You are on page 1of 10

PROSES KEPUTUSAN INVESTASI

A. Mengenal Sekuritas Ekuitas Dan Sekuritas Hutang
Sekuritas hutang adalah bukti kepemilikan hutang perusahaan lain berupa surat
berharga yang menunjukan hak investor untuk mendapatkan bagian laba dari kekayaan
perusahaan yang menerbitkan sekuritas kepemilikan hutang perusahaan lain untuk
dijaminkan ke pasar modal dan dijadikan sebagai tambahan aktiva atau kekayaan
perusahaan dimana sekuritas hutang disajikan di neraca sebagai investasi.
Sekuritas ekuitas adalah bukti surat berharga yang menunjukan hak investor untuk
mendapatkan bagian dari kekayaan perusahaan yang menerbitkan sekuritas kepemilikan
modal yang terbagi ke dalam kepemilikan i saham biasa,saham preferen,atau modal saham
lainnya termasuk juga hak untuk memperoleh atau melepas kepentingan kepemilikan pada
harga kesepakatan, misalnya waran, atau opsi right dan call.
B. Investasi Langsung
Investasi Langsung:
Investor tidak hanya membeli dan menjual saham mereka sendiri (biasanya menggunakan
makelar), tetapi juga mengendalikan secara langsung. Investasi yang dapat dilakukan dengan
membeli aktiva keuangan yang dapat diperjual belikan di pasar uang (money market), pasar
modal (capital market) atau pasar turunan (derivative market). Investasi langsung juga dapat
dilakukan dengan membeli aktiva keangan yang tidak dapat diperjual belikan. Aktiva
keuangan yang tidak dapat diperjual belikan biasanya diperoleh melalui bank komersial
Investasi secara langsung berupa:
a. Aset Keuangan Tidak Diperjualbelikan/ Nonmarketable Financial Asset
1. Umumnya dimiliki oleh individu
2. Merupakan pertukaran langsung dari klaim antara penerbit dan investor
3. Biasanya cepat cair/likuid, dengan kata lain mudah diubah dalam bentuk
kas tanpa mengurangi nilai
4. Contohdari aset keuangan tak berharga :
 Rekening simpanan dan obligasi
 Sertifikat deposito
b. Aset Keuangan Pasar Uang/ Money Market Financial Asset
1. Merupakan aset keuangan berharga: Klaim dapat dinegosiasi atau dijual di pasar.
2. Berjangka pendek, cepat cair/ likuid, merupaka instrument utang yang berisiko
rendah.
3. Biasanya dikeluarkan oleh pemerintah dan perusahaan swasta.
4. Contoh dari sekuritas pasar uang:
 Reksadana pasar uang.
 T-Bills atau SBI merupakan sekuritas pasar uang yang paling menonjol
karena T-Bills dijadikan patokan aset dan paling unggul dibandingkan
sekuritas pasar uang lain. Treasury bill sering digunakan dipenelitian
keuangan sebagai return bebas risiko. SBI dijual secara lelang setiap
1

2. Menjual-belikan utang berharga yang jatuh temponya lebih dari satu tahun dan menjual-belikan saham kepemilikan. 4.  Karakteristik Obligasi Nilai nominal atau nilai utang pokok . diskon akan menentukan imbal hasil.c. dan termasuk dalam kategori investasi yang sangat aman sehingga imbal hasil dari surat berharga komersial ini juga rendah  Perjanjian beli kembali: perjanjian untuk menjual sekaligus membeli kembali surat berharga pada harga dan tanggal yang telah ditetapkan.00. yaitu nilai yang harus dibayar bunganya oleh penerbit dan harus dilunasi pada saat akhir masa jatuh tempo. bulannya dengandiskon dari nilai nominal dalam denominasi kelipatan Rp 50. Biasanya instrumen ini tidak digunakan sebagai investasi jangka panjang melainkan hanya sebagai pembelian inventaris atau untuk pengelolaan modal kerja. Bambang Riyanto (1977) : “Obligasi adalah suatu pengakuan hutang yang dikeluarkan oleh pemerintah atau perusahaan atau lembaga-lembaga lain sebagai pihak yang berhutang yang mempunyai nilai nominal tertentu dan kesanggupan untuk membayar bunga secara periodik atas dasar persentase tertentu yang tetap. Dimana biasanya pula instrumen ini dibeli oleh lembaga keuangan karena nilai nominalnya terlalu besar bagi investor perorangan.000. Oleh karena itu. 2 . 3. pembayaran dan jumlah bunga serta pokok pinjaman diketahui terlebih dahulu. 1. Pembeli dari kupon obligasi yang baru diterbitkan meminjamkan uang kepada penerbit yang bersepakat untuk membayar pokok dan bunga. Obligasi Pengertian obligasi menurut Drs. Jatuh tempo SBI biasanya 13 minggu dan 26 minggu  Komersial paper: sekuritas dalam pasar uang yang diterbitkan oleh bank berkapitalisasi besar serta perusahaan. Aset Keuangan Pasar Modal/ Capital Maret Financial Asset Pasar modal adalah pasar untuk sekuritas jangka panjang seperti saham dan obligasi. Merupakan sekuritas dengan pendapatan yang tetap dan memiliki jadwal pembayaran yang telah ditentukan Tanggal.00 dimulai pada harga Rp 100. Lebih berisiko dibandingkan sekuritas pasar uang/ money market securities karena waktu jatuh tempo dan sifat dari sekuritas yang dijual di pasar modal. 1. 5.000. 2. Obligasi merupakan sekuritas dengan pendapatan yang tetap  Pembeli mengetahui arus kas di masa yang akan datang.000.  Bunga dan pokok pembayaran juga sudah diketahui.000.

