You are on page 1of 10

TUGAS

NAM

: TRI SAPUTRA

NIM

: 08121002056

JURUSAN

: MIPA FISIKA

SISTEM JARINGAN KOMPUTER
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
2014/2015

Jelaskan bagaimana transmisi data antar layer dilakukan . Sebutkan contoh protokol yang berjalan di lapisan aplikasi 5. Lapisan mana yang bertugas melakukan operasi bit. framing dan koreksi data? 4. Berikan contohnya 3.SOAL 1. Sebutkan tipe koneksi yang disediakan oleh transport layer. Sebutkan 7 lapisan dalam model referensi OSI serta paduannya dengan model referensi TCP/IP 6. Bagaimana perangkat komputer yang berbeda dapat berkomunikasi? 2.

gedung. pemerintahan. B. Desain ini disebut dengan sistem client-server. kota atau bahkan negara. atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. dan sebagainya. perkantoran. Jaringan MAN Metropolitan area network . sekolah atau yang lebih kecil. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi: Jaringan LAN Jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil seperti jaringan komputer kampus. Jaringan WAN Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah.JAWAB 1. : A. yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data dibedakan menjadi: Jaringan terpusat Jaringan ini terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi. dalam rumah. Perangkat Komputer yang berbeda-beda dapat saling berkomunikasi dengan cara yaitu Dimana pada satu komputer (peminta/penerima) layanan disebut Klien dan Komputer lain yang memberikan/mengirim layanan disebut Server. dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi Jaringan Komputer. . kantor.

Berdasarkan topologi jaringan. Jaringan Nirkabel (Wireless Network) Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan. maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satusama lain. yang banyak Dengan digunakan pada masa menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network). D. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah . Berdasarkan media transmisi data dibedakan menjadi: Jaringan Berkabel (Wired Network) Pada jaringan ini. Topologi bintang Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. jaringan komputer dapat dibedakan atas: Topologi bus Topologi bus merupakan penggunaan kabel topologi sepaksi menjamur. C. untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Pada jaringan ini tidak diperlukankabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.Jaringan terdistribusi Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.

Berdasarkan peranan Komputer dalam Proses Data Jaringan Client-Server Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.E. . Jaringan Peer-to-peer Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.

Flow control : tingkat transmisi data antara dua nodekadang. seperti mendasari model transmission control protocol.2. dan dalam telekomunikasi. Dengan menggunakan kode deteksi kesalahan. seperti cheksum. Multipleksing mengijinkan beberapa sinyal analog untuk diproses oleh satu Analog to Digital Converter (ADC).kadang harus dikelola untuk mencegah pengirim cepat dari transmisi data lebih banyak daripada yang dapat didukung oleh data buffer menerima. . beberapa panggilan telepon dapat disalurkan menggunakan satu kabel. Reliabilitas : paket mungkin hilang selama transportasi karena kongesti jaringan dan kesalahan. menyebabkan buffer over run. Data Stream : adalah proses untuk membaca data dari suatu sumber atau mengirimkan data ke suatu tujuan. Hal ini biasanya lebih mudah untuk berurusan daripada mendasari hubungan model yang kurang. Ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi ebgan menggunakan under run. Sebutkan tipe koneksi yang disediakan oleh transport layer. Jawab : Koneksi berorientasi komunikasi : menafsirkan koneksi sebagai data steram dapat memberikan banyak manfaat bagi aplikasi. maka protokol transport dapat memeriksa bahwa data tidak rusak.

. Flow control : melakukan tindakan yang menstabilkan laju bit jika rate atau laju bit stream berlebih atau berkurang. framing dan koreksi data? Jawab : Lapisan Data-Link layer Framing : membagi bit stream yang diterima dari lapisan network menjadi unitunit data yang disebut frame. Error control : penambahan mekanisme deteksi dan retransmisi frame-frame yang gagal terkirim. Physical addressing : definisi identitas pengirim dan/atau penerima yang ditambahkan dalam header. Communication control : menentukan device yang harus dikendalikan pada saat tertentu jika ada dua koneksi yang sama. Lapisan mana yang bertugas melakukan operasi bit.3.

Sebutkan contoh protokol yang berjalan di lapisan aplikasi ? Jawab : FTP (File Transfe Protocol) SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) .4.

Data link. 4.5. Jelaskan bagaimana transmisi data antar layer dilakukan? . Sebutkan 7 lapisan dalam model referensi OSI serta paduannya dengan model referensi TCP/IP ? Jawab : Tujuh lapisan dalam model OSI Layer : 1. Application Layer Transport Layer Internet Layer Network Interface Layer 6. 3. 4. 5. 6. Model Referensi TCP/IP adalah 1. 7. Physical layer. 3. 2. 2. Network layer Transport layer Session layer Presentation layer Application layer.

. terus demikian sampai ke Physical Layer. di presentation layer data ditambahkan header dan atau trailer kemudian dikirim ke layer dibawahnya.Jawab : Pembentukan paket dimulai dari layer teratas model OSI. Di host tujuan paket data mengalir dengan arah sebaliknya. jika host bukan yang dituju oleh paket tersebut maka paket itu akan di buang. Dan masing-masing layer mempunyai tugas tersendiri demi kelancaran data yang akan dikirimkan. Di physical layer data dikirimkan melalui media transmisi ke host tujuan. Protocol pada physical layer di host tujuan mengambil paket data dari media transmisi kemudian mengirimkannya ke Data-Liink Layer. dari layer paling bawah ke layer paling atas. data link layer memeriksa data link layer header yang ditambahkan host pengirim pada paket. tetapi jika host adalah yang dituju oleh paket tersebut maka paket akan dikirimkan ke network layer. Application Layer mengirimkan data ke Presentation Layer. proses ini terus berlanjut sampai application layer di host tujuan. data ditambahkan header atatu trailer kemudian dikirimkan ke layer dibawahnya lagi. Proses pengiriman paket dari layer ke layer ini disebut dengan “peer-layer communication”. pada layer dibawahnya pun demikian.