin. tidak berbau Eutrof Septum Defasi tidak ada Massa - Pasase udara + Rhinoskopi anterior +.HIDUNG Pemeriksaan Keadaan Luar Warna. warna putih keabu-abuan. tidak mudah berdarah - .

gerakan normal kesegala arah Tenang Caries (-) Simetris Tenang/tenang T1/T1 Normal/normal - Mukosa Granula Post nasal drip Tidak hiperemis - . basah.TENGGOROKAN Bagian Mulut Tonsil Faring Kelainan Mukosa mulut Lidah Palatum molle Gigi geligi Uvula Halitosis Mukosa Besar Kripta Detritus Perlengketan Keterangan Tenang Bersih.

Anak os juga mengalami keluhan yang sama dengan – Dari pemeriksaan fsik ditemukan mukosa kedua hidung tampak livida. . Pernah didiagnosis sinusitis maksilaris bilateral dan telah dilakukan operasi 20 tahun yang lalu.RESUME – Benjolan di rongga hidung sebelah kiri sejak dua tahun yang lalu dan terasa lebih berat sekitar dua minggu. lunak dan tidak mudah berdarah. – Keluhan disertai dengan hidung terasa gatal. konka inferior dan media kedua hidung normal. sakit kepala dan gangguan penciuman. tidak disertai darah namun tidak ada cairan yang mengalir ke tenggorokan. sakit saat menelan. bentuk bulat lonjong. terdapat sekret berwarna bening dan tidak berbau pada hidung kiri. timbul saat udara dingin dan akan keluar cairan dari hidung saat udara panas berwarna bening. dirasakan timbul dan terasa sampai keluar ketika sedang pilek. Os juga mengalami hidung tersumbat terutama di hidung sebelah kiri sehingga bernapas melalui mulut. Pemeriksaan fsik lain dalam batas normal. ditemukan adanya massa dibagian meatus lateral. permukaan licin. tanpa disertai dengan sakit di daerah wajah. tidak berbau. mata terasa gatal dan berair. warna putih keabu-abuan.

sinus etmoidal dan sinus frontalis terang . Diagnosis Polip nasal sinistra + rhinitis alergi  Usulan pemeriksaan • Xray waters • Transiluminasi • Kedua sinus maksilaris.

PENATALAKSANAAN Umum – Menjaga kebersihan hidung – Penjelasan mengenai penyakit kepada pasien – Makan yang teratur sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh – Olahraga yang teratur – Menghindari debu rumah dan dingin – Mengganti seprei 1 minggu 1x – Menjemur kasur 1 bln 1x – Menggunakan kasur busa – Pakai selimut yang berbahan katun – Pakai masker saat membersihkan rumah – Menghindari penggunaan karpet – Jangan mengorek hidung .

PENATALAKSANAAN Khusus – Ambroxol 3x1 tab 5-7 hari – Pseudoefedrin 30-120 mg 2x1 tab – Loratadin 1 x 10 mg – Pro Polipektomi .

 Prognosa – Quo ad vitam : dubia ad bonam – Quo ad functionam   : dubia ad bonam .