Pada obligasi jenis ini terdapat banyak sekali persyaratan yang ketat yang membatasi kegiatan operasional penerbit. Di Amerika. Ini utamanya digunakan bagi obligasi berbunga tinggi. yang artinya pembayaran kupon dilakukan setiap 6 bulan sekali. Hak jual. Pada beberapa obligasi mengharuskan penerbit untuk membayar premi yang disebut premi opsi. Tanggal kupon. kebanyakan obligasi adalah secara "tahunan" atau 1 kupon pertahun. yaitu suatu tanggal yang ditetapkan dimana pada saat tersebut penerbit wajib untuk melunasi nilai nominal obligasi.: Kupon. Di Eropa. dan lain-lain. ketentuan ini diatur oleh departemen keuangan pemerintah dan undang-undang komersial dimana dokumen ini di hadapan pengadilan diperlakukan sebagai suatu kontrak. suku bunga yang dibayarkan oleh penerbit kepada pemegang obligasi. beberapa obligasi memberikan hak kepada pemegang obligasi untuk memaksa penerbit melakukan pelunasan awal atas obligasinya sebelum masa jatuh tempo 3 . DiAmerika. maka guna membebaskan penerbit dari pembatasanpembatasan dilakukanlah pelunasan dini atas obligasi tersebut. pemegang obligasi akan menyerahkan kupon tersebut ke bank guna ditukarkan dengan pembayaran bunga.       Harga penerbitan. Nilai bersih yang diterima oleh penerbit adalah setelah dikurangi dengan biaya-biaya penerbitan. Tanggal jatuh tempo. Ketentuan dalam dokumen resmi tersebut sulit sekali diubah dimana perubahan hanya dapat dilakukan atas persetujuan mayoritas pemegang obligasi. Sepanjang pembayaran kembali / pelunasan tersebut telah dilakukan maka penerbit tidak lagi memiliki kewajiban kepada pemegang obligasi setelah lewat tanggal jatuh tempo obligasi tersebut. suatu dokumen yang menjelaskan secara terinci hak-hak dari pemegang saham. Pada tanggal pembayaran kupon. tetapi juga bisa mengacu kepada suatu indeks pasar uang seperti LIBOR. Dokumen resmi . beberapa obligasi memberikan hak kepada penerbit untuk melunasi obligasi tersebut sebelum masa jatuh tempo obligasi. kebanyakan pembayaran kupon obligasi dilakukan secara "tengah tahunan". Istilah "kupon" ini asal mulanya digunakan karena dimasa lalu secara fisik obligasi diterbitkan bersama dengan kupon bunga yang melekat pada obligasi tersebut. tanggal pembayaran bunga dari penerbit kepada pemegang obligasi. Kebanyakan obligasi jenis ini memberikan hak kepada penerbit untuk melakukan pelunasan obligasi pada nilai pari. Obligasi jenis ini dikenal sebagai obligasi opsi beli. Hak pelunasan. yaitu suatu harga yang ditawarkan kepada investor pada saat penjualan perdana obligasi. Biasanya suku bunga ini memiliki besaran yang tetap sepanjang masa berlakunya obligasi. namun dengan biaya yang lebih tinggi.

