You are on page 1of 10

TUGAS DESKRIPSI TUMBUHAN (BOTANI FARMASI

)
“ Kacapiring (Gardenia augusta Merr )”
Disusun oleh : Kelompok-17 (A-Reguler)

1. Rahajeng (13330036)
2. Agung Tri Laksono(13330037)
3. Nurwanda Hafsari(13330038)
Dosen : Dra. Subaryanti, M.Si, Apt.
PROGRAM STUDI FARMASI
FMIPA-ISTN
JAKARTA, 2013

Klasifikasi Tumbuhan : • Kingdom : Plantae • Subkingdom : Tracheobionta • Super Divisi : Spermathopyta • Divisi (Divisio : Magnoliophyta • Kelas (Classis) : Magnoliopsida • Bangsa (Ordo) : Rubiales • Suku (Famili) : Rubiaceae • Marga (Genus) : Gardenia • Jenis (Species) : Gardenia augusta Merr • Nama lokal/umum : Kacapiring .

Penerapan Morfologi Dalam Deskripsi Tumbuhan : 1. Perawakan Tumbuhan (Habitus) 2. Alat-alat Lain 6. Batang 4. Daun 5. Akar 3. Biji . Bunga 7. Buah 8.

yang berumur menahun.Perawakan Tumbuhan (Habitus) Tanaman kacapiring termasuk kedalam golongan tanaman perdu. Kaca piring biasa ditemukan dipekarangan sebagai tanaman hias karena tempat tumbuhnya yang mudah yaitu di tanah. Kacapiring adalah tanaman berakar tunggang. Kacapiring menyukai tempat yang panas maupun dingin. Tetapi tanaman kacapiring akan tumbuh dengan baik di daerah dengan ketinggian lebih dari 400m di atas permukaan laut. . ia memiliki akar utama yang menancap kokoh ke dalam tanah.

kacapiring memiliki akar utama yang menancap koko didalam tanah Warna akar : Akar tanaman kaca piring berwarna coklat. tanaman kacapiring memiliki akar utama yang menancap kokoh di dalam tanah. Akar tanaman kaca piring berwarna coklat. . Susunan : Tanaman kacapiring memiliki susunan akar berjenis tunggang karena.Akar : Tanaman kacapiring memiliki akar berjenis akar tunggang karena.

bercabang. Bentuk bantang : Tanaman kacapiring memiliki batang berkayu yang berbentuk bulat. Batang tanaman kacapiring dapat tumbuh hingga mencapai ketinggianan 1-2m. Ada / tidak ada batang pokok : Tanaman kacapiring memiliki batang pokok yang berkayu yang mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 12m.Batang : Tanaman kacapiring memiliki batang yang berbentuk bulat berkayu. Batang tanaman kacapiring berwarna coklat dan batang kacapiring tidak berbau. Adanya alat lain :- . memiliki ranting muda. Arah tumbuh : Tanaman kacapiring bertumbuh tegak keatas.

Karena pada tiap buku-buku batang terdapat lebih dari dua daun. Tata letak : Tata letak daun kacapiring adalah berhadapan atau berkarang tiga. . : Tanaman kacapiring memiliki daun yang berbentuk elips atau bulat telur sungsang ujung dan pangkal daunnya runcing. Helaian : Tanaman kacapiring memiliki helaian daun yang berbentuk bulat telur (ovatus). tangkainya bercabang- cabang dan baru pada cabang tangkai ini terdapat helaian daunnya.sehingga pada satu tangkai terdapat lebih dari satu helaian daun. bertepi rata .tebal dan permukaan telapak daun bagian Daun kacapiring memiliki ukuran atas mengkilap.Daun: Susunan daun : Susunan daun kacapiring merupakan daun majemuk karena. Upih daun :- Tangkai daun : Tanaman kacapiring memiliki tangkai yang pendek. panjang 4.5- 13cm. Alat tambahan : Tanaman kacapiring memiliki alat tambahan berupa daun penumpu dari setiap sepasang daun tumbuh bersatu menjadi selaput bumbung membungkus Bentuk dan ukuran daun yang cabangnya.lebar 2-5cm.

Alat tambahan :- .

Cara penyerbukan : Bunga majemuk : Buah : .Bunga Susunan dan tempat : Tanaman kacapiring memiliki susunan bunga berkarang (cylis). dengan simetri bunga beraturan atau simetri banyak.

buahnya dapat dimakan tetapi rasanya pahit buah kacapiring dapt digunakan sebagai bahan pewarna karena buah mengandung crocin . Buah kacapiring berwarna kuning.Tanaman kacapiring memiliki buah yang .berwarna kuning muda. .