You are on page 1of 4

TRANSFER EXTERNAL

(KELUAR RS)
No. Dokumen :
RSUD H. BOEJASIN
Jl. H. Boejasin No.68
Pelaihari

No. Revisi :

No. Halaman :
1/4

Tanggal Terbit :

Ditetapkan
Direktur RSUD H. Boejasin Pelaihari

STANDAR
PROSEDUR
OPERASIONAL

Pengertian
Tujuan

dr. H. Edy Wahyudi
NIP. 19730131 200604 1 009
Proses memindahkan pasien dari satu rumah sakit ke rumah sakit
yang lain atau satu lokasi ke lokasi yang lain di luar rumah sakit.
1. Agar pelayanan transfer pasien dilaksanakan secara
profesional dan berdedikasi tinggi.
2. Agar proses transfer pemindahan pasien berlangsung dengan
aman dan lancar serta pelaksanaannya sangat memperhatikan
keselamatan pasien serta sesuai dengan prosedur yang telah
ditetapkan.

Kebijakan

-

Prosedur

Merujuk berdasarkan kondisi kesehatan dan kebutuhan pasien
akan pelayanan berkelanjutan
Proses rujukan didokumentasikan dalam rekam medis

Indikasi transfer external :
- Pasien membutuhkan penanganan dan perawatan yang tidak
tersedia di RS Muhammadiyah Lamongan
- Transfer antar rumah sakit untuk alasan non medis
- Pasien dari luar RS Muhammadiyah Lamongan yang
ditransfer dengan ambulans RS Muhammadiyah Lamongan
karena membutuhkan penanganan dan perawatan di RS
Muhammadiyah Lamongan
- Repatriasi, yaitu transfer pasien kembali ke rumah sakit atau
pelayanan kesehatan yang merujuk
Prosedur :
1. Keputusan untuk dilakukan transfer eksternal berdasarkan
indikasi transfer eksternal dan kebutuhan pelayanan pasien
tersebut serta ditetapkan oleh DPJP atau dokter jaga dengan
sepengetahuan DPJP

Petugas transfer mempersiapan obat-obatan. dan peralatan dan dicek ulang sebelum berangkat . Revisi : No. Jika RS rujukan telah setuju menerima pasien rujukan. - Hasil asesmen/pengkajian yang telah dilakukan terhadap pasien. Petugas transfer eksternal melakukan koordinasi dengan DPJP atau dokter jaga yang mengambil keputusan dilakukan transfer eksternal 7. - Tanyakan apakah setuju untuk menerima pasien rujukan. H. BOEJASIN Jl. 5. Setelah didapatkan keputusan transfer. Jika menolak maka dokumentasikan dalam penolakan tindakan transfer eksternal 4. Dokumen : No. - Indikasi merujuk pasien tersebut. - Informasi penting tentang kondisi pasien terkini. Halaman : RSUD H.68 Pelaihari STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL Prosedur 2/4 Tanggal Terbit : 2. DPJP atau dokter jaga harus menghubungi rumah sakit yang dituju dengan memberikan informasi : . Jika pasien dan/atau keluarga pasien menyetujui dilakukan transfer eksternal maka dokumentasikan dalam persetujuan tindakan transfer eksternal.TRANSFER EXTERNAL (KELUAR RS) No. Menyampaikan kepada pasien (jika kondisinya memungkinkan) dan keluarga pasien mengenai perlunya dilakukan transfer eksternal 3.Identitas pasien. - Pastikan bahwa rumah sakit rujukan tersebut mempunyai sarana dan prasarana sesuai kebutuhan pelayanan pasien yang akan dirujuk. Boejasin No. Petugas transfer eksternal segera disiapkan sesuai dengan kriteria/level pasien yang akan ditransfer dan pusat layanan ambulan harus diberitahu sesegera mungkin 6.

kesadaran dan hasil observasi tanda-tanda vital pasien. transfusi. Boejasin No. tindakan stabilisasi. dan tindakan yang dilakukan selama proses transfer.68 Pelaihari STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL Prosedur No. . Monitoring selama transfer dan melakukan dokumentasi dalam formulir transfer tentang kondisi pasien. - Alergi obat. - Surat rujukan. obatobatan). - Riwayat penyakit dan diagnosa medis. maka dapat dilakukan transfer pasien 10. - Keadaan umum. pemberian cairan. - Terapi yang telah diberikan (cairan infus. 9. termasuk cairan dan obat-obatan yang diberikan selama transfer. Dokumen : No. Setelah pasien dalam kondisi se-stabil mungkin. Revisi : RSUD H. Halaman : 3/4 Tanggal Terbit : 8. pemberian obat-obatan. - Pemeriksaan penunjang yang telah dilakukan (laboratorium. observasi pasien. Saat tiba di RS rujukan . petugas transfer melakukan serah terima dengan petugas rumah sakit yang dituju dan Petugas transfer menyerahkan surat rujukan. 11. H. Dokumentasikan dalam rekam medis dan lembar observasi pasien tentang kondisi pasien. BOEJASIN Jl. dan lain-lain) serta untuk follow-up hasil pemeriksaan yang belum selesai. pemeriksaan lanjutan yang sudah dilakukan dan memberikan informasi : - Identitas pasien. radiologi. formulir transfer.TRANSFER EXTERNAL (KELUAR RS) No. dan observasi pasien. - Tindakan yang telah dilakukan.

TRANSFER EXTERNAL (KELUAR RS) No. Revisi : RSUD H. Boejasin No. Staf Medis RSUD H.68 Pelaihari STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL Prosedur Unit Terkait No. BOEJASIN Jl. H. Halaman : 4/4 Tanggal Terbit : - Formulir transfer pasien. - Informasi lain yang dianggap perlu. Dokumen : No. - Daftar barang pasien (bila pasien tidak ada keluarga). Boejasin Pelaihari Keperawatan Ruangan rawat inap Instalasi Gawat Darurat .