 Memiliki Call feature.  Ditebus dengan nilai nominal pada saat jatuh tempo.  Kurang terkenal dikalangan investor yang terkena pajak.  Revenue Bonds Corporate Bonds (Obligasi Perusahaan)  Jatuh tempo 20-40 tahun. dengan nilai nominal $1000  Memiliki risiko kemungkinan penerbit tidak dapat membayar  Obligasi dapat ditukar dengan aset lain sesuai kebijakan pemilik c. Tipe Obligasi Yang Umum Government Bond (Obligasi Pemerintah)  T-bonds digunakan untuk pendanaan dalam utang pemerintah. diterbitkan oleh pemerintah lokal untuk mendanai highways. pembayaran bunga semi-annual. b.  Tingkat pengembalian tetap. Inovasi dari Obligasi Zero Coupon Bond ( Obligasi Tanpa Kupon)  Merupakan obligasi yang dijual tanpa memiliki kupon.  Tidak menerima bunga secara periodik. pendidikan. Terbagi menjadi 2 :  General Obligation Bonds.a.  Dijual dengan prinsip diskon (dibawah nilai nominal).  Callable Bond. dan capital project. Peringkat Obligasi: Membantu investor dalam penilaian hutang dan risiko kegagalan Contoh organisasi yang membuat peringkat:  Standard and Poors Corporation  Moody’s Investors Service Inc  Perusahaan yang membuat peringkat melakukan analisis kredit untuk para investor. PERINGKAT Aaa Aa A STANDARD AND Peringkat AAA AA A INTERPRETASI Kualitas utama Kualitas tinggi Peringkat cukup tinggi 4 POOR’S Interpretasi Peringkat tertinggi Peringkat tinggi Peringkat cukup . mengurangi tingkat risiko reinvestasi. obligasi yang akan dibeli kembali oleh penerbitnya pada harga tertentu di masa yang akan datang  Federal Agency Bond  Municipal Bond. yaitu hak untuk membeli kembali obligasi yang telah dijual sebelum jatuh tempo.  Menekankan pada probabilitas kegagalan para emiten.  Sangat merespons perubahan suku bunga. Pembayaran kupom bersifat semi-annual.

A. o Saham preferen kumulatif.  Memiliki tambahan hak melebihi saham biasa/ common stock. AA. merupakan saham preferen dimana pemilik saham ini setelah menerima deviden tetap mempunyai hak untuk membagi keuntungan yang dinyatakan sebagai dividen kepada pemegang saham biasa. 5 . C). Menunjukkan kontrol atas manajemen. Minimal memiliki rating A. setidaknya pada (pemegang saham memiliki hak suara yang penting) Menunjukkan perseroan terbatas (para investor tidak dapat kehilangan lebih dari yang mereka investasikan jika perusahaan bangkrut) Jenis modal saham terbagi atas 2.  Dapat ditukar dengan modal saham biasa. Speculative Securities: Kategori perusahaan dianggap memiliki kemampuan yang meragukan untuk melunasi hutangnya.  Pemegang modal saham prioritas dibayar setelah utang dilunasi.Baa Ba B Caa Ca C - - - Peringkat menengah BBB Pringkat cukup BB menengah Peringkat spekulatif B Peringkat sangat CCC spekulatif Peringkat mendekati CC kebangkrutan Peringkat paling rendah C tinggi Peringkat menengah Peringkat kurang spekulatif Peringkat cukup spekulatif Peringkat spekulatif Peringkat lebih spekulatif Peringkat sangat spekulatif DDD Peringkat gagal DD Peringkat lebih gagal D Peringkat sangat gagal Keterangan Investment grade: Kategori perusahaan dianggap memiliki kemampuan yang cukup untuk melunasi hutangnya. (AAA. BBB) . Modal Saham Modal saham menunjukkan kepemilikan dalam perusahaan. CCC. namun sebelum pemegang modal saham biasa. 1. rating BBB dianggap masih belum aman. B. (BB. tidak dapat membayar bunga obligasi. yaitu:  Saham Preferen / Preferred Stock  Merupakan modal saham dengan pertengahan antara pemegang obligasi dan pemegang saham dari aset dan pendapatan sebuah perusahaan. Pada peringkat C.

