You are on page 1of 14

DAMPAK PENAMBANGAN PASIR

TERHADAP LINGKUNGAN DAN SARANA
PRASARANA DI KECAMATAN RUMPIN
Ahmad Sobari
Dede Rahmatullah
Fafin Eko S.
Fikri Zikril Hakin
Verama

TEKNIK SIPIL

INSTITUT TEKNOLOGI INDONESIA

. penambangan (penggalian). panas bumi. Pasir memiliki warna sesuai dengan asal pembentukannya. karena rongga-rongganya yang besar. migas. pemanfaatan dan penjualan bahan galian (mineral. batubara. Butiran pasir umumnya berukuran antara 0. Materi pembentuk pasir adalah silikon dioksida. Pasir juga penting untuk bahan bangunan bila dicampur Semen.Pengertian PertambanganPasir Pertambangan adalah rangkaian kegiatan dalam rangka upaya pencarian.0625 sampai 2 milimeter. tetapi di beberapa pantai tropis dan subtropis umumnya dibentuk dari batu kapur.dll). pengolahan. Hanya beberapa tanaman yang dapat tumbuh di atas pasir. Pasir adalah contoh bahan material butiran.

Kegiatan ekploitasi sumber daya mineral atau bahan galian seperti pasir merupakan salah satu pendukung sektor pembangunan baik secara fisik. .Bukti ketergantungan bangsa indonesia kepada alam dapat dilihat dari pemanfaatan sumber daya alam yang besar besaran tanpa melihat kelanjutan fungsinya. Hasil pertambangan merupakan sumber daya yang mampu menghasilkan pendapatan yang sangat besar untuk suatu negara. Penambangan pasir dan batu memang dianggap memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Bogor. ekonomi maupun sosial.

Tahap pengangkutan pada tahap ini yang perlu diperhatikan adalah ketika alat-alat berat mulai masuk klokasi penambangan untuk mngangkut pasir. . dan selanjutnya adalah pembuatan/pembukaan jalan untuk proses pengangkutan.Proses Penambangan Pasir Tahap persiapan biasanya didahului dengan pengangkutan berbagai jenis peralatan tambang. pengangkutan pasir biasanya dilakukan dengan menggunakan truk. untuk mencapai kawasan penambangan secara mudah maka dilakukan pembukaan jalan dengan menebang pohon-pohon disekitar kawasan penambangan sehingga lingkungan menjadi gersang dan berdebu. Tahap Eksploitasi/Penggalian biasanya dilakukan dengan alat sederhana samapai alat berat seperti escavator/backhoe.

Gambar Bekas Lokasi Penambangan pasir di desa Mekarsari .Letak  Pertambangan Pasir di Kecamatan Rumpin Pertambangan pasir tersebar dibeberapa desa di kecamatan Rumpin seperti desa Mekarsari dan kertajaya. Kecamata Rumpin merupakan sebuah kecaman yang terletak di Kabupaten Bogor bagian utara yang berbatasan langsung dengan Kabupten Tangerang.

kegiatan menambang pasir memberikan dampak terhadap tingkat pendapatan masyarakat. Membuka lapangan pekerjaan. hal ini terlihat pada masyrakat pengangguran mengakui bahwa adanya kegiatan penambang pasir memberikan keuntungan yang sangat besar sehingga mencukupi kebutuhan hidupnya.Dampak Positif Adanya Galian Pasir Meningkatkan pendapatan masyarakat. . kesempatan kerja di kecamata rumpin semakin terbuka setelah adanya kegiatan penambangan pasir yang memberikan dampak positif bagi warga sekitar sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

terjadinya penurunan air akibat dari pencucian pasir maupun karena akibat dari lahan yang telah menjadi terbuka karena tidak ada vegetasi penutup.Dampak Negatif Adanya Galian Pasir Gambar: Galian pasir di Rumpin Salah satu dampak negatif dari galian pasir adalah dampak Lingkungan yang dapat menyebabkan Terjadinya longsor disekitar galian Ketika Hujan tiba. Adanya galian pasir juga dapat menurunkan kualitas air. . sehingga air dapat mengalir dengan bebas ke badanbadan air.

Para penambang yang telah mendapatkan pasir biasanya menggunakan alat-alat berat seperti truk untuk mengangkut pasir. Gambar : Hancurnya jalan penghubung kecamatan Rumpin . truk pasir tersebut tentu menggunakan alternatif jalan raya yang tentunya akan membuat jalan raya semakin rusak dikarenakan berat beban pada kendaraan angkut tersebut melebihi kapasitas yang ditentukan.Cisauk .Dampak Terhadap Sarana dan Prasarana Adapun Dampak Negatif yang terjadi terhadap sarana dan prasarana Menyebabkan jalan Yang Menghubungkan Antar Kecamatan menjadi Rusak.

truck oleng hingga terguling. Hal ini sangat membahayakan bagi pengendara lain dan masyarakat sekitar jalan yang dilewati truck tersebut Gambar: Truck terjatuh akibat rusaknya jalan didaerah tambang pasir .Daerah tambang pasir biasanya dilewati oleh kendaraan kendaraan berat yang mengangkut hasil tambang ke perkotaan. tetapi karena rusaknya akses jalan sering mengakibatkan as roda truck patah.

Kemacetan juga bisa terjadi karena truck pengangkut tambang yang berjalan lambat sehingga mengganggu pengendara lain di belakangnya. Gambar : Para pekerja pengangkut pasir yang berusaha memperbaiki truknya yang rusak .Masalah lain rusaknya jalan yang dikibatkan oleh truck pembawa hasil tambang adalah kemacetan.

Terjadinya peningkatan debu yang menyebabkan kualitas udara sekitar kawasan penambangan menurun. Gambar : Ruas jalan raya Rumpin – Cisauk yang berdebu saat kemarau . akibatnya jika hujan tiba air menjadi tersumbat dan menggenangi badan jalan. Selain itu jalan yang dilewati oleh alat alat berat pengangkut hasil tambang dapat menyebabkan saluran drainase di pinggir jalan menjadi hancur karena jika jalan hancur maka saluran drainase dipinggirnya juga ikut hancur. sebagai akibat dari kendaraan truk yang mengangkut pasir serta tiupan angin jika dilokasi tambang tersebut tidak ada vegetasi yang cukup.

. dampak positfnya yaitu dapat meningkatkan pendapatan masyrakat Kecamatan Rumpin dan membuka lapangan pekerjaan. mengakibatkan dampak positif dan negatif terhadap kondisi lingkungan dan sara prasarana jalan.Kesimpulan Penambangan pasir di Kecamatan Rumpin memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Bogor yang dilakukan secara tradisional dan modern. rusaknya jalan. serta menurunnya kualitas air. Dampak penambangan pasir ini. sedangkan dampak negatifnya yaitu meningkatnya polusi udara. peningkatan kebisingan.

Saran Pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan sebaiknya tidak boleh hanya untuk kesejahteraan generasi sekarang. Pemerintah Kabupaten Bogor harus berupaya membuat kebijakan yang mengatur masalah eksploitasi pasir. kelestarian sumber daya alam dan lingkungan harus tetap diperhatikan. Kebijakan itu tentu tidak hanya terkait dengan perdagangan melainkan juga kebijakan seperti izin penambangan dan pengawasan terhadap penambangan yang dilakukan. melainkan juga untuk generasi mendatang. . Oleh karena itu.

TERIMA KASIH .