Contoh: Kontrak berjangka (Future Contracts) - - - - Kontrak berjangka merupakan suatu kontrak standard yang diperdagangkan pada bursa berjangka. surat berharga keuangan.o Saham preferen non kumulatif. merupakan saham preferen yang tidak mempunyai hak untuk memdapatkan dividen yang belum dibayarkan pada tahun-tahun yang lalu secara kumulatif. Menggunakan opsi call/ put berarti bahwa pembeli memiliki hak tetapi obligasi tidak dibeli/dijual. Kontrak Opsi (Option Contracts) Terstandarisasi dan performanya dijamin oleh pihak ketiga. Kontrak opsi adalah suatu hak yang didasarkan pada suatu perjanjian untuk membeli atau menjual suatu komoditi.  Hak dijual di pasar dengan harga pasar. Meningkatkan probabilitas dari pengembalian. Perusahaan investasi adalah perusahaan yang menyediakan jasa keuangan dengan cara 6 . kepada/dari penjual dengan harga yang tetap pada tanggal tertentu. untuk membeli ataupun menjual aset acuan dari instrumen keuangan pada suatu tanggal dimasa akan datang. Kontrak opsi yang diperdagangkan di bursa diciptakan oleh investor bukan dari perusahaan. C. atau suatu mata uang asing pada suatu tingkat harga yang telah disetujui (ditetapkan di muka) pada setiap waktu dalam masa tiga bulan kontrak. Investasi tidak langsung dilakukan dengan membeli surat-surat berharga dari perusahaan investasi. Investasi Tidak Langsung Investasi tidak langsung yaitu pembelian saham dari perusahaan investasi yang mempunyai portofolio aktiva-aktiva keuangan dari perusahaan-perusahaan lain. dengan harga tertentu. Saham Biasa / Common Stockd Dividen dibayarkan sepanjang perusahaan mendapatkan laba Mempunyai hak suara dalam RUPS Mempunyai hak terakhir dalam pembagian kekayaan perusahaan likuidasi setelah semua kewajiban dilunasi  Hak untuk mengalihkan kepemilikan sahamnya     - Aset Keuangan Pasar Derivatif/ Derivatif Market Financial Asset Derivatif merupakan kontrak finansial antara dua atau lebih pihak dengan perjanjian penukaran pembayaran yang nilainya diturunkan atau berasal dari saham yang menjadi acuan pokok atau juga disebut "saham turunan" (underlying security).

Biaya manajemennnya lebih rendah dibandingkan biaya yang terendah dari reksadana 3.menjual sahamnya ke publik dan menggunakan dana yang diperoleh untuk diinvestasikan ke dalam portofolionya. Dijual seperti saham individu yang berarti dapat dibeli secara banyak atau sedikit 2. Sifat – sifat dari exchange yaitu : 1. b. Investor yang tidak memiliki dana cukup untk membentuk portofolio sendiri dapat membeli saham yang ditawarkan oleh perusahaan investasi ini. Investor dapat menjual balik sertifikat ini kepada trust sebesar nilai bersih sertifikat tersebut ( net asset value atau NAV). Tipe Dan Jenis Perusahaan Pada Investasi Tidak Langsung Perusahaan Investasi adalah perusahaan perantara keuangan yang menjual saham kepada masyarakat umum dan menanamkan dana pada beragam sekuritas atau asset lainnnya. Besarnya NAV per-sertifikat adalah total nilai pasar dari sekuritas-sekuritas yang tergabung di portofolio dikurangi dengan biaya-biaya yang terjadi dan dibagi dengan jumlah sertifikat yang diedarkan. yaitu : a. c. Investor awam yang kurang pengetahuan dan pengalaman tidak akan dapat membentuk portofolio yang maksimal. D. Exchange Traded Funds Yaitu upaya pendanaan yang secara sederhana dapat diartikan sebagai reksadana yang diperdagangkan dalam Bursa Efek dan menawarkan diversifikasi pada sektor. Pada investasi tidak langusng terdapat beberapa perusahaan investasi. Perusahaan investasi juga mengelola atau mengatur portofolio dari sekuritas. Sertifikat portofolio ini dijual kepada investor sebesar nilai bersih total aktiva yang tergabung di dalam portofolio ditambah dengan komisi. Perusahaan investasi bergerak sebagai saluran yang mendistribusikan dividen. bunga dan realized gains. Investor dengan modal kecil dapat menikmati keuntungan karena pembentukan portofolio. Ada dua alasan investasi tidak langsung ini menarik bagi investor : a. Perwalian Investasi Unit/ Unit Investment Trust Perwalian Investasi Unit merupakan trust yang menerbitkan portofolio yang dibentuk dari surat-surat berharga berpenghasilan tetap (misal bond) dan ditangani oleh orang kepercayaan yang independen. b. area geografis atau bahkan seluruh pasar. tapi dapat membeli saham yang ditawarkan oleh perusahaan investasi yang telah membentuk portofolio optimal. Perusahaan Reksadana Tertutup/ Closed-end Investment Companies 7 . Para investor mengontrol capital gains ataupun capital lose.

Reksadana dapat diklasifikasikan menjadi beberapa macam sebagai berikut : 1. Investor pada reksadana pasar uang ini membayar biaya manajemen tetapi bukan biaya penjualan atau penebusan.Perusahaan reksadana tertutup merupakan perusahaan investasi yang hanya menjual sahamnya dalam jumlah yang tetap yaitu sebanyak saat penawaran perdana saja. 2. capital gain yang diperoleh dari reksadana tidak dikenai pajak. yan melakukan investasi pada saham bernilai rendah yan ditentukan dari analisa keuangan. misalnya saham. misalnya obligasi. Di Indonesia. 3. Menurut Undang-Undang Pasar Modal No. Reksadana Pasar Uang : Reksadana pasar uang merupakan reksadana yang berinvestasi dalam portofolio dan sekuritas pasar uang. Reksadana ini membentuk portofolionya dengan aktiva-aktiva surat berharga utang jangka pendek yang jatuh temponya kurang dari satu tahun. d. Kebanyakan reksadana saham berupa :  Value funds. yang melakukan investasi pada saham perusahaan yang diharapkan menunjukan pertumbuhan pendapatan di masa yang akan datang. Perusahaan Reksadana Terbuka / Open-end Investment Companies Dikenal dengan nama perusahaan reksadana. Reksadana campuran : 8 . Biasanya perusahaan investasi ini tidak menawarkan lagi tambahan lembar saham. kecuali jika ada penawaran public berikutnya. Reksadana Pendapatan Tetap : Reksadana ini berisikan paling tidak 80% aktiva obligasi dan sisanya dapat berupa aktiva lain. Lembar saham yang sudah beredar dari penawaran perdana diperdagangkan di pasar sekunder dengan harga pasar yang terjadi di pasar bursa. pasal 1 ayat (27) reksadana didefinisikan sebagai wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya di investasikan dalam protofolio efek oleh manajer investasi. Juga pemegang kepemilikan portofolio dapat menjual kembali kepemilikan portofoliona ke perusahaan reksadana bersangkutan. 4. Perusahaan investasi ini masih terus menjual kepemilikan portofolionya kepada investor.8 Tahun 1995.  Growth funds. Reksadana Saham atau Reksadana Ekuitas : Reksadana ini dengan paling tidak 80% aktiva saham dan sisanya berupa berupa aktiva lain. Pasar sekunder adalah pasar keuangan yang digunakan untuk memperdagangkan sekuritas yang telah diterbitkan dalam penawaran umum perdana. Perusahaan reksadana ini adalah perusahaan investasi yang mengelola portofolio dan menjual kepemilikan portofolionya di pasar modal.

2009.000maka investor dapat menunggu untuk menjualnya pada saat jatuh tempo dengan nilai obligasinya kembali ke nilai nominalnya. Investment Analysis & Management. saham dan aktiva lainnya. misalnya menjadi Rp 900. Proteksi ini dilakukan oleh reksadana dengan cara memasukan obligasi-obligasi yang akan jatuh tempo dalam jangka pendek ke dalam portofolionya. walaupun nilai reksadananya mengalami penurunan di periode krisis.000.000. Reksadana Terproteksi : Reksadana terproteksi memproteksi investor dari kerugian penurunan nilai investasinya. DAFTAR PUSTAKA Jones. 5. tetapi penurunannya tidak sebesar yang dialami oleh reksadana ekuitas. misalnya Rp 1. Jika nilai obligasi turun saat ini. sehingga nilai investasi awal investor terproteksi minimal tidak akan sampai di bawah nilai nominal obligasinya.Reksadana ini beris dengan aktiva campuran dalam bentuk obligasi.8 th edition in Indonesian Adaption. Obligasi jatuh tempo akan membayar utuh sebesar nilai nominalnya.Charles. Karena reksadana campuran berisi campuran obligasi dan saham. 9 .

Hartono.2015.Jogiyanto. Edisi 10 Teori Portofolio dan Analisis Investasi 